Pantai Carita, Wisata Bahari Favorit di Banten

Pantai Carita

Lokasi: Jl. Raya Labuan, Sukajadi, Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.
MapCek Lokasi

Banten memiliki wisata Pantai Carita yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Cantik yang menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Banten hingga Jabodetabek.

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menarik di sekitar anda. Bagi Anda yang ada di kawasan Jabodetabek dan ingin berlibur, maka Anda bisa mengisi akhir pekan dengan berjalan jalan di Pantai Carita, Banten. Berkunjung ke pantai ini akan membuat Anda mampu menghilangkan penat karena lelah beraktivitas.

Pantai Carita Sebagai Tujuan Wisata Akhir Pekan

Pantai Carita Sebagai Tujuan Wisata Akhir Pekan

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pantai ini berlokasi di Provinsi Banten dan selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung di akhir pekan atau pada masa masa liburan. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Popularitasnya tidak kalah dengan pantai pantai yang ada di sekitarnya seperti Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong dan Pantai Tanjung Lesung. Namun pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan dengan wisata bahari lainnya.

Memiliki hamparan pasir putih yang luas, Pantai Carita sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau bersama pasangan. Apalagi di daerah pantai sudah ditunjang dengan fasilitas yang sangat memadai sehingga akan membuat pengunjung betah untuk berlama lama dan bisa melakukan banyak aktivitas di pantai tersebut. Hamparan pasir putih yang luas akan memanjakan mata dan terlihat lebih alami dan indah.

Sejak diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1978 silam, pantai ini cukup terkenal di kalangan para pelancong yang mampir ke Banten. Pesona yang dimiliki oleh pantai ini membuat para pengunjung akan tersihir akan bentangan laut berwarna biru dipadukan dengan hamparan pasir putih di pinggir pantai. Pantai Carita menjadi alternatif liburan di akhir pekan bersama keluarga yang dekat dengan wilayah perkotaan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carita

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carita

Image Credit: Wego.co.id

Saat Anda berkunjung ke pantai ini, maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Anda juga akan disambut dengan suara deburan ombak yang merdu seiring dengan hembusan air segar. Yang tak kalah menarik Anda bisa menyaksikan keindahan Gunung Krakatau dari Pantai Carita ini. Pesona pantai akan semakin indah karena adanya pasir putih yang membentang luas.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Tangerang yang Paling Hits

Pantai ini masih sangat dijaga kebersihannya, sehingga masih sangat asri dan sejuk untuk dikunjungi saat hari libur tiba. Selain itu, Pantai Carita juga memiliki kekayaan sumber daya yang lengkap seperti ikan, rumput laut dan hasil laut lainnya. Sehingga tak heran jika banyak sekali nelayan di sekitar pantai yang mencari hasil laut yang bisa manfaatkan. Meskipun banyak nelayan, pantai ini masih sangat bersih dan terbebas dari sampah.

Tak hanya terkenal karena indahnya laut dan pasirnya, pantai ini juga memiliki daya tarik fauna. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan banyak sekali satwa lokal yang menarik di sekitar pantai. Beberapa satwa yang akan Anda temui adalah kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, alap ala dan burung elang. Hewan tersebut adalah penghuni alami dari Pantai Carita. Tak hanya fauna, kekayaan flora juga bisa Anda temukan di daerah pantai Carita.

Anda akan menemukan banyak sekali kehadiran pohon mahoni, jati serta bungur yang tumbuh subur di area pantai. Adanya tumbuhan ini akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama lama di area pantai. Tumbuhan ini sangat tumbuh subur di area pantai dan memiliki fungsi tersendiri. Dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di area pantai, maka akan menambah kesejukan dari Pantai Carita.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Carita

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Carita

Image Credit: Idtempatwisata.com

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di area pantai yang masih alami dan bersih ini. Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan dan seru bersama pasangan atau keluarga dekat. Deburan ombak yang sangat tenang membuat siapa saja yang berkunjung akna terpanggil untuk bermain air di tepian pantai. Ditambah lagi air laut Pantai Carita masih sangat bersih sehingga aman untuk bermain.

Anda tidak perlu khawatir jika terkena bulu babi, karena pantai ini benar benar aman dari adanya gangguan hewan berbahaya. Selain kegiatan di tepi pantai yang bisa Anda coba, kegiatan bermain pasir juga tak kalah seru untuk dilakukan. Apalagi Pantai Carita memiliki pasar putih yang sangat indah dan bersih. Anda juga bisa menyusuri area pantai sambil menikmati pemandangan Gunung Krakatau yang menjulang tinggi dari kejauhan.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Tangerang yang Paling Hits

Saat Anda pertama kali datang ke pantai ini, Anda akan langsung menemui banyak sekali pengunjung yang bermain di area pantai. Berbeda dengan pantai lainnya, di Pantai Carita Anda bisa melakukan banyak permainan tradisional yang unuk. Beberapa permainan yang kerap kali dilakukan oleh anak anak ini adalah bermain layang layang. Anak anak di area pantai sangat senang saat bermain layang layang di area pantai tersebut.

Selain bermain layangan, Anda juga bisa mencoba bermain jetski atau banana boat. Pantai yang memiliki ombak tenang ini sangat cocok untuk bermain banana boat atau jetski. Anda bisa menyewa permainan tersebut yang biasanya ada di area pantai. Bagi Anda yang suka sekali melakukan diving atau snorkeling maka berkunjung ke Pantai Carita bisa jadi solusinya. Disini Anda akan menemui banyak sekali ikan kecil dan terumbu karang yang sangat cantik.

Melakukan snorkeling di pantai ini dijamin tak ada ruginya, karena Anda akan menemukan spesies unik di bawah laut Pantai Carita. Apabila Anda tidak ingin melakukan kegiatan yang ektrem, maka Anda bisa menggelar tikar dan menikmati makan siang di pinggir pantai. Daya tarik pantai yang berbeda membuat siapa saja betah untuk berlama lama di area pantai tersebut.

Indahnya pemandangan birunya laut ditambah putihnya pasir dan gagahnya Gunung Krakatau adalah kolaborasi yang pas untuk bersantai di area pantai. Yang tak kalah seru lagi Anda bisa menikmati wisata kuliner yang ada di area pantai. Beberapa wisata kuliner tersebut adalah kepiting saus pedas, guramai bakar, cumi, udang dan ikan bakar lainnya. Sajian ini akan semakin lengkap jika Anda memesan es kelapa muda yang dijual di sekitar area pantai.

Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Carita, Banten

Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Carita, Banten

Image Credit: Merahputih.com

Berbeda dengan akses menuju pantai pada umumnya yang harus melewati jalan menanjak dan terjal, akses untuk menuju pantai bisa dilewati dengan melewati jalan tol. rute ini cukup sering dilewati oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Carita. Anda hanya harus melewati jalan dari daerah Labuan untuk mencapai kawasan Anyer dan Carita. Meskipun memiliki rute yang aman, namun Anda harus waspada dengan kondisi jalan yang sudah mulai retak.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kondisi jalan seperti ini rawan sekali menimbulkan kecelakaan bagi para pelancong yang lewat. Selain itu Anda juga harus memperhatikan cuaca karena ketinggian ombak dari Pantai Carita bisa bertambah beberapa meter saat kondisi cuaca sedang hujan. Sehingga Anda harus mempertimbangkan cuaca saat akan berkunjung ke Pantai Carita ini. Tentu Anda tidak ingin liburan berubah menjadi malapetaka bukan?

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, maka Anda tidak perlu khawatir mengenai akomodasi. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam hotel yang mulai dibangun di area pantai. Tak hanya hotel, Anda juga akan menemukan banyak sekali penginapan lain yang ditawarkan untuk para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu menikmati sunset dan sunrise di pantai tersebut.

Suasana romantis yang ada di area pantai sangat cocok untuk Anda yang ingin merencanakan bulan madu bersama pasangan. Harganya pun sangat bervariasi sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Namun untuk bisa menikmati penginapan di area hotel ini pengunjung harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pasalnya penginapan di Pantai Carita selalu penuh jika tidak dipesan jauh jauh hari saat akan berlibur. Dengan menginap di area pantai, maka liburan pun akan menyenangkan.

Mengunjungi pantai untuk berlibur adalah alternatif mengisi akhir pekan bersama keluarga atau orang tercinta. Anda bisa berkunjung ke Pantai Carita yang merupakan tujuan bagi para masyarakat Jabodetabek. Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, pantai ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki tujuan bulan madu bersama pasangan. Suasana romantis dan eksotis dari Pantai Carita sangatlah cocok untuk mengisi waktu liburan Anda bersama orang tersayang.