10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Liburan ke Tasikmalaya? Jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Tasik yang kekinian, tahan lama dan harga terjangkau.

Mencari oleh-oleh yang khas dan unik bukan lah hal yang susah ketika Anda berkunjung ke kota Tasikmalaya. Pasalnya, Anda akan menemukan berbagai makanan dan buah tangan yang lucu, dimana bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh saat sedang berwisata kesini. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa jenis oleh-oleh khas Tasik yang bisa untuk Anda bawa pulang saat sedang mengunjungi salah satu kota di Jawa Barat ini, berikut simak ulasannya.

1. Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya

Image Credit by Traveloka.com

Hal pertama yang bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh ketika sedang berkunjung kesini adalah dengan membawa buah tangan berupa kain batik kepada keluarag di rumah. Kain batik khas Tasikmalaya ini tentu saja memiliki motif yang berbeda jika Anda bandingkan dengan motif kain batik yang berasal dari kota lain. Untuk itu, kain satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh saat sedang berkunjung ke kota satu ini.

Untuk ukurannya sendiri, biasanya tersedia dari ukuran M hingga XL yang dijual denga kisaran harga mulai dari 200 ribu rupiah. Untuk pilihan warnanya sendiri pun tersedia dengan berbagai macam warna mulai dari rosca, abu-abu, biru dan juga kuning. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh, maka Anda pun bisa mengunjungi sentra baik di daerah Cipedes, Tasikmalaya.

2. Kelom Geulis

Kelom Geulis

Image Credit by Trend.koropak.co.id

Satu lagi oleh-oleh yang bisa untuk Anda beli ketika sedang mengunjungi kota satu ini. Kerajinan kayu yang berasal dari kayu mahoni ini dibuat langsung dengan tangan sehingga sanagt tradisional. Untuk Anda yang tertarik membelinya, tersedia berbagai macam jenis selop yang dijual mulai dari harga 100 ribuan saja. Anda pun juga dapat mengunjungi daerah Tamansari, Tasikmalaya untuk menemukan kelom geulis satu ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Museum di Bandung yang Patut Anda Kunjungi

3. Payung Geulis

Payung Geulis

Image Credit by Mystoretasikmalaya.blogspot.com

Selain kelom geulis, ketika berkunjung ke Tasikmalaya Anda pun juga bisa untuk membeli paung geulis sebagai salah satu bentuk oleh-oleh untuk kerabat Anda di rumah. Payung yang mempunyai bentuk sangat cantik ini merupakan ikon dari kota Tasik, dimana payung ini terbuat dari kayu untuk rangkanya dan penutupnya yang terbuat dari kain bordir.

4. Keripik Sukun

Keripik Sukun

Image Credit by Gotravelly.com

Anda pun juga bisa untuk membeli keripik sukun sebagai oleh-oleh saat sedang berada di Tasikmalaya. Keripik satu ini terbuat dari buah sukun yang sudah matang dan kemudian diiris tipis dan kemudian diberi bumbu. Dengan memiliki tekstur renyah saat digigit ini akan membuat Anda bisa menikmati makanan satu ini untuk cemilan saat perjalanan anda. Ada berbagai toko oleh-oleh yang menjual keripik satu ini salah satunya adalah NESA toko oleh-oleh yang berada di jalan Paseh.

5. Wajit

Wajit

Image Credit by Bukalapak.com (Aneka Desa Tasikmalaya)

Jajanan yang memiliki cita rasa manis dan juga tekstur yang kenyal ini tentu saja menjadi salah satu makanan yang bisa untuk Anda bawa pulang saat sedang berada di Tasikmalaya. Wajit ini merupakan makanan yang terbuat dari ketan dan untuk cara pembuatanya pun cukup mudah, yakni hanya dengan dimasak bersama kelapa dan gula merah.

6. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit by Putratravel.net

Bagi Anda penggemar pisang, pastikan Anda untuk membawa pulang oleh-oleh satu ini ketika berada di Tasikmalaya. Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukan makanan satu ini di pusat oleh-oleh yang berada di kota Tasik, salah satunya di daerah Cihideung. Makanan satu ini terdiri dari bahan utama pisang yang ditambah dengan tapioka, telur ayam, tepung beras dan gula kemudian digoreng untuk menciptakan salah satu makanan yang lezat.

BACA JUGA:  Pantai Tirtamaya, Wisata Pantai Favorit di Indramayu

7. Opak

Opak

Image Credit by Pasar.mediadesa.id

Opak memang tekenal sebagai salah satu oleh-ole khas Tasikmalaya yang memang wajib untuk Anda bawa pulang. Makanan satu ini pun memiliki bahan utama yakni ketan yang dicampur dengan gula pasit, tepung dan mentega. Jika Anda datang saat acara yang dilakukan oleh orang Tasikmalaya, maka Anda pun akan dengan mudah menemukan hidangan satu ini saat acara hajatan tersebut.

Untuk Anda yang tertarik membawanya pulang, Anda pun bisa dengan mudah untuk menjumpai makanan satu ini yang memang telah tersebat di penjuru kota Tasik. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh Sartika Opak yang berada di Jalan Sindang Mulya, Cihindeung, Tasikmalaya.

8. Tutug Oncom

Tutug Oncom

Image Credit by Ksmtour.com

Kuliner khas sunda tentu saja tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Salah satu dari kuliner tersebut yang terkenal adalah oncom. Anda pun akan dapat dengan mudah untuk menemukan makanan ini ketika berada di Jawa Barat. Untuk itu, ketika Anda berada di Tasikmalaya, Anda pun juga bisa menemukan olahan berupa tutug oncom. Dimana tutug dalam bahasa Sunda artinya adalah tumbuk, yang dapat diartikan bahwa oncom yang ditumbuk

Kuliner andalan ini pun dapat juga untuk Anda jadikan sebagai buah tangan bagi kerabat di rumah. Untuk itu, Anda pun dapat membeli tutug oncom yang instan ini sebagai bentuk oleh-oleh ketika berada di Tasikmalaya. Salah satu produsen yang terkenal adalah titaSix, dimana berada di daerah Kahuripan, Tawang yang juga menyediakan tutug oncom dalam bentuk instan ini.

9. Kolontong

Kolontong

Image Credit by Bukalapak.com (Ceu Rosi)

Bagi Anda yang bukan orang asli Tasikmalaya, pastilah masih sanagt asing dengan istilah satu ini. Pasalnya makanan satu ini pun akan sangat jarang untuk Anda temui di tempat lain. Untuk itu, ketika sedang berada di Tasikmalaya, Anda pun tak boleh melewatkan kesempatan untuk membeli makanan satu ini dan menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

BACA JUGA:  Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi

Makanan satu ini merupakan jajanan yang bentuknya menyerupai pilus yakni bulat dan memanjang. Akan tetapi, cita rasa yang ditampilan oleh makanan satu ini pun terasa kenyal dan juga manis khas dari gula merah. Makanan satu ini pun terbuat dari tepung ketan ini dapat dengan mudah untuk Anda beli dan jumpai di daerah Cipedes, Cihindeung dan juga Cisayong.

10. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Kulinerpedastsm.blogspot.com

Setiap daerah di Jawa, pastinya menjadikan jajanan satu ini sebagai buah tangan yang wajib untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk itu, ketika Anda sedang mengunjungi Tasikmalaya pun Anda juga bisa menjadika jajanan satu ini sebagai salah satu bentuk oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Untuk itu, makanan yang terbuat dari beras ketan ini merupakan alternatif pilihan ketika Anda bingung untuk membawa pulang oleh-oleh.

Makanan satu ini pun sangat cocok untuk Anda jadikan cemilan untuk menemani perjalanan pulang anda. Selain itu, rengginang juga sangat ideal sebagai teman untuk disantap saat sednag bersantai. Untuk itu, Anda pun bisa membawa pulang oleh-oleh satu ini dengan harga yang sangat terjangkau yakni kurang lebih sebara 20 ribu untuk ukuran setengah kilogram saja.

Untuk itu, ketika Anda sedang berkunjung ke Tasikmalaya Anda pun tak boleh melewatkan untuk membeli oleh-oleh khas berikut ketika sedang berada di kota ini. Ulasan tersebut merupakan beberapa oleh-oleh yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang bagi keluarga Anda di rumah, saat Anda sedang bingung untuk membawa buah tangan apa ketika sedang berada di Tasikmalaya.