Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00-22.00 WIB, Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Banyak tempat wisata yang bisa anda temukan di wilayah Indonesia. Salah satunya adalah di Kabupaten Kebumen. Anda bisa menemukan tempat wisata yang unik yaitu pantai Ayah. Pantai ini merupakan icon wisata yang menawarkan keindahan laut selatan di wilayah Jawa anda bisa merasakan keindahan suasana alam yang sangat memukau.

Wisata pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing. Pesona keindahan alam yang teduh dan ditemani dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi membuat siapa saja yang berkunjung kesana akan sangat betah dan sulit move on. Oleh karena itu, para pecinta wisata sebaiknya melihat dulu gambaran pantai wisata Ayah sebelum berkunjung.

Sejarah Pantai Cantik di Kebumen

Sejarah Pantai Cantik di Kebumen
Image Credit: Google Maps Winner Sonny Salas

Sebelum anda memahami dan mengetahui apa saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Ayah. Wisatawan harus tahu dulu bagaimana sejarah adanya wisata ini. Pantai ini dikenal sebagai wisata pantai Logending. Penamaan ini terdiri dari 2 kata yaitu Lo dan Gending. Lo itu merupakan sebutan bagi pohon yang ada di sekitar pantai.

Sedangkan kata Gending merupakan diambil dari bahasa Jawa yang diartikan sebagai instrumen. Dulunya, pantai ini digunakan sebagai lokasi pertahanan oleh tentara Belanda dan Jepang. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya benteng yang ada di sekitar hutan jati Logending. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat persembunyianya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ayah

Daya Tarik Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps Khafid Mukriyanto

1. Garis Pantai yang Panjang

Pantai yang berada di daerah atau desa Ayah ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan area yang landai dan pasir yang berwarna hitam kecoklatan. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dengan duduk santai diatas pasir pantai yang cukup bersih. Meskipun pasir di pantai ini berwarna hitam, namun tetap menjadi pilihan wisatawan.

Pantai Ayah juga dikenal sebagai tempat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga dan cocok dijadikan sebagai destinasi liburan anda. Wisata alam satu ini akan sangat ramai pengunjung jika telah memasuki waktu libur panjang dan juga weekend. Anda perlu mencoba mengunjungi pantai ini jika pergi ke wilayah Kebumen.

2. Pemandangan Samudera Hindia

Pantai cantik di Kebumen ini selalu berhasil menyuguhkan pesona dan keindahan pemandangan Laut Selatan yang luar biasa. Pantai yang dikenal juga sebagai Logending ini merupakan destinasi yang sangat populer di wilayah Kebumen. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam Samudera Hindia dengan suasana yang sangat menenangkan.

Dengan kondisi laut terbuka dan juga ombak yang begitu besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal inilah yang menjadikan pantai Logending banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Panorama keindahan yang didapatkan di kawasan ini sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menenangkan diri.

3. Dikelilingi Hutan

Yang menjadikan pantai ini berbeda dari pantai lainnya adalah karena lokasinya yang berada berdekatan dengan hutan pohon jati. Sehingga, pantai Logending ini menjadi lebih sejuk, sangat unik dan layak untuk dikunjungi. Di dalam hutan tersebut anda bisa menemukan berbagai jenis tanaman lokal seperti kayu mahoni Afrika yang cukup langka.

Hutan tersebut telah dikelola oleh Perhutani. Selain itu, pemandangan hutan yang sangat hijau membuat pantai Ayah terlihat semakin cantik dan mempesona. Dengan perpaduan hutan yang hijau dan juga lautan yang biru memberikan suguhan yang sangat luar biasa yang mampu memulai dan menyegarkan mata para wisatawan yang berkunjung.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps Nia Kartika

4. Muara Sungai Boro

Anda bisa menemukan keunikan lain dari wisata pantai Logending ini. Tidak hanya hutan, tetapi anda juga bisa melihat aliran sungai yang bermuara ke pantai wisata ini. Penduduk sekitar memberikan nama sungai tersebut sebagai sungai Bodo. Aliran dari sungai tersebut merupakan pemisah antara kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap.

Lokasi dari sungai ini sikelilingidengan banyak pepohonan yang sangat rindang. Dengan adanya sungai ini menjadi salah satu daya tarik yang menarik bagi wisatawan karena dapat melihat secara langsung ketika air sungai bermuara ke lautan lepas. Di destinasi wisata ini anda bisa melihat lautan, hutan, dan juga sungai dalam satu tempat yang sama.

5. Spot Foto Menarik

Ada banyak aktivitas menarik dan sangat disarankan untuk mengeksplorasi keindahannya saat berkunjung ke Pantai Ayah. Anda tidak hanya menikmati pemandangan yang menenangkan dan indah serta suasana pantai. Ada banyak tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan, seperti mandi dan bermain pasir di area sekitar pantai.

Jangan lewatkan aktivitas foto. Ada banyak lokasi yang dapat digunakan sebagai tempat mengambil foto untuk dijelajahi. Dapatkan foto-foto terbaik untuk menunjang aktivitas liburan Anda yang tak terlupakan dengan menghabiskan waktu dan melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga tercinta. Selain itu, anda juga bisa melakukan aktivitas lain.

Hal yang bisa anda lakukan pada destinasi Pantai Ayah ini diantaranya yaitu memancing, kemudian menaiki wahana ATV. Apabila lelah bermain, anda bisa lanjut mengunjungi tempat makan yang ada di sekitar pantai Logending. Pada destinasi wisata ini, anda akan banyak menemukan makanan seafood yang lezat untuk disantap.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Wisata

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps Winner Sonny Salas

Pantai cantik ini berlokasi di Jl. Ayah – Karangbolong, Logending, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Anda bisa menikmati panorama alam yang tersaji di pantai yang terletak 8 kilometer selatan Gua Jatijajar, 48 kilometer dari Kota Karanganyar dan 63 km dari kota Kabupaten Kebumen.

Harga tiket masuk ke Pantai Ayah adalah Rp 5.000. Jika seorang wisatawan ingin menyewa kapal, maka wisatawan tersebut akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000. Parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000. Objek wisata ini sepertinya memiliki kekuatan magis untuk membawa semua orang untuk terus kembali berkunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Ayah

Aktivitas Menarik Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps SAHLY V’z

1. Berenang

Seluruh pantai yang berada diwilayah pesisir selatan biasanya terkenal dengan ombaknya yang besar. Jika anda mengunjungi tempat ini tanpa menemukan deburan ombak pastinya akan sangat kurang sempurna. Karena adanya ombak yang begitu tinggi, sehingga diharapkan anda tetap berhati-hati dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan

Sebagai wisatawan, anda bisa bermain dan berenang di Pantai Ayah dengan memperhatikan atau menggunakan wilayah yang aman. Wisatawan yang berenang di pantai harus mengikuti petunjuk atau peraturan dari pengelola pantai ini karena ombak di pantai ini berbahaya dan bisa lebih tinggi dari biasanya pada waktu-waktu tertentu.

2. Menikmati Sunset

Pasangan muda yang berkunjung harus meluangkan waktu sampai matahari terbenam. Pesona keindahan sunset destinasi wisata ini memang tidak pernah mengecewakan. Ini bukan tempat yang populer, tetapi pemandangan matahari terbenam di pantai ini tidak begitu indah. Suasana semakin romantis saat cahaya kuning keemasan menyinari langit dan permukaan laut.

3. Bersantai

Sebagian besar wisatawan yang datang ke Pantai Ayah ini memiliki waktu bersantai. Duduk di tepi pantai bersama orang tersayang dan menikmati liburan tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Wisatawan Pantai Logending sering menikmati bermain pasir di pantai bersama anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak untuk menggali pasir pantai yang hitam.

4. Naik Perahu

Salah satu aktivitas yang paling diminati pengunjung Pantai Logending adalah menaiki perahu. Beberapa perahu tradisional bersandar di tepi pantai untuk mengangkut penumpang yang hendak menuju ke tengah laut. Perahu yang tersedia di objek wisata ini cukup besar sehingga dan dapat digunakan untuk menampung lebih dari 10 orang.

5. Keliling Hutan

Salah satu aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Pantai Ayah yaitu berkeliling ke kawasan hutan pohon jati. Para wisatawan hanya bisa melihat dan mengunjungi hutan hanya bagian selatan saja. Tidak hanya hutan pohon jati, anda juga dapat melihat adanya hutan mangrove yang digunakan sebagai tanaman pembantu untuk mencegah terjadinya abrasi di sekitar pantai.

Aktivitas Menarik di Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps Arif Bumen Bae

6. Berfoto-Foto

Berkunjung ke pantai di Kabupaten Kebumen tidak lengkap tanpa foto. Beberapa titik Pantai Logending memberikan pemandangan indah yang cocok untuk dijadikan background foto. Banyak sekali pilihan spot foto untuk pantai ini antara lain pantai, hutan, jembatan merah, sungai dan masih banyak lagi. Jadi pastikan untuk membawa kamera dan peralatan fotografi.

7. Menyusuri Sungai

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di pantai Ayah adalah menyusuri sungai dengan menggunakan perahu. Aktivitas satu ini menjadi banyak kegemaran dari para wisatawan. Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat hijau dan menikmati keindahan hutan dari dekat. Dengan wisata perahu, anda bisa lebih menyusuri keindahan Sungai Bodo.

8. Makan-Makan

Berbaring di pinggir pantai dengan beralaskan tikar akan membuat liburan Anda di pantai ini semakin menyenangkan. Anda dan rombongan bisa bersantap sambil menikmati pemandangan laut. Makan bersama seperti ini adalah pemandangan biasa di Pantai Logending. Apalagi saat musim liburan seperti hari raya pastinya mengasyikkan.

Anda dapat menggelar tikar dan makan bersama serta menikmati makanan yang anda bawa dari rumah. Namun jangan khawatir, Anda bisa membeli makanan di warung-warung yang ada di sekitar pantai ini tanpa harus membawa bekal makan siang. Nikmati aneka masakan tradisional dengan harga terjangkau antara lain bakso, batagor, dan soto.

9. Berburu Oleh-Oleh

Jika berlibur ke Logending, jangan lupa untuk mencari oleh-oleh. Di kawasan wisata Pantai Ayah ini, anda akan banyak menemukan rumah pelelangan ikan. Anda juga dapat memilih dan melihat secara langsung aneka ikan segar hasil tangkapan para nelayan setempat. Sebagai oleh-oleh, anda bisa membeli ikan asin yang ada di lokasi tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ayah
Image Credit: Google Maps Wawan Triawan

Tempat parkir di Pantai Ayah cukup luas dan bisa menampung sepeda motor, mobil, dan bus wisata. Namun, saat musim liburan panjang dan saat banyak turis, tempat parkir di kawasan pantai ini penuh. Untuk bisa menemukan warung makan di Pantai Logending tidaklah sulit. Banyak warung makan sederhana berjejer dan menyajikan makanan dan minuman.

Ada fasilitas untuk anak-anak bermain di salah satu sisi pantai. Selain di pantai, wisatawan juga bisa mengajak anaknya bermain di taman bermain anak yang telah disediakan. Pantai Logending sudah menjadi salah satu objek wisata pantai yang lengkap. Terdapat mushola di kawasan objek wisata ini dan ada banyak fasilitas mandi dan fasilitas ganti baju.

Kamar mandinya biasa saja, tapi tempatnya nyaman banget buat yang mau ganti baju setelah main di laut. Menginap di kawasan wisata alam pantai ini menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bermalam setelah menghabiskan liburan di Pantai Ayah Kebumen. Fasilitas hotel dan homestay yang ada di dekat wisata cukup nyaman sebagai tempat untuk Anda beristirahat.

Keindahan pantai tetap ada di benak para pelancong yang membutuhkan tempat untuk bersantai, dan menghindari tuntutan pekerjaan yang tak tertahankan. Anda dapat mengunjungi tempat wisata pantai Logending atau Ayah ini saat berada di Kebumen. Pastinya anda akan dapat menghilangkan rasa penat yang dialami.