Pantai Bandengan, Indahnya Pantai Berpasir Putih di Kota Jepara

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan yang juga dikenal dengan Pantai Tirto Samudro menawarkan pesona bahari yang memukau di Jepara. Pantai pasir putih yang eksotis dan didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Lokasi: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.
Map: Cek Lokasi

Siapa yang tidak mengenal kota Jepara? Kota yang terkenal lantaran tempat kelahiran salah satu pahlawan tersohor di nusantara yakni Ibu RA. Kartini. Disebut sebagai kota ukiran, Jepara ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu luar biasa, salah satunya di Pantai Bandengan. Menyimpan keindahan yang begitu memukau mata, pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Terlebih lagi, kini banyak sekali wahana air yang tidak bisa dilewatkan. Yuk kenali apa saja daya tariknya disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bandengan

Daya Tarik Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @wisataweb

Pantai cantik ini menjadi salah satu wisata bahari yang berlokasikan di pusat Kota Jepara. Memiliki pasir yang berwarna putih bersih, menjadikan pantai satu ini sangat dikagumi oleh sebagian besar wisatawan. Bukan hanya berwarna putih semata, ternyata pasir tersebut memiliki tekstur yang cukup halus sehingga menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri.

Bahkan dengan garis pantainya yang cukup luas, membuat para pengunjung bisa beraktivitas dengan leluasa. Anak anak dan kaum muda pun bisa bermain dengan bebas di hamparan pasir pantai yang sangat luas ini. Dikala musim liburan tiba, tempat wisata satu ini akan dipadati oleh para wisatawan baik dari lokal maupun asing atau mancanegara.

Bila ditengok dari sejarahnya, nama Bandengan ternyata berasal dari Sunan Nyamplungan yang merupakan putra dari Sunan Muria. Dahulu kala, beliau diperintahkan memperdalam dan menyebarkan ajaran Islam hingga ke kepulauan yang nampak kremun dari Gunung Muria. Kepulauan tersebutlah yang disebut sebagai Pulau Karimun Jawa.

Dalam perjalanannya menuju ke Pulau Karimun, Sunan Nyamplungan atau Amir Hasan melewati pantai yang konon katanya terdapat banyak sekali ikan bandeng. Keberadaan ikan bandeng yang berlimpah tersebutlah, membuat desa di sekitarnya dinamakan dengan Desa Bandengan. Hal ini pun tak luput dari pantainya yang terkenal dengan nama Pantai Bandengan.

Sebelum tahun 1987, pantai ini diubah namanya menjadi Tirta Samudra yang dikelola mandiri oleh warga setempat. Namun setelah tahun 1987, pengelolaannya berpindah ke Pemerintahan Kabupaten Jepara. Meskipun begitu, masyarakat setempat masih ikut terlibat dalam memelihara serta mengelola kawasa wisata pantai ini.

Daya Tarik dari Pantai Bandengan

Image Credit: Instagram.com @haidar_dzaky_kelik19

Karena menjadi salah satu pantai kebanggan warga Jepara, Pantai Bandengan memiliki keunggulan yang tidak ditampilkan pada wisata bahari lainnya. Dimana ketika berada disini, Anda akan tersihir lantaran pemandangan alamnya yang begitu luar biasa. Jadi tak ayal bila pantai pasir putih ini kerap dijadikan pilihan utama bagi wisatawan untuk menghabiskan liburannya.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purworejo yang Wajib Anda Coba

Air dan ombaknya yang tenang serta pasir putihnya yang bersih, mampu membuat hati terasa lebih tenang dan damai untuk berlama lama disini. Keunggulan semacam inilah, yang membuat objek wisata ini tidak kalah terkenalnya dengan wisata bahari lainnya yang ada di Jawa Tengah. Bahkan pantai eksotis ini dianggap sebagai ikon wisatanya Kota Jepara setelah Pantai Kartini.

Selain ada hamparan pasir putih, pepohonan yang menjulang tinggi pula menyambut kedatangan para wisatawan yang datang kesini. Apalagi semilir anginnya yang sangat sejuk, membuat siapa saja di Pantai Bandengan menjadi lebih nyaman dan tentram. Bila ditengok lebih dalam lagi, kawasan ini bisa dikatakan hampir sama dengan pantai di Pulau Dewata.

Hebatnya lagi, Pantai Tirto Samudro atau Pantai Klein Scheveningen ini pun kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk acara tingkat nasional maupun internasional. Misalnya saja festival layang layang dan ajang motor cross. Jadi bila Anda beruntung, tentunya bisa menikmati keindahan alam pantai sembari menyaksikan beberapa ajang perlombaan yang diadakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Bandengan

Rute Pantai Bandengan

Image Credit: Google Maps (Lm Haikal Diaz Alejandro)

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika Pantai Bandengan ini terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya berjarak kurang lebih 6 kilometer atau sekitar 11 menit dari pusat kota. Sehingga Anda bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi maupun umum yang tersedia di sekitar pusat Kota Jepara.

Sebetulnya, untuk bisa mencapai lokasi pantai terdapat rute yang jauh lebih dekat dan mudah. Yang mana bisa ditempuh melalui Jalan Raya Tirta Samudra yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 11 menit saja. Atau melalui Jalan Gudang Sawo dan Jalan Raya Tirta Samudra dengan kurun waktu telat satu menit dibandingkan jalur pertama.

Bila Anda berasal dari luar daerah dan turun di Bandara Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, maka jarak yang harus ditempuh untuk mencapai Pantai Bandengan yakni sekitar 79,2 kilometer atau 2 jam 22 menit tergantung kondisi lalu lintasnya. Rute tercepat yang bisa dilalui yakni Jalan Kudus – Semarang atau Jalan Raya Demak – Semarang.

Beda halnya, apabila Anda berangkat dari Kota Kudus. Maka waktu yang ditempuh yaitu kurang lebih 1 jam jika kondisi jalan dalam keadaan normal. Sebagai tambahan, Anda tak perlu khawatir mengenai kondisi jalan menuju lokasi wisata ini. Pasalnya, pemerintahan setempat telah menyediakan akses jalan yang sangat memadai sehingga bisa dilalui oleh berbagai jenis moda transportasi.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Harga Tiket Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @infojsr

Pantai Tirta Samudra mulai dibuka untuk para pengunjung dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Bila ingin bertandang ke pantai ini, pastikan tidak datang terlambat pada siang hari. Karena ketika menjelang matahari tenggelam, air laut Pantai Bandengan mengalami pasang. Untuk itu, pihak pengelola membatasinya hingga menjelang sunset saja demi keselamatan pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sukoharjo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Harga tiket yang dibebankan untuk para pengunjung pun cukup variatif dan berbeda berdasarkan waktu tertentu. Apakah waktu tersebut termasuk ke dalam kategori weekday (Senin hingga Jumat), weekend (Sabtu hingga Minggu), maupun ada Syawalan atau event tertentu. Harga ketiga kategori tersebut pula dibedakan sesuai usia pengunjung yakni anak anak dan orang dewasa.

Dari informasi yang diperoleh, harga tiket masuk wisata pantai pada kategori weekday untuk anak anak berkisar Rp. 2.000 sedangkan untuk orang dewasa sekitar Rp. 5.000. Berikutnya, harga tiket pada kategori weekend untuk anak anak dikenakan biaya sekitar Rp. 3.000 dan untuk orang dewasa berkisar Rp. 7.000.

Beda lagi jikalau ada syawalan atau event tertentu, harga tiket yang dikenakan untuk anak anak menjadi sekitar Rp. 7.000 dan orang dewasa berkisar Rp. 10.000. Ternyata harga tiket tersebut belum termasuk biaya kontribusi parkir. Dimana biaya parkir tersebut menyesuaikan jenis kendaraan bermotor manakah yang akan memasuki Pantai Bandengan.

Apabila Anda menggunakan kendaraan roda dua, maka biaya parkir yang dibebankan sekitar Rp. 1.000. Sementara untuk kendaraan roda empat jenis minibus, biaya parkir yang harus dibayarkan berkisar Rp. 4.500. Kemudian jika menggunakan bus untuk memasuki area wisata, maka biaya parkirnya sekitar Rp. 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Bandengan

Aktivitas di Pantai Bandengan

Image Credit: Google Maps (Birawa Pro)

1. Berswafoto Ria

Mengunjungi salah satu destinasi wisata kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas menarik seperti swafoto. Mengabadikan momen ketika berada di suatu objek wisata memang terasa sangat menyenangkan. Terlebih lagi, Pantai Bandengan terkenal akan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Tentunya potret yang dihasilkan jauh lebih bagus dan epik.

Menariknya lagi, pihak pengelola pula telah menyediakan beberapa spot foto unik yang menghadap langsung ke pantai. Keberadaan spot foto tersebut, sangat membantu untuk menghasilkan foto instagenik untuk diunggah di linimasa pribadi. Selain di spot foto, beberapa fasilitas yang disediakan pula bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengabadikan momen terbaik.

2. Menyaksikan Keindahan Matahari Tenggelam

Pantai Bandengan pula terkenal sebagai tempat dengan spot terbaik untuk menyaksikan matahari tenggelam di senja hari. Terdapat beberapa titik dimana para pengunjung bisa leluasa memandang momen indah tatkala matahari kembali ke peraduannya di ufuk barat. Momen matahari tenggelam ini memang kerap ditunggu oleh para wisatawan, terutama yang memiliki hobi fotografi.

Tidak bisa disangkal lagi, latar belakang berupa matahari tenggelam di Pantai Tirto Samudro ini memang sangat cantik bila diabadikan melalui jepretan kamera DSLR. Keindahannya mampu menetralisir kejenuhan yang dialami oleh setiap pengunjung yang datang. Serta mampu menenangkan diri dari berbagai rutinitas yang sangat padat di perkotaan.

BACA JUGA:  Umbul Manten, Wisata Air Sarat Mitos di Klaten

3. Menikmati Wahana Watersport

Salah satu daya tarik dari kawasan Pantai Tirto Samudro yakni adanya persewaan fasilitas watersport atau olahraga air. Bila Anda termasuk orang yang sangat menyukai tantangan adrenalin, maka wahana satu ini patut untuk dicoba. Mulai dari penyewaan ban yang sangat sederhana, hingga wahana lebih menantang seperti banana boat.

Hal yang paling mendebarkan yakni ketika menaiki banana boat dan memecah ombak dengan kecepatan tinggi. Selain banana boat, Anda pun bisa menikmati olahraga jetski yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bahkan bagi para pemula pun, bisa menikmatinya dengan dipandu oleh beberapa trainer yang tentunya sudah profesional di bidangnya.

Sebetulnya, masih banyak wahana olahraga air lainnya yang bisa Anda nikmati ketika bertandang ke Pantai Bandengan. Yakni berselancar di ombak buatan, water-flying fish, water jetpack, perahu kano, ATV, dan sandal raksasa. Berbagai wahana tersebut bisa dinikmati dengan merogoh kocek terlebih dahulu. Tak perlu khawatir, harga yang dibanderol sangatlah terjangkau.

4. Menyaksikan Festival yang Diadakan

Keistimewaan dari pantai yang jarang ditemui di beberapa wahana bahari lainnya yakni adanya festival kebudayaan. Beberapa festival yang kerap diadakan diantaranya festival layang layang, festival boat, festival motor cross, dan masih banyak lagi lainnya. Adanya festival tersebut tentunya akan membuat pengalaman berlibur Anda semakin menyenangkan bersama orang tersayang.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Bandengan

Fasilitas di Pantai Bandengan

Image Credit: Facebook.com @plunqme

Karena telah dikelola dengan baik, sehingga Pantai Bandengan menyediakan beragam fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya saja wahana permainan air yang terbilang banyak dan siap memanjakan para pengunjung untuk berlibur, tempat parkir yang luas, mushola, dan toilet. Selain itu, terdapat pula beberapa gazebo yang berdiri kokoh di berbagai sudut dan menghadap langsung ke arah pantai.

Biasanya gazebo tersebut dimanfaatkan untuk tempat beristirahat sembari menikmati keindahan pantai yang sangat menawan. Kawasan pantai pasir putih ini pula dilengkapi dengan jajaran penjual makanan yang sangat melimpah. Sehingga Anda bisa mencicipi kelezatan olahan kuliner laut yang masih fresh dari laut, salah satu menu andalannya yakni ikan Bandeng.

Bagi para wisatawan yang berasal dari luar daerah maupun mancanegara tidak perlu khawatir, lantaran pihak pengelola Pantai Bandengan telah menyediakan penginapan dan hotel khusus. Dengan begini, Anda bersama orang tersayang bisa langsung beristirahat hingga bermalam usai melakukan aktivitas melelahkan selama seharian di pantai.

Jepara memang terkenal akan kerajinan ukir yang begitu indah. Namun siapa sangka, jika kota kelahiran Ibu RA Kartini ini ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu menakjubkan di Pantai Bandengan atau Tirta Samudro. Ditemukan semenjak puluhan tahun silam, kini pantai eksotis di Jepara ini telah dikelola baik itu dari pihak pemerintahan maupun warga setempat.