Pantai Batu Karas, Wisata Bahari Andalan Pangandaran

Pantai Batu Karas Pangandaran

Lokasi: Jl. Pantai Indah No.Desa, RT.08/RW.04, Batukaras, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.
MapCek Lokasi

Keindahan alam memang menjadi obat mujarab untuk menghilangkan segala penat yang melanda. Dan pantai bisa dijadikan sebagai destinasi untuk liburan sekaligus menghilangkan segala kepenatan yang melanda. Mendengarkan debur ombak lengkap dengan angin pantai tentunya menjadi penenang tersendiri. Di Pangandaran, terdapat pantai yang bisa anda jadikan alternatif, yakni Pantai Batu Karas yang memiliki keindahan tersohor. Simak ulasannya berikut.

Menikmati Keindahan Pantai Batu Karas yang Terkenal

Menikmati Keindahan Pantai Batu Karas yang Terkenal

Image Credit: Galeriwisata.wordpress.com

Keindahan dari pantai Batu Karas ini memang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Pantai satu ini memang memiliki ombak yang besar dan juga tinggi. Namun bukan berarti pantai satu ini tidak bisa dijadikan sebagai destinasi wisata anda dan keluarga. Sebab, ada area di pantai ini yang tidak memiliki ombak besar disebabkan dihalangi oleh bebatuan. Mengunjungi pantai Batu Karas, anda akan melihat pemandangan bahari layaknya berada di Bali.

Tak heran jika pantai ini kerap mendapat julukan sebagai mini Bali. Membuat pengunjung yang mengunjunginya tidak hanya warga lokal namun juga dari mancanegara. Pesonanya akan membuat anda tidak bosan serta betah menikmati keindahan yang dimilikinya. Terutama bagi penggemar surfing yang ingin menantang adrenalin dengan menaklukkan ombak di pantai Pangandaran ini. Karena ombaknya yang sangat cocok untuk aktivitas air ini.

Mengunjungi pantai ini pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan alam yang sempurna. Dimana pemandangan dan kelebihannya belum tentu bisa anda dapatkan dengan berkunjung ke pantai lain. Berbagai kegiatan juga bisa dilakukan di pantai ini selain spot surfingnya yang memang sudah tersohor. Anda dan keluarga bisa melakukan banyak kegiatan seperti piknik sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Pantai Batu Karas Surga Bagi Para Peselencar

Pantai Batu Karas Surga Bagi Para Peselencar

Image Credit: Happytour.id

Bukan hanya itu, Batu Karas juga memiliki tiga blok yang akan membuat pengunjung terkesima. Setiap blok ini memiliki keindahan tersendiri yang tidak akan bisa anda tolak pesonanya. Blok Bulak Pendak merupak blok yang memiliki karakter ombak yang sangat sempurna untuk melakukan surfing. Untuk itu blok ini kerap kali dikunjungi oleh para peselancar profesional. Sebab menjadi tantangan tersendiri mengingat ombaknya besar dan tinggi.

Untuk menuju Blok Bulak Pendak pengunjung harus menyebrang dengan menggunakan perahu dahulu. Namun dipastikan anda akan mendapatkan pengalaman berselancar yang tidak terlupakan. Sementara untuk anda yang masih pemula, bisa melakukan surfing di blok yang selanjutnya yakni Blok Karang. Karena sebagian pantainya memiliki banyak karang, membuat area ini tidak memiliki ombak yang besar dibandingkan lainnya.

Ombaknya yang tenang memungkinkan untuk digunakan surfing ketika laut sedang pasang. Dan blok terakhir yang menjadi favorit adalah Blok Legok Pari. Blok satu ini merupakan blok yang tidak bisa digunakan untuk surfing. Blok ini memang sangat pas jika dijadikan lokasi untuk berenang maupun bermain air. Ombaknya tenang lengkap dengan garis pantainya yang panjang sehingga sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat bermain.

Pasir pantainya yang bewarna kecoklatan juga mendukung blok ini semakin mempesona. Keamanan yang tinggi di blok ini juga menjadi faktor mengapa blok ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terutama pengunjung keluarga yang membawa anak anak pastinya akan memilih untuk menghabiskan waktu di blok ini. Sepanjang pinggir pantainya bisa dijadikan sebagai lokasi piknik untuk menikmati pemandangan yang ada.

Pantai yang Memiliki Fasilitas Pendukung Memadai

Pantai yang Memiliki Fasilitas Pendukung Memadai

Image Credit: Gopangandaran.com

Selain memiliki kelebihan soal pemandangannya serta ombaknya, Batu Karas juga bisa dikategorikan sebagai pantai yang memiliki fasilitas memadai. Kelengkapan fasilitas ini tentunya akan membuat pengunjung merasa nyaman serta aman. Di pantai ini anda bisa menikmati pondok wisata, dimana di dalam pondok ini tersedia arena bermain yang sangat cocok untuk anda yang membawa anak anak liburan ke pantai ini.

Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas menyenangkan, anda bisa menjajal banana boat serta jet ski. Menikmati wahana ini tentunya bisa menjadi aktivitas seru ketika mengunjungi pantai Batu Karas. Apalagi bagi anda yang memang menyukai kegiatan yang penuh tantangan. Untuk fasilitas umum seperti toilet dan juga tempat ibadah juga tersedia. Sehingga anda tidak perlu khawatir meninggalkan kewajiban ketika sedang berlibur.

Yang membuat pantai ini begitu istimewa adalah hadirnya restoran terapung yang tak kalah terkenal. Berada di perahu, pengunjung bisa menikmati sajian lezat sambil mengapung dan menikmati pemandangan. Hal ini tentunya akan semakin memanjakan pengunjung dan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Berbagai menu makanan lezat bisa anda nikmati, dengan perahu yang memiliki dua lantai untuk dimanfaatkan.

Bagian atas perahu inilah yang paling favorit, sebab anda bisa menikmati pemandangan lebih leluasa. Sangat cocok dijadikan spot selfi dengan bantal warna warni yang bisa digunakan untuk duduk. Di dekat pantai Batu Karas ini juga terdapat hutan mangrove yang biasanya juga akan menjadi rute perjalanan restoran mengapung ini. Jika anda sedang mengunjungi Pantai Batu Karas jangan lupa untuk menjajal restoran yang unik ini.

Fasilitas lain yang juga bisa anda temukan di pantai ini adalah toko cinderamata. Anda bisa membelikan oleh oleh sanak saudara tanpa harus berpindah tempat. Anda yang ingin berburu ikan segar juga bisa langsung menuju tempat pelelangan ikan. Dijamin hasil tangkapannya masih segar dan juga beragam. Penginapan yang dekat dengan pantai juga terbilang banyak sehingga anda bisa menginap jika masih ingin menikmati bahari lebih lama.

Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Karas

Image Credit: Advjourney.com

Image Credit: Advjourney.com

Untuk menikmati pantai ini, tentunya ada biaya retribusi yang harus dibayar oleh pengunjung. Tiket masuk ditentukan berdasarkan kendaraan yang digunakan oleh wisatawan. Sebab memang dihitung untuk setiap kendaraan. Dimana harga yang paling murah mulai dari Rp. 1500 untuk yang tidak membawa kendaraan, serta Rp. 80 ribu untuk kendaraan besar seperti bis. Sehingga harga tiketnya menjadi berbeda tergantung kendaraannya.

Harga tiket ini tentunya akan mengalami perubahan sewaktu waktu. Namun sudah bisa dipastikan jika harga tiketnya akan dimulai Rp. 10 ribu ke atas untuk setiap kendaraan. Rute untuk menuju pantai cantik ini juga terbilang mudah. Akan lebih semakin mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi dan dimulai dengan perjalanan dari Pangandaran. Setelah itu silahkan menuju ke daerah Cijulang dan mengikuti petunjuk jalan yang ada.

Untuk memudahkan anda, juga bisa menggunakan GPS agar bisa sampai di Pantai Batu Karas. Meskipun demikian akan lebih akurat jika anda juga bertanya dengan masyarakat sekitar. Selain bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi,pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan umum. Dimana perjalanan akan dimulai dari Terminal Pangandaran dan mengambil mini bus menuju ke arah Cijulang.

Pangandaran memang dikenal sebagai daerah yang memiliki pantai pantai yang cantik. Dan Pantai Batu Karas bisa dijadikan sebagai lokasi liburan alternatif bila anda sedang berada di Pangandaran. Untuk menjaga keindahan dari pantai ini, maka sebaiknya selalu menjadi wisatawan yang bijak. Dengan tidak meninggalkan sampah dan membuat sampah sembarang yang bisa menimbulkan kerusakan.