10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Tulungagung

Tulungagung memiliki berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang. Buah Tangan dari Tulungagung berupa makanan dan minuman yang sudah terkenal enak.

Tulungagung merupakan daerah yang memiliki tempat wisata sejarah yang menawarkan banyak cerita. Sehingga kota ini juga sering dijadikan sebagai alternatif liburan warga yang tinggal di Provinsi Jawa Timur. Selain berlibur, rasanya kurang lengkap apabila tidak berburu kuliner dan juga oleh-oleh dari daerah penghasil marmer ini.

Tidak hanya enak, varian oleh-oleh khas dari Tulungagung  terkenal dengan harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan saat berkunjung kesana. Berikut daftar buah tangan selengkapnya.

1. Getuk Pisang

Getuk Pisang

Image Credit: Djawanews.com

Salah satu oleh-oleh yang terkenal dari Tulungagung adalah Getuk Pisang. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan begitu khas, bahkan kemasannya pun juga cukup unik. Getuk Pisang biasa dikemas mirip seperti lontong, akan tetapi warna yang terdapat pada bagian dalamnya adalah warna merah tua. Getuk Pisang sendiri memakai bahan dasar yaitu pisang kepok atau pisang ambon, yang mudah sekali diperoleh.

Getuk Pisang asli Tulungagung ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari Getuk Pisang di daerah lain. Selain rasanya yang khas dan kemasannya unik, harga yang ditawarkan untuk perbungkusnya pun juga sangat murah. Terlebih, tidak sulit untuk menemukan makanan ini. Anda dapat menemukan Getuk Pisang ini di manapun di toko oleh-oleh khas Tulungagung. Jadi, Anda bisa dengan mudah membawa pulang kue satu ini untuk sanak saudara di rumah.

2. Enting-Enting Kacang

Enting-Enting Kacang

Image Credit: Gotravelly.com

Enting-Enting juga sering disebut dengan nama Kue Geti. Kue ini merupakan sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah, yang kemudian dicampur dengan wijen. Kedua bahan dasar tersebut lalu dilarutkan dalam adonan gula merah hingga kering. Enting-Enting ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan legit, yang dapat membuat Anda merasa ketagihan setelah mencicipinya.

Makanan ringan ini tergolong tahan lama, karena mampu bertahan di toples kering hampir selama 8 minggu. Maka dari itu, Enting-Enting sangat cocok sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Tulungagung. Salah satu produk Enting-Enting Kacang yang paling populer di daerah ini yaitu Enting-Enting Kacang asli produk Bu Suparmi. Dengan harga yang dibandrol cukup murah, kue ini menjadi semakin terkenal.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Jombang Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Ledre Pisang

Image Credit: Echooke.wordpress.com

Ledre Pisang sebenarnya berasal dari Bojonegoro, namun di Tulungagung juga terdapat pusat produksi kue yang sangat nikmat satu ini. Bahkan jajanan ini juga banyak dijual di pusat oleh-oleh Kota Tulungagung. Makanan ringan ini sejatinya sedikit mirip kue semprong, dengan bentuk kotak atau stick roll. Bedanya, kue ini memiliki aroma pisang yang kuat dengan tekstur yang lebih renyah dan gurih.

Selain Ledre Pisang, ternyata pusat oleh-oleh di Tulungagung juga menyediakan varian rasa cokelat. Ledre Cokelat ini memiliki aroma cokelat yang kuat dengan rasa yang lezat. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang membeli Ledre Pisang, maupun Ledre Cokelat ini sebagai buah tangan. Untuk harga tentunya sangat terjangkau, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli jajanan khas Tulungagung satu ini.

4. Kue Sagon

Kue Sagon

Image Credit: Topijelajah.com

Cita rasa manis, gurih, sekaligus renyah akan Anda rasakan ketika menggigit kue khas Tulungagung ini. Selain itu Kue Sagon juga memiliki aroma yang wangi, sehingga ia digemari banyak orang. Bahan dari pembuatan jajanan ini yaitu tepung kanji, tepung sagu, kelapa, dan masih banyak lainnya. Bukan hanya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, kue ini juga cocok untuk Anda santap saat jalan-jalan di Tulungagung.

Anda pun dapat menikmati makanan ringan ini dengan secangkir kopi atau teh, sembari bersantai dengan keluarga maupun teman. Rasanya akan membuat Anda selalu ingat dengan Tulungangung. Untuk harga, Kue Sagon dibandrol cukup murah perbungkusnya dengan isi yang cukup banyak. Harga tersebut seimbang dengan rasa kue nya yang memang sangat nikmat.

5. Jenang Syabun

Jenang Syabun

Image Credit: Mytrip123.com

Bahan utama dari Jenang Syabun terbuat dari beras ketan, yang kemudian dicampur dengan kelapa, gula pasir, dan susu kental. Oleh-oleh khas Tulungagung yang satu ini memang mirip dengan dodol, dan memiliki proses pembuatan yang cukup panjang. Proses mengaduk jenang ini sungguh membutuhkan banyak kesabaran, tungku apinya pun juga harus diperhatikan. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan Jenang Syabun yang lembut dan halus.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Situbondo yang Wajib Anda Coba

Jenang ini juga sering kali disebut dengan nama Jenang Licin, karena bentuk dan juga permukaannya begitu halus dan licin. Sehingga akan memberikan sensasi yang unik ketika masuk ke dalam mulut, dan mudah untuk dikunyah. Makanan ini bisa bisa tahan hingga 3 bulan di suhu kering walaupun dibuat tanpa pengawet buatan. Sangat cocok sebagai buah tangan untuk kerabat anda.

6. Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

Image Credit: Harga.web.id

Bagi kebanyakan orang Indonesia, makan tak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk. Di Tulungagung, terdapat kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang juga sering dibawa pulang oleh para wisatawan. Kerupuk Rambak asli Tulungagung memang lebih renyah dan gurih bila dibandingkan dengan kerupuk rambak dari kota lain. Salah satu produsen Kerupuk Rambak yang terbaik di sini yakni di kawasan Botoran Pangungrejo.

7. Kacang Atom

Kacang Atom

Image Credit: Brisik.id

Pasti Anda pernah merasakan camilan Kacang Atom, atau setidaknya mendengar nama makanan ringan satu ini. Namun, Kacang Atom khas dari Tulungagung dipastikan memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan terbuat asli dari kacang pilihan, tepung, bawang, dan juga garam yang sangat sesuai dengan takaran. Dan menciptakan rasa yang renyah dan gurih pada Kacang Atom khas Tulungagung ini.

Memang mungkin camilan ini terlihat biasa, namun rasanyalah yang membuatnya istimewa. Dengan kemasan yang praktis dan tahan lama, cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Terlebih makanan ringan ini bisa ditemukan di berbagai tempat di Tulungagung. Untuk harganya pun terbilang sangat murah, tergantung besarnya kemasan Kacang Atom tersebut. Karena jajanan ini dijual dalam kemasan yang size nya berbeda-beda.

8. Kue Manco

Image Credit: Topijelajah.com

Kue Manco juga cukup terkenal di daerah Jawa Timur lainnya. Namun rasa Kue Manco yang khas Tulungagung pastinya berbeda dengan Kue Manco yang berasal dari daerah lain. Kue ini sangat cocok dihidangkan bersama minuman hangat pada pagi hari, atau bisa juga dibuat camilan di siang hari. Bahkan kue ini pun sering disuguhkan juga saat acara hajatan. Kini, kue yang memiliki cita rasa manis serta gurih ini tersedia dalam beberapa varian rasa.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Madura yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jika Anda tertarik membawa camilan ini untuk oleh-oleh, Anda dapat menemukannya di banyak tempat di Tulungagung khususnya di toko oleh-oleh. Tidak hanya itu, kue satu ini juga bisa bertahan cukup lama sehingga bisa dibawa keluar kota. Biasanya kue ini dijual dalam kemasan plastik transparan, dengan isian dan harga yang beragam. Yang tentunya harga tersebut tidak akan menguras kantong anda, karena harganya sangat bersahabat.

9. Kopi Cethe

Kopi Cethe merupakan budaya yang dimiliki oleh orang Tulungagung. Nyethe sendiri adalah tradisi orang-orang di daerah ini, yaitu mengoleskan ampas kopi pada rokok. Tradisi ini muncul saat penduduk Tulungagung yang kebanyakan berprofesi sebagai petani pulang dari sawah. Mereka biasa beristirahat sambil menikmati kopi dan merokok, kemudian mulai muncul tradisi tersebut.

Kopi Cethe ini memiliki ciri khas biji kopi yang berwarna hijau kehitaman, sehingga sering juga disebut dengan kopi ijo. Aroma kopinya sangat khas, dan menambah kaya cita rasanya ketika diseduh dengan air panas. Anda dapat menemukan kopi ini dalam kemasan dan berat yang berbeda-beda, di banyak tempat pusat oleh-oleh di Tulungagung. Dengan harga yang beragam tergantung berat kopinya, namun semuanya masih cukup terjangkau.

10. Madumongso

Madumongso

Image Credit: Bukalapak.com

Terakhir, ada jajanan Madumongso. Kue ini sudah cukup populer di seluruh penjuru Indonesia, terutama pulau Jawa. Camilan ini terbuat dari ketan putih dan ketan hitam pilihan, yang dicampur dengan ragi, gula, kelapa, dan juga madu. Untuk rasanya, Madumongso khas Tulungagung memiliki cita rasa yang manis dan legit. Dan biasanya makanan ini sering muncul ketika moment Ramadhan, pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

Itulah sederet oleh-oleh khas dari Tulungagung yang patut Anda coba ketika berkunjung ke sana. Banyak yang sudah terkenal ke seluruh pulau Jawa, bahkan ke berbagai penjuru di Indonesia. selain rasanya yang lezat, beberapa makanan ringan ini juga menawarkan harga yang sangat bersahabat dan cukup terjangkau. Jadi Anda berminat membeli oleh-oleh khas yang mana?