Harga Tiket: Rp 60.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Mengger Tengah No.37, Mengger, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Panghegar Waterboom merupakan sebuah destinasi wisata yang populer di Kota Bandung, menghadirkan ragam wahana permainan air yang cukup lengkap untuk liburan yang menyenangkan. Penasaran dengan apa saja hal menarik yang terdapat pada waterboom ini? Yuk kita simak ulasan lengkapnya!

Daya Tarik yang Dimiliki Panghegar Waterboom

Daya Tarik Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps Naufal Hassan

Sampai saat ini, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan karena daya tariknya yang sangat lengkap. Berikut adalah ragam daya tarik yang tersedia di tempat wisata hits ini:

1. Kolam Busa

Salah satu daya tarik utama yang cukup unik dari Panghegar Waterboom ini adalah kolam busa. Sesuai dengan namanya, kolam yang satu ini memang menghadirkan pengalaman unik, di mana pengunjung dapat menikmati sensasi berenang sambil ditemani busa-busa putih yang memenuhi kolam. Karena keunikannya ini, banyak sekali anak-anak yang betah berlama-lama serta bermain bersama di kolam busa ini.

Busa di kolam ini secara khusus disiapkan dengan bahan yang cukup aman, sehingga pengunjung dapat dengan leluasa bermain di kolam busa ini. Selain itu, kolam yang satu ini memang membutuhkan perawatan khusus, sehingga pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas ini selama akhir pekan atau hari libur.

2. Giant Slider

Daya tarik selanjutnya yang terdapat pada Panghegar Waterboom adalah Giant Slider, atau perosotan besar. Perosotan besar ini pun memiliki beberapa jenis, baik yang berbentuk lurus, ataupun melingkar. Sesuai dengan namanya, perosotan ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar (giant) dibandingkan dengan wahana lain di sekitarnya.

Karena ukurannya yang besar, perosotan ini memang menawarkan sensasi tantangannya tersendiri. Biasanya, pengunjung yang dapat mencoba wahana perosotan besar ini adalah remaja hingga dewasa, atau harus memiliki tinggi badan tertentu. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dan keselamatan di area kolam renang.

3. Mini Slider

Sesuai dengan namanya, mini slider atau perosotan kecil ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Selain itu, mini slider ini juga terletak di kolam yang kedalaman airnya cukup rendah. Oleh sebab itu, jenis slider yang satu ini cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

Meskipun memiliki ukuran yang relatif lebih kecil, namun mini slider ini tak kalah seru untuk dicoba. Mini slider sendiri memiliki 2 jenis perosotan, yakni perosotan terbuka dan tertutup yang menawarkan keseruannya tersendiri. Selain itu, di wahana mini slider ini juga terdapat buket air besar yang akan menuangkan air sewaktu-waktu, yang membuat pengalaman bermain jadi lebih menyenangkan.

4. Kids & Baby Pool

Pada umumnya, banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Panghegar Waterboom dan membawa serta keluarga dan buah hati mereka. Oleh karena itu, pihak pengelola kawasan wisata telah menghadirkan ragam wahana permainan air yang sangat lengkap, termasuk kolam bermain anak yang dinamakan sebagai Kids & Baby Pool.

Wahana Kids & Baby Pool ini memang dirancang secara khusus, sehingga kedalaman airnya sangat rendah (sekitar mata kaki orang dewasa) dan sangat aman bagi balita dan anak-anak. Tak hanya itu, di wahana Kids & Baby Pool juga terdapat kolam pancuran air berbagai bentuk yang pastinya sangat seru bagi balita serta anak-anak.

5. Semi Olympic Pool

Bagi pengunjung yang secara khusus ingin melakukan olahraga renang, maka semi olympic pool inilah solusinya. Kolam renang jenis ini sudah dirancang secara khusus sesuai standar, sehingga memiliki ukuran dan kedalaman layaknya kolam semi perlombaan. Karena ukurannya yang cukup luas, biasanya pengunjung memanfaatkan kolam renang yang satu ini untuk melakukan aktivitas renang berbagai gaya.

Keunggulan lain dari semi olympic pool adalah suhu airnya yang cukup hangat. Oleh sebab itu, pengunjung tidak perlu lagi khawatir akan suhu air yang terlalu dingin, sehingga olahraga yang dilakukan juga menjadi lebih maksimal.

6. Spot Foto

Panghegar Waterboom menyediakan ragam spot foto menarik yang patut dicoba oleh pengunjung yang gemar berfoto, di antaranya yaitu jembatan warna warni, air terjun buatan, patung kuda laut, sampai signage “Panghegar Waterboom” yang berbentuk bola dunia.

Selain itu, masing-masing wahana air yang tersedia di lokasi wisata air ini memang memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik, sehingga cocok untuk dijadikan spot berfoto yang menandakan momen liburan.

Daya Tarik di Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps Devota Luce

7. Kolam Sungai Buatan

Salah satu daya tarik yang cukup unik di lokasi wisata menarik ini adalah fasilitas kolam sungai buatan. Area sungai buatan ini memang cukup panjang dan mengitari ragam wahana permainan air yang terdapat di lokasi ini. Biasanya, pengunjung memanfaatkan kolam sungai buatan ini menggunakan pelampung untuk bersantai.

Kolam sungai buatan ini telah dirancang secara khusus agar memiliki arus air kecil yang selalu berputar mengelilingi area kolam. Oleh karenanya, pengunjung hanya perlu bersantai sambil didorong oleh arus air yang nyaman hingga dapat memutari area kolam sungai buatan ini.

8. Mini Zoo

Apabila pengunjung telah bosan menikmati ragam wahana air, maka patut mengunjungi area mini zoo. Di area ini, pengunjung terutama anak-anak dapat melihat serta berinteraksi langsung dengan beragam satwa yang ada di sana, seperti kelinci, ayam, hingga burung. Selain itu, pengunjung juga dapat memberi makan hewan-hewan lucu di Mini Zoo ini dengan pakan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

9. Air Terjun Buatan

Wahana lain yang cukup menarik di Panghegar Waterboom adalah air terjun buatan. Wahana yang satu ini memang dibuat sedemikian rupa layaknya tebing bebatuan, dengan pancuran air yang lebar dan deras layaknya air terjun alami. Karena keunikannya ini, biasanya wahana ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai usia, baik anak-anak hingga orang dewasa untuk bermain ataupun sekadar berendam di kolam yang letaknya tepat di bawah air terjun.

10. Hot Water Pool (Jacuzzi)

Daya tarik selanjutnya di Panghegar Waterboom adalah Hot Water Pool atau Jacuzzi. Sesuai dengan namanya, Hot Water Pool atau kolam air hangat ini memang memiliki air dengan suhu yang hangat, sehingga cocok untuk dimanfaatkan sebagai kolam bersantai. Suhu air hangat yang terdapat dalam kolam ini juga membantu merenggangkan otot-otot agar kembali rileks.

Hal lain yang cukup menarik dari Hot Water Pool ini adalah adanya gelombang air yang selalu memancar dari dasar kolam. Biasanya, pengunjung memanfaatkan gelombang air ini sebagai pijatan alami pada tubuh.

11. Beach Pool

Kolam selanjutnya yang tak kalah menarik adalah beach pool. Sesuai dengan namanya, kolam yang satu ini memang dibuat secara khusus sehingga menyerupai pantai dan lautnya. Biasanya, area Beach Pool ini selalu ramai oleh pengunjung utamanya balita dan anak-anak.

Agar semakin mirip dengan suasana pantai, area kolam yang satu ini juga memiliki spot pasir pantai dengan ukuran yang cukup besar. Oleh karena itu, anak-anak dapat dengan leluasa bermain air dan pasir tanpa harus jauh-jauh mengunjungi pantai yang asli.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps Panghegar Waterboom Bandung

Lokasi dari Panghegar Waterboom ini cukup strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Mengger Tengah No.37, Mengger, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Rute yang paling mudah dapat dimulai dari Tol Padaleunyi, kemudian keluar di exit tol Buah Batu. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kiri ke Jl. Terusan Buah Batu sampai patukan Pasar Kordon, dan belok kiri lagi ke Jl Batununggal Indah Raya. Sesampainya di Jl Batununggal Indah Raya, belok kiri ke Jl Batununggal Indah I, kemudian belok kanan ke Jl Batununggal Raya II hingga menyeberangi jembatan, setelah itu baru belok kiri ke Jl Mengger Tengah dan Panghegar Waterboom akan terlihat di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Waterboom

Harga Tiket Masuk Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps IndoGamer93

Untuk memasuki kawasan waterboom, pengunjung butuh mengeluarkan biaya dengan rincian sebagai berikut.

HTM Weekday (Berlaku senin – kamis diluar hari libur nasional/high session)

  • Tiket untuk mengakses all area: Rp 60.000 (free welcome drink)

HTM Weekday (Berlaku khusus hari jumat diluar hari libur nasional/high session)

  • Tiket masuk khusus untuk area kolam semi olympic: Rp 25.000
  • Tiket masuk khusus area waterboom: Rp 35.000
  • Tiket masuk untuk mengakses all area: Rp 60.000 (Free welcome drink)

HTM Weekend Hari libur nasional (Non high session)

  • Tiket masuk untuk mengakses all area: Rp 75.000 (Free welcome drink)

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Panghegar Waterboom

Kegiatan Menarik Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps Firmansyah Hamdani

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke waterboom ini, di antaranya:

1. Berenang

Aktivitas utama yang dapat dilakukan di Panghegar Waterboom ini tentu adalah berenang. Pengunjung bebas memilih kolam mana atau wahana apa yang akan dicoba, mulai dari kolam big slider, kolam semi olympic, dan masih banyak lagi.

2. Berfoto-Foto

Ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan di kawasan wisata air ini, seperti jembatan warna warni, patung kuda laut, wahana permainan air, air terjun buatan, ataupun signage yang berbentuk bola dunia. Selain itu, pada event-event tertentu biasanya pihak pengelola akan menghadirkan badut maskot yang lucu, sehingga pengunjung terutama anak-anak dapat berfoto bersama mereka.

3. Berendam di Jacuzzi

Aktivitas lainnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan adalah berendam di kolam air hangat atau jacuzzi. Kehangatan suhu air di kolam ini tentu memberikan sensasi kenyamanan tersendiri bagi tubuh.

4. Mengunjungi Mini Zoo

Bagi pengunjung yang membawa serta anak-anak, Mini Zoo ini memang patut untuk dikunjungi agar anak-anak dapat melihat serta berinteraksi secara langsung dengan ragam hewan yang lucu.

5. Mengikuti Pelatihan Renang

Olah raga renang memang sudah dikenal cukup baik untuk menjaga kesehatan terutama pada masa pertumbuhan anak-anak. Oleh sebab itu, di Panghegar Waterboom pengunjung tidak hanya dapat mengajak anak mereka untuk bermain air, melainkan juga mengasah kemampuan renang mereka. Untuk itu, pengunjung dapat mendaftarkan diri ataupun anak-anak untuk mengikuti pelatihan renang yang rutin diadakan.

Para pelatih renang yang rutin memberikan pelatihan di Panghegar Waterboom adalah para profesional sehingga metode pembelajarannya dijamin cukup efektif. Paket pelatihannya pun bisa dipilih berdasarkan jumlah siswa dan sesi yang diikuti.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Panghegar Waterboom
Image Credit: Google Maps Santi Susilowati

Ragam fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Panghegar Waterboom cukup lengkap, di antaranya:

1. Area parkir

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi parkir yang terletak di sekitar pintu masuk. Parkir disini, kendaraan dijamin keamanannya.

2. Puja Sera

Di area puja sera ini terdapat sejumlah kios makanan yang menyajikan ragam hidangan nikmat, sehingga cocok sebagai lokasi bersantap bagi pengunjung setelah berenang.

3. Mushola

Dalam kawasan wisata air ini sudah disediakan fasilitas Mushola bagi pengunjung yang hendak menunaikan ibadah. Jangan khawatir saat rekreasi disini, Anda pun dapat melaksanakan kewajiban tepat waktu.

4. Toilet & Kamar Mandi

Toilet dan kamar mandi yang disediakan pengelola objek wisata cukup terawatt dan bersih.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata air menarik di Bandung, yakni Panghegar Waterboom. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, maka dapat menghubungi customer service Panghegar Waterpark di nomor 022 – 5227001, atau Whatsapp di nomor 0811 2234 909.