Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Liburan di daerah yang memiliki pemandangan indah memang selalu menyenangkan mata dan pikiran. Begitu juga jika anda berkunjung ke Daerah Probolinggo yang memiliki bentang alam menawan. Beberapa tujuan wisata hits seperti Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura sampai wisata bahari seperti Pantai Duta, bisa menjadi pilihan anda habiskan liburan.

Memang pantai cantik ini belum banyak dijadikan tujuan wisata, padahal lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Dekat dengan PLTU Paiton yang juga menjadi landmark di Probolinggo. Anda akan menikmati wisata bahari yang berbeda saat singgah di sini. Pasir hitam dengan ombaknya yang tenang akan membuat anda betah untuk berlama lama di pantai menawan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Duta

Daya Tarik Pantai Duta
Image Credit: Google Maps Andhika Tri

1. Pemandangan Indah dengan Ombak Tenang

Jika anda mencari pantai yang memiliki pemandangan mengagumkan dan juga memiliki ombak tenang, maka Pantai Duta menjadi tujuan yang tepat. Memang anda tidak akan menemukan air jernih dengan pasir putih. Pasir hitamnya justru menambah keeksotisannya, dan juga memiliki bibir pantai lantai. Membuat pengunjung bisa bebas bermain di tepi pantai dan terbilang aman.

2. Menjadi Konservasi Mangrove

Anda juga akan merasakan suasana yang sejuk dan tenang ketika singgah di Pantai andalan Probolinggo ini. Kawasan tepi pantainya memang termasuk area konservasi mangrove. Perpaduan mangrove dan pantainya yang landai menambah keasriannya. Pengunjung tentu bisa sekalian mengunjungi area hutan mangrove ini untuk mendapatkan pemandangan yang lebih cantik.

3. Hutan Cemara

Bukan hanya memiliki hutan mangrove, Pantai cantik di Probolinggo ini juga memiliki area hutan cemara. Tersedia jalan setapak untuk bisa menyusuri kawasan hutan cemaranya. Tambahan hutan Cemara semakin menambah teduh suasana di Pantai Duta ini. Hembusan angin dengan suara ombak bisa anda nikmati di gazebo yang ada di hutan Cemaranya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Duta
Image Credit: Google Maps zerockboys

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai indah ini, anda hanya perlu menuju daerah Dusun Gilin, Desa Randutatah, Kec. Paiton, Kab. Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya persis 9 km ke arah timur di kawasan Kraksaan yang merupakan Ibukota Probolinggo. Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat.

Karena dari Jalan Raya jaraknya sekitar 3 km, anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota. Kemudian melajukan kendaraan menuju arah timur laut dengan melewati Jalan Paiton. Dilanjutkan dengan melewati Jalan Panglima Sudirman, sekitar 6 km di daerah Pantura. Sampai akhirnya anda bertemu dengan Desa Randu Merak, ditandai dengan Kantor Desa Randumerak.

Anda bisa mengambil belok kiri sekitar 1 km hingga menemukan persimpangan menuju Randu Tatah. Di sini silahkan ambil belok kanan dan ikuti jalan yang ada sampai bertemu dengan pintu masuk Pantai Duta. Sementara jika dari Situbondo, anda bisa melalui Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Pantura arah Probolinggo, dan jarak 65 km akan menemukan Desa Randu Merak.

Harga Tiket Masuk Pantai Duta

Harga Tiket Masuk Pantai Duta
Image Credit: Google Maps Dhipadhip

Menikmati keindahan alam dari Pantai dekat Paiton Probolinggo ini tidak perlu merogoh dalam kantong anda. Harga tiketnya bisa dikatakan terjangkau dan tidak menguras kantong. Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 5 ribu untuk tiket masuk. Dengan membayar tiket tersebut, anda bisa menikmati bentang alamnya dengan puas.

Hanya saja harga tersebut masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Parkir kendaraan dimulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, tergantung jenis kendaraan. Harga tiket masuk ataupun harga parkir tentu bisa mengalami perubahan kapanpun. Sementara jam buka Pantai Duta mulai dari Senin sampai Minggu. Anda bisa berkunjung dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Duta

Kegiatan Menarik Pantai Duta
Image Credit: Google Maps Melynda Dwi Puspita

1. Menyusuri Hutan Mangrove

Ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan ketika singgah di pantai Probolinggo ini. Salah satunya yakni menyusuri kawasan hutan mangrovenya yang juga menarik perhatian wisatawan. Anda akan mudah menyusuri area ini, karena tersedia jembatan kayu yang akan memudahkan. Jembatan ini memanjang dengan ujung berupa gardu pandang yang indah.

2. Bermain di Pinggir Pantai Duta

Rasanya memang tidak akan lengkap jika liburan di pantai tetapi tidak basah basahan. Seperti yang dibahas sebelumnya, pantai di Probolinggo ini terbilang landai dengan ombak yang tenang. Sehingga cukup aman untuk bermain di bibir pantainya. Anda juga bisa mengajak anak anak untuk bermain air di pinggir pantai, tetapi harus dalam pengawasan.

Sudah tersedia penyewaan ban atau pelampung yang bisa digunakan si kecil untuk bermain air lebih aman. Bisa juga duduk santai di atas pasirnya ketika anda sudah mulai lelah bermain air. Walaupun pasir Pantai Duta berwarna hitam tetapi memiliki tekstur yang lembut. Kegiatan seru ini akan memberikan pengalaman yang tidak mudah dilupakan.

3. Melihat Hiu Macan

Jika anda ingin mencoba aktivitas unik, anda bisa menyewa perahu motor untuk tiba di area hiu macan. Keberadaan hiu macan di area Duta Beach ini memang berhasil menarik perhatian wisatawan. Ikan Hiu Macan ini memang cukup banyak di perairannya, sehingga anda bisa melihatnya dari dekat. Lokasinya di laut lepas dengan pemandangan langka yang menawan.

4. Piknik di Hutan Cemara

Aktivitas yang tidak kalah menarik dan aman untuk dilakukan bersama keluarga yakni piknik. Anda bisa menggelar tikar di antara pepohonan cemara yang rindang. Anda bisa sembari menikmati bekal yang anda bawa dari rumah dan menikmati keindahan pantainya. Akan makin menyenangkan jika aktivitas ini dihabiskan dengan orang orang tersayang.

Kegiatan Menarik di Pantai Duta
Image Credit: Google Maps e. r. k

5. Wisata Edukasi

Memang Pantai Duta selain dijadikan sebagai wisata bahari, juga menjadi tujuan wisata edukasi yang kondang. Pengunjung wisata edukasi berupa rombongan dari instansi instansi pendidikan. Dimana akan banyak mengetahui perihal hutan mangrovenya. Bisa juga dilanjutkan dengan aktivitas outbound untuk kalangan pelajar yang menyenangkan.

6. Berburu Sunset

Liburan anda di pantai indah ini akan semakin berkesan jika anda melihat keindahan sunsetnya. Matahari tenggelam beberapa warna oranye yang begitu menawan. Memberikan suasana romantis yang begitu kentara saat sunset sudah tiba. Jika ingin menyaksikan fenomena alam cantik ini, anda bisa datang sore hari ketika hari cerah.

7. Mengambil Foto Cantik

Di Pantai Duta, anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan spot foto yang cantik. Spot yang selalu jadi andalan yakni jembatan kayu yang berada di kawasan mangrove. Di pantainya, anda bisa menemukan ayunan laut yang juga cocok untuk berfoto. Spot foto lainnya bisa diambil di sekitar hutan cemara atau dipinggir pantai dengan latar belakang pantai luas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Duta
Image Credit: Google Maps Titta Noorica

Kawasan ekowisata alam ini sudah dikelola oleh Pemkab daerah setempat. Sehingga wajar jika anda bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang nyaman. Mulai dari lahan parkir untuk kendaraan yang terbilang luas. Anda juga bisa menemukan mushola untuk anda beribadah, meskipun sederhana bisa dikatakan musholanya layak dan juga bersih.

Bagi anda yang bermain basah basahan, anda juga bisa menggunakan kamar bilas ataupun kamar mandi yang jumlahnya tidak hanya satu. Selain itu, di Pantai Duta anda juga bisa menyewa perahu karet untuk menyusuri mangrove. Berenang juga akan lebih aman dengan menyewa pelampung dengan harga yang terbilang ramah kantong.

Anda yang tertarik untuk melihat keindahan hiu laut, anda bisa menyewa perahu motor. Perjalanan liburan anda akan semakin lengkap dengan mencicipi beberapa kuliner yang ada. Ada banyak warung makan yang menawarkan ikan bakar lezat dan juga es kelapa muda. Apabila ingin menginap, anda bisa dengan camping ataupun mencari penginapan terdekat yang juga banyak.

Singgah di Probolinggo, anda bisa puas wisata bahari dengan mengunjungi Pantai Duta. Pantai indah ini menawarkan banyak daya tarik dan aktivitas yang akan membuat liburan anda semakin berkesan. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan fasilitas yang juga lengkap semakin memanjakan. Anda bisa datang ketika pagi atau sore, pastikan kondisi cuaca sedang cerah.