Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kandangmerak, Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Menikmati keindahan pantai dengan udara sepoi-sepoi, suara deburan ombak dan pemandangan yang indah selalu membawa ketenangan. Tak heran jika sensasi inilah yang banyak diburu oleh para pecinta wisata bahari. Jika anda sedang di Malang, anda bisa menjadikan Pantai Banyu Meneng sebagai tujuan liburan anda terutama dengan keluarga atau teman-teman.

Seperti namanya yang dalam bahasa Jawa berarti Air Diam, pantai ini memang memiliki perairan yang cukup tenang. Dengan pemandangan khas pantai Selatan berupa hamparan pasir putih yang luas. Pantai satu ini memang belum banyak dikenal, tapi soal keindahan anda tak perlu khawatir. Dijamin anda akan terbius dengan pesona yang ditawarkan ketika liburan di pantai yang dekat Kondang Merak ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Banyu Meneng

Daya Tarik Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps devia malawang

1. Pantai Teduh yang Cantik

Daya tarik utama dari pantai ini adalah keindahan alam yang dimilikinya. Anda akan disuguhkan hamparan pantai luas dengan garis pantai yang panjang. Pasir pantai putih bersih yang lembut ketika bersentuhan dengan kaki anda. Semuanya semakin lengkap dengan air kebiruan tenang yang menarik untuk dijadikan tempat bermain.

Di sekitar pantai ditumbuhi pepohonan rindang yang membuat suasananya semakin sejuk juga asri. Pengunjung bisa menjadikan deretan pohon ini untuk beristirahat ketika matahari terasa menyengat. Tampak dari jauh beberapa bebatuan karang yang mampu menahan besarnya ombak pantai Selatan. Keindahan ini dijamin akan membuat anda terpesona.

2. Pantai yang Tenang

Di Malang memang ada banyak pantai yang bisa anda jadikan sebagai tujuan. Bahkan ada banyak pantai kondang yang selalu jadi jujugan di musim liburan. Dan hal ini membuat kegiatan liburan anda menjadi tidak bebas saat ada banyak pengunjung. Tak jarang pantai juga menjadi lebih banyak sampah ketika sudah begitu dikenal.

Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda ketika menginjakkan kaki di Banyu Meneng. Pantainya tenang dan masih belum banyak dikunjungi. Membuat anda bisa bebas menghabiskan waktu dan bersantai di pantai ini hingga puas. Ditambah lokasinya yang masih tersembunyi dan dikelilingi hutan mangrove, seakan akan sedang ada di pulau pribadi.

3. Dekat dengan Pantai Lain

Yang membuat pantai ini juga menarik dikunjungi adalah lokasinya yang dekat dengan pantai lainnya. Anda bahkan bisa sekalian mengunjungi Pantai Kondang Merak dan Pantai Selok yang saling berdekatan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menitan untuk menuju pantai ini. Dan tiket masuknya juga sudah termasuk dengan Pantai Banyu Meneng.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps iwan setiawan

4. Memiliki Bukit Bebatuan Karang

Pantai menawan ini juga memiliki bukit karang yang ada di bagian barat pantainya. Membuatnya bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto foto unik. Di bagian batu karang ini terdapat juga landmark dengan tulisan Banyu Meneng. Dari atas bukit, anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian yang menyejukkan mata.

5. Tawarkan Sunset Indah

Tidak banyak pantai di Malang yang memiliki sunset yang indah. Dan pantai ini menjadi spot menikmati panorama sunset yang begitu menawan. Jika suasananya sedang cerah tentu anda bisa menikmati fenomena alam cantik ini. 45 menit sebelum senja, saat inilah pengunjung akan ditampilkan pesona alam yang membuat siapapun berdecak kagum.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Heni Sulvia

Pantai Banyu Meneng sendiri berada di Desa Sumberbening, Bantur, Malang. Lokasinya terbilang strategis dengan akses yang cukup menantang. Dari pusat kota Malang dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam 9 menit jika lancar. Jaraknya memang cukup jauh dan rute menuju lokasi sama dengan rute menuju Pantai Kondang Merak karena memang satu kawasan.

Untuk menuju pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi mengingat akses kendaraan umum belum memadai. Ada dua rute yang bisa dipilih oleh pengunjung, melalui Kepanjen atau melalui Gondanglegi. Yang paling mudah adalah menggunakan rute Gondanglegi. Pertama tama silahkan arahkan kendaraan anda ke Gadang dari pusat kota.

Kemudian dari Gadang silahkan mengemudi melewati Bululawang dan sampai di pertigaan Krebet. Di pertigaan ini pilih jalan yang akan mengarahkan anda ke Gondanglegi atau menuju Pantai Balekambang. Dari sini silahkan ikuti rute yang ada, sudah ada banyak petunjuk arah yang akan membantu anda untuk sampai di lokasi.

Hingga akhirnya nanti anda melintasi Jalur Lintas Selatan untuk menuju kondang Merak. Ketika nanti tiba di Balekambang akan ada jalan yang mengarahkan menuju arah Kondang Merak. Anda bisa memanfaatkan GPS jika merasa bingung untuk menemukan lokasi Pantai Banyu Meneng. Jalan menuju lokasi terbilang luas, sehingga anda bisa menggunakan roda dua atau empat.

Perjalanan saat ini sudah mudah karena ada jalan yang sudah diaspal dan luas. Namun ketika anda melewati jalan bebatuan, artinya perjalanan anda menuju pantai ini tidak lama lagi. Maka dari itu hati hati jika sedang musim hujan karena aksesnya akan lebih menantang lagi. Dan pastikan kendaraan anda berada dalam kondisi yang prima ketika melintasi jalur ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Jacky Metro Times

Menikmati keindahan pantai ini tidak harus merogoh dalam kocek anda. Harga tiket masuknya berkisar di harga Rp 10 ribu saja. Ketika akhir pekan akan naik kisaran Rp 15 ribu. Tentu harga ini masih belum termasuk dengan tiket parkir kendaraan anda. Namun bisa dikatakan murah jika dibandingkan dengan keindahan yang disuguhkan.

Tarif parkir kendaraan tergantung kendaraan yang anda bawa. Untuk kendaraan roda dua, harga parkirnya kisaran Rp 7500 sementara roda empat Rp 10 ribu. Baik harga tiket masuk maupun harga tarif parkir bisa berubah kapanpun sesuai dengan keputusan dari pihak pengelola. Maka dari itu ada baiknya untuk menyiapkan uang cash lebih.

Anda bisa menyaksikan keindahan pantai ini kapan saja, karena memang buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Pantai ini juga buka selama 24 jam, akan lebih baik jika anda datang saat pagi hari. waktu paling tepat mengunjungi wisata ini adalah saat musim kemarau. Karena perjalanan anda menuju lokasi akan lebih mudah jika tidak hujan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Banyu Meneng

Kegiatan Menarik Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Twitter 103.7 FM

1. Menikmati Keindahan Alam

Kegiatan yang pastinya akan dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati keindahan alamnya. Walaupun terkesan biasa saja, tapi aktivitas satu ini akan membuat penat anda menghilang. Mengingat Banyu Meneng juga menjadi pantai yang masih sepi dan belum banyak dikunjungi. Sehingga suasananya sangat mendukung untuk bersantai di pinggir pantai.

Pengunjung bisa membentangkan tikar untuk memandang indahnya panorama di depan mata, atau bisa juga menggunakan hammock di antara pepohonan untuk menikmati suasananya. Pepohonan rindang dan suara ombak yang menjadi background akan memberikan pengalaman yang berbeda. Yang jelas anda akan dibuat ingin berlama lama di pantai ini.

2. Bermain Air

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Pantai Banyu Meneng memiliki air yang bersih juga tenang. Sehingga pengunjung bisa bebas bermain air maupun mandi di area pantainya. Tak jarang pengunjung akan berjalan ke batu karang terdekat dengan melewati area pantainya saat surut. Tenang saja ketinggian hanya sampai pinggang orang dewasa saat di tengah.

Sementara di pinggir hanya sampai lutut saja, sehingga aman bagi anak anak bermain di pinggir pantainya. Membawa anak anak atau keluarga ke tempat satu ini memang bukan ide yang buruk. Namun tetap saja anda harus mengawasi aktivitas si kecil. Pantai ini seakan akan adalah kolam alami yang tenang dan sangat luas ombaknya sangat jauh.

3. Berjalan Menyusuri Pantai

Walaupun garis pantainya cukup panjang, tapi bukan berarti anda akan lelah untuk menyusuri bibir pantai. Karena dengan berjalan kaki, anda bisa menjangkau area di sekitar pantai ini. Pulau pulau kecil juga bisa ditemukan dan hanya dijangkau dengan jalan kaki. Anda juga bisa mengunjungi tebing karangnya untuk melihat pantai dari sudut yang berbeda.

4. Bermain Ayunan

Untuk menarik perhatian pengunjung di beberapa pohon yang ada memang disediakan ayunan yang bisa dinikmati pengunjung. Ayunan ini juga bisa menjadi spot untuk anda mengambil foto, terutama bagian yang latar belakangnya tulisan Banyu Meneng. Berayun dengan menikmati udara khas pantai dan pemandangan indah tentu sangat menyenangkan.

Kegiatan Menarik di Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Tri Afni

5. Berburu Sunset dan Sunrise

Pesona alam yang dimiliki sekitar pantai tidak hanya pada perairannya saja. Keindahan sunset hingga sunrisenya juga sangat sayang untuk dilewatkan. Indahnya fajar dan senja ini bisa dinikmati sekaligus dengan bermalam di sekitar pantai. Suasana ini akan semakin lengkap jika dinikmati bersama dengan orang orang tersayang.

6. Snorkeling atau Diving

Perairan tenang dan jernih sangat mendukung untuk dijadikan sebagai spot diving atau snorkeling. Pengunjung bisa menyaksikan indahnya terumbu karang jika melakukan kegiatan ini. Di sekitar pantai juga ada penyewaan alat yang membuat anda tak perlu membawa dari rumah. Pasti kegiatan ini akan memberikan pengalaman berbeda.

7. Berburu Foto Kekinian

Rasanya tak lengkap jika liburan tidak mengambil foto foto kekinian. Terutama jika tempatnya memang sangat cantik dan menawan. Di Pantai banyu Meneng ada banyak spot yang bisa anda manfaatkan. Maka dari itu pastikan anda membawa kamera terbaik anda untuk menangkap setiap momen.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Google Maps Danang Cipto W

Mengunjungi wisata bahari Malang satu ini akan membuat anda merasa nyaman. Mengingat fasilitas yang disediakan di Pantai Banyu Meneng ini terbilang lengkap dan memadai. Begitu anda tiba anda akan menemukan area parkir luas dan aman untuk memarkirkan kendaraan anda. Bahkan ketika sepi pengunjung boleh mendekatkan kendaraan dekat pantainya.

Selain itu pengunjung yang berbasah basahan bisa membilas badan di toilet yang ada. Ada juga tempat ibadah berupa mushola yang bisa anda gunakan lengkap dengan area wudhu. Bagi anda yang tidak sempat membawa makanan juga bisa membeli di warung yang ada. Makanan tradisional dan olahan seafoodnya layak untuk anda jajal.

Beberapa masyarakat sekitar juga menawarkan penyewaan alat alat di pinggir pantai. Seperti snorkeling atau kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini. Bagi anda yang ingin menikmati pantai lebih lama, anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Karena memang termasuk wisata baru yang masih jauh dari penginapan.

Pantai Banyu Meneng yang ada di Malang Selatan ini memang begitu bersih dan indah. Ada banyak kegiatan yang juga bisa anda lakukan ketika liburan di sini. Semakin menyenangkan jika anda bersama rombongan. Namun pastikan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar pantainya tetap terjaga.