Pantai Ancol, Wisata Bahari Seru di Jakarta

Pantai Ancol

Lokasi: Jl. Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.
MapCek Lokasi

Pantai Ancol, destinasi wisata bahari andalan di Jakarta, Pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan. Banyak hal menarik yang dapat dilakukan seperti menikmati momen senja hari di pinggir pantai hingga berburu kuliner lezat di dalamnya.

Kota metropolitan Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki beragam tempat wisata menarik di Indonesia. Sebut saja destinasi wisata andalan berupa Pantai Ancol yang telah terkenal di masyarakat tanah air. Tidak hanya di musim liburan panjang saja, tempat wisata ini juga ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan tiba. Lalu apa saja daya tarik dari tempat wisata bahari yang satu ini? Mari simak ulasannya secara lebih lengkap disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ancol

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ancol

Image Credit: Bersapedahan.wordpress.com

Saat berkunjung di kawasan Jakarta, tidak ada salahnya untuk mampir ke pantai populer yang satu ini. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat rekreasi ini adalah beragam wahana yang tersedia di dalamnya. Beragam wahana seru tersebut tidak hanya dapat dimainkan oleh anak anak, melainkan juga dimainkan oleh orang dewasa. Tentu dengan keadaan tersebut menjadikan tempat wisata ini sangat tepat untuk wisata keluarga.

Salah satu wahana yang ada di dalam tempat yang menarik ini adalah wahana air. Deburan ombak pantai di pantai ini tentu akan menghadirkan tampilan lain dari kawasan ibu kota yang dipenuhi dengan wisata buatan. Ombak di pantai yang berada di kawasan ibu kota tentu merupakan hal yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Wahana rekreasi di tengah padatnya kota besar ini juga akan membantu mengurangi kepenatan yang Anda rasakan.

Panjangnya bibir pantai pada tempat wisata ini juga terbagi menjadi enam buah pantai utama. Pantai yang dimaksud ialah Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Ria Ancol, Pantai Beach Pool, dan juga Pantai Bende. Nama Pantai Beach Pool sendiri juga biasa disebut dengan Laguna Ancol. Setiap jenis pantai ini juga menawarkan keseruan tersendiri yang dapat Anda temui selagi berwisata di tempat tersebut.

Sebut saja Pantai Karnaval Ancol yang tentu saja berkaitan dengan kegiatan yang berbagai event karnaval. Beragam event menarik seringkali dilakukan pada kawasan pantai ini. Tidak tanggung tangguh, event yang dilakukan juga telah berskala internasional. Seperti misalnya saat malam tahun baru dimana banyak pagelaran yang diselenggarakan di tempat tersebut. Dengan area yang luas, pantai ini juga mampu menampung setidaknya enam ribu orang.

Bagi Anda yang hendak berwisata kuliner, juga bisa mengunjungi area wisata ini. Beragam sajian kuliner bisa Anda temui selagi berwisata ke tempat tersebut. Uniknya terdapat cafe yang didesain layaknya berada di Pulau Dewata. Kelezatan sajian yang ada juga tidak perlu diragukan lagi. Spot foto menarik pun dapat Anda cari saat berada di kawasan wisata populer ini. Momen indah liburan pun akan terekam dengan baik dengan foto yang diambil.

BACA JUGA:  11 Wisata Pantai Terhits di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Rute Menuju Lokasi Pantai Ancol

Rute Menuju Lokasi Pantai Ancol

Image Credit: Suara.com

Tempat wisata ini adalah wisata bahari yang ada di kawasan Jakarta Utara. Tidak hanya sebagai tujuan wisata favorit masyarakat ibu kota saja, tempat wisata ini pun dikunjungi oleh banyak orang dari daerah yang lainnya. Untuk menuju ke tempat rekreasi populer ini terbilang mudah. Dengan akses yang telah tersedia, Anda dapat menuju ke tempat ini dengan cepat. Jenis kendaraan yang bisa Anda kendarai pun terbilang sangat beragam.

Bagi Anda datang dari luar daerah, maka jenis kendaraan yang dapat dipilih adalah kereta api. Untuk sampai ke tempat wisata ini, Anda bisa turun di stasiun Jatinegara. Lalu kemudian berlanjut dengan menggunakan KRL dengan tujuan Jakarta Kota. Anda pun bisa memilih kereta untuk menuju ke dipo stasiun di Jakarta Kota. Setelah itu, Anda harus beralih dengan menggunakan bus Transjakarta. Angkutan lain pun dapat Anda pilih untuk sampai ke Ancol.

Di era modern seperti saat ini, juga terdapat banyak jenis kendaraan yang bisa Anda pilih. Sebut saja ojek online yang bisa ditemui di berbagai daerah di tanah air. Dengan ojek online tersebut, waktu yang diperlukan untuk sampai ke Ancol juga menjadi lebih cepat. Pilihan lain adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di kawasan wisata andalan ini. Pertama tama, Anda dapat menuju ke arah Kota Tua Jakarta terlebih dahulu.

Barulah kemudian Anda bisa menuju ke kawasan Pantai Ancol ini. Terdapat banyak petunjuk arah yang akan Anda temui di sepanjang jalan. Selain itu, dengan teknologi yang ada Anda pun dapat dengan mudah mencari petunjuk jalan untuk sampai ke tempat wisata ini. Namun untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di kawasan kota besar layaknya Jakarta, opsi menggunakan jenis kendaraan umum adalah sebuah pilihan yang tepat.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Image Credit: Wisatapro.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk memiliki liburan yang menyengkan, diperlukan perencanaan yang matang sebelumnya. Sebut saja dalam masalah anggaran dana dan juga rute yang akan ditempuh untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Anggaran dana yang dimaksud antara lain adalah untuk tiket masuk, biaya untuk konsumsi, penginapan, dan juga biaya transportasi. Dengan perencanaan yang matang tentu juga akan menguntungkan.

BACA JUGA:  20 Wisata Museum di Jakarta yang Patut Anda Kunjungi

Di Pantai Ancol ini tiket masuk yang diberlakukan juga terbilang masih ramah di kantong. Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya tambahan. Sementara untuk biaya penginapan di sekitar kawasan Ancol juga terbilang beragam. Mulai dari penginapan yang murah meriah namun tetap nyaman, hingga penginapan berupa hotel berbintang yang dapat Anda pilih. Pilihan tempat menginap ini bisa Anda sesuai kebutuhan.

Jika diperkirakan, biaya untuk berwisata ke Pantai Ancol ini dengan segala keperluannya kurang lebih adalah 500 ribu rupiah. Namun tentu saja biaya tersebut akan sesuai dengan jenis penginapan, kendaraan, dan keperluan lain yang Anda perlukan. Anggaran untuk berbelanja oleh oleh pun dapat Anda perhitungkan sebelumnya. Dengan anggaran yang telah matang, tentu liburan pun akan berjalan dengan baik dan tentu saja menyenangkan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Ancol

Image Credit: Akurat.co

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa di kawasan Pantai Ancol ini terdapat banyak pantai di dalamnya. Setiap jenis pantai tersebut juga memiliki hal hal menarik yang layak untuk Anda coba dan kunjungi. Sama halnya dengan tempat wisata bahari berupa pantai lainnya, di kawasan pantai ini Anda pun dapat mencoba untuk berenang dan bermain air. Bermain bola pasir di kawasan pantai nan eksotik ini juga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Menikmati kawasan pantai sembari bersantai juga layak untuk Anda coba. Menghilangkan kepenatan akibat rutinitas kerja yang dilakukan pun bisa dilakukan dengan cara tersebut. Momen bersama keluarga juga akan terasa dengan berkumpul di area wisata ini. Selain itu, masih terdapat hal lain yang dapat Anda lakukan di kawasan ini. Terdapat kawasan pedestrian dengan lebar 8 meter yang dapat Anda gunakan selagi berada di kawasan Ancol.

Anda pun bisa menyewa sepeda untuk digunakan di tempat pedestrian tersebut. Momen bersepeda yang dilakukan tentu dapat pula dilakukan di senja hari sembari menikmati matahari yang akan tenggelam. Di pagi hari pun, kegiatan bersepeda dapat dilakukan untuk menikmati suasana khas kawasan pantai. Aneka sajian lezat pun bisa diburu selagi berada di tempat wisata yang satu ini. Mulai dari jenis kuliner yang ringan hingga jenis yang berat.

Namun di beberapa area pantai di kawasan Ancol tidak memperkenankan pengunjungnya untuk berenang. Sebut saja di Pantai Ria Ancol. Namun tentu saja di pantai ini masih terdapat aktivitas yang dapat dilakukan. Contohnya adalah wahana bermain berupa kapal yang dapat dituju untuk anak anak. Aktivitas selfie dan berburu spot foto di kawasan pantai ini pun layak dilakukan. Melihat event yang digelar pun dapat Anda coba di pantai ini.

BACA JUGA:  Menikmati Liburan Seru ke Ocean Dream Samudra Jakarta

Penginapan yang Tersedia di Pantai Ancol

Penginapan yang Tersedia di Pantai Ancol

Seiring dengan berjalannya waktu terdapat beragam pembangunan yang dilakukan di kawasan ibu kota. Salah satunya adalah pembangunan di ranah pariwisata, yang berupa tempat penginapan atau hotel. Saat berkunjung ke kawasan Pantai Ancol, Anda bisa memilih beragam penginapan yang memiliki kelebihannya masing masing. Mulai dari penginapan untuk rombongan keluarga dan juga penginapan untuk para backpacker.

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, pemesanan tempat menginap juga bisa dilakukan dengan sistem online. Dengan sistem tersebut tentu juga akan menguntungkan Anda sendiri. Pilihan kamar yang tersedia pada penginapan tersebut pun sangat beragam. Fasilitas di dalamnya dapat pula menunjang liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Tidak jauh dari Ancol, penginapan ini dapat dikunjungi dalam waktu beberapa menit saja.

Tidak jarang terdapat beberapa penginapan yang akan memberikan promo menarik bagi Anda. Seperti misalnya untuk momen tahun baru maupun waktu waktu lainnya dalam waktu satu tahun. Tentu promo ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda dapat memanfaatkan promo berupa potongan harga tersebut untuk digunakan bersama sanak keluarga. Liburan pun akan tetap seru dengan dana yang masih ramah bagi kantong.

Fasilitas yang Ada di Pantai Ancol Jakarta

Fasilitas yang Ada di Pantai Ancol Jakarta

Image Credit: Mediaindonesia.com

Tidak hanya menawarkan banyak jenis kegiatan yang menarik, pantai di kawasan Ancol juga menyediakan beragam jenis fasilitas yang juara. Dengan fasilitas yang diberikan tentu akan menjadikan liburan para pengunjung menjadi lebih berkualitas. Seperti telah disebutkan, di kawasan pantai ini terdapat area pedestrian yang dapat digunakan. Dengan fasilitas ini, Anda bisa melakukan beragam kegiatan menarik di kawasan pantai, layaknya bersepeda.

Kereta Wisata Sato Sato adalah salah satu fasilitas yang dapat Anda temui di tempat ini. Dengan kereta tersebut, pengunjung bisa berkunjung ke berbagai area pada kawasan wisata ini. Sebut saja untuk menuju ke area Allianz Ecopark, Ocean Dream Samudra, dan juga Dunia Fantasi atau Dufan. Fasilitas umum pun dapat ditemui dengan mudah di kawasan wisata andalan ini. Seperti misalnya kamar mandi, tempat ibadah, dan juga area untuk beristirahat.

Beragam aktivitas menarik dapat Anda lakukan di area wisata andalan ibu kota ini. Sebut saja bermain main di hamparan pasir, hingga menikmati beragam wahana yang tersedia di dalamnya. Momen indah bersama kerabat atau teman teman yang turut serta pun ditunjang dengan fasilitas yang sangat lengkap. Untuk melepas lelah setelah seharian berwisata di Ancol, terdapat banyak jenis penginapan yang dapat Anda tuju di kawasan ini.