Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 10.00–18.00 WIB, Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.825, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa jenuh dan ingin beristirahat sejenak dan bisa bermain sepuasnya? Apakah Anda tertarik dengan berbagai pilihan wahana yang tidak monoton? Mungkin Anda bisa mencoba mengunjungi wahana permainan, baik yang sudah berdiri sejak lama maupun yang baru saja hadir di kota sekitar Anda.

Jika Anda tinggal di sekitar Bandung, Jawa Barat, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Panama Park 825. Objek wisata tersebut merupakan wahana permainan baru yang cukup terjangkau di Indonesia, alias the best and biggest indoor playground. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai taman kekinian ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Panama Park 825

Daya Tarik Panama Park 825
Image Credit: Google Maps Lyla S

Panama Park 825 baru saja diresmikan dua tahun silam, yaitu pada tanggal 1 Juni 2019. Konsepnya ini merupakan suatu wahana bermain dalam ruangan yang dikembangkan oleh suatu game master dan didesain buat semua kalangan pengunjung, sehingga siapapun bisa memainkan wahana-wahana yang ada. Tak heran juga jika wahana permainan keren yang satu ini menjadi arena bermain indoor terbesar di Bandung dan berdiri sendiri.

Berbicara mengenai daya tarik, tentu saja setiap tempat wisata memiliki kekhasan dan keunikan masing-masing. Sebagai salah satu ikonnya kota Bandung dan baru diresmikan sejak tahun 2019 silam dengan berbagai wahana yang dapat dinikmati semua kalangan, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik khas bagi Panama Park 825.

1. Snow Park (Seluncuran Salju)

Bagi Anda yang selama ini bermimpi bisa merasakan sensasinya bermain salju di negara-negara 4 musim, misalnya di Jepang, Inggris, Amerika, dan sebagainya, kini tak perlu jauh-jauh, karena Panama Park 825 menyajikan suasana seperti Anda dapat merasakan sensasi salju musim dingin yang sebenarnya. Segalanya dibuat mirip dengan tempat aslinya saat musim salju, lihat saja nanti pas baru memasuki tempat tersebut Anda akan merasa menggigil karena suhu udara yang super dingin, dan bisa dipastikan di bawah 0 derajat Celcius.

Anda akan menemukan suatu hamparan es berwarna putih serta butiran-butiran salju es yang dihasilkan secara buatan di dalam ruangan, lalu dapat merasakan tinggal di igloo, bertemu dengan beruang kutub, bermain seluncuran dengan naik papan atau alas licin yang tentu saja menantang adrenalin, bermain ski, melempar salju, dan bahkan bisa membangun snowman layaknya boneka-boneka Olaf yang ada di film Frozen!

Untuk dapat menikmati fasilitas ini, Anda harus membawa jaket sendiri, sedangkan pengelola dapat meminjamkan sarung tangan dan sepatu boot. Sedangkan jika Anda membawa barang lain yang tidak diperlukan, Anda dapat menyimpannya di loker yang sudah disediakan dan fasilitas ini 100% gratis dan aman!

2. Game Master

Panama Park 825 juga menyediakan semacam wahana permainan game arcade yang dirancang secara khusus oleh game master. Banyak sekali permainan yang dapat dicoba, seperti mesin boneka capit, ring basket, karaoke, dan masih banyak lagi, namun harus memakai kartu khusus game master untuk menikmati segala permainan tersebut.

3. Children Playground

Destinasi wisata ini juga menyediakan semacam wahana khusus untuk anak-anak di bawah 12 tahun, yaitu children playground. Tempat tersebut dapat membantu anak-anak dalam melatih saraf motorik, ketangkasan, hingga kreativitas sekaligus refreshing. Beberapa wahana yang dapat dicoba antara lain jungkat-jungkit, sand pool, wall climbing, mandi bola, pesawat, seluncuran, dan sebagainya.

Daya Tarik Dimiliki Panama Park 825
Image Credit: Google Maps Athina Rahmah

4. Joy and Fun

Belum puas dengan permainan-permainan di atas? Panama Park 825 memiliki solusi lain yaitu Joy and Fun khusus bermain anak-anak dan pendamping, di mana di wahana tersebut Anda dapat bermain sekaligus belajar karena juga dapat melatih ketangkasan, saraf motorik, dan kreativitas. Anda dapat belajar menaiki sepeda, pergi ke rumah boneka, hingga bermain game interaktif seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, pembuat pizza, penjaga minimarket, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mencoba perosotan paling tinggi dan berfoto-foto di beberapa spot khusus.

5. Lumens LED Interactive Room

Ada pula wahana tambahan yang disediakan oleh Panama Park 825 nih, yaitu Lumens LED Interactive Room. Ruangan mantap yang satu ini dihias oleh lampu LED berwarna-warni, sangat indah bukan? Di ruangan tersebut Anda dapat melakukan foto-foto atau boomerang ria, dan bahkan bisa bikin video dance buat diunggah ke Tiktok. Tidak perlu khawatir karena ruangan tersebut dapat dimasuki secara gratis.

6. Spot Foto Instagramable

Sejatinya, setiap tempat wisata menawarkan spot khusus yang dapat digunakan untuk berfoto ria lalu dimasukkan ke media sosial. Seperti misalnya di Snow Park, setidaknya terdapat beberapa spot sepreti beruang kutub, igloo, dan sebagainya, kemudian di Joy and Fun juga terdapat ruangan khusus seperti Throne’s Room dan Princess’ Room, dan rasanya cocok banget dijadikan tempat berfoto terutama buat anak-anak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Panama Park 825
Image Credit: Google Maps Nurul Firdha Lisyana

Panama Park 825, the best and biggest indoor playground di Indonesia, terletak di Jalan Jenderal Soedirman no. 825, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat 40213, dekat dengan tempat ngopi yang bernama Ngopi Doeloe Cibeureum dan Noah’s Barn Coffenery, serta Dago Bakery. Anda dapat pergi ke sana menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan dengan ojek, tentu saja dengan akses jalan yang semakin baik.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Bandung, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda ke bagian utara melalui rute berikut: Jalan Natuna – Jalan Sumatera – Jalan Tamblong – Jalan Asia Afrika – Jalan Jenderal Sudirman. Kurang lebih rute jalan menuju taman bermain indoor tersebut akan memakan waktu sekitar 20-25 menit dengan jarak sekitar 6,3 kilometer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Panam Park 825
Image Credit: Google Maps krishna pretty

Sejauh ini, harga tiket masuk ke kawasan bermain Panama Park 825 dapat dibilang cukup terjangkau. Untuk menikmati berbagai wahana, Anda harus memiliki kartu khusus game master yang dapat dibeli di wahana tersebut, dengan saldo awal mulai dari Rp 5.000 dan dapat diisi ulang. Terkait wahana yang ditawarkan berharga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 95.000. Sedangkan untuk hari dan waktu operasional dari taman bermain dalam ruangan tersebut umumnya dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00. Berikut ini merupakan list harga wahana yang ada di Panama Park.

  • Permainan mesin kecil (arcade games): Rp 3.000 – Rp 4.000/tap, tergantung mesinnya.
  • Snow Park: Rp 45.000/30 menit, untuk hari Sabtu-Minggu berharga Rp 60.000/30 menit, sudah termasuk sepatu boot dan sarung tangan.
  • Joy and Fun: Rp 75.000 – Rp 95.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Panama Park 825

Image Credit: Google Maps Tammy Temong

Panama Park 825 hingga saat ini masih ramai untuk dikunjungi berbagai wisatawan yang ingin melepas penat dengan mencoba berbagai wahana yang ada. Dengan peruntukan untuk umum, tentunya ada beberapa kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di dalam taman bermain sekalipun berada di dalam ruangan, yaitu sebagai berikut:

1. Bermain-main di Arena Wahana

Terdapat banyak sekali wahana yang bisa Anda coba di Panama Park 825, terutama di game Master dan Snow Park. Namun, meskipun demikian, Joy and Fun yang notabene­-nya lebih dikhususkan untuk anak-anak, satu pendamping dapat ikut masuk menemaninya di fasilitas tersebut. Anda dapat mencoba segala fasilitas tersebut hanya dengan satu kartu khusus Game Master namun tidak lupa untuk diisi saldonya terlebih dahulu.

2. Berfoto Ria

Nah, untuk aktivitas yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sebenarnya, setiap fasilitas wahana yang ada di tempat ini memiliki beberapa spot tersendiri. Anda bahkan dapat membuat vlog saat lagi meluncur di Snow Park, berdansa di LED Room, dan sebagainya. Tinggal bagaimana Anda mengemasnya menjadi foto dan video yang menunjukkan bahwa liburan Anda sangat berkesan di tempat tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa spot khusus lainnya yang dapat Anda gunakan ketika memasuki wahana Joy and Fun. Pertama, Throne’s Room, ruangan ini sangat cocok untuk anak laki-laki dengan suasana heroic dan dapat menambah semangat anak-anak. Kedua, Princess’ Room, ruangan yang lebih cocok digunakan anak-anak perempuan, tentunya dengan suasana serba pink layaknya princess pada umumnya.

3. Mengadakan Event Skala Besar

Bagi Anda yang ingin mengadakan event seperti ulang tahun, kompetisi, sarasehan, pameran, dan sebagainya, Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan fasilitas event room dan/atau stage performance di Panama Park 825. Namun, untuk menggunakannya tidaklah sembarangan, karena meskipun gratis, Anda tetap harus mengoordinasikannya dengan pihak pengelola agar tidak terjadi bentrokan acara yang ingin diadakan di Panama Park tersebut. Panggungnya pun didesain sangat luas sehingga cocok misalnya buat kompetisi menari yang membutuhkan panggung yang luas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Panam Park 825
Image Credit: Google Maps intelli design

Panama Park 825 menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, termasuk Anda sendiri. Tidak hanya arena bermain saja, tetapi terdapat beberapa fasilitas yang mendukung bagi setiap pengunjungnya. Umumnya beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati, yaitu sebagai berikut:

1. Nursery Room

Nursery Room merupakan fasilitas yang cukup baru ini tersedia di wahana bermain. Fasilitas ini disediakan buat ibu-ibu yang ingin mengurusi anak bayinya, misalnya dengan memberikan ASI atau mengganti popok. Rasanya cocok banget nih buat ibu yang masih perlu menyusui anaknya.

2. Event Room and Stage Performance

Panggung yang tersedia di wahana bermain yang mewah tersebut didesain secara luas untuk mengadakan acara-acara dalam partai besar seperti ulang tahun dan sebagainya. Fasilitas tersebut dapat digunakan secara gratis asal dikunjungi secara berkelompok/rombongan. Bisa disewa untuk acara-acara tertentu, misalnya untuk acara perlombaan, pameran, dan sebagainya.

3. Food Court

Ternyata, di wahana bermain juga disediakan food court, di mana berbagai jenis makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dijual di situ. Sehingga Anda tidak perlu takut akan kelaparan sehabis bermain. Biasanya, tempat tersebut juga digunakan para orang tua untuk bersantai sembari menunggu anak-anaknya bermain.

4. Mushola dan Toilet

Demi kenyamanan pengunjung, wahana bermain Panama Park ini juga menyediakan mushola bagi Anda sebagai seorang muslim yang ingin menunaikan sholat. Selain itu, tersedia pula toilet yang dapat membantu Anda untuk memuaskan hajat buang air kecil. Kedua fasilitas tersebut tentunya sering dijumpai di kebanyakan tempat umum.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Panama Park 825 yang hits di Bandung. Bagaimana, sangat menarik perhatian Anda, bukan? Tempat bermain terbaru dengan berbagai wahana yang menarik dapat membuat Anda belajar sekaligus bermain seputar astronomi menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di taman bermain tersebut?