Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Cemara Sewu merupakan objek wisata alam di Bantul Jogja yang sedang naik daun. Pantai yang terletak dekat dengan dua pantai di Bantul yaitu pantai parangtritis dan pantai depok ini menyimpan keindahan alam yang eksotis. Wisata alam ini belum banyak dikenal orang banyak sehingga kealamiannya masih terjaga.

Lokasi wisata pantai satu ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang berbeda. Kawasan pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara alih alih pohon kelapa. Pemandangan ini tentu akan membuat banyak wisatawan tertarik karena keunikannya. Berikut adalah sekilas tentang Pantai Cemara Sewu untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara Sewu

Daya Tarik Pantai Cemara Sewu
Image Credit: Google Maps Mx

1. Jajaran Pohon Cemara

Termasuk kawasan wisata pantai yang cukup unik di Jogja. Hal ini karena adanya hampaan pohon cemara yang membentang disekitar wilayah pantai. Alih alih pohon kelapa yang identik dengan pantai, namun yang tumbuh lebat malah pohon cemara. Adanya pohon cemara ini kemudian menjadi ciri khas cemoro sewu.

Nama pantai inipun diambil dari fenomena banyaknya pohon cemara disana. Cemoro dalam bahasa Jawa berarti pohon cemara, sedangkan Sewu dalam bahasa Jawa berarti seribu. Sehingga nama Pantai ini diambil dari banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar wilayah pantai ini.

Rimbunnya pohon cemara ini akan menjadikan lokasi wisata Pantai Cemara Sewu yang rindang. Spot lokasi banyaknya pohon cemara ini sering dijadikan tempat berteduh bagi pengunjung dan merupakan spot lokasi yang terbaik untuk piknik. Pemandangan pantai juga masih bisa dilihat bila anda berada di rerimbunan pohon cemara ini.

2. Adanya Permainan Khusus Anak-Anak

Tak hanya menikmati pemandangan alam yang sejuk dan eksotis. Namun di sekitar lokasi Pantai Cemara Sewu anda juga bisa mengajak anak anak untuk bermain berbagai macam wahana. Wahana permainan yang disediakan juga ramah bila digunakan untuk anak anak. Salah satunya adalah adanya perosotan yang dijamin seru.

Tak hanya wahana untuk anak anak yang seru, disekitar lokasi pantai juga banyak menyediakan berbagai macam mainan untuk anak anak. Mainan yang dijual dengan murah ini dijamin akan membuat piknik anda lebih berwarna. Beberapa mainan yang dijual tersebut adalah seperti balon sabun udara hingga kincir angin.

Pihak pengelola juga banyak yang menyewakan hammock yang bisa anda dijadikan tempat bersantai yang seru. Tak hanya hammock, anda juga bisa beristirahat di Gazebo yang banyak disediakan pengelola. Dari lokasi gazebo tersebut anda akan bisa melihat pemandangan alam pantai yang indah.

3. Pemandangan Pantai Cemara Sewu yang Eksotis

Pemandangan pantai satu ini memang istimewa dan berbeda dengan lokasi pantai lainnya di wilayah selatan Jogja. Hal ini karena adanya hamparan pohon cemara dan juga pasir pantai yang indah. Pemandangan pantai akan terlihat cantik terlebih saat matahari terbenam atau terbit di pagi hari.

Latar pemandangan yang cantik dan unik ini juga seringkali djadikan latar foto banyak pasangan untuk pre wedding. Spot foto yang paling banyak diminati adalah wilayah sekitar pohon cemara yang unik namun terlihat indah. Lokasi lainnya yang juga sering dijadikan latar foto adalah jembatan di gerbang masuk.

Jembatan yang menjadi pintu gerbang pantai ini memang terlihat biasa saja. Namun latar pemandangan alam dibelakangnya akan membuat anda tertarik untuk mengambil foto. Pemandangan laut, pantai hingga pepohonan cemara yang berjajar dijamin akan membuat kegiatan liburan keluarga anda lebih berkesan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps Dwipa Ramandhyka Dhermawan

Pantai cantik satu ini terletak di Jalan Pantai Parangkusumo di wilayah desa Parangtritis Kecamatan Kretek di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Bila anda ingin berkunjung ke Pantai Cemara Sewu maka rute yang akan anda tempuh adalah ke arah Pantai Depok. Hal ini karena lokasi kedua pantai tersebut cukup dekat sehingga akan memudahkan anda menjadi jalannya.

Jarak antara Cemara Sewu dengan Pantai Depok hanya sekitar 1 kilometer ke arah utara. Pintu masuk untuk masuk ke pantai satu ini juga masih melewati pos retribusi Pantai Depok. Hal ini karena pantai ini belum ada pihak pengelola yang bertanggung jawab sehingga rute masuk akan anda lalui dari pantai sebelahnya.

Setelah masuk ke Pantai Depok, kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kearah kiri gerbang. Anda bisa mengikuti jalan setapak yang disediakan hingga sampai ke cemara sewu yang berada di jalan sebelah kanan. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup panjang namun pemandangan alam sekitar akan membuat anda betah.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps Ridha Rukmito

Bila anda ingin masuk ke Pantai Cemara Sewu maka memang disarankan untuk masuk lewat pintu masuk Pantai disebelahnya, yaitu Pantai Parangtritis atau Pantai Depok. Hal ini karena merupakan pantai yang masih baru dan alami, sehingga belum ada pihak yang mengelola Pantai cantik satu ini.

Untuk harga tiket masuk ke wilayah pantai ini adalah sekitar Rp 10 ribu per orang. Selain harga tiket masuk, anda juga akan dikenakan tarif parkir untuk kendaraan pribadi yang anda bawa. Untuk motor sekitar Rp 5 ribu sedangkan untuk mobil adalah sekitar Rp 10 ribu. Lahan parkir yang luas akan membuat anda semakin nyaman berwisata.

Untuk jam operasionalnya memang masih bisa diakses bebas selama 24 jam. Sehingga jam bebas ini akan memudahkan anda dalam menikmati pemandangan alam kapan saja. Tak hanya pemandangan Pantai Cemara Sewu yang indah saat pagi dan siang hari, namun anda juga bisa melihat pemandangan alam eksotis saat sore hingga malam hari.

Akses 24 jam ini juga akan berkaitan dengan kegiatan camping yang bisa dilakukan di sekitar wilayah pantai ini. Sehingga pengunjung yang akan melakukan kegiatan camping bisa nyaman datang ke lokasi wisata ini pada jam berapa saja. Walaupun bebas namun tetap akan ada pengawasan dari pihak pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Cemara Sewu

Kegiatan Menarik Pantai Cemara Sewu
Image Credit: Google Maps Rown nee

1. Berfoto dengan Latar Estetik

Lokasi cemoro sewu memang masih terkenal dengan pemandangan alamnya yang alami. Hal ini karena masih belum banyak pengunjung yang mengetahui lokasi pantai eksotis satu ini. Pemandangan alam pantai ini akan menjadi latar foto yang cantik dan juga estetik. Maka tak jarang lokasi pantai ini dijadikan tempat pre wedding.

Loksi pantai di wilayah selatan Jogja ini terkenal karena hamparan pohon cemaranya. Pohon cemara yang berjajar ini bahkan bisa mencapai ratusan pohon. Pemandangan laut yang cantik ditambah dengan hamparan pohon cemara akan membuat latar foto anda terasa unik dan menjadi lebih estetik.

Wisatawan yang berkunjung banyak yang ingin berfoto dengan latar sunset dan sunrise. Momen ini bisa anda dapatkan bila berkunjung pada sore hari, saat matahari terbenam. Bila cuaca sedang bagus, maka pemandangan sunset Pantai Cemara Sewu yang indah akan bisa anda dapatkan. Tak hanya sunset, sunrise pun begitu mempesona pada pagi hari.

2. Camping di Pantai Cemara Sewu

Dengan pemandangan alam yang menawan, lokasi wisata ini juga bisa anda jadikan sebagai tempat camping yang nyaman. Camping dengan latar pemandangan laut ynag menenangkan, ditambah dengan hamparan bintang saat malam dijamin akan membuat suasana camping anda tak terlupakan.

Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa tidak ada persewaan peralatan camping yang ada disekitar pantai. Sehingga bila anda ingin melakukan camping, anda perlu membawa peralatan sendiri dari mulai tenda hingga akomodasi lainnya. Camping di bawah pohon cemara juga bisa menjadi pilihan tepat.

3. Bermain Berbagai Wahana

Cemoro sewu tak hanya menawarkan pemandangan alam yang cantik dan hamparan pohon cemara yang rindang. Namun anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya bila mengunjungi pantai ini. Salah satunya adalah bermain wahana permainan yang disediakan oleh pihak pengelola pantai.

Wahana permaian ini ramah digunakan bahkan untuk anak anak. Beberapa wahana permainan tersebut adalah seperti ayunan dan perosotan. Persewaan KTV juga bisa membuat anda lebih asyik dalam mengelilingi pantai. Berkendara KTV disepanjang Pantai Cemara Sewu tentu akan memberi kesan tersendiri untuk liburan anda bersama keluarga atau teman teman.

Lokasi pantai cemoro sewu juga tersedia persewaan jeep bila anda ingin berkeliling lokasi pantai dengan berkendara. Tarif sewa jeep juga terjangkau dan dihitung sesuai jarak tempuh. Selain jeep, anda juga bisa naik delman yang tersedia di sekitar pantai untuk mengelilingi daerah sekitar pantai sambil menikmati pemandangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps agung jaya

Walaupun masih tergolong wisata pantai yang baru dikenal, namun cemoro sewu sudah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini tentu akan membuat pengunjung yang datang menjadi lebih nyaman. Terlebih bagi pengunjung yang tidak siap dalam membawa akomodasinya sendiri.

Beberapa fasilitas yang terdapat di wilayah Pantai Cemara Sewu adalah seperti area parkir wisata yang luas dan nyaman untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, kemudian ada juga mushola yang bisa digunakan untuk wisatawan beribadah. Tak hanya itu, bila anda ingin beristirahat setelah lelah bermain di pantai, maka akan ada warung di sekitar pantai.

Warung warung ini akan menyedian berbagai macam makanan khas Bantul yang dijamin akan membuat anda ketagihan. Toilet dan kamar mandi juga tersedia di sekitar lokasi wisata cemoro sewu. Bila anda ingin menginap juga terdapat beberapa pilihan penginapan dekat pantai yang bisa anda pilih sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Namun bila anda ingin menginap dengan cara camping di sekitar pantai, maka cemoro sewu juga menyediakan area khusus camping yang aman untuk anda. Namun peralatan camping harus anda bawa sendiri dari rumah, karena pihak pengelola belum menyediakan peralatan camping sewa untuk pengunjung.

Selain beragam fasilitas diatas, Pantai Cemara Sewu juga banyak menghadirkan spot foto menarik di sekitar lokasi pantai. Banyak permainan seru juga bisa anda mainkan disekitar pantai, seperti Jeep adventure, Wahana ATV, andong dan masih banyak lagi. Pantai di selatan Jogja ini wajib masuk ke list perjalanan liburan anda.

Objek wisata pilihan untuk liburan keluarga saat ini sudah banyak macamnya. Jogja menjadi salah satu destinasi liburan yang tepat karena mempunyai banyak spot wisata yang bervariasi. Tak hanya wisata sejarah, namun wisata alamnya juga tak kalah cantik dan menarik. Tetap taati protokol kesehatan, selalu menjaga kebersihan dan selamat berlibur.