Pantai Depok salah satu objek wisata pantai untuk beragam aktivitas seru di Bantul, Jogja. Pantai berpasir dengan panorama alam yang memukau dan tempat favorit berburu kuliner seafood yang segar.

Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Depok yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta memang sudah terkenal dengan keindahan pantai dan juga wisata kulinernya yang mampu menggoyang lidah untuk pengalaman wisata yang tak akan terlupakan. Bagi Anda yang tengah singgah di Yogyakarta, tidak ada salahnya ikut merasakan sajian menu makanan di pantai sembari rekreasi bersama dengan keluarga tercinta. Berikut informasi lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Depok

Daya Tarik Pantai Depok
Image Credit: Instagram @alfiah.agustin

Kawasan Pantai Depok merupakan area nelayan yang hampir setiap pagi datang dengan membawa banyak ikan segar hasil tangkapan di laut. Jika wisatawan berminat untuk membeli ikan yang diperdagangkan, Anda bisa langsung ke TPI atau tempat Pelelangan Ikan. Di sinilah Anda bisa membeli langsung hasil tangkapan laut yang masih segar dan menggugah selera.

Tidak hanya menawarkan hamparan eksotisme pantai dan lautnya saja, tetapi pantai indah ini juga memiliki pesona lain yang berhasil menyihir para wisatawan yang datang. Salah satunya yaitu keindahan matahari terbit yang bisa Anda nikmati apabila datang berkunjung ke destinasi wisata pantai ini saat dini hari.

Karena keindahan inilah, maka banyak wisatawan yang datang untuk berburu foto apik atau hanya sekedar melakukan swafoto bersama dengan teman dekat ataupun keluarga. Belum lagi dengan semilir angin pantai, dipastikan Anda akan melupakan semua penat setelah seharian melakukan banyak aktivitas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Depok

Alamat Pantai Depok
Image Credit: Instagram.com @nila_kurniati09

Lokasi destinasi wisata yang berada di Jogja ini terletak di Kabupaten Bantul. Bagi wisatawan yang datang dari pusat Kota Yogyakarta, Anda cukup menempuh jarak berkisar 30 kilometer. Rute yang bisa dilalui pun beragam, jadi Anda tidak usah khawatir akan sulit menemukan lokasinya. Namun akomodasi yang digunakan juga patut dipertimbangkan, agar perjalanan pun lebih mudah.

Rute dari Yogyakarta, Anda cukup ke arah selatan menuju Banguntapan. Setelah itu Anda akan menyusuri Jalan Pleret sepanjang kisaran 3 kilometer hingga menemukan Pasar Pleret. Rute selanjutnya yaitu ke arah barat yang menuju kawasan Imogiri dan Siluk. Tidak lama dari area tersebut, Anda akan menemukan Gua Cerme dan tiba di Pantai Parangtritis.

Lalu Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih kisaran 1 kilometer untuk sampai di Pantai Depok. Mungkin jarak yang cukup jauh akan membuat Anda sedikit jenuh di perjalanan. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba untuk mampir ke beberapa tempat yang dilalui sepanjang perjalanan. Misalnya mampir ke Pasar Pleret untuk menikmati wisata kuliner khas Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Depok Bantul

Harga Tiket Pantai Depok Bantul
Image Credit: Instagram.com @kokofoodhunterr

Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan agar bisa menikmati panorama pantai, yakni disesuaikan dengan hari kedatangan. Bila weekday atau hari biasa, Anda harus membayar tiket berkisar 7 ribu per orang. Sedangkan untuk weekend atau akhir pekan, biaya yang diberikan yakni berkisar 10 ribu.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif kendaraan. Untuk sepeda motor yakni berkisar 3 ribu per unit dan untuk mobil berkisar 7 ribu. Khusus untuk minibus akan dikenakan harga parkir berkisar 10 ribu, dan kendaraan bus berkisaran 15 ribu. Tentu harga tersebut cukup terjangkau untuk pesona keindahan pantai yang memuaskan.

Adapun jam operasional yang patut untuk diperhatikan. Meskipun sebenarnya tempat ini tidak memiliki jam buka khusus alias buka selama 24 jam penuh, namun pemakaian fasilitas yang disediakan hanya bisa digunakan pada jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Jadi Anda diwajibkan untuk menyesuaikan penggunaan fasilitas dengan jam operasional yang diberlakukan.

Kegiatan Seru yang Menarik Dilakukan di Pantai Depok

Kegiatan Seru Pantai Depok
Image Credit: Instagram.com @umikultsum25

1. Berburu Ikan Laut

Jika sudah puas bermain di tepian pantai dan perut mulai terasa lapar, sebaiknya Anda langsung mampir ke warung makan terdekat untuk menikmati olahan menu ikan laut yang menggoda. Apabila menginginkan olahan ikan dari tangkapan nelayan langsung, wisatawan bisa menuju kapal nelayan yang barusan mendarat untuk membeli ikan tersebut.

Harga ikan yang ditawarkan pun relatif murah. Selain itu ada pula berbagai macam jenis ikan laut, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran paling besar yang cocok dinikmati bersama keluarga. Agar bisa menikmati ikan yang sudah dimasak, dalam pemilihan ikan harus juga dilakukan secara cermat. Dimana Anda harus tahu pemilihan jenis ikan berduri banyak atau berduri sedikit.

Apabila sudah memilih ikan yang sesuai dengan selera, bawalah ikan tersebut ke warung terdekat agar segera dimasak. Jika sebagian ikan ingin dibawa pulang, Anda bisa meminta orang di warung untuk menggoreng terlebih dahulu jumlah ikan yang diinginkan. Tentunya biaya yang diberikan juga akan sesuai dengan banyaknya ikan yang Anda minta.

2. Wisata Kuliner Seafood

Wisatawan yang mengaku penggemar makanan laut, harus mencoba kuliner seafood di beberapa warung yang berada di sekitar area pantai. Tidak hanya jenis ikan saja, tetapi Anda juga bisa menikmati kelezatan hewan laut lainnya. Seperti cumi cumi, kepiting, udang, kerang, hingga gurita.

Sembari menunggu pesanan dihidangkan, pengunjung bisa menikmati es kelapa muda segar sambil melihat keindahan pantai. Tidak ketinggalan juga, tiupan angin pantai akan membuat aktivitas makan siang menjadi lebih nikmat. Bagi wisatawan yang membawa si kecil, Anda tidak perlu khawatir akan teriknya matahari. Sebab pemilik warung juga menyediakan beberapa saung untuk berteduh.

3. Menikmati Pantai Dengan ATV

Lanskap dari Pantai Depok dengan garis pantai yang memanjang, mungkin akan membuat wisatawan merasa lelah jika berkeliling hanya dengan berjalan kaki. Untuk mengatasinya, pengunjung area wisata di tempat ini bisa menyewa ATV yang disediakan oleh pengelola setempat kawasan wisata.

Dengan ATV tersebut, tentunya Anda bisa berkeliling ke seluruh sudut pantai untuk menemukan beberapa spot terbaik untuk bersantai ataupun berfoto bersama keluarga. Harga sewa ATV pun cukup terjangkau, yakni berkisar 50 ribu. Dengan harga tersebut, wisatawan sudah bisa berkeliling pantai selama waktu kisaran 1,5 jam.

Kegiatan i Pantai Depokt
Image Credit: Twitter.com @jogjafunskate

4. Pasar Digital

Yang menjadi ciri khas dari tempat wisata di daerah Yogyakarta merupakan tempat yang menyimpan sejarah dari masa ke masa. Hal tersebut rupanya juga ada di pantai eksotis ini, yang dinamakan dengan istilah Pasar Digital. Di tempat ini, transaksi untuk membeli sajian kuliner antara penjual dan juga pembeli tidaklah menggunakan uang, melainkan dengan sebuah koin.

Wisatawan yang tertarik untuk menjajal konsep tempo dulu, diwajibkan untuk menukarkan uang menjadi bentuk koin yang nantinya akan dipergunakan sebagai modal transaksi. Apabila nantinya akan ada sisa koin yang tidak terpakai, wisatawan pun bisa menukarkan kembali koin tersebut ke dalam bentuk rupiah.

Agar pasar digital ini mampu menciptakan suasana tempo dulu yang semakin kental, tidak jarang pihak pengelola pantai juga memperdengarkan suara gamelan khas Jawa yang syahdu. Dengan begitu Anda akan benar benar menikmati suasana tempo dulu yang terkadang dirindukan.

5. Spot Foto Instagramable

Menikmati kunjungan wisata rasanya tidak akan lengkap tanpa mengabadikan sebuah momen. Hal itupun disadari oleh pengurus dan juga pengelola dari Pantai Depok. Meskipun di setiap sudut pantai telah menampakkan keindahannya, namun pihak pengelola juga menambahkan beberapa spot foto yang tergolong ikonik.

Bukan hanya itu saja, tapi ditempat ini berjejer kisaran 10 spot yang terletak di tepian pantai. Walaupun ke semua foto tersebut berbeda, namun sekilas spot foto hampir mirip antara satu dengan yang lainnya. Umumnya, setiap spot berbentuk gapura dengan adanya ayunan yang dihiasi oleh rangkaian bunga plastik untuk menambah kesan romantis.

Dalam pemilihan spot foto yang berada di kawasan destinasi wisata pun tidak sembarangan. Selain menonjolkan kesan romantis dan manis, spot foto ini juga kerap kali dijadikan sebagai ajang latihan untuk foto prewedding para wisatawan yang kebetulan datang berkunjung dengan pasangan.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Depok

Penginapan Dekat Pantai Depok
Image Credit: Jejakpiknik.com

Akomodasi penginapan seringkali menjadi pertimbangan matang bagi para wisatawan, terlebih mereka yang datang dari luar kota Yogyakarta. Jika Anda menetapkan pilihan untuk berwisata di Pantai Depok, tidak perlu lagi khawatir perihal penginapan. Pasalnya, di area ini terdapat Queen of The South Hotel Parangtritis yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai, yakni berkisar 5,6 kilometer.

Sesuai dengan namanya, salah satu hotel mewah ini berada di kawasan Parangtritis. Dimana resort modernnya mengusung gaya tropis Jawa dan menghadap langsung ke Pantai Parangtritis yang menakjubkan. Di samping itu, hotel megah ini juga dikelilingi oleh taman alam yang menyejukkan setiap tamu yang datang.

Berbicara terkait dengan fasilitas yang diberikan, hotel bintang 4 ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Diantaranya yakni air conditioning, televisi, serta kamar mandi yang mencakup shower dan bathup untuk berendam. Keindahan lainnya yaitu balkon di depan kamar yang bisa dinikmati sambil melihat pemandangan lautan yang memukau.

Ada keunikan tersendiri yang ditawarkan dari Queen of The South Hotel, yaitu sajian kolam renang yang luas dan bisa digunakan langsung oleh para tamu yang datang menginap. Di sekitar kolam renang juga terdapat beberapa gazebo sebagai tempat untuk bersantai. Untuk harga kamar yang ditawarkan pun sesuai dengan fasilitasnya, yakni berkisar 800 ribu.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Depok Jogja

Fasilitas Pantai Depok Jogja
Image Credit: Instagram.com @sangraja_radenwijaya

Seperti halnya tempat wisata lain, pengelola destinasi pada wisata Pantai Depok juga menyediakan beberapa fasilitas yang terbilang cukup lengkap dan memadai. Diantaranya seperti toilet dan kamar mandi umum yang bersih dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, wisatawan tidak perlu mengantri sebelum membilas diri selepas bermain air.

Tidak hanya dilengkapi dengan wisata kuliner dari penjual makanan berat, tetapi di kawasan ini juga Anda juga bisa mencicipi makanan dan minuman ringan khas pantai. Untuk umat muslim yang hendak melakukan ibadah, telah tersedia pula mushola yang bersih dan sangat nyaman untuk digunakan.

Meskipun wisatawan bisa bebas berenang di areal wisata Pantai Depok, namun pihak pengelola juga menyediakan fasilitas tambahan yang dikhususkan untuk anak kecil, yaitu kolam renang anak. Hanya merogoh kocek berkisar 5 ribu, si kecil sudah bisa ikut menikmati permainan air di kolam renang yang telah disediakan.

Itulah beberapa ulasan seputar Pantai Depok yang berlokasi di kawasan Yogyakarta. Mulai dari daya tarik wisata, kegiatan yang dapat dilakukan, hingga tempat penginapan eksotis yang bisa Anda jajal sebagai pelengkap waktu liburan bersama keluarga. Sebelum melakukan agenda wisata, pastikan juga untuk menjaga kesehatan agar bisa menikmati sajian alam dari pantai yang mempesona.