Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Ketika anda sedang berlibur ke Purworejo, kerap kali dibingungkan akan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Akan tetapi, anda pun tidak perlu khawatir lantaran terdapat salah satu destinasi menarik yakni Pantai Jatimalang yang bisa untuk anda jelajahi. Liburan ke pantai memang menjadi alternatif untuk melepas penat.

Terlebih lagi, di pantai yang eksotis dan indah ini banyak sekali kegiatan seru yang bisa untuk anda lakukan. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari tempat berlibur di sekitaran Purworejo, Pantai Jatimalang adalah pilihan yang tepat. Sebelum mengunjunginya, intip beberapa hal yang perlu anda tahu tentang pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Jatimalang

Daya Tarik Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

1. Dikenal Dengan Pantai yang Memiliki Ombak Besar

Salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi ini adalah pantai yang ada di Purworejo tersebut dikenal memiliki ombak yang besar. Cantiknya Pantai Jatimalang ini memang terlihat dari deburan ombak yang terbilang cukup besar. Pasalnya, wisata bahari tersebut berlokasi di selatan Pulau Jawa.

Dimana untuk pantai yang berada di Pulau Jawa bagian selatan memang dikenal memiliki karakteristik ombaknya yang besar. Namun, meskipun anda memang disarankan harus berhati hati, tapi berlibur di pantai cantik ini justru akan bisa menjadi spot yang memicu adrenalin. Bagi anda yang suka tantangan pastinya menyukai liburan disini.

Tentu saja, hal ini dikarenakan ombak yang besar tersebut sangat cocok untuk berbagai permainan air. Ditambah lagi, suara dari deburan ombak yang besar, akan cukup enak untuk didengarkan dan sebagai salah satu bentuk healing. Sehingga pengunjung yang datang pun akan menjadi lebih rileks saat berada disini.

2. Memiliki Batu Karang yang Indah

Adanya batu karang indah di Pantai Jatimalang tentu saja menjadi daya pikat tersendiri bagi pelancong yang ingin berkunjung. Keindahan tersebut dapat anda lihat ketika mencoba bermain snorkeling. Dengan mencoba aktivitas tersebut, anda pun akan bisa melihat indahnya batu karang dan juga ikan ikan kecil yang berlarian.

Tentunya, spot batu karang yang indah dan eksotis ini akan menjadi tempat yang pas bagi anda untuk berfoto. Sebab, keindahan dari batu karang yang ada di salah satu pantai Purworejo ini memang akan membius siapa saja yang datang berkunjung. Jangan sampai anda melewatkan keindahan batu karang ini ketika berkunjung kemari.

Daya Tarik di Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Arifah Lestari

3. Air Lautnya yang Bersih dan Jernih

Ketika berkunjung ke pantai, tentu saja air laut yang bersih dan jernih memang banyak dicari oleh wisatawan. Hal ini pula yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Jatimalang. Destinasi wisata ini memang akan mampu menenangkan pikiran anda ketika melihat lautan luas dengan air yang jernih tersebut.

Pantai yang memiliki warna air laut yakni biru dan hijau tersebut akan membuat anda tidak bosan untuk menatapnya dan sangat enak untuk dipandang. Selain itu, keindahan satu ini tentu saja akan cocok dijadikan sebagai spot foto bagi anda yang hobi fotografi. Hal tersebut lantaran nantinya akan memiliki hasil yang sangat eksotis.

4. Panorama Alam yang Memukau

Tidak hanya air laut dan deburan ombaknya saja yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sebab pemandangan alam yang ada di pantai cantik ini pun memang sangat mempesona. Anda pun akan disuguhkan dengan pantai yang asri, bersih dan memiliki udara yang sejuk.

Ditambah lagi dengan pasir pantainya yang berwarna putih akan membuat anda lebih betah untuk bermain dan menghabiskan waktu disini. Pantai Jatimalang memang dikenal sebagai destinasi yang memiliki garis pantai yang besar. Keindahan tersebut juga ditambah lantaran adanya pasir yang berwarna gelap dan agak hitam.

Namun, bukan hanya itu saja hal lain yang membuat wisatawan betah untuk menghabiskan waktu liburan di salah satu pantai Purworejo ini adalah penduduk sekitar yang ramah. Bagi anda yang sedang berlibur di sini, pastinya akan merasa nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lama atau seharian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Chandra Pratiwi

Apabila anda ingin berkunjung ke pantai ini, anda bisa langsung saja datang ke Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Rute menuju pantai yang indah ini pun beragam. Anda bisa berangkat dari Kebumen dengan melewati Pantai Petahanan dan berlanjut ke jalan Deandles dari arah Purworejo. Lalu, anda pun bisa lurus saja hingga menemui gerbang bertuliskan pantai ini.

Lalu, anda pun juga bisa berangkat melalui arah pusat kota Purworejo atau Wonosobo. Jalan menuju ke pantai ini terbilang sangat mudah untuk diakses. Anda hanya perlu untuk mengambil rute jalan yakni ke arah Kutoarjo. Lalu, anda bisa melewati samping Stasiun Kutoarjo dan lurus ke arah pantai hingga menjumpai Jalan Deandles. Dan tidak jauh anda bisa melihat gerbang dari Pantai Jatimalang.

Alternative lain, anda juga bisa berangkat dari Jogja dengan melalui jalan Wates ke Purworejo. Anda bisa mengikuti jalan lurus hingga sampai ke gardu yang bertuliskan selamat datang Purworejo. Lalu, anda pun bisa belok kiri pada pertigaan yang ada pos polisi dan lurus melewati Jembatan Congot hingga menemukan jalan Deandles. Tidak jauh lagi anda pun telah sampai.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

Destinasi wisata yang ada di Purworejo ini pun memiliki harga tiket masuk yang terbilang cukup murah. Saat anda berencana mengunjunginya, maka anda tidak perlu untuk merogoh kocek yang begitu besar. Sebab, anda hanya perlu untuk menyiapkan sekitar 5 ribu rupiah per orang saja. Adapun terdapat biaya tambahan lain seperti tiket parkir ketika anda membawa kendaraan pribadi.

Dengan harga yang ramah di kantong, anda bisa langsung merasakan liburan yang mampu menenangkan hati dan pikiran. Namun, perlu anda ketahui bahwa harga tiket masuk dari Pantai Jatimalang ini memang dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan dan kondisi dari pantai ini sendiri.

Untuk jam buka dari pantainya sendiri, anda bisa datang setiap hari. Sehingga, anda pun bisa menjelajah keindahan dari destinasi yang apik ini sewaktu waktu yang anda mau. Adapun untuk jam operasionalnya sendiri yakni buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Dengan jam buka yang cukup lama tersebut, anda bisa bebas mengeksplor keindahan dari pantai ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Jatimalang

Kegiatan Menarik Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Nary Nhops

1. Berselancar

Karena Pantai Jatimalang merupakan salah satu wisata bahari yang dikenal dengan ombak yang cukup besar, tentunya akan sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin bermain selancar. Apabila anda memiliki hobi satu ini, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi pantai yang berada di Purworejo satu ini.

Terkadang anda pun akan melihat beberapa peselancar yang sedang memamerkan bakat yang dimilikinya. Selain itu, apabila anda penasaran dan tertarik untuk mencoba, maka sebaiknya anda pun juga bisa berlatih kepada orang yang memang professional di lokasi. Kegiatan satu ini tentu saja akan memacu adrenalin anda.

Dengan salah satu kegiatan yakni selancar yang bisa anda lakukan disini, hal tersebut tentu saja menjadi daya tarik dan keunggulan tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Bagi anda yang belum bisa bermain selancar, tidak perlu khawatir. Karena anda pun bisa hanya dengan menjadi penonton dan melihat peselancar yang sedang bermain.

2. Snorkeling

Selain menjadi tempat yang pas untuk melakukan olahraga selancar, pantai yang ada di Purworejo ini juga menjadi lokasi yang pas bagi anda yang memiliki hobi snorkeling. hal ini dikarenakan spot snorkeling yang berada di Pantai Jatimalang ini memang sangatlah cantik dan mempesona.

Ketika anda melakukan kegiatan snorkeling, anda pun akan disuguhkan dengan keindahan alam bawah lautnya yang memang sangat mengagumkan. Batu karang yang indah dan ikan berwarna warni yang ada di bawah, akan membuat anda seakan akan ingin untuk segera bermain di pantai yang eksotis ini.

Untuk itu, keindahan alam bawah laut yang dimiliki oleh Pantai Jatimalang ini memang menjadi keunggulan tersendiri bagi siapa saja yang datang kesini. Selain itu, anda tidak perlu khawatir apabila ingin bermain namun tidak memiliki peralatan. Sebab, di pantai indah ini terdapat fasilitas untuk snorkeling yang terbilang cukup lengkap.

Kegiatan Menarik di Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Ilham Maulana Ash Shiddieq

3. Hunting Foto

Hunting foto memang menjadi salah satu kegiatan yang memang tidak bisa anda abaikan saat berada di pantai eksotis ini. Sebab, banyak spot spot foto kece yang memang sangat apik untuk diabadikan dalam bidikan kamera. Oleh karena itu, anda pun sebaiknya memang menyempatkan diri untuk berfoto di pantai yang indah ini.

4. Menjelajah Pantai

Hal menarik lainnya yang bisa anda lakukan di pantai yang memang menakjubkan ini adalah berjalan jalan. Apabila anda terlalu malas untuk melakukan snorkeling atau berselancar, Pantai Jatimalang memang cukup memuaskan digunakan sebagai lokasi untuk berjalan jalan. Pemandangan yang indah dan pantai yang apik memang menjadi keunggulan tersendiri.

Anda pun bisa berjalan jalan di tepi pantai dengan pasir hitam kecoklatannya yang khas. Apabila anda merasa lelah, maka gazebo yang ada di pinggir pantai bisa menjadi tempat untuk beristirahat. Sembari duduk duduk dan melihat ombak menggulung tentu saja akan membuat siapa saja betah menghabiskan waktu disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Jatimalang
Image Credit: Google Maps Natsir Asrafi

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Jatimalang ini memang cukup menunjang berbagai kegiatan yang anda lakukan ketika liburan. Adapun berbagai fasilitas yang bisa anda temukan disini antara lain adalah area parkir kendaraan yang terbilang cukup untuk menampung kendaraan pribadi yang dibawa oleh wisatawan.

Selain itu, terdapat pula warung makan yang bisa anda kunjungi untuk sekedar mengisi perut yang keroncongan. Pantai yang ada di Purworejo ini juga dilengkapi dengan toilet dan mushola sehingga memudahkan anda untuk beribadah tanpa perlu mencari ke luar atau meninggalkan lokasi tempat wisata.

Bagi anda yang kelelahan selepas berjalan jalan di pinggir pantai, tentu saja anda tidak perlu khawatir lantaran terdapat tempat duduk dan gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Selain itu, jika anda ingin berkemah, di Pantai Jatimalang juga terdapat camping area yang bisa untuk anda gunakan.

Berbagai wahana permainan seru juga menjadi salah satu penunjang fasilitas guna berkegiatan di Pantai Jatimalang yang eksotis ini. Ditambah lagi dengan beberapa spot foto instagramable yang bisa anda jumpai di sekitar pantai akan menambah suasana menjadi lebih nyaman dan membuat anda betah untuk berlama lama disini.