Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-19.00 WIB, Alamat: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia memang memiliki banyak destinasi wisata menawan yang bisa dijadikan pilihan, dan anda bisa menjadikan Banyuwangi sebagai tujuan. Kabupaten ini tidak hanya menjadi yang paling ujung di Jawa, tetapi juga menyimpan banyak wisata menarik. Terutama untuk anda yang suka wisata bahari, Pantai Cacalan misalnya salah satu yang menarik dikunjungi.

Nama pantai ini mungkin terdengar asing di telinga beberapa orang. tetapi pesona yang dihadirkan akan siap untuk membuat anda jatuh hati. Berada di selat Bali, pantai ini menyuguhkan pemandangan indah yang layak untuk dijadikan tujuan wisata. Daya tarik dan pesona yang dimiliki pantai cantik ini bisa anda simak dalam ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cacalan

Daya Tarik Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps Pantai Cacalan

1. Panorama Menawan

Daya tarik utama yang dimiliki oleh pantai ini adalah pemandangannya yang luar biasa. Anda bisa menemukan pantai yang terhampar luas dengan pasir putihnya yang lembut. Ombak yang dimiliki pantai cantik ini juga tidaklah besar. Sehingga anda bisa bermain dengan nyaman di kawasan pantainya. Dan perpaduan semuanya akan mengundang decak kagum.

Angin yang membelai terasa begitu sejuk dan cocok menemani anda untuk bersantai di kawasan pantai. Memandang keindahan Selat Bali di pantai ini juga akan menyejukkan mata anda. Sesekali akan ada beberapa perahu nelayan yang menambah keindahannya. Keelokan yang dimiliki oleh Pantai Cacalan memang tidak bisa ditolak begitu saja.

2. Menyimpan Sejarah Kelam

Pantai satu ini berada di Selat Bali dan menyimpan sejarah yang terbilang kelam. Konon prajurit dari Kerajaan Blambangan banyak yang dihabisi dengan dicacah di kawasan pantai ini oleh kolonial Belanda. Beberapa menyebutkan akibat peristiwa inilah akhirnya pantai ini disebut dengan Cacalan. Tentu saja kebenaran dari asal usul nama pantai ini belum pasti.

Apalagi dahulunya pantai ini termasuk pantai yang jarang dikunjungi dan belum banyak dikenal. Masyarakat sekitar menyebutkan jika nama Cacalan karena banyaknya pohon bambu atau jajang di pantai ini. Sehingga ketika akan dibuka lahan masyarakat arus mencacal ppohon tersebut. Sekalipun soal nama masih simpang siur, keindahan pantai ini adalah fakta.

3. Panorama Sunrisenya Luar Biasa

Daya tarik berikutnya dari pantai ini terletak pada keindahan sunrisenya yang luar biasa. Sehingga bagi anda yang gemar menikmati fenomena alam ini wajib untuk mengunjungi pantai cantik ini. Karena cahaya keemasan ketika pagi datang akan membuat anda terpesona. Bahkan pengunjung rata rata memburu panorama andalan satu ini.

Dayaa Tarik Dimiliki Pantai Cacalan
Image Credit: Instagram Arief Siswandhono

4. Tradisi Rebo Pungkasan

Selain menawarkan pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa mengenal kearifan lokal yang ada di Pantai Cacalan. Masyarakat sekitar kerap kali melakukan tradisi turun temurun yang dikenal dengan Rebo Pungkasan. Tradisi ini dilakukan untuk rasa syukur akan hasil bumi yang melimpah juga dijauhkan dari berbagai macam bencana maupun bala.

Umumnya tradisi ini akan dilakukan pada hari Rabu di akhir bulan Shafar. Nantinya warga akan berkumpul bersama dan memanjatkan doa dengan membawa tumpeng dari rumah. Doa akan dipimpin oleh tetua adat dan dilanjutkan dengan makan bersama. Beberapa juga akan mandi di lau yang menjadi simbol untuk membuang sial.

5. Terbagi Menjadi Dua Area

Pantai cantik di Banyuwangi ini memiliki area yang begitu luas dan terbagi dalam dua area. Untuk area yang pertama, 1,2 hektar yang menjadi area pantainya. Sementara untuk 2,3 hektar sisanya difungsikan sebagai area bermain juga kulineran. Dengan begitu pengunjung bisa bebas melakukan berbagai kegiatan selama di pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps Avo Reh

Lokasi pantai menawan ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, setidaknya anda butuh menjangkau sekitar 7 km dari pusat kota dan butuh 10 km jika dari Pelabuhan Ketapang. Pantai Cacalan sendiri berada di Desa Sukowidi, Kec. Kalipuro, Klatak. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju lokasi.

Untuk yang menggunakan kendaraan umum anda bisa menaiki angkutan umum jurusan terminal Brawijaya menuju Pelabuhan Ketapang. Dari sini, nanti anda akan menemukan gapura yang menjadi pintu masuk kawasan pantai. Sementara anda yang menggunakan kendaraan pribadi, harus menuju arah Pelabuhan Ketapang lebih dahulu.

Nantinya anda akan menemukan pertigaan lampu merah Sukowidi, dan anda akan melewati Pom Bensin. jarak sekitar 100 meter dari pom bensin inilah anda akan menemukan papan petunjuk untuk menuju pantai yang ada di sebelah kanan. Dari jalan raya perlu menempuh jarak 600 meter, sebelum akhirnya anda sampai di Pantai Cacalan.

Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Solong yakni sekitar 2 km saja. Selain menggunakan rute tersebut, anda yang kesulitan juga bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone anda. Akses menuju lokasi sudah bagus, sehingga akan mudah bagi pengunjung menjangkau dan menikmati pesona yang tersaji di pantai eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps Azaria Purnomo

Menikmati keindahan pantai ini tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Masuk destinasi ini anda hanya perlu menyiapkan dana untuk parkir. Untuk kendaraan roda dua hanya kisaran Rp 2 ribu dan kendaraan roda empat berkisar Rp 4 ribu. Namun aturan tiket masuk juga parkir ini bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari pengelola.

Sementara itu untuk jam bukanya cukup panjang, yakni mulai dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 19.00 WIB. anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, dari hari Senin hingga hari Minggu. Ketika musim liburan atau akhir pekan pengunjung pantai mengalami peningkatan. Sehingga bagi anda yang tidak suka ramai datang saja di hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Cacalan

Kegiatan Menarik Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps Pantai Cacalan

1. Bermain di Tepi Pantai

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, karena pantai ini termasuk kecil ombaknya maka aman bagi pengunjung untuk bermain air. Bermain air di pinggir pantai tentu tidak boleh dilewatkan, apalagi jika sedang bersama keluarga. Anda juga bisa berburu hewan laut seperti umang jika beruntung. Membangun istana pasir di pinggir pantai juga bukan ide yang buruk.

2. Berburu Sunrise

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan selama di Pantai Cacalan adalah menikmati keindahan sunrisenya. Rasanya memang tidak lengkap jika tidak menikmati pesona cahaya keemasan yang berpadu dengan suara ombak sebagai latar belakang. Semakin siang, nanti matahari akan semakin naik dan meninggalkan kesan yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Kegiatan Menarik di Pantai Cacalan
Image Credit: Instagram Look Carefully

3. Mencoba Wahana yang Ada

Menikmati keindahan pantai ini bisa dilakukan dengan berkeliling pantai dengan perahu. Tersedia perahu wisata yang bisa juga membawa anda menuju pantai Boom dengan membayar sekitar Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu ke Pulau Santen. Dalam satu perahu bisa menampung hingga 12 orang. anda juga bisa berkuda mengelilingi area pesisir pantainya.

Jika anda ingin mencoba kegiatan seru lainnya anda bisa mencoba berkano. Ada beberapa kolam yang memang disediakan di pantai ini. Anak anak bisa bermain dengan bebas di area kolam ataupun taman bermain yang disediakan. Atau juga bisa memilih memberi makan ikan tawar yang ada di sekitar pantai.

4. Berburu Spot Instagramable

Ketika mengunjungi Pantai Cacalan tidak akan lengkap jika tidak sekalian berburu foto foto yang cantik. Ada banyak spot foto yang bisa ditemukan di area pantai. Maka dari itu pastikan membawa kamera kesayangan anda. lokasi foto paling favorit adalah di pinggir pantai dengan lautannya sebagai latar belakang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

FasilitasTersedia di Pantai Cacalan
Image Credit: Google Maps Kresna duta

Walaupun termasuk destinasi yang baru, namun fasilitas yang bisa anda temukan di Pantai Cacalan sudah cukup memadai. Tentu masih ada rencana peningkatan untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Fasilitas yang bisa anda nikmati antara lain area parkir kendaraan yang cukup menampung beberapa kendaraan pengunjung dengan aman.

Selain itu anda juga akan menemukan toilet umum yang juga difungsikan sebagai kamar bilas atau ruang ganti. Pengunjung juga bisa mandi setelah bermain air dengan kondisi yang cukup memadai. Wisatawan juga bisa menemukan mushola untuk ibadah. Tenang saja mushola berbentuk rumah panggung ini bersih dan nyaman serta dilengkapi perlengkapan sholat.

Di pinggir pantai juga hadir beberapa gazebo maupun payung payung yang bisa dijadikan tempat istirahat. Pengunjung bisa berteduh sekalian menikmati keindahan pantai ini. Anda yang tak sempat membawa bekal dari rumah juga bisa membeli makanan di warung atau kantin yang ada. Dari minuman, snack sampai makanan berat bisa anda jadikan pilihan.

Jika anda ingin menikmati sunrise andalan di pantai ini, maka anda lebih baik untuk menginap. Beberapa pengunjung memilih untuk mendirikan tenda. Atau anda juga bisa memilih penginapan yang masih dekat dengan pantai. Penginapan yang hadir dibanderol dengan harga beragam tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Keberadaan Pantai Cacalan di Banyuwangi memang masih terbilang baru dan belum banyak diketahui. Namun pesona yang dihadirkan mampu mengundang rasa penasaran pada pengunjung. Tak heran jika semakin lama pengunjungnya meningkat, dan lagi pengelola juga terus meningkatkan kenyamanan. Saat di Banyuwangi jangan melewatkan keindahan pantai ini.