Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sendang Biru, Sitiarjo, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Wisata ke Malang, banyak kegiatan dan juga pilihan tujuan wisata yang bisa anda jelajahi. Jika anda ingin mengunjungi destinasi baharinya, Pantai Gatra bisa dijadikan sebagai alternatif. Pantai satu ini termasuk pantai cantik di Malang Selatan yang masih dalam lingkup Clungup Mangrove Conservation. Sehingga sudah pasti anda akan menemukan wisata yang begitu asri.

Pemandangan asri yang begitu menawan dijamin akan membuat semua penat anda menghilang. Nama Pantai Gatra mungkin memang tidak sekondang Balekambang. Namun keindahan yang disuguhkan tak akan membuat anda kecewa. Ombaknya yang tak terlalu besar dengan gugusan karang menjadikan pemandangannya begitu eksotis.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gatra

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gatra
Image Credit: Instagram.com @jawa_repost

1. Termasuk Kawasan Konservasi

Karena masih satu kawasan dengan Clungup Mangrove Conservation maka pantai ini termasuk kawasan konservasi yang terlindungi. Pengunjung yang hadir dilarang untuk membuang sampah sembarangan. Nantinya semua barang bawaan anda akan didata begitu anda tiba di loket. Dan ketika pulang, anda akan dicek kembali untuk memastikan.

Apakah barang barang yang berpotensi menjadi sampah, anda bawa kembali atau tidak. Tidak boleh ada sampah yang tertinggal, jika sampai tertinggal maka akan didenda dengan nominal tertentu. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, mengingat tidak semua pantai memberlakukan hal ini. Menjadikan pantai cantik ini selalu terjaga dari sampah.

2. Memiliki Pulau Karang yang Indah

Kendati termasuk pantai yang belum terlalu kondang, Pantai Gatra ini dijuluki sebagai kembaran dari Raja Ampat yang ada di Papua. Hal ini dikarenakan adanya pulau pulau karang berwarna hijau yang membuat pemandangannya makin cantik. Kehadiran pulau karang ini tidak hanya membuat panoramanya berbeda tapi juga membuat airnya menjadi tenang.

Lantaran karang karangnya mampu untuk memecah ombak. Pengunjung juga banyak yang menjadikan pulau karang ini sebagai spot untuk mengambil beberapa foto cantik. Jika anda beruntung, ketika air surut anda bisa menyeberangi pulau karang ini. Di karang karangnya akan ada beberapa biota laut kecil yang membuat pesona pantai ini makin terlihat.

3. Memiliki Hutan Mangrove

Selain pulau karang megah, Pantai Gatra juga memiliki hutan mangrove yang sangat menarik untuk dijelajahi. Memang sebelum anda menikmati hamparan pantainya, anda akan terlebih dahulu melewati hutan mangrove ini. Hutan Mangrove yang ada di pantai ini terbentang sampai dengan Pantai Clungup.

Daya Tarik Pantai Gatra
Image Credit: Twitter.com @AirAsiaGoID

Dan tentu saja hutan ini juga menjadi bagian dari pantai yang terjaga. Suasananya yang alami dan indah membuat pantai ini terasa begitu asri. Hadirnya hutan ini juga menjadikan beberapa flora atau fauna mendiaminya. Pengunjung diperbolehkan untuk menjelajahi kawasan ini, tetapi harus memastikan untuk menjaga kebersihan dari hutan mangrovenya.

Perlu anda tahu, setiap pengunjung yang juga turut andil dalam menjaga kelestarian dari hutan mangrove ini. Anda bisa memberikan donasi seikhlasnya untuk membantunya. Sebelumnya, pantai ini memang memiliki sejarah kelam karena merubah kawasan mangrove menjadi lahan pertanian yang tandus. Dan akhirnya diadakan konservasi mangrove kembali.

4. Pasir Putih Lembut nan Bersih

Daya tarik berikutnya dari Pantai Gatra adalah pasir pantainya yang bersih. Sehingga membuat pengunjung nyaman jika ingin bermain di area berpasirnya. Garis pantainya yang cukup panjang dengan butiran pasir putih nan bersih ini tentu saja membuat pesonanya makin luar biasa. Pasir putih ini juga akan sangat lembut bersentuhan dengan kulit anda.

Karena memiliki area pasir pantainya yang luas, menjadikan pasir putih ini difungsikan sebagai area olahraga oleh pengunjungnya. Seperti digunakan untuk voli maupun sepak bola laut. Anda yang ingin melakukan kegiatan seru ini harap membawa peralatan sendiri dari rumah. Yang jelas berolahraga di pantai akan hadirkan pengalaman berbeda.

5. Air Laut Jernih

Seperti yang disinggung sebelumnya, pantai ini termasuk pantai yang memiliki ombak yang tenang. Kawasan pantai Selatan seringkali identik dengan ombaknya yang besar. Namun anda tidak akan menemukannya di pantai ini, karena hadirnya karang karangnya. Dan airnya juga jernih yang sangat cantik jika berpadu dengan pasir putihnya yang lembut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps (Ade Irma Suryani)

Untuk anda yang ingin habiskan liburan di pantai ini, tentu saja harus mengetahui lokasinya. Pantai Gatra terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tepatnya berada di Malang Selatan dan berdekatan dengan Pantai Clungup maupun Pantai Tiga Warna. Untuk sampai di pantai ini alangkah baiknya membawa kendaraan pribadi.

Akses untuk menjangkau lokasi saat ini telah mengalami perbaikan, sehingga pengunjung akan mudah untuk menjangkaunya. Apabila anda menuju pantai ini, anda bisa memilih rute Turen. Dari malang kota, anda harus menuju ke arah Turen terlebih dahulu untuk akhirnya sampai di pantai Sendang Biru. Sudah ada petunjuk jalan yang akan memandu anda nantinya.

Jika anda sudah sampai di kawasan Sendang biru, anda bisa mengambil arah untuk menuju Pantai Clungup atau Tiga Warna. Nantinya akan anda temukan petunjuk jalan, anda juga bisa bertanya dengan penduduk sekitar agar tidak tersesat. Begitu anda sampai di pintu masuk Pantai Gatra, anda akan menemukan jalan setapak namun telah di paving.

Perjalanan anda selanjutnya akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Karena memang jalan berpaving ini tidak sampai ke bibir pantainya. Jalan setapak dengan jarak sekitar 400 sampai 500 meter ini harus ditempuh dengan trekking. Jalannya berbatu sehingga pastikan menggunakan alas yang nyaman. Pemandangan selama menuju pantai sangat menawan.

Harga Tiket Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps (Anth Zhu)

Menikmati keindahan pantai satu ini tak perlu merogoh dalam kantong anda. Harga tiketnya hanya berkisar Rp 10 ribu saja. harga tersebut tentu sangat terjangkau jika dibandingkan keindahan alamnya. Biaya masuk ini belum termasuk dengan harga tiket parkir maupun wahana. Sewaktu waktu tiket masuk juga bisa berubah tergantung keputusan pengelola.

Untuk tarif parkir kendaraan biasanya sekitar Rp 10 ribu. Pengunjung bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, karena memang belum ada patokan jam buka alias 24 jam. Anda juga bisa datang di hari Senin atau Minggu, buka setiap hari. alangkah baiknya jika anda mengunjungi pantai ini ketika matahari sedang teduh agar lebih nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Pantai Gatra
Image Credit: Instagram.com @asstry06

1. Trekking

Sebelum akhirnya bisa melihat kemolekan pantai ini, anda memang harus melakukan trekking terlebih dahulu. Medannya termasuk ramah untuk para pemula, merupakan jalanan setapak berbatu. anda tak akan terasa lelah selama treking ini, karena selama perjalanan pemandangannya indah. Anda bisa menikmati muara pantai Clungup dan hutan mangrove.

2. Bermain di Pinggir Pantai

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Pantai Gatra adalah bermain di bibir pantainya. Tepi pantainya cukup luas, anda bisa bebas bermain pasir. Akan sangat menarik jika anda liburan bersama keluarga. Anda bisa membangun istana pasir ataupun sekedar duduk duduk di tepi pantai. Pasir pantai ini tampak berkilau ketika terkena matahari.

Atau anda juga bisa berlarian di pinggir pantai dengan teman teman. Pengunjung bisa menghabiskan waktu berharga selama di pantai ini. Kegiatan seperti sepak bola ataupun vli pantai juga kerap dilakukan oleh pengunjung. Bersantai di atas karpet atau memasang hammock juga bukanlah ide yang buruk.

3. Bermain Air atau Berenang

Karena airnya yang begitu jernih dan tenang, pengunjung diperbolehkan untuk bermain di area pantainya. Anda bisa basah basahan dengan aman di sekitar pantai ini. Tidak jarang banyak pengunjung yang snorkeling ketika berada di pantai ini. Anda bisa mengintip bawah lautnya tanpa penghalang, mengingat airnya begitu jernih.

Kegiatan di Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps (edy jatmiko)

4. Bermain Kano

Wahana wisata yang juga menarik dilakukan di pantai Malang ini adalah bermain kano. Berkeliling pantai dengan kano tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda juga bisa menikmati panorama pantai ini dari sudut yang berbeda. Bermain kano di Pantai Gatra hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 25 ribu, dan telah dilengkapi pelampung.

5. Berburu Foto

Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi pantai ini tanpa mengambil foto foto cantik. Ada banyak spot yang sayang jika tidak anda abadikan sealam di sini. Pihak pengelola memang menyediakan beberapa spot yang bisa dimanfaatkan. Dan spot favorit adalah mengambil foto di pinggir pantai dengan pantai birunya sebagai latar belakang.

6. Berkemah

Datang bersama rombongan akan semakin seru jika anda berkemah di pantai ini. Dengan begitu anda berkesempatan untuk menikmati sunset ataupun sunrisenya yang menawan. Ketika malam hari, anda bisa membuat api unggun dan ditemani kerlap kerlip bintang. Suasananya yang tenang akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gatra

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gatra
Image Credit: Instagram.com @wisatabius

Anda yang menghabiskan waktu di pantai ini tak perlu khawatir soal fasilitas. Tidak hanya memiliki pemandangan indah, fasilitas yang ada di pantai ini sudah memadai. Pengunjung bisa menemukan kamar mandi umum bersih yang bisa digunakan. Tidak ketinggalan tempat parkir yang bisa menampung semua kendaraan anda dengan aman.

Bagi anda yang tidak sempat membawa perbekalan, anda juga bisa mencoba tempat makan yang ada. Ada beberapa warung yang menawarkan berbagai makanan juga minuman. Tentu saja hal ini akan semakin memudahkan pengunjung ketika liburan di sini. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa menemukan pemandu wisata.

Penyewaan alat alat untuk camping juga terbilang lengkap. Sehingga kapan saja anda ingin bermalam di kawasan wisata ini, tak perlu membawanya dari rumah. Selain bisa mendirikan tenda, anda juga bisa menemukan beberapa penginapan di sekitar pantai ini. Penginapan murah yang dekat dengan Pantai Gatra ada beberapa.

Penginapan ini rata rata berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Anda bisa menjadikan Homestay Dhilpratis sebagai pilihan. Dimana tarif per malamnya dibanderol mulai dari Rp 260 an ke atas. atau anda juga bisa memilih Pondok Bamboe jika ingin lebih mewah dengan tarif sekitar Rp 350 ribuan per malam. Ada juga homestay yang lebih terjangkau sekitar Rp 180 ribuan.

Habiskan liburan di pantai memang masih menjadi favorit bagi sebagian orang. dan jika anda di Malang, anda bisa menjadikan Pantai Gatra sebagai tujuan. Pantai ini menjadi pantai asri yang masih jarang dikunjungi. Kebersihannya yang terjaga akan membuat liburan melepas penat semakin menyenangkan. Dan pastikan untuk tidak meninggalkan sampah anda.