Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Giriwungu, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Grigak adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini dikenal oleh karena kekayaan pesona alamnya yang masih begitu alami dan asri serta menjadi favorit banyak wisatawan saat mereka ingin merelaksasikan diri. Namun, sayangnya petunjuk jalan untuk menuju ke tempat tersebut memang masih jarang.

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir bahwa tempat wisata pantai tersebut sama seperti pantai-pantai yang lain. Padahal sebenarnya anggapan tersebut salah, karena memang pesona yang disuguhkan oleh tempat ini cenderung berbeda. Salah satu yang bisa Anda temukan saat berada di sana yaitu suasananya yang begitu tenang.

Sekalipun cenderung sepi, tapi lokasi untuk menuju ke tempat tersebut terbilang cukup mudah. Pantai Grigak yang berada di wilayah yang cukup terpencil. Keindahan dan suasana yang ditawarkan akan membuat wisatawan bisa memperoleh ketenangan serta membuat penat aktivitas sehari-hari jadi hilang seketika.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Grigak

Daya Tarik Pantai Grigak
Image Credit: Twitter Ashadi E B Priatanto

1. Terdapat Puluhan Anak Tangga

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Grigak ini yaitu Anda akan menemukan di sana terdapat puluhan anak tangga. Anda akan menyaksikan area perbukitan dengan suguhan panorama alam yang sungguh luar biasa. Tapi penting untuk Anda ketahui agar bisa sampai ke area bukit, Anda perlu menyusuri puluhan anak tangga.

Penting juga untuk diingat, anak tangga yang harus Anda lewati nantinya memang terbilang cukup curam. Jadi ketika Anda memutuskan untuk pergi ke area perbukitan, nantinya usahakan kondisi fisik Anda memang tengah berada dalam keadaan fit. Karena jika tidak, perjalanan yang melelahkan tentu akan membuat kondisi Anda memburuk.

2. Embung yang Luas

Pantai Grigak ini memiliki karakteristik sama seperti pantai pada umumnya. Salah satunya yaitu ombaknya yang cukup besar. Tapi tak hanya itu saja, Anda juga akan menyaksikan bebatuan karang serta bukit hijau, sehingga akan membuat pemandangan alam di tempat tersebut tampak semakin indah.

Menariknya lagi, Anda pun juga bisa menyaksikan sebuah embung yang berada di bukit tepi pantai. Embung adalah kolam buatan yang memiliki ukuran cukup luas, di mana fungsinya sendiri yaitu sebagai penampung air hujan.

Panorama pantai yang dipadukan dengan embung jadi salah satu hal yang terbilang cukup baru dan unik. Maka dari itu, orang-orang sangat menyukai tempat wisata tersebut karena beragam hal unik serta berbeda bisa mereka dapatkan ketika berada di sana.

3. Pantai Tanpa Pasir

Hal yang tak kalah unik lagi dari pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul tersebut yaitu Anda tak akan menemukan adanya pasir putih yang halus dan terhampar luas di tempat ini. Tapi sekalipun begitu Anda akan menyaksikan bebatuan karang yang besar di area bibir Pantai Grigak.

Hal itulah yang membuat tempat ini sangat pas sekali untuk dijadikan sebagai area untuk Anda bersantai dan menghabiskan waktu luang. Pengunjung bisa menikmati panorama alam yang tersaji dari atas bukit. Yang tak kalah menarik yaitu di sana sudah disediakan wahana unik, sehingga membuat siapapun semakin merasa betah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps Aurora Kids Collections

Untuk siapapun yang tertarik mengunjungi Pantai Grigak maka perlu segera meluncur ke Provinsi Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi wisata ini tepatnya berada di Kecamatan Panggang. Jika Anda masih merasa bingung untuk mencarinya, maka Anda dapat mengakses Google Map dan cari rute terbaik menuju ke sana.

Akses untuk menuju ke tempat ini memang cenderung sulit, karena nantinya pengunjung harus melintasi jalanan yang memiliki ukuran kecil di area tengah hutan. Selain itu, pengunjung pun harus melintasi jalan-jalan yang berkelok. Jadi sebaiknya ketika memutuskan pergi ke tempat ini pilihlah waktu yang benar-benar tepat, seperti cuaca cerah.

Harga Tiket Masuk Pantai Grigak

Harga Tiket Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps Aurora Kids Collections

Untuk bisa menyaksikan semua keindahan alam di Pantai Grigak ini wisatawan perlu membayar uang tiket masuk yang cukup murah. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di kabupaten Gunung Kidul, maka tiket untuk masuk ke pantai yang satu ini memang tergolong sangat bersahaja.

Hal itu lantaran pengunjung hanya perlu membayar uang Rp 5.000 saja, sedangkan untuk yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya parkir tersendiri. Untuk kendaraan berupa mobil atau roda empat biaya parkir yaitu sebesar Ep 5.000, sedangkan untuk roda dua sebesar Rp 2.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Grigak

Kegiatan di Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps Arif Dharma

1. Bersantai

Suasana di sekitar area Pantai indah ini memang sangatlah teduh. Hal itu membuat banyak orang yang merasa tertarik untuk menyempatkan waktu mereka dengan berada di tempat tersebut. Pepohonan yang tinggi tumbuh subur membuat cuaca jadi terasa nyaman dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

Tak hanya sampai di sana saja, gugusan bukit dan tebing jadi pembatas bagi area pantai. Hal itulah yang akhirnya membuat panorama tampak semakin menakjubkan. Duduk santai di tempat ini tentu akan membuat masalah yang tengah Anda alami akan seketika hilang.

2. Menyaksikan Panorama

Beragama aktivitas menarik tentu dapat dilakukan pengunjung ketika berlibur, seperti contohnya menikmati panorama alam yang tersaji di depan mata. Anda dapat menikmati panorama tersebut sepuasnya. Barisan Bukit, lautan biru serta bebatuan karang yang tumbuh begitu kokoh dan gagah akan membuat siapapun terkesima.

Semua keindahan yang tersaji di Pantai Grigak tak boleh Anda lewatkan. Dengan hanya menyaksikan pemandangan tersebut, Anda akan dibuat takjub dan seolah tak ingin segera beranjak dari tempat ini.

3. Berfoto di Pantai Grigak

Aktivitas yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang memang gemar dalam bidang fotografi. Puncak bukit yang berada di pantai bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto terbaik saat berada di tempat tersebut. Maka dari itu, aktivitas berburu foto tentu tak boleh Anda lewatkan.

Jalanan setapak yang juga telah dilengkapi dengan pembatas di bagian kiri dan kanannya makin membuat tempat tersebut jadi objek foto yang favorit bagi pengunjung. Jika Anda kebetulan ingin mengambil atau mengabadikan gambar, maka laut biru yang indah bisa dijadikan sebagai latar belakang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Grigak
Image Credit: Google Maps arief wintolo

Pantai Grigak merupakan wisata pantai yang mempunyai beberapa fasilitas yang cukup memadai. Sekalipun bisa dikatakan fasilitas tersebut belum terlalu lengkap namun dengan adanya fasilitas penunjang, kegiatan yang dilakukan pengunjung akan terasa lebih fun. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan di sana yaitu area parkir yang luas dan aman.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas berupa kamar mandi dan MCK. Fasilitas tersebut tentu sangat diperlukan oleh pengunjung di semua tempat wisata. Maka dari itu, Anda yang kebetulan berada di tempat ini tak perlu khawatir tidak menemukan toilet.

Di beberapa tempat sudah disediakan tempat sampah, sehingga Anda diharapkan tidak membuang sampah secara sembarangan. Beberapa warung yang berdiri di sana juga menyediakan menu makanan berat bagi yang merasa lapar.

Pantai Grigak Kabupaten Gunung Kidul sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata yang tenang dan cocok untuk melakukan relaksasi diri. Tempat ini tak terlalu ramai dikunjungi, terlebih ketika Anda datang saat hari-hari biasa. Maka dari itu, tak perlu ragu untuk segera meluncur ke pantai tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI