Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika membahas tentang Jogja, pasti tidak akan ada habisnya. Karena kota yang terkenal dengan tujuan wisata andalan ini memang selalu hadirkan sesuatu yang menarik. Anda bisa menjelajah wisata alam seperti pantainya untuk habiskan liburan di kota Gudeg. Pantai Baros misalnya akan menjadi tujuan yang menyenangkan bagi anda yang liburan di Jogja.

Pantai yang di Gunung Kidul memang begitu terkenal, tetapi Pantai yang ada di Kabupaten Bantul juga tidak kalah menawan. Pantai cantik ini sendiri berada di Bantul dan belakangan banyak dilirik wisatawan. Anda memang tidak akan menemukan pasir putih di sini, tetapi ada banyak pesona lainnya yang bisa dinikmati. Cocok untuk anda yang ingin melepaskan segala penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baros

Daya Tarik Pantai Baros
Image Credit: Google Maps ganjar parikesit

1. Memiliki Hutan Mangrove

Daya tarik utama yang membuatnya berbeda dengan pantai yang lain yakni kehadiran hutan mangrovenya. Hamparan pasirnya memang berwarna kehitaman, tetapi hijaunya hutan mangrove akan memanjakan penglihatan. Hutan mangrove ini menjadi spot wisata yang juga dijadikan rumah bagi berbagai satwa yang ada, seperti berbagai jenis burung.

2. Pemandangan Indah dan Suasana Asri

Jika anda mencari tujuan yang bisa menghempas segala penat, maka anda bisa menjadikan Pantai Baros sebagai alternatif. Di sini, anda akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Selain itu juga suasana yang asri dengan udara yang segar. Saat udaranya cerah, anda bisa menikmati aliran sungai opak yang tampak indah terkena sinar matahari.

3. Hadirkan Spot Foto Kekinian

Pantai di Bantul ini juga cocok untuk dikunjungi oleh semua kalangan, baik untuk anda yang membawa keluarga. Karena anda bisa menemukan spot foto kekinian yang cocok untuk para milenial. Spot foto ini berupa gardu pandang yang akan memudahkan pengunjung untuk menikmati panorama lebih jelas sembari beristirahat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Pantai Baros
Image Credit: Google Maps mas dod

Untuk anda yang tertarik mengunjungi Pantai Baros, anda bisa melajukan kendaraan anda menuju Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di sebelah timur Pantai Samas dan sebelah barat dari Sungai Opak. Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota untuk sampai di pantai yang indah ini.

Rute untuk menuju lokasi juga sudah memadai, sehingga akan memudahkan pengunjung. Anda memang bisa menggunakan kendaraan umum, tetapi kendaraan pribadi lebih disarankan. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi ke Pantai Baros, anda bisa melajukan kendaraan dari pusat kota menuju jalan KH. Ahmad Jalan arah timur.

Setelah itu melalui jalan Pangurakan sampai nantinya bertemu perempatan dan ambil arah selatan ke Jalan Brigjen Katamso. Silahkan ambil arah lurus untuk menuju ke Jl. Parangtritis. Tetaplah ambil jalan lurus sampai nantinya bertemu dengan pertigaan, silahkan ambil arah barat ke Jalan Samas Kretek. Ikuti saja jalan tersebut sampai ada perempatan dan ambil ke Selatan.

Di Jalan Tirtohargo ini anda akan melaju sampai menemukan kembali pertigaan dan silahkan arahkan ke timur ke Jalan Utama Baros. Nanti ada pertigaan kembali ke Jalan Kandang Sapi. Jika sudah dijalan ini, maka tidak lama anda akan menemukan Pantai Baros. Sementara jika anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik di Terminal Samas dengan bus atau angkutan lain.

Harga Tiket Masuk Pantai Baros

Harga Tiket Masuk Pantai Baros
Image Credit: Google Maps M Yana

Tidak hanya harus mengetahui rute menuju lokasi, anda juga harus mengetahui harga tiket serta jam operasionalnya. Harga tiketnya termasuk terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 10 ribu saja. Namun masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Tetapi anda tidak akan menyesal singgah di Pantai kebanggaan Bantul ini.

Tarif parkirnya dibanderol mulai Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu anda bisa berkunjung karena memang buka setiap hari. Karena Pantai Baros memang buka setiap hari selama 24 jam. Ketika weekend, umumnya pengunjungnya akan meningkat. Jika ingin suasana yang lebih tenang, anda bisa datang saat weekday.

Kegiatan yang Menarik Anda Lakukan di Pantai Baros

Kegiatan Menarik Pantai Baros
Image Credit: Google Maps Syahrul Zidane Assidiq

1. Mengelilingi Hutan Mangrove

Di Pantai Baros, anda bisa menikmati keindahan pantai, sungai opak dan juga hutan mangrove dalam satu tempat. Pohon bakau yang ditanam tumbuh dengan baik, sehingga banyak juga dijadikan sebagai tempat berfoto. Anda bisa melalui jalan setapak yang akan membawa anda lebih dekat dengan area pantainya, sementara kanan kirinya hutan mangrove.

Kawasan Mangroves Baros ini memang menjadi budidaya mangrove yang terus dikembangkan. Apalagi tujuannya juga untuk mencegah abrasi yang sampai ke daratan. Terdapat area persawahan yang semakin memperindah kawasan bakau ini. Jika beruntung anda juga bisa bertemu dengan satwa yang tinggal di sini.

2. Berkeliling Sungai Opak dengan Perahu

Aktivitas yang menarik berikutnya yakni berkeliling sungai Opak dengan menggunakan perahu. Sungai dengan panjang 1,5 km bisa disusuri dengan perahu yang bisa muat hingga 20 orang. anda akan lebih dekat menyisiri area hutan dan bisa bertemu dengan berbagai jenis burung jika berkunjung. Bisa dijadikan sebagai sarana edukasi pengunjung Pantai Baros.

3. Memancing di Pantai

Tidak hanya mengunjungi spot spot yang menarik, anda juga bisa memancing saat di pantai menawan ini. Banyak area yang terhubung langsung dengan hutan mangrove dan biasanya juga banyak ikan. Hanya saja anda harus membawa sendiri peralatan memancing anda. Namun pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kegiatan Menarik di Pantai Baros
Image Credit: Google Maps ganjar parikesit

4. Camping di Pantai Baros

Apabila anda berencana berlama lama di pantai Bantul ini, maka anda bisa mendirikan tenda di area campingnya. Dengan begitu anda berkesempatan untuk mengintip keindahan matahari terbitnya. Saat malam datang, anda bisa membuat api unggun dan bercengkrama dengan teman teman. Yang jelas, akan menjadi liburan yang paling berkesan.

5. Wisata Kulineran

Aktivitas di Pantai Baros yang tidak kalah seru yakni mencicipi berbagai kuliner. Olahan laut menjadi menu utama yang banyak ditawarkan di sini. Menikmati kuliner lezat dengan suara deburan ombak pasti akan meningkatkan nafsu makan anda. Harga yang ditawarkan untuk makanan serta minumannya masih terbilang ramah kantong.

6. Berburu Foto Kekinian

Tidak lengkap jika perjalanan anda tidak diabadikan dengan mengambil foto. Di Pantai cantik ini, anda bisa dengan mudah menemukan spot spot foto kekinian. Anda hanya perlu membawa kamera terbaik anda dan berpose yang bagus. Yang paling menjadi favorit yakni berfoto di gardu pandang dan hutan mangrovenya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Baros
Image Credit: Google Maps Farhan Arintoko

Memang fasilitas yang disuguhkan masih belum terlalu lengkap, tetapi untuk yang umum dan penting sudah ada. Anda sudah bisa menemukan area parkir yang aman dan luas karena ada petugas yang menjaganya. Kemudian anda juga bisa menemukan jajaran toilet umum berbayar, anda siapkan saja mulai Rp 2 ribu untuk menggunakan toiletnya.

Untuk menjaga kebersihan lingkungannya, anda bisa menemukan banyak tempat sampah di beberapa sudut Pantai Baros. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alamnya lebih lama, anda bisa menginap dengan camping. Tersedia area camping yang bisa dijadikan tempat untuk membangun tenda dengan aman.

Anda yang tidak sempat membawa makanan dari rumah juga bisa membeli makanan di sana. Warung warung makan sederhana berderet dengan menawarkan berbagai makanan juga minuman. Liburan anda juga akan semakin berkesan dengan hadirnya spot foto kekinian sebagai fasilitas, terutama gardu pandang yang selalu jadi jujugan.

Apabila anda berniat untuk wisata bahari di Jogja, Pantai Baros adalah pilihan yang tepat. Selain bisa menikmati pantai indah, anda juga bisa menikmati hutan mangrove yang lebat. Di sini, anda juga bisa membuat momen tidak terlupakan dengan keluarga atau teman teman. Karena aktivitas liburan yang ditawarkan sangat bervariasi.

REKOMENDASI DESTINASI