Pantai Goa Cemara salah satu objek wisata yang terkenal dan unik di Bantul, Jogja. Pantai yang menawan ini menyuguhkan pesona pohon cemara yang membentuk lorong, pasir hitam, mercusuar dan panorama sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda penyuka pantai yang sedang berada di daerah Bantul, Yogyakarta maka Pantai Goa Cemara adalah rekomendasi pantai yang tepat untuk Anda kunjungi. Disini Anda dapat menikmati suasana pantai yang sejuk karena di lokasi pantai ini Anda akan mendapati jejeran pohon cemara yang tumbuh indah.

Selain pantainya yang indah, Anda juga akan menemukan beragam keindahan dan keunikan lain dari pantai ini yang tentunya belum tentu bisa Anda temukan di daerah lain. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Goa Cemara

Daya Tarik Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Dini L)

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan mendapati suasana pantai yang sejuk dan segar yang dapat merefreshkan pikiran Anda. Suasana yang ada di pantai ini sangatlah nyaman. Pantai ini diepnuhi jejeran-jejeran pohon cemara yang bertumbuh subur di sekitar pantai. Bahkan jejeran pohon itu menyerupai seperti lorong.

Tak terbayang bukan jika Anda menjelajahi hutan pohon cemara tersebut saat berkunjung ke pantai ini. Kapan lagi Anda bisa berkunjung ke pantai yang dikelilingi pepohonan hijau ini. Pohon-pohon ini masih sangatlah asri dan cukup jarang dikunjungi sehingga Anda akan merasakan kedamaian alam yang benar-benar seru dan menyenangkan.

Tak hanya pepohonan yang hijau, Anda akan melihat warna lautan Pantai Goa Cemara yang biru dan berkilauan saat terkena cahaya matahari. Suara deburan ombak yang menenangkan dapat membuat Anda senang berlama-lama disni. Anda dapat menghilangkan rasa penat yang Anda rasakan di lingkungan perkotaan saat Anda berkunjung kemari.

Suara deburan ombak akan sangat indah dengan terlihatnya warna air laut yang jernih tentu akan menciptakan suasana pantai yang sangat nyaman. Waktu berlibur Anda tidak akan sia-sia jika Anda habiskan untuk mengunjungi tempat ini. Anda dapat mengajak keluarga dan teman-teman Anda tercinta untuk menghabiskan waktu bersama disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa Cemara
Image Credit: Gudeg.net

Pantai menawan ini berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul, Kota Yogyakarta. Lokasi Pantai Goa Cemara masih satu daerah dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo sehingga pada saat Anda berkunjung ke Goa Cemara Anda bisa berkunjung ke kedua pantai ini juga.

Untuk mencapai ketiga pantai ini, Anda tidak perlu melewati rute yang rumit. Dari Kota Yogyakarta jarak pantai ini sekitar 20 km. Jika Anda berangkat dari daerah Jembatan Layang Janti, Anda dapat menuju ke ringroad selatan sekitar 6km dengan melewati Terminal Glawangan lalu mengambil arah ke jalan menuju Parangtritis.

Anda akan menemukan Akadei Kebidanan Yogyakarta di sebelah kiri jalan yang menandakan Anda sudah berada di Jalan Parangtritis. Anda harus mengambil jalan ke kiri hingga melewati Institut Seni Indonesia dan Pasar Seni Gabusan. Anda dapat berbelok ke kanan setelah menempuh perjalanan sekitar 7km melewati RSUD Panembahan Senopati mengambil arah Bantul Kota.

Setelah melewatinya Anda akan menemukan perempatan jalan. Anda dapat mengambil arah ke Pantai Samas. Pantai ini dapat dicapai dengan menempuh jalan sebelah kiri menuju Pantai Samas. Tentunya Anda dapat mengakses rute menuju pantai dengan melihat google maps atau bertanya dengan penduduk daerah setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara Bantul

Harga Tiket Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Ius Taat)

Untuk mengunjungi Pantai Goa Cemara ini Anda dapat membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Biaya tiket di pantai ini sudah termasuk tiket masuk menuju Pantai Parangtritis. Harga tiket masuk per orangnya yaitu sekitar 5.000 rupiah saja. Sementara untuk biaya parkirnya diperkiraan sekitar 3.000 rupiah untuk roda dua dan sekitar 5.000 rupiah untuk roda empat.

Pantai ini terbuka 24 jam untuk umum, jadi Anda dpaat mengunjungi pantai ini kapan saja. Anda bisa menikmati panorama pantai di malam hari. Anda hanya perlu berhati-hati dan tidak pergi ke tempat sembarangan pada saat mengunjungi pantai ini di malam hari demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Goa Cemara

Kegiatan di Pantai Goa Cemara
Image Credit: Twitter.com @gembel_motret

1. Menikmati Indahya Pemandangan Pantai

Bagi Anda pecinta suasana pantai pasti akan sangat menyukai suasana yang ada di Goa Cemara ini. Luasnya lautan berwarna biru di depan mata akan membuat Anda terkagum. Namun sayangnya ombak yang cukup deras membuat pengunjung tidak disarankan untuk berenang, terutama anak dibawah umur.

Namun adanya deburan ombak laut yang bisa mencapai pantai akan membuat suasana relaksasi yang nyaman. Warna pasir pantai yang sedikit kehitaman akan terlihat kontras dengan birunya air laut. Menikmati pemandangan dan angin pantai dibawah pepohonan yang sejuk pasti akan sangat menyenangkan.

Anda dapat menikmati indahnya pantai dengan berjalan-jalan disekitaran lokasi, berlarian sambil bermain air dan pasir, atau duduk dipinggir pantai sambil menikmati angin pantai yang berhembus. Terkesan merupakan kegiatan sederhana, namun Anda akan mendapati pikiran Anda akn jauh lebih rileks dan tenang saat melakukan aktivitas ini.

2. Menjelajahi Goa Cemara

Terdapat jejeran pohon cemara yang tumbuh rindang disini hinga membentuk seperti lorong. Itulah mengapa masyarakat menamakan pantai ini dengan sebutan Pantai Goa Cemara. Melintasi lorong pohon cemara yang tumbuh rindang ini pasti akan membuatmu merasakan sensasi alam yang berbeda. Spot ini menjadi ciri khas pantai ini.

3. Bermain Outbond

Jika Anda ingin merasakan serunya outbond di area sekitar pantai, maka lokasi ini akan menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini dilengkapi dengan sarana prasarana outbond yang ditujukan untuk wahana pengunjung. Fasilitas permainan ini tentu menjadi minat tersendiri untuk para pengunjung tertarik mencobanya.

4. Berpiknik dan Berkemah di Pantai

Camping dan piknik adalah salah atu kegiatan yang sangat mengasyikkan disini. Bagaimana tidak, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan sambil berkumpul bersama keluarga tercinta. Anda dapat membawa perbekalan atau membeli makanan di toko pinggir pantai sambil berpiknik ria bersama keluarga.

Untuk Anda yang menyukai kegiatan berkemah tentu pengurus pantai tidak akan melarang aktivitas ini. Anda hanya perlu mempersiapkan semua peralatannya dari rumah, jangan sampai ada perkakas penting yang tertinggal ya. Menikmati suasana pantai di malam hati sambil membuat api unggun pasti akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa pantai adalah salah satu kekayaan alam yang harus dijaga. Jangan sampai Anda merusak dan mengotori area pantai dengan meninggalkan sampah dan tidak membersihkan area yang Anda tempati selesai beraktivitas. Jagalah kebersihan dengan mem buang sampah pada tempatnya.

Kegiatan Pantai Goa Cemara
Image Credit: Facebook.com @goacemarajogja

5 Bersepeda Berkeliling Pantai

Bersepeda di area pantai tentu akan menjadi aktivitas yang tidak kalah menariknya dengan yang lain. Mengelilingi lokasi Pantai Goa Cemara dengan menggayuh sepeda tentu akan membuat Anda merasakan perjalanan ringat yang sangat nyaman karena menyatu dengan alam. Semilir angin pantai dan hangatnya matahari pasti akan em buat Anda merasa nyaman.

Pengunjung diperbolehkan membawa sepeda kayuh sendiri dari rumah. Hanya saja tidak semua area pantai diperbolehkan pengurus untuk dijangkau dengan sepeda kayuh. Hanya beberapa area tertentu di dekat pantai yang dibuka untuk rute perjalanan sepeda kayuh. Anda tentu pasti tertarik bersepeda disini bersama keluarga bukan ?

6. Berkunjung ke Konservasi Penyu

Anda akan sangat terhibur saat Anda pergi bermain di aera pinggir pantai, pasalnya akan ada sahabat kecil yang menyapa Anda saat bermain disini. Ya hewan penyu laut. Penyu ini datang ke pinggiran pantai untuk bertelur. Pantai yang menjadi habitat dari penyu ini membuatnya menjadi keistimewaan dan ciri khas tersendiri.

Untuk menjumpai penyu ini, Anda harus mendengarkan arahan dari penduduk setempat agar tidak ada pengunjung yang merusak habitat si penyu-penyu ini. Jika tidak ada pengawasan dan tidak berhati-hati, telur-telur penyu ni dapat rusak karena tangan pengunjung. Anda tidak diperkenankan membawa penyu ini pulang ke rumah.

7. Berfoto Ria di Panorama Pantai

Aktivitas penting yang tidak boleh sampai Anda lewatkan adalah berfoto-foto. Jangan sampai Anda melewatkan mengabadikan momen Anda saat berkunjung ke pantai ini. Para pengunjung pasti akan sangat senang bisa berfiti dengan berbagai pose karena disini mereka akan disuguhi pemandangan pantai yang menakjubkan.

Tak hanya berfoto di pinggiran pasir pantai dan juga di deretan pohon-pohon cemara yang rindang, disini Anda dapat mengabadikan momen kalian di spot foto jembatan dan juga padang rumput yang sangat cantik di sekitar pantai. Spot ini sangat populer di kalangan anak-anak muda pengguna sosial media.

Itulah mengapa banyak masyarakat yang menggunakan pantai ini untuk mengabadikan momen penting mereka, seperti prewedding. Konsep alam yang indah ditambah suasana pantai yang cukup tenang dan cukup sepi dari pengunjung membuat pantai ini menjadi sasaran masyarakat untuk melakukan sesi pemotretan di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Goa Cemara Jogja

Fasilitas Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps (Arra Wang)

Anda tidak perlu khawatir saat akan mengunjungi pantai ini, karena fasilitas yang disediakan di pantai ini sangat lengkap. Mulai dari lahan parkir yang sangat luas, toilet dan mushola untuk Anda beribadah, warung-warung makan dengan aneka menu khas yang ditawarkan, bahkan beberapa pedagang oleh-oleh dan pernak pernik lain juga tersedia.

Anda dapat menjumpai jajanan khas Yogyakarta beserta beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda beli di pertokoan sekitaran pantai. Banyak masyarakat setempat yang memutuskan untuk menjadi pedagang beragam kebutuhan Anda di sekitar pantai ini. Jangan khawatir, masyarakat Yogyakarta terkenal lembut dan ramah dan harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Di Pantai Goa Cemara ini juga sudah disediakan tempat menginap bagi Anda yang ingin bermalam disini. Terdapat berbagai tempat singgah mmulai dari hotel, villa, hingga home stay di tempat ini. Fasilitas yang ditawarkan di tempat menginap ini sangat bervariasi tergantung harga yang ditawarkan.

Karena pantai ini adalah lokasi yang menjadi favorit para wisatawan, maka sangat disarankan bagi Anda yang ingin bermalam untuk membooking penginapan ini terlebih dahulu. Penginapan di tempat ini sudah tersedia di berbagai situs wisata sehigga Anda bisa memesan kamar disini secara online.

Dengan menginap di tempat ini Anda akan lebih menikmati waktu istirahat Anda ditemani pemandangan malam di sekitar pantai yang begitu memukau. Tentu momen ini akan sangat baik untuk digunakan sebagai momen berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tersayang Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa Pantai Goa Cemara ini termasuk pantai yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat Anda berada di Yogyakarta. Jangan sampai Anda menyesal karena melewatkan momen kesempatan berkunjung ke pantai yang begitu eksotis ini. Nikmati hari libur Anda bersama keluarga di surga dunia ini.