Mengintip Keindahan Pantai Glayem di Indramayu yang Memukau

Pantai Glayem Indramayu

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Tempat wisata saat ini memang setiap hari semakin berkembang, namun wisata alam tetap menjadi yang banyak digandrungi. Melepas penat dan stress dengan kembali ke alam memang akhir akhir ini dipilih banyak orang. Indramayu termasuk daerah di Indonesia yang memiliki beberapa pantai yang menawan. Dari sekian banyak pantainya, Pantai Glayem bisa menjadi pilihan untuk anda yang berlibur ke Indramayu. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Keindahan Pantai Glayem yang Memesona

Keindahan Pantai Glayem yang Memesona

Image Credit: Rusmanta1988.wordpress.com

Pantai Glayem merupakan pantai yang harus anda kunjungi dan tidak boleh dilewatkan. Pantai satu ini dahulunya adalah pelabuhan yang disinggahi oleh para nelayan setempat. Hingga membuat ada mitos yang beredar di Pantai Glayem ini, dimana nelayan yang singgah di pelabuhan akan mendapatkan hasil tangkapan yang melimpahkan. Bukan hanya tangkapannya yang banyak, mitos juga mengatakan jika ikan yang ditangkap memiliki rasa lebih enak.

Keindahan yang dimiliki pantai ini juga tidak main main dan pastinya akan membuat siapapun terpukau. Pengunjungnya akan meningkat drastis di musim liburan, meskipun saat hari biasa juga terbilang ramai. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah kelurga dan juga muda mudi. Memang selain menawarkan keindahan, pantai ini juga menawarkan berbagai macam hal menarik yang akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Apalagi lokasi dari Pantai Glayem ini terbilang strategis, semakin membuat pengunjung dari berbagai daerah mudah menjangkaunya. Selain bisa bermain air, adanya rumah Makan Perdut juga menjadi daya tarik lainnya. Menawarkan pemandangan pantai luas rumah makan ini memang berada di tepi pantai. Naiknya nama rumah makan ini juga turut membuat pantai Glayem menjadi tempat wisata yang banyak digemari wisatawan.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Glayem

Image Credit: Jabarprov.go.id

Aktivitas yang bisa dilakukan selama berlibur di Pantai Glayem ini cukup beragam. Mengingat ombaknya yang tidak begitu besar, pengunjung bisa bermain air dan juga berenang. Meskipun untuk airnya tidak terbilang jernih karena termasuk dalam kawasan pantai utara. Untuk pasirnya juga tidak memiliki warna putih, namun cenderung kecoklatan yang menjadi ciri khas dari pantai pantai di Indramayu.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tapi bukan berarti bermain air dan bermain pasir bukan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Terutama ketika anda berlibur dengan keluarga dan memiliki anak kecil. maka kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung. Jikapun tidak berencana untuk basah basahan, mencelupkan kaki di pinggiran pantai sudah cukup. Tak jarang banyak pengunjung yang sengaja berpose di pinggir pantai untuk diabadikan.

Untuk membuat aktivitas mandi di pantai lebih menyenangkan, beberapa keluarga memilih untuk menyewa ban atau perahu karet. Bermain bersama buah hati di kedalaman yang landai juga masih menjadi favorit. Sebagian juga memilih untuk bersantai di tepian pantai sambil menggelar tikar. Menikmati semilir angin pantai dengan es degan atau camilan adalah sesuatu yang menyenangkan dan bisa menghempaskan seluruh penat anda.

Bagi yang menyukai kegiatan swafoto, berburu foto cantik juga bisa dilakukan di Pantai Glayem. Hadirnya perahu perahu nelayan yang terkadang masih singgah akan menjadikan foto anda semakin cantik. Terdapat juga spot spot yang menarik jika anda mau menjelajah ke seluruh bagian dari pantai Glayem ini. Yang jelas sangat disayangkan jika mengunjungi pantai ini tidak mengabadikan banyak moment dengan foto foto.

Setelah melakukan aktivitas yang membuat anda cukup lelah, mengisi perut adalah ide yang bagus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika di pantai ini terdapat rumah makan Perdut. Anda bisa menjajal beragam menu favorit mulai dari ikan bakar, udang bakar dan cumi bakar yang menjadi primadona. Karena makanan dari rumah makan ini memang terkenal memiliki ciri khas soal rasanya, terutama pada sambalnya.

Selain makanan berat, rumah makan ini juga menghadirkan minuman segar seperti es kelapa muda. Yang menjadikan rumah makan ini semakin ramai. Bahkan tak jarang pengunjung yang datang hanya untuk berburu kuliner. Selain rumah makan ini, masih banyak penjual makanan di tepi pantai yang bergabung dalam koperasi. Dengan adanya koperasi Inten Numpuk ini diharapkan bisa membantu perekonomian warga sekitar.

BACA JUGA:  19 Wisata Pantai di Sukabumi Favorit Dikunjungi Wisatawan

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glayem

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glayem

Image Credit: Jabarprov.go.id

Telah menjadi pantai yang tidak boleh dilewatkan, untuk fasilitas yang disediakan juga terbilang memadai. Terutama untuk fasilitas fasilitas umum seperti toilet dan kamar bilas. Ada banyak kamar bilas dan juga toilet yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Meskipun jumlahnya sudah banyak, ketika musim liburan antriannya tidak bisa terelakkan. Kondisi fasilitas umum ini juga memadai dan bersih sehingga nyaman digunakan.

Selain toilet pengunjung juga bisa menemukan tempat untuk ibadah atau mushola. Sehingga tidak perlu khawatir untuk semua kebutuhan mengingat pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada. Untuk anda yang ingin berburu matahari tenggelam dan ternyata kemalaman, juga tidak perlu khawatir. Ada beberapa penginapan yang tersedia di pantai Glayem ini dengan harga yang bervariasi namu terjangkau.

Area parkir kendaraan juga terbilang luas dan lega. Sehingga apapun kendaraan yang anda bawa bisa dengan aman di parkir. Apalagi pantai ini sejak 10 tahun lalu sudah berhasil menjadi pantai yang banyak dikunjungi. Sehingga sudah siap untuk menyambut wisatawan yang jumlahnya tidak sedikit. Di pantai ini andajuga bisa menemukan warga setempat yang menyewakan perahu karet atau ban untuk berenang dengan harga yang bersahabat.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Glayem

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Glayem

Image Credit: Pasundan.id

Pantai Glayem terletak di Desa Juntinyuat, Blok Glayem, Kec. Juntinyuat, Indramayu. Untuk sampai di pantai yang tidak pernah sepi pengunjung ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam kurang jika dari Cirebon. Sementara jika dari pusat kota Indramayu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitaja. Letaknya yang strategis inilah yang membuat banyak orang memilih berlibur ke Pantai Glayem dan memang tidak pernah sepi.

BACA JUGA:  19 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Lagi Hits Dikunjungi

Meskipun mudah untuk dijangkau, namun jika anda bingung bisa bertanya dengan masyarakat sekitar. Menggunakan bantuan maps juga bisa dilakukan mengingat teknologi saat ini sudah semakin canggih. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan dari pantai ini akan dikenakan biaya masuk yang terbilang terjangkau. Pengunjung hanya perlu untuk membayar sekitar Rp. 5 ribu dan mungkin akan mengalami kenaikan di akhir pekan.

Harga tiket tersebut tentunya belum termasuk dengan harga tiket parkir dan juga harga sewa sewa barang. Seperti ban maupun tikar yang nantinya akan anda butuhkan di dalam. Meskipun tidak jarang pengunjung sudah membawa makanan atau barang dari rumah. Penting untuk anda ingat, bagi yang membawa anak anak untuk terus mengawasinya. Terutama yang bermain di tepi pantai, sebab terkadang ombaknya bisa besar.

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi pantai memang banyak di pilih banyak orang. Menikmati angin pantai dengan mendengarkan suara deburan ombak menjadi obat tersendiri. Apabila anda singgah di Indramayu tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai Glayem ini. Terutama untuk anda yang akan berlibur dengan rombongan. Pastinya akan membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.