Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Terkenal dengan julukan Malang kota dingin, jangan lupa jalan-jalan ke daerah Kota Batu saat anda sedang berlibur ke daerah Malang Raya. Karena memasuki wilayah Kota Batu, anda akan disambut dengan segudang tempat wisata menarik yang mempunyai udara begitu sejuk, bahkan nyaris sangat dingin di malam hari.

Salah satu yang bisa anda jadikan destinasi tujuan yaitu Omah Kayu. Omah dalam bahasa Jawa berarti rumah, karena destinasi ini sebenarnya merupakan sebuah penginapan di atas pohon pinus yang bahan dasarnya terbuat dari kayu. Karena tempatnya sangat unik dengan keindahan spektakuler, banyak orang yang sengaja berkunjung ke sini sekadar untuk berwisata alih-alih menginap.

Daya Tarik yang Dimiliki Omah Kayu

Daya Tarik Dimiliki Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Habib A.F. 

1. Pemandangan Spektakuler

Meski merupakan sebuah penginapan, Omah Kayu yang berada kawasan Gunung Banyak ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan hanya untuk sekadar melihat keindahan alam sekitarnya. Salah satu keunikan yang mampu ditawarkan dari objek wisata ini adalah pemandangan indah dari Kota Batu yang bisa disaksikan secara jelas, entah itu di siang hari maupun pada malam hari.

Penginapan yang dibangun di atas pohon pinus ini memang berada di sebelah barat Kota Batu, masuk ke wilayah puncak perbukitan dan gunung yang mengelilingi kota. Sehingga dari ketinggian sekitar 1.340 meter di atas permukaan laut, para pengunjung yang datang bisa menyaksikan pemandangan spektakuler yang dapat disuguhkan dari arah kota.

Pada pagi hari, anda bisa melihat fenomena sunrise ketika matahari terbit dari arah timur dengan malu malu, ditambah dengan suasana alam pegunungan yang begitu sejuk nan dingin. Sedangkan pada malam hari, keindahan gemerlap lampu dari kota terlihat begitu menawan dipandang. Namun pastikan anda datang ke sini saat cuaca sedang cerah, agar pemandangan semakin indah.

2. Melihat Interior Omah Kayu

Dengan tagline “Not just a tree house”, apa yang akan anda temukan pada penginapan satu ini memang luar biasa. Terdiri atas 6 hingga 8 bangunan utama yang dapat disewa sebagai tempat bermalam oleh para wisatawan, Omah Kayu dibuat dari eukaliptus, pinus, dan kasuarina. Ini menjadi bukti bahwa pemilihan materialnya sangat kuat dan tidak mudah roboh.

Penginapan unik ini sendiri berada pada ketinggian 2 meter, dengan dimensi ruangan sebesar 3 x 2 x 2 meter yang dapat dihuni sekitar 2 sampai 3 orang. Tapi ada juga 1 unit omah kayu family yang berkapasitas hingga 6 orang, dan terdapat extra bed lesehan di dalamnya. Di dalam interiornya sudah disediakan 1 buah ranjang, 2 buah bantal, dan selimut.

Bahkan ada juga perlengkapan untuk makan dan minum yang bisa anda gunakan. Namun sayangnya tidak ada kamar mandi dalam di setiap kamar. Sehingga jika ingin ke kamar mandi, anda harus menuju ke unit yang telah disediakan di luar rumah unik ini. Kendati demikian, hal tersebut tidak mengurangi keseruan selama menginap di sini.

3. Spot Foto yang Keren

Dalam kawasan wisata, terdapat banyak sekali spot menarik yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk berburu foto ciamik. Inilah mengapa destinasi ini dibuka juga untuk objek wisata, bukan sekadar penginapan biasa. Sehingga anda bisa berkunjung ke sini dan hunting foto di berbagai spot yang telah tersedia tanpa harus bermalam di sana.

Spot yang paling diminati tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah di atas rumah pohon. Namun pastikan rumah pohon yang ingin anda gunakan untuk berfoto tidak sedang disewa oleh orang lain. Karena jika sedang ada yang menyewa, maka pengunjung pun biasanya tidak diperkenankan naik ke atas.

Namun jika tidak sedang ada yang menyewa, anda bahkan bisa mengambil foto di dalam ruangan. Mengingat bahwa interiornya begitu unik dan serba kayu, maka hasil jepretan di dalam ruangan pun akan menambah deretan koleksi foto instagenic anda. Bisa dibilang bahwa setiap sudut di rumah pohon ini bisa menjadi spot yang apik untuk berfoto.

Mulai dari di dalam ruangan, sampai di tangga omah kayunya pun juga tetap oke. Akan tetapi, yang menjadi favorit bagi para wisatawan adalah mengambil foto dengan latar belakang pemandangan hutannya. Ketika cuaca mendung dan berkabut sekalipun, foto yang dihasilkan ajaibnya bisa tetap terlihat indah dengan caranya tersendiri.

Selain di atas rumah pohonnya, spot foto andalan lainnya yang ada di sana yaitu rumah segitiga dan spot kotak. Rumah segitiga sesuai dengan namanya merupakan rumah berbentuk segitiga dengan pintu di bagian tengah. Sementara spot kotak berupa kotak papan persegi yang ukurannya 1,5 x 1,5 meter, sehingga spot swafoto ini hanya muat untuk 2 orang saja.

Daya Tarik Dimiliki Omah Kayu 2
Image Credit: Google Maps Natasya Agustine

4. Bukit Paralayang

Di kawasan Omah Kayu yang lokasinya tidak jauh dari bukit, anda bisa menjumpai wisata paralayang. Selain menjajal olahraga ekstrem tersebut, anda juga dapat menyaksikan panorama alam yang begitu memukau. Tersaji pemandangan deretan gunung megah yang mengelilingi Kota Batu, dengan hamparan warna hijau di kiri dan kanannya.

5. Wahana Permainan

Tidak hanya paralayang saja aktivitas menantang yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Omah Kayu, Kota Batu. Namun di sini juga sudah tersedia beberapa wahana permainan yang siap memanjakan para pengunjung. Salah satunya giant hammock, yang berbentuk jaring laba laba menggantung di beberapa pohon pinus. Anda bisa menyewanya untuk bersantai selama berada di lokasi.

6. Wisata Kuliner

Di sini, anda juga bisa melakukan wisata kuliner. Karena telah tersedia banyak warung yang menjajakan beragam kuliner lezat tidak jauh dari kawasan penginapan ini. Menunya sendiri berupa makanan khas nusantara, yang benar benar sangat cocok dinikmati ketika berada di alam. Dijamin siap menggoyang lidah dan memanjakan perut para pengunjung yang datang.

7. Objek Wisata di Sekitar

Menariknya lagi dari Omah Kayu adalah penginapan ini berada dekat dari objek wisata lainnya di Kota Batu. Layaknya kompleks wisata, tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk sampai di tempat wisata lainnya. Sehingga anda dapat mengunjungi beberapa destinasi sekaligus dalam sekali jalan.

Beberapa objek wisata yang berada dekat penginapan antara lain Bukit Paralayang dan Taman Langit yang berada di satu kawasan sama, Taman Kelinci, Taman Labirin, wisata Petik Strawberry, Goa Pandawa, Goa Pinus, Air Terjun Coban Rondo, Cafe Sawah Pujon Kidul, dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Kawasan Oma Kayu
Image Credit: Google Maps Solihin M 

Alamat Omah Kayu Malang yaitu Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang sendiri berjarak sekitar 26 kilometer, dan dari pusat Kota Batu berjarak kurang lebih 10 kilometer. Bagi anda yang berangkat dari Malang, lakukan perjalanan ke arah Batu menuju Gedung Balaikota Batu.

Apabila sudah sampai di daerah Songgoriti dan Payung, di sana anda bisa memilih mau belok kanan atau belok kiri. Jika belok kiri atau lewat Payung, ambil arah menuju Pujon. Sementara untuk jalur kanan atau melewati Songgoriti dikhususkan untuk pengguna kendaraan roda dua, mobil dilarang melewati jalan ini.

Lewat kiri ataupun kanan, nantinya anda akan menjumpai titik pertemuan area Songgoriti dan Puyung tersebut. Titik ini juga akan ditemui apabila anda berangkat dari daerah Pujon, Pare, Kediri, Blitar, ataupun Ngantang. Di sana nantinya sudah ada papan petunjuk jalan, jadi hanya perlu mengikutinya untuk sampai ke lokasi.

Jam Operasional, Tiket dan Biaya Menginap

Tiket Kawasan Oma Kayu
Image Credit: Google Maps Asri Hartani 

Bagi yang berwisata saja atau tidak sekaligus menginap di Omah Kayu Malang, objek wisata ini memiliki jam operasional mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000 untuk weekdays dan Rp. 15.000 per orang untuk weekend.

Sedangkan bagi anda yang ingin bermalam, harus merogoh kocek sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 500.000 per malam untuk Omah Kayu Mini. Sedangkan Omah Kayu Family dibanderol dengan tarif kurang lebih Rp. 800.000 – Rp. 900.000 per malam. Waktu check in dan check outnya sendiri dapat dilakukan antara pukul 17.00 sampai dengan 08.00 pagi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Kawasan Omah Kayu
Image Credit: Google Maps Natasya Agustine

Ketika menginap di Omah Kayu, ada banyak sekali fasilitas wisata yang siap memanjakan anda. Mulai dari area parkir luas, deretan warung makan, kamar mandi dengan air panas bagi yang menginap dan toilet bersih, penginapan, bukit paralayang, dan berbagai spot foto instagramable.

Selain itu ada berbagai fasilitas yang disediakan agar anda dapat menikmati liburan dengan lebih seru. Seperti tandem paralayang, paket outbound, sewa motor trail, trekking gunung Panderman, Arjuno, dan Gunung Butak Kawi, sewa sepeda gunung, serta trip ke Desa Wisata Pujon Kidul.

Menarik bukan keseruan wisata yang mampu dihadirkan Omah Kayu Malang? Tidak hanya sekadar penginapan biasa, anda bisa merasakan liburan yang berkesan dengan pemandangan spektakuler jika berkunjung ke sini. Terlebih dengan banyaknya spot foto instagenic yang dihadirkan, membuat anda bisa mengantongi banyak koleksi foto ciamik untuk diunggah ke media sosial.