Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki beribu-ribu pantai yang menarik, salah satunya di provinsi Jawa Barat. Banyak pantai elok di Jawa Barat yang cocok anda kunjungi ketika berlibur, salah satunya di kawasan pesisir selatan Kabupaten Garut. Salah satu pantai yang menarik ini memiliki pasir hitam yang memikat mata yaitu Pantai Cidora.

Pantai yang menarik ini berada tak jauh dari pantai populer lainnya seperti pantai Ranca Buaya. Kedua pantai ini hanya dibatasi oleh sebuah tebing yang tinggi. Berbeda dengan Pantai Ranca Buaya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pantai ini memiliki sedikit wisatawan, cocok untuk anda yang menginginkan keheningan.

Walaupun jumlah wisatawan di Pantai Cidora terbilang lebih sedikit dari pantai lainnya, anda tidak perlu khawatir. Suasana pantai dan panorama laut yang diberikan sangat menarik. Anda dapat menikmati situasi pantai yang asri dan tenang dengan berkunjung ke pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cidora

Daya Tarik Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Anggoro Prasetyo Utomo

1. Panorama Laut

Salah satu daya tarik saat ke pantai adalah melihat hamparan air yang menyatu bersama laut. Ketika sampai di pantai, anda akan menyaksikan laut yang jernih berwarna kebiruan yang sangat cantik. Hamparan laut dengan warna kebiruan membentang luas sepanjang mata memandang.

Selain laut, pasir pantai pun menambah daya tarik. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir pantai putih yang lembut, Pantai Cidora justru mempunyai pasir hitam yang kasar. Walaupun kasar anda tetap dapat menikmatinya, seperti dengan bersantai di pesisir laut menyaksikan tiupan angin yang kencang.

Hamparan laut memiliki sahabat ombak yang selalu datang. Deburan ombak berirama dapat anda dengar, terlebih jika anda duduk di pesisir laut. Karena terdapat beberapa tebing yang tinggi, menjadi lintasan awal ombak, deburan ombak aman untuk semua wisatawan, yaitu ketinggiannya hanya sekitar 1 meter dari permukaan laut.

Meskipun begitu, petugas di sana melarang wisatawan untuk berenang, takut jika ombak mengganas seketika, jadi anda cukup bermain-main kecil saja ya di sekitar pesisir laut. Selain ombak, jika berkunjung ke pantai di waktu sore menjelang malam, anda dapat menyaksikan sunset atau suasana matahari terbenam yang sangat cantik.

2. Karang dan Tebing

Daya tarik selanjutnya yang akan anda dapatkan adalah melihat karang-karang hijau yang saling menyatu di sekitar sisi kiri dan kanan Pantai Cidora. Ada beberapa pekarangan. Pekarangan ini berulang kali diterpa ombak-ombak yang datang, walaupun dihempas secara cepat, pekarangan tetap kokoh tidak terpecah belah.

Wisatawan dapat menaiki karang-karang yang hijau ini untuk hanya sekadar duduk atau memancing, karena di sela-sela karang terdapat ikan-ikan laut yang terjebak, anda dapat melihat langsung bagaimana ikan berenang dengan lincahnya berusaha untuk keluar dari sela-sela karang yang tinggi, anda dapat berinteraksi langsung.

Selain karang, terdapat tebing-tebing tinggi di sebelah kiri dan kanan pesisir pantai. Perbukitan tebing ini ditumbuhi oleh pohon-pohon yang menghijau. Pohon rindang yang membuat suasana pantai menjadi lebih alami terbebas dari polusi udara. Di perbukitan tebing terdapat makhluk hidup kecil yang gemar bersembunyi.

3. Spot Cantik sebagai Penenang

Pantai Cidora menawarkan hamparan air yang menyatu di laut, ditambah dengan pasir hitam yang sedikit kasar menambah spot cantik yang anda rasakan. Salah satu poin penting yang didapat, pantai ini sangat cocok untuk anda yang mencari sensasi ketenangan. Anda dapat duduk sambil menerawang pada hamparan laut yang luas.

Selain warna laut dan pasir yang cantik, perbukitan tebing dan karang-karang yang berada di sekeliling pesisir pantai juga menambah elok penglihatan. Banyak wisatawan yang memiliki tujuan sama ke pantai dengan melepas lelah dari aktivitas yang banyak menambah beban.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ryanto Amandita

Pantai yang menawan ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Pantai Cidora berada di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai berdekatan dengan pantai populer lainnya yaitu pantai Ranca Buaya. Karena berdekatan, anda dapat mengikuti petunjuk yang sama untuk sampai ke lokasi tujuan.

Waktu perjalanan untuk sampai ke pantai terbilang cukup melelahkan karena menempuh selama sekitar 4 sampai 5 jam dari pusat Kota Garut. Selama perjalanan anda akan melihat beberapa rumah penduduk dan beberapa pepohonan yang menghijau di sekitar mata memandang.

Sebaiknya, anda menggunakan kendaraan pribadi untuk ke pantai, seperti kendaraan mobil maupun motor karena masih jarang terdapat angkutan umum. Jika anda bingung, segera aktifkan google maps untuk mempermudah perjalanan anda ke lokasi yang di tuju.

Harga Tiket Masuk Pantai Cidora

Harga Tiket Masuk Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Bondan NM

Wisata pantai yang elok ini sangat ekonomis untuk anda dapatkan. Apalagi bagi anda yang ingin berwisata tetapi enggan mengeluarkan uang yang banyak. Ke pantai adalah salah satu kuncinya. Tiket masuk yang ditawarkan kepada wisatawan hanya dibanderol dengan harga senilai Rp 5.000 per orang.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, Pantai Cidora dibuka setiap hari dalam kurung waktu selama 24 jam, yang berarti anda dapat berkunjung kapan saja untuk menikmati keindahan pantai. Selain itu, anda juga dapat menyewa beberapa penginapan yang tersedia berada sekitar 100 meter dari pantai jika ingin bermalam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Cidora

Kegiatan Menarik Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Lilik Maryono

1. Bermain di Pesisir Pantai

Jika anda ke pantai bersama dengan rombongan keluarga atau teman maka aktivitas ini wajib anda lakukan. Bermain bola pantai dengan rombongan dapat melepas rasa penat anda. Selain itu, suasana permainan dengan deburan ombak dan hembusan angin menambah sensasi yang berbeda.

Selain bermain bola, anda juga dapat bermain air. Jika anda pergi sendiri, aktivitas ini dapat menjadi alternatif hiburan yang dapat dilakukan. Bermain air di pesisir Pantai Cidora, merasakan air laut yang dingin meresap di kaki anda adalah hal menarik yang jarang anda dapatkan, terlebih dengan suasana pasir pantai yang hitam.

Selain bermain, anda juga dapat menyusuri pesisir pantai. Hanya berjalan-jalan mengelilingi pantai sambil menikmati sensasi udara pantai yang menyejukkan. Aktivitas ini dapat anda lakukan bersama keluarga, sambil berjalan sambil bercengkrama, mempererat lagi hubungan yang telah terjalin dengan orang tersayang.

2. Memancing

Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan adalah memancing ikan. Di sekeliling pantai yaitu di sekitar bagian sisi kiri dan kanan terdapat beberapa karang-karang besar yang ditumbuhi tanaman hijau. Anda dapat memancing di karang-karang ini, jika beruntung, anda dapat menangkap ikan yang tersesat di beberapa pekarangan tersebut.

Aktivitas memancing juga dapat mengobati rasa stress, anda dapat merasakan sensasi yang berbeda. Duduk di pekarangan dengan memegang pancing, menunggu umpan termakan oleh mangsa-mangsa mungil, sembari menunggu anda akan merasakan hempasan air dan deburan ombak yang menghantam karang.

Kegiatan Menarik di Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Dody Andriansyah

3. Spot Foto

Kegiatan yang wajib anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Cidora. Anda dapat memanfaatkan keindahan pantai yang elok untuk diabadikan di kamera anda. Banyak spot foto menarik yang bisa diambil seperti di pesisir pantai, saat bermain bola, di karang, dan di perbukitan tebing.

Suasana yang sepi dan hening ini dapat memudahkan anda mengambil foto-foto yang menarik. Bahkan beberapa wisatawan yang datang menjadikan Pantai Cidora sebagai hunting foto untuk melakukan pra wedding dengan memanfaatkan keindahan pantai yang menarik hati.

4. Berjemur

Salah satu hal lainnya yang dapat anda lakukan adalah berjemur. Mungkin bagi sebagian wisatawan hal ini tidak lumrah, karena tidak cocok ke pantai hanya menghabiskan waktu berdiam diri saja tetapi bagi wisatawan asing seperti dari luar negeri, kegiatan ini menjadi hal yang populer untuk dilakukan.

Sebelum berjemur, sebaiknya anda telah menggunakan pelindung tubuh seperti sunscreen dan sunblock agar tubuh anda tidak terpanggang. Waktu yang baik untuk berjemur dari waktu pagi saat matahari terbit sampai ke waktu siang, sebelum jam makan siang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Cidora
Image Credit: Google Maps Ryanto Amandita

Pantai Cidora adalah salah satu pantai yang baru dijadikan pemerintah sebagai destinasi liburan, tentu sebagai tempat yang baru, fasilitas-fasilitas yang disediakan belum memadai dibanding dengan pantai-pantai yang lainnya. Fasilitas ini seperti toilet yang tersedia dan area parkir yang luas.

Selain itu, terdapat beberapa warung, walaupun tidak banyak tetapi cukup untuk anda melepas lapar dahaga. Warung-warung tersebut menjual makanan dan minuman ringan khusus untuk wisatawan. Selain warung, terdapat beberapa penjual ikan yang memberikan harga-harga miring dari pasaran.

Sayangnya, untuk fasilitas lainnya seperti kuliner khas Sunda masih belum tersedia. Tetapi walau masih minim, anda tetap dapat menikmati suasana pantai yang tak kalah indah dari yang lainnya. Terdapat beberapa penginapan-penginapan khusus untuk wisatawan jika berjalan sekitar 100 meter dari pantai.

Pantai Cidora adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib anda kunjungi. Pantai ini menjanjikan suasana yang tenang dan damai yang berbeda dari pantai lainnya. Anda pun dapat bermalam di pantai dengan memanfaat beberapa penginapan. Jika anda berada di Garut, wajib untuk berkunjung ya!

REKOMENDASI DESTINASI