Pantai Boom, Tempat Nongkrong Hits Kawula Muda di Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom salah satu objek wisata hits di Banyuwangi yang memiliki jembatan ikonik berbentuk spiral. Pantai yang indah sebagai tempat nongkrong para kawula muda utamanya saat sore hari.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi pantai dapat menjadi salah satu aktivitas menarik saat akhir pekan. Pasalnya Pantai Boom yang ada di Banyuwangi menyimpan keunikan dan keindahan tersendiri yang sayang untuk Anda lewatkan. Selain mengunjungi Kawah Ijen maupun Baluran, pantai di Banyuwangi ini dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda kunjungi. Sebab, pantai satu ini berbeda jika dibandingkan dengan pantai lain yang Anda temukan di Banyuwangi. Penasaran akan perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Boom Banyuwangi

Daya Tarik Pantai Boom Banyuwangi

Image Credit: Facebook.com @cnnindonesia

Jika Anda berekspektasi bahwa pantai satu ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih, tentu saja Anda akan salah besar. Hal ini dikarenakan pantai yang ada di Banyuwangi ini identik dengan pasirnya yang berwarna hitam dan berkilau ketika diterpa sinar matahari di waktu siang.

Suasana yang eksotis pun akan bisa Anda dapatkan ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini. Namun, pasir yang ada di pantai satu ini tidak sepenuhnya hitam. Sebab Anda akan menemukan gradasi warna abu abu gelap yang sangat indah apabila Anda memperhatikannya dengan seksama.

Bahkan beberapa orang mengatakan jika kandungan mineral yang terdapat pada pantai satu ini akan mampu untuk menyembuhkan penyakit tulang dan juga kulit. Sehingga, ketika Anda mampir ke pantai satu ini, sebaiknya Anda bertelanjang kaki untuk menikmati lembutnya pasir hitam di lokasi satu ini.

Daya Tarik Pantai Boom

Image Credit: Google Maps (Dewi Em)

Untuk luas dari Pantai Boom yang ada di Banyuwangi sendiri yakni sekitar 44,2 hektar. Tentunya menjadi tempat yang sangat luas bagi Anda yang doyan untuk menjelajah dan berjalan jalan di pinggir pantai. Ditambah lagi, ketika Anda berada di lokasi satu ini maka Anda pun kan disambut dengan ombak yang sangat tenang.

Akan tetapi, meskipun memiliki ombak yang tenang namun Anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Sebab, kedalaman dari wisata bahari ini cukup dalam sehingga cukup berbahaya bagi Anda yang ingin berenang. Namun, tak perlu khawatir banyak hal dan aktivitas yang tentu saja bisa Anda lakukan di tempat satu ini.

Ditambah lagi dengan pemandangannya yang indah, angin semilir khas pantai tentu saja akan membuat Anda jauh lebih tenang. Berkunjung ke lokasi satu ini, tentu saja akan mampu untuk melepas penat akan aktivitas harian yang melelahkan. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi pantai ini ketika hari libur tiba atau ketika Anda sedang jenuh.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Madura yang Hits & Populer

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Boom

Harga Tiket Pantai Boom

Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Bagi Anda yang tertarik untuk datang ke pantai ini, tak perlu khawatir akan mendapatkan harga yang mahal. Sebab, tiket masuk untuk ke lokasi satu ini hanya berkisar 2 ribu rupiah saja. Harga tersebut berlaku sejak November 2020, sehingga kemungkinan besar tidak akan mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Namun, untuk Anda yang membawa kendaraan maka Anda pun nantinya akan dikenakan biaya tambahan. Bagi yang membawa sepeda motor, Anda akan dikenakan tarif parkir yakni sekitar 2 ribu rupiah. Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat, maka Anda pun akan dikenakan biaya parkir yakni sekitar 3 ribu rupiah.

Untuk jam bukanya sendiri, Anda bisa datang ke tempat satu ini mulai pagi hari. Sebab Pantai Boom yang ada di Banyuwangi ini memang terkenal dengan pesona matahari terbitnya. Sehingga, Anda pun jangan sampai kelewatan untuk menyaksikan keindahan momen tersebut saat berada di lokasi satu ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Boom

Aktivitas di Pantai Boom

Image Credit: Twitter.com @azwarAnas_a3

1. Menyaksikan Festival Tari Gandrung Sewu

Ketika Anda datang di waktu yang tepat, maka Anda pun bisa sekaligus menyaksikan festival tari Gandrung Sewu yang biasanya diadakan setiap tahun di pantai ini. Saat acara berlangsung, Anda pun akan bisa menyaksikan pementasan dari 1000 orang lebih penari. Tentunya, kegiatan ini akan menarik minat pengunjung yang datang.

Festival yang telah berlangsung sejak tahun 2012 ini, terdiri dari 1000 penari dengan beragam usia. Pengunjung yang datang ke lokasi ini pastinya akan disambut dengan tarian yang khas dan akan membuat Anda takjub. Oleh karena itu, apabila Anda sedang beruntung, Anda pun bisa menyaksikan festival satu ini ketika berada di Pantai Boom Banyuwangi.

2. Menunggang Kuda

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini adalah menunggang kuda di tepi pantai. Pasalnya, ketika Anda berlibur di pantai ini, maka Anda pun akan disuguhkan dengan kuda kuda yang berlarian di tepi pantai. Di sekitar pantai, Anda nantinya akan menemukan jasa yang menyewakan kuda.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjelajah pantai tanpa rasa capek atau ingin berkeliling pantai dengan sensasi yang berbeda, maka tak ada salahnya untuk menunggang kuda tersebut. Apabila Anda terlalu takut untuk naik kuda sendirian, maka Anda bisa meminta untuk ditemani oleh pemandu.

3. Bersantai di Pantai

Apabila Anda tidak tertarik melakukan aktivitas di lokasi ini dan hanya ingin menikmati keindahan pantai, maka Anda pun bisa sekedar bersantai disini. Anda bisa menyewa kursi santai yang disediakan di pinggir pantai lengkap dengan payungnya sehingga Anda tidak akan kepanasan.

BACA JUGA:  Museum Angkut, Museum Transportasi & Wisata Modern di Batu Malang

Disini, Anda bisa menikmati indahnya ombak yang menggulung, serta suara deburan ombak yang menenangkan. Selain itu, Anda pun akan merasakan hembusan angin yang menyegarkan di lokasi ini. apabila Anda tidak ingin menyewa kursi santai, maka Anda pun bisa duduk di anak tangga yang tersedia di lokasi satu ini.

4. Berfoto di Gedung Tua

Aktivitas foto sepertinya menjadi salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada disini. Sebab, Anda bisa menjelajah setiap sudut yang ada di pantai ini. sudah pasti hasil foto Anda akan instagramable. Selain berfoto dengan suasana pantai, Anda pun juga bisa berfoto dengan bangunan bersejarah yakni gedung tua yang merupakan peninggalan Belanda.

Adanya beberapa gedung bekas penyimpanan barang ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab, bangunan tua tersebut akan menjadi latar belakang foto yang apik. Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan gaya vintage, maka disini adalah lokasi yang tepat.

Bahkan Anda pun akan bisa menemukan beberapa rumah bekas peninggalan Belanda yang masih berdiri di sekitar pantai. Tentu saja, bagi pelancong yang menyenangi gaya tempo dulu, berada di lokasi satu ini akan menjadi salah satu tempat yang pas. Tak lupa, sesuaikan outfit yang Anda gunakan dengan gaya retro atau vintage agar terlihat jadul.

Aktivitas di Pantai Boom Banyuwangi

Image Credit: Google Maps (Permana Aji)

5. Hunting Foto Aktivitas Nelayan

Untuk wisatawan yang bosan hanya dengan bersantai atau berselfie saja, di Pantai Boom juga bisa menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk hunting foto. Sebab, saat Anda berada di lokasi satu ini Anda pun bisa memotret aktivitas dari nelayan yang sedang berada di sekitar pantai.

Anda pun bisa mengabadikan momen tersebut dengan mengambil foto dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh nelayan. Mulai dari pagi hari ketika nelayan berlabuh hingga ketika para nelayan datang dengan membawa hasil tangkapan lautnya. Selain berfoto, Anda pun bisa sekaligus membeli ikan segar yang baru saja ditangkap.

6. Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset

Pantai Boom Banyuwangi memang terkenal sebagai salah satu pantai yang memiliki pesona matahari terbit indah. Bahkan kota Banyuwangi pun dikenal sebagai sunrise of Java, sehingga disini Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise tersebut. Ketika berada di kawasan pantai, aktivitas ini juga jangan sampai Anda lewatkan begitu saja.

Berada di dekat pusat kota Banyuwangi membuat Anda bisa melihat indahnya matahari terbit dengan pemandangan yang sangat eksotis. Namun, apabila Anda melewatkan pemandangan indah dari sunrisenya, tak perlu berkecil hati. Sebab, Anda pun bisa datang ketika senja tiba.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pasalnya, suasana matahari terbenam yang ada di lokasi ini pun sama indahnya. Anda bisa datang di waktu sore hari dan jangan terburu buru untuk pulang. Tunggulah hingga senja tiba dan Anda pun akan mendapati panorama alam yang luar biasa indahnya saat berada di lokasi satu ini. sehingga, Anda pun bisa memilih ingin datang ketika sunrise maupun ketika sunset.

7. Berfoto di Jembatan Boom yang Ikonik

Selain berfoto di gedung tua peninggalan jaman Belanda, saat berada disini Anda juga wajib untuk mengabadikan foto di Jembatan Boom. Hal ini dikarenakan jembatan yang memiliki bentuk spiral ini sangatlah instagramable dan kekinian. Bentuknya yang unik lengkap dengan ornamen lampu yang ada di atasnya tersebut akan menjadi lokasi yang pas untuk berfoto dengan keluarga atau pasangan.

Ketika Anda datang di malam hari, maka lampu lampu yang indah tersebut akan menyala. Tentu saja, akan membuat jembatan menjadi lebih indah dan tampak megah. Bahkan Anda pun akan serasa sedang berada di Helix Bridge yang ada di Singapura. Selain indah saat malam hari, ketika cuaca sedang cerah pun hasil foto Anda akan tampak sangat apik. Tak heran banyak wisatawan yang berfoto di lokasi ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom Banyuwangi

Fasilitas Pantai Boom

Image Credit: Google Maps (Eko Hartanto)

Jika berbicara mengenai fasilitas, tentunya wisata satu ini cukup lengkap dan memadai. Sebab, berlokasi di tengah kota, Anda pun akan bisa dengan mudah menemukan hotel sebagai tempat untuk menginap. Terlebih lagi, ketika Anda belum puas untuk menjelajah pantai satu ini maka Anda pun bisa bermalam di penginapan yang berada tak jauh dari pantai.

Selain itu, ketika Anda bermain ke lokasi ini dan tidak membawa makanan maka Anda pun tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan sepanjang garis pantai, Anda akan ditawarkan dengan banyak kedai yang menjual berbagai macam makanan. Mulai dari makanan ringan atau cemilan hingga hidangan khas berupa seafood yang memanjakan perut Anda.

Selanjutnya, bagi Anda yang ingin bersantai di pinggir pantai, Pantai Boom yang ada di Banyuwangi ini juga memiliki banyak kursi santai lengkap dengan payungnya. Anda pun bisa menyewanya dengan tarif sekitar 20 ribu rupiah tiap satu jam. Tentu saja akan menjadi salah satu tempat bersantai yang bisa Anda gunakan saat berlibur di lokasi satu ini.

Itulah keindahan yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Pantai Boom Banyuwangi. Pantai yang indah ini menawarkan suasana alam yang mengagumkan. Tidak hanya itu saja, banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan disini. Dengan begitu, mengunjungi lokasi satu ini ketika hari libur atau akhir pekan pastinya tidak akan membuat Anda menjadi bosan.