Pantai Indrayanti, Wisata Bahari yang Eksotis dan Romantis di Yogyakarta

Pantai Indrayanti

Pantai di Jogja yang tak kalah mempesona adalah Pantai Indrayanti. Wisata bahari yang tawarkan panorama eksotis dan nuansa romantis yang begitu kental.

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Jika membicarakan Jogja, memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Pesona dari kota ini memang mampu untuk membuat siapapun penasaran dengan setiap jengkal dari kota ini. Mengunjungi Jogja, Anda juga bisa mengunjungi wisata baharinnya. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti yang begitu kondang. Simak pesonanya dalam ulasan berikut.

Mengenal Pantai Indrayanti dan Sejarah Dibalik Keindahannya

Mengenal Pantai Indrayanti

Image Credit: Twitter.com @bunkbnb

Kawasan pesisir Jogja berderet pantai pantai menawan yang bisa dijadikan tujuan wisata. Keindahannya bahkan tidak bisa diragukan lagi, dan hingga berhasil menjadi magnet wisatawan dari berbagai kota. Masih di kawasan Wonosari, pantai cantik ini menjadi pantai yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pantai satu ini lokasinya tak jauh dari pantai kondang lainnya seperti pantai Sundak, Pantai Krakal dan Pantai Pok Tunggal. Sehingga tak jarang jika tiket masuknya kadang disatukan karena lokasinya yang berdekatan. Kendati demikian, keindahan yang ditawarkan pada pantai ini begitu berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.,

Layaknya Pantai di pesisir Selatan Jogja lainnya, pantai Indrayanti terbilang masih alami. Pantai satu ini dianugrahi dengan pasir putih dan juga air laut yang begitu jernih. Sehingga siapapun yang mengunjunginya akan tidak sabar untuk bermain air atau berlarian di atas pasirnya. Wajar jika ketika akhir pekan pantai satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tidak hanya indah, di balik namanya pantai ini juga memiliki sejarah yang unik. umumnya sebuah pantai dinamakan dengan nama kawasannya atau merepresentasikan keindahannya. Tetapi pada pantai satu ini, namanya justru di ambil dari nama restoran Indrayanti yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini.

Dan nama satu ini bukanlah nama resmi, karena sesungguhnya pantai Indrayanti memiliki nama Pantai Sawal. Yang juga telah diresmikan oleh pemerintah setempat. Hanya saja para wisatawan sudah terlanjur akrab dengan nama Indrayanti yang diambil dari nama pemilik restoran tersebut. Sehingga jangan sampai salah, Pantai Sawal juga nama lain dari pantai Indrayanti.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Indrayanti Jogja

Daya Tarik Pantai Indrayanti Jogja

Image Credit: Instagram.com @dewa.1967

Pantai satu ini tidak hanya memiliki sejarah yang unik, tetapi juga memiliki daya tarik yang tidak bisa disepelekan. Bagi Anda yang memang pecinta wisata bahari, tidak boleh melewatkan pantai satu ini. Pemandangan alam yang membentang luas akan membuat siapapun terpesona. Dengan bagian timur dan barat yang diapit dengan bukit karang.

Bukit karang yang kokoh ini justru semakin membuat panorama di pantai ini eksotis. Apalagi jika dipadukan dengan pasir putih dan jernihnya air lautnya. Ditambah lagi, pantai satu ini adalah pantai yang begitu bersih. Pengelolaan pantainya memang patut untuk diacungi jempol, menjadikan wajah dari pantai menawan ini semakin menarik.

BACA JUGA:  Indahnya Pantai Drini, Tujuan Favorit Pecinta Snorkling di Gunung Kidul Jogja

Kebanyakan Pantai Selatan memiliki gelombang air yang terbilang tinggi. Tetapi di pantai ini bisa dikatakan tidak terlalu tinggi, sehingga masih aman untuk bermain di pinggir pantai. Semilir angin yang menerpa membuat suasana khas pantai tropisnya semakin terasa. Menjadikan Anda enggan untuk pulang dan meninggalkan pesona bahari pantai ini.

Tidak hanya bisa dinikmati dari permukaan, Anda juga bisa menikmati pantai ini dari atas ketinggian. Yakni dengan menikmati dari atas tebing tebing kokohnya. Bahkan pantai Indrayanti juga begitu cantik ketika malam hari. Seakan akan pantai ini membuka topeng aslinya dengan menjadi lebih menawan dan cantik lain di malam hari,

Kerlap kerlip lampu yang di deretan gazebo membuat malam di pantai satu ini kian terasa sempurna. Nuansa romantis di tengah eksotismenya menjadi perpaduan magis yang sayang untuk dilewatkan. Malam yang datang justru tidak menyurutkan minat pengunjung untuk menikmati pesonanya. Bahkan bisa dikatakan lebih banyak pengunjung ketika malam datang.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Indrayanti

Alamat Pantai Indrayanti

Image Credit: Google Maps (Ulviyatun Ni’mah)

Pantai Indrayanti berada di kawasan Pantai Gunung Kidul. Untuk alamat lengkapnya terletak di Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunung Kidul. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja, yakni sekitar 65,5 km saja. Dimana Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam berkendara, dengan akses yang terbilang mudah untuk ditempuh.

Jalanan aspal yang mulus dengan petunjuk arah yang jelas menuju lokasi, akan memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Sekalipun Anda dari luar kota sekalipun, tidak sulit untuk menjangkau pantai ini. Ada beberapa rute yang bisa Anda jadikan pilihan, yang pertama rute melalui Jl. Ringroad Timur atau yang juga dikenal dengan Jl. Wonosari.

Anda harus menyusuri Jl. Piyungan lebih dahulu, barulah nanti menembus daerah Tepus dan tinggal mengikuti petunjuk arah. Tidak hanya bisa menggunakan rute tersebut, Anda juga bisa melewati Jl. Imogiri. Jalan ini akan membuat Anda melewati beberapa daerah yakni Siluk, Panggang, Saptosari menuju Trowon hingga akhirnya tiba di Baron.

Di Baron Anda hanya perlu menempuh 10 km ke arah timur agar tiba di Pantai Indrayanti. Untuk menuju pantai ini ada baiknya jika menggunakan kendaraan sendiri. Pastikan kendaraan juga dalam kondisi prima karena memang medan yang meliuk, naik turun harus Anda takhlukkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Pantai Indrayanti

Harga Tiket Pantai Indrayanti

Image Credit: Facebook.com @pantai.indrayanti.tepus

Keindahan alam yang membentang rupanya tidak membuat harga tiket masuk ke pantai ini mahal. Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk ke Kawasan pantai sekitar Rp. 10 ribu saja setiap orangnya. Harga tersebut tentunya masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Tenang saja biayanya hanya mulai Rp. 4 ribu hingga Rp. 5 ribuan saja.

Harga tersebut tentunya bukanlah harga yang mahal. Sekalipun Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitasnya. Mulaid ari kamar mandi, gazebo sekitar Rp. 30 ribuan hingga menjajal berbagai wahananya. Harga yang ditawarkan tersebut terbilang ramah kantong. Bahkan sangat murah jika melihat pesona yang disuguhkan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Image Credit: Google Maps (Aldy Suzuki)

Bukan hanya memiliki harga tiket yang terjangkau, pantai di Jogja ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Pengunjung bisa menemukan fasilitas umum seperti area parkir luas dan juga kamar bilas. Selain itu juga tersedia tempat ibadah yang bersih dan memadai untuk mendirikan ibadah para pengunjung.

Pantai Indrayanti juga dilengkapi dengan fasilitas fasilitas berbayar yang bisa akan membuat pengunjung makin nyaman. Bagi Anda yang ingin bersantai di pinggir lapangan tanpa kepanasan, gazebo atau payung patung pantai bisa Anda sewa. Anda yang membawa anak anak, juga tak perlu khawatir si kecil akan bosan karena tersedia taman bermain anak.

Bukan hanya itu, Anda yang ingin menikmati wahana jetski ataupun lainnya bisa menyewa peralatannya. Tempat penyewaan alat olahraga air di Indrayanti terbilang lengkap. Dan Anda yang tidak sempat membawa bekal juga bisa memanjakan perut Anda di restorannya. Fasilitas yang lengkap ini tentunya akan membuat para pengunjung semakin nyaman.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Indrayanti

Aktivitas di Pantai Indrayanti

Image Credit: Google Maps (Intan Kusuma)

1. Bersantai Sembari Menikmati Keindahannya

Mungkin banyak orang yang beranggapan jika mengunjungi pantai terkesan monoton. Padahal Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik ketika di pantai tersebut. begitu juga ketika Anda mengunjungi Pantai Indrayanti. Anda bisa menikmati keindahannya sembari bersantai di pinggir pantai.

Sayup sayup angin yang menerpa, lengkap dengan hamparan laut jernihnya dan lembutnya pasir di jari kaki memang tiada duanya. Mengisi liburan mengunjungi pantai ini akan membuat seluruh penat Anda terhempaskan. Ombak yang menjilat pasir di pinggirnya, seakan mengajak Anda untuk segera mendekat dan bermain air.

Anda bisa berenang atau sekedar bermain air di pantai Indrayanti. Tidak puas menjelajah pantainya, Anda juga bisa treking hingga menuju atas bukit. Dari sini Anda bisa melihat pantai tanpa penghalang yang begitu luas. Seluruh penat dari segala rutinitas seakan ikut musnah di bawa oleh angin.

BACA JUGA:  Pantai Nglambor, Pantai Eksotis & Spot Snorkling Favorit di Yogyakarta

2. Hunting Foto

Sembari menikmati keindahannya, Anda juga bisa membidikkan kamera Anda pada objek objek yang cantik. Bukan hanya memotret diri, Anda juga bisa mengabadikan setiap momen dan keindahan pantai ini. Pantai Indrayanti memang sangat cocok sebagai tempat untuk hunting foto yang instagramable. Kemudian diunggah di media sosial Anda atau disimpan di galeri.

3. Bermain Jet Ski

Untuk Anda yang ingin menantang adrenalin, bisa menjajal wahana Jet Ski. Tentu saja akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan lengkap. Persewaan jet ski ini menawarkan pengalaman menaklukkan ombak yang tidak akan Anda lupakan begitu saja. tidak harus profesional, bagi Anda yang masih belum pengalaman akan disediakan rider yang profesional.

Sehingga Anda tetap bisa menjajal mengendarai ombak di tengah lautan yang seru. Untuk menjajal kegiatan ini, Anda harus menyiapkan budget sekitar Rp. 250 ribu. Tarif yang ditawarkan memang bervariatif, tergantung harga yang ditawarkan. Namun harga tersebut tidak akan seberapa jika dibandingkan pengalamannya.

4. Wisata Kuliner

Setelah lelah beraktivitas, sekarang saatnya Anda untuk memanjakan perut Anda. Pantai Indrayanti memiliki deretan rumah makan atau warung yang tawarkan menu menarik dan beragam. Anda bisa mencicipi olahan seafood hingga makanan seperti nasi goreng. Menikmati nikmatnya kudapan ditemani suara deburan ombak tentunya sayang untuk dilewatkan.

5. Menikmati Sunset dan Malam

Sebagai penutup liburan Anda di pantai ini, Anda tidak boleh melewatkan pemandangan sunsetnya. Semburat warna jingga di langit yang berpadu dengan debur pantai memang tiada duanya. Menciptakan kesan romantis dan menjadikan liburan Anda makin sempurna. Begitu malam datang, pantai ini juga akan semakin mempesona.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Indrayanti

Penginapan di Pantai Indrayanti

Image Credit: Bukalapak.com

Keindahan yang dimiliki oleh pantai Indrayanti memang tidak akan puas jika hanya sebentar. Akibatnya banyak pengunjung yang memilih untuk bermalam agar bisa menikmati keindahannya lebih lama. Dengan begitu Anda juga bisa mengeksplore keindahan pantai ini lebih puas lagi. Dan kabar baiknya di sekitaran pantai ini terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda manfaatkan.

Anda bisa memilih untuk menginap di penginapan dengan bentuk homestay, villa maupun hotel. Beberapa yang bisa dijadikan pilihan antara lain, Bamboo Lengkung Cottage, Griya Pesisir, Penginapan Cemara Udang, Rock Garden Homestay dan Penginapan Joglowatukelir. Fasilitas dan harga yang ditawarkan sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mengunjungi Pantai Indrayanti bukanlah ide yang buruk jika ingin habiskan liburan di Pantai. Pantai ini menawarkan keindahan lengkap dengan fasilitas yang juga memadai. Pesona pantai ini memang tak kalah dengan pantai menawan di Jogja lainnya. Sehingga akan menjadikan liburan Anda berkesan dan tidak terlupakan.