15 Wisata Pantai di Jawa Barat yang Hits & Populer

Pantai Jawa Barat

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Jawa Barat. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer & Terhits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Indonesia terkenal sebagai sebuah negara kepulauan, tak heran jika memiliki banyak pantai menarik yang patut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Mulai sabang hingga merauke, terlebih lagi daerah Jawa Barat memiliki banyak kawasan pantai yang sangat indah dan populer dikunjungi wisatawan.

Bahkan keindahan yang disuguhkan tak kalah indah jika dibandingkan dengan Pulau Dewata. Berikut rekomendasi wisata pantai populer di Jawa Barat yang menarik untuk Anda jelajahi saat liburan.

1. Pantai Santolo, Garut

Pantai Santolo, Garut

Image Credit: Twitter.com @gnfi

Rekomendasi destinasi pantai pertama yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Santolo. Kawasan ini termasuk ke dalam salah satu pantai yang terkenal di Garut. Terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat eksotis dan nuansanya yang sangat menenangkan. Hal ini menjadi sebuah perpaduan yang mampu membuat tempat wisata ini hampir tak pernah sepi pengunjung.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan seru sembari menghabiskan waktu di pantai ini. Mulai dari kegiatan memancing, berenang di tepian pantai, membeli hasil tangkapan laut, dan bahkan dapat menikmati berbagai wahana yang telah disediakan. Di kawasan ini juga telah disediakan wahana berupa banana boat, yang disewakan dengan harga sekitar Rp 25.000 untuk satu orangnya.

Lokasi: Pantai Santolo, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

2. Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya

Image Credit: Instagram.com @amazingtasikmalaya

Pilihan destinasi pantai selanjutnya berada di daerah Tasikmalaya. Saat Anda berkunjung ke daerah satu ini, jangan lupa untuk mengunjungi dan menelusuri seluruh keindahan panorama yang berada di sana. Cobalah untuk menyempatkan waktu berkunjung di Pantai Karang Tawulan. Lokasi satu ini terkenal dengan keindahannya, yang mana berbeda dengan beberapa pantai di sepanjang pesisir selatan.

Mengapa demikian? Dikarenakan selama Anda berada di sana dapat menikmati seluruh pemandangan laut dari atas ketinggian. Yang mana menikmati keindahannya dari atas bukit dan hamparan batu karang yang tersebar di seluruh penjuru pantainya. Tak hanya itu, kawasan ini juga terkenal dengan indahnya panorama disaat matahari di sore hari mulai terbenam.

Matahari yang mulai tenggelam, mampu menghasilkan semburat cahaya yang sangat indah Tak hanya itu saja, ada banyak kelompok burung camar bertebangan yang akan menambah kesan cantik dari Pantai Karang Tawulan. Tentunya sudah menjadi perpaduan yang menarik, bukan? Seluruh perpaduan yang pas ini, pastinya akan membuat Anda merasa nyaman berlama-lama di sini.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

3. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Image Credit: Facebook.com @tourspangandaran

Saat pertama kali mendengarkan namanya tentu sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan pantai satu ini merupakan salah satu ikon dari kawasan wisata pantai di Jawa Barat. Bahkan pantai ini merupakan pantai yang sangat identik dengan Jawa Barat, yakni Pantai Pangandaran. Kawasan satu ini telah menyimpan banyak sekali keindahannya yang tersembunyi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

Saat berada di sini, Anda dapat melakukan berbagai banyak kegiatan atau aktivitas seru. Mulai dari bermain air di tepian pantai, menikmati kuliner khasnya, dan bermain wahana yang ada. Untuk wahananya sendiri ada jet ski dan banana boat. Kemudian Anda dapat menikmati kenikmatan berwisata kuliner di sini. Hal ini seperti yang telah diketahui bahwa Pangandaran terkenal sebagai kota nelayan.

Bahkan saat Anda berada di sana, jangan sampai meninggal betapa indahnya pemandangan saat sunset maupun sunrise. Perpaduan antara pemandangan langit yang indah dengan hamparan pasir pantai yang luas dan suara deburan ombak yang menenangkan. Mampu menjadikan nuansa dan suasana menjadi jauh lebih tenang dan nyaman. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pelepas penat.

Lokasi: Jl. Pamugaran Bulak Laut, Kec. Pananjung, Kab. Pangandaran.

4. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Image Credit: Instagram.com @ilovesukabumi

Daerah lain di Jawa Barat yang juga wajib untuk Anda kunjungi dan telusuri adalah Sukabumi. Salah satu daerah yang ada di Jabar ini mempunyai berbagai destinasi pantai yang tak kalah indahnya dibanding dengan daerah lainnya. Pantai Ujung Genteng ini memberikan keindahan pemandangan berupa hamparan pasir putih yang sangat bersih. Yang mana warnanya sangat kontras dengan keindahan air laut.

Bahkan air lautnya sendiri sangat jernih dan bersih, sehingga dapat membuat Anda melihat binatang yang ada di dalamnya. Seperti kepiting kecil, binatang laut, ikan-ikan, bahkan hingga rumput laut. Tak hanya itu, batu karangnya yang tersebar di bawah air dapat Anda lihat secara jelas dengan mata telanjang sekalipun. Tentunya menarik bukan? Dapat menikmati keindahan dibawah laut secara langsung.

Untuk aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah bermain air dan berenang di sekitar tepi pantainya. Di sini ada sebuah peninggalan bersejarah dari zaman Belanda yakni mercusuar, yang dapat Anda naiki juga. Sedangkan fasilitas yang ditawarkannya juga sangat beragam. Mulai dari mushola, parkir, tempat makan, hingga penginapan murah yang dapat Anda sewa.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Image Credit: Pegipegi.com

Berada berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tak heran apabila Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Mengingat lokasinya berdekatan dengan samudra membuat ombak yang ada di sini sangatlah besar dan berbahaya. Oleh sebab itu, dihimbau untuk tidak berenang bahkan bermain airnya. Anda cukup menikmati pemandangan alamnya yang dapat membuat merasa tenang.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok–Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Madasari, Pangandaran

Pantai Madasari, Pangandaran

Image Credit: Twitter.com @rezasud1

Kawasan selanjutnya berada di Pangandaran, yakni Pantai Madasari. Destinasi pantai satu ini memiliki ciri khasnya tersendiri dan cukup unik. Dengan beragam panorama yang dipancarkan dari pulau-pulau kecil dan pepohonan hijau serta batu karang yang bertengger dengan sangat kokoh. Mampu menjadi sebuah perpaduan yang pas dan indah untuk Anda nikmati selama berada di sana.

BACA JUGA:  20 Hotel Murah di Pangandaran Dengan Fasilitas Terbaik

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

7. Pantai Karang Nini, Pangandaran

Pantai Karang Nini, Pangandaran

Image Credit: Facebook.com @dewa.d.thea

Masih berada di satu daerah yakni Pangandaran. Ada banyak destinasi wisata pantai lainnya yang dapat Anda Kunjungi adalah Pantai Karang Nini. Lokasinya yang berada di balik hutan yang sangat lebat ini, membuatnya disebut sebagai surga alam tersembunyi. Untuk mencapai lokasinya Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 2 jam. Meskipun begitu seluruh rasa lelah akan langsung terbayar dengan keindahannya.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

8. Pantai Pasir Putih, Pangandaran

Pantai Pasir Putih, Pangandaran

Image Credit: Twitter.com @explorejabar

Berada di sisi barat Cagar Alam Penanjung, membuat Anda dapat dengan mudah untuk menemukan lokasinya. Kawasan ini memiliki pasir putih yang benar-benar putih dan bersih, yang mana berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Pasir Putih ini menghadirkan keindahan nuansa alami yang masih sangat terjaga dan terawat dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan lokasinya berada di kawasan konservasi.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Ciamis.

9. Pantai Cipatujah, Tasikmalaya

Pantai Cipatujah, Tasikmalaya

Image Credit: Google Maps (Partho Djojodihardjo)

Satu lagi Pantai Cipatujah yang berada di Tasikmalaya. Merupakan salah satu kawasan pantai yang sangat digemari oleh para wisatawan. Selama berada di sana, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru yang dapat menambah pengalaman berlibur. Jika Anda ingin berenang, usahakan untuk memilih lokasi yang tidak jauh dari garis tepi pantai. Sehingga masih berada di dalam kawasan yang aman.

Lokasi: Kec. Cipatujah, Kab. Tasikmalaya.

10. Pantai Kejawanan, Cirebon

Pantai Kejawanan, Cirebon

Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Pantai Kejawanan adalah salah satu kawasan pantai yang wajib untuk masuk ke dalam daftar perjalananmu. Terkenal dengan angin lautnya yang sepoi-sepoi tentunya membuat Anda akan merasakan nyaman dan dapat melepaskan penat. Terlebih lagi jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari saat menjelang sunset. Warna yang dipancarkannya nampak begitu indah dengan air laut yang tenang.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

11. Pantai Manalusu, Garut

Pantai Manalusu, Garut

Image Credit: Twitter.com @asepslametr

Garut adalah salah satu daerah di Jawa Barat, yang mana juga menyimpan banyak keindahan tersembunyinya. Pantai Manalusu merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan ketenangannya. Nama Manalusu berasal dari nama sang penemunya yakni Karl Manalusu. Saat pertama kali mendatangi maka Anda akan disuguhkan dengan keindahan batu karang yang berjejer.

Bahkan batu karang yang ada di sana telah ditutupi karang berlumut, yang mana jika dilihat dari kejauhan maka sepintas akan terlihat seperti padang rumput. Selain keunikannya tersebut, pantai ini dapat Anda jadikan sebagai lokasi untuk menyalurkan hobi. Seperti memancing, berenang, atau bahkan berkemah. Tentunya menarik bukan?

BACA JUGA:  Agrowisata Situ Bolang, Tempat Wisata Kekinian di Indramayu

Lokasi: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

12. Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Image Credit: Google Maps (Sayyid Al-Bahar)

Kemudian ada Pantai Karang Hawu yang berada di Sukabumi. Merupakan salah satu pantai dengan keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Yakni terdapat sebuah tebing menjorok ke arah lautan. Dengan begitu ombak-ombak yang datang akan secara langsung bertabrakan dan menghantam tebing tersebut. Sehingga menghasilkan sebuah hasil atau percikan air yang sangat indah.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati pesona alamnya saat sunset yang menawarkan cahaya matahari dengan sangat indah. Di lokasi ini dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya, namun tidak untuk berenang dan bermain air. Hal ini dikarenakan ombak yang ada di kawasan pantai ini termasuk ombak besar dan arusnya terkenal sangat kuat. Sehingga pengunjung dilarang untuk melakukannya.

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Batu Karas, Pangandaran

Pantai Batu Karas, Pangandaran

Image Credit: Google Maps (Freddy M)

Lokasi selanjutnya adalah Pantai Batu Karas. Menyuguhkan sebuah pesona alam yang sangat indah dengan nuansanya sangat menenangkan. Tentunya membuat Anda merasa betah bersantai disini, terlebih lagi ombak yang ada di sana sangat tenang. Kemudian pantai ini juga telah menyediakan berbagai wisata kuliner yang dapat Anda nikmati sembari menghabiskan waktu kawasan ini.

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

14. Pantai Citepus, Sukabumi

Pantai Citepus, Sukabumi

Image Credit: Facebook.com @ferry.alexander.9

Pantai Citepus berada di daerah Jawa Barat yakni Sukabumi. Terkenal dengan air laut dan ombaknya yang sangat tenang. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air bahkan hingga berenang. Meskipun begitu, pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati. Bila tidak ingin berenang, Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti bermain pasir atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantainya.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Tanjung Lesung, Banten

Pantai Tanjung Lesung, Banten

Image Credit: Twitter.com @zakyanakmuda

Destinasi wisata pantai terakhir adalah Pantai Tanjung Lesung. Kawasan satu ini berada di Banten, yang mana terkenal dengan keindahan pesona pantainya. Panorama yang ditawarkannya berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut serta air lautnya jernih berwarna biru kehijauan. Tak ketinggalan, di sini ada banyak deretan pepohonan yang menambahkan kesan asri.

Dikarenakan nuansanya yang sangat nyaman, pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi bersantai dengan tenang. Ditambah dengan semilir angin yang berhembus semakin membuat suasana menjadi lebih tenang. Bahkan hanya sekedar untuk menghirup udara segar dan melepaskan beban penat selama melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Jawa Barat, yang mana wajib untuk Anda kunjungi dan telusuri keindahannya. Kawasan pantai yang identik dengan air laut, pasir, dan angin semilir mampu menghasilkan perpaduan yang pas untuk melepaskan penat. Tak hanya menawarkan keindahan pesona baharinya, pantai juga dapat dijadikan sebagai lokasi untuk menyalurkan hobi atau bakat Anda. Sudah tertarik untuk mengunjungi pantai yang mana?