15 Wisata Pantai di Jawa Timur yang Hits & Populer

15 Wisata Pantai di Jawa Timur yang Hits & Populer

Tertarik Liburan di Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Jawa Timur. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Terindah, Populer & Paling Hits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Oleh karena itu, tak mengherankan banyak wisatawan yang berdatangan kesini. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah pantainya yang menyimpan sejuta pesona.

Anda pun nantinya akan dibuat terbius akan keindahan pantainya. Mulai dari ombaknya yang tenang, hingga pantai yang bisa digunakan untuk surfing. Bagi Anda yang sedang berada disini, berikut rekomendasi wisata pantai di Jawa Timur yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Image Credit: Instagram.com @greencitysuroboyo

Siapa bilang kota Surabaya tidak memiliki pantai? Ibukota Jawa Timur ini menjadi salah satu kota yang memiliki wisata bahari berupa pantai yang indah. Meskipun dulunya sempat menjadi pantai yang kotor, akan tetapi setelah pembenahan maka Anda pun bisa melihat keindahan dari pantai satu ini.

Untuk Anda yang ingin berkunjung, maka nantinya Anda akan bisa menikmati pesona matahari terbit maupun terbenam yang sangat indah. Selain itu, Anda juga bisa untuk menyempatkan mengunjungi Pantai Kenjeran Baru. Pasalnya, disana terdapat Klenteng Sanggar Agung, Waterpark hingga wahana untuk bermain yang cocok untuk si kecil.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

2. Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak

Image Credit: Instagram.com @pantaikondangiwak

Saat berada di Malang, pastikan Anda mengunjungi Pantai Kondang Iwak. Pantai ini sangat pas bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Pasalnya, pantai yang ditemukan sekitar tahun 1920 ini memiliki muara air tawar yang dipenuhi dengan banyak ikan. Sehingga, hal ini akan membuat Anda bisa memancing dengan lebih leluasa.

Selain itu, fasilitas yang ada di pantai ini pun cukup lengkap. Sehingga Anda akan puas ketika bermain di tempat satu ini. Mulai dari warung untuk kuliner, kamar mandi, gazebo hingga tempat parkir yang lumayan luas akan bisa Anda dapatkan disini. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk berkunjung menikmati suasana pantai ketika Anda sedang berada di Malang.

Lokasi: Sumberpucung, Tulungrejo, Kec. Donomulyo, Kab. Malang.

3. Pantai Wonogoro

Pantai Wonogoro

Image Credit: Instagram.com @pantaiwonogoro

Pantai lain yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Jawa Timur adalah Pantai Wonogoro. Wisata bahari satu ini memiliki akses yang terbilang lumayan sulit. Pasalnya, Anda harus menempuh medan perjalanan yang lumayan menguras tenaga. Ditambah lagi jalan nya yang masih berliku dan juga menanjak, tentunya membuat Anda harus memiliki stamina yang kuat.

Akan tetapi, saat berada di pantai ini Anda akan disuguhkan dengan suasana alam yang sangat indah. Suara deburan ombak hingga bersantai di hamparan pasir menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada disini. Apabila Anda berencana liburan ke tempat ini, sebaiknya membawa bekal ataupun perlengkapan lain karena pantai ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Purboyo, Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang.

4. Pantai Nganteb

Pantai Nganteb

Image Credit: Instagram.com @pantainganteb

Bermain surfing menjadi salah satu kegiatan yang wajib Anda coba ketika liburan di Pantai Nganteb. Kondisi ombak yang cukup menantang ini pula yang membuat wisata bahari ini pernah menjadi tuan rumah acara International Surfing Exhibition 2017. Sehingga, bagi Anda yang menyukai olahraga ini bisa datang dan mencobanya.

Akan tetapi, apabila Anda tidak bisa berselancar tak perlu khawatir. Anda pun bisa mencoba berbagai kegiatan seru yang lain. Mulai dari berkemah hingga bermain pasir di pantai dapat menjadi kegiatan seru yang bisa dicoba. Untuk fasilitas yang ada disini juga lumayan lengkap. Mulai dari mushola, toilet hingga warung makanan bisa Anda temukan disini.

Lokasi: Sukorejo, Tumpakrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang.

5. Pantai Tamban

Pantai Tamban

Image Credit: Google Maps (Rubi Strubi)

Berada di Malang membuat Anda disuguhkan dengan berbagai jenis pantai yang sangat menawan. Salah satunya diantaranya adalah Pantai Tamban yang memiliki eksotisme tersendiri. Untuk Anda yang ingin melihat panorama sunrise yang indah, maka pantai ini merupakan lokasi yang tepat.

Pasalnya, Anda bisa datang sekitar jam 5 pagi dan menikmati keindahan sunrise yang sangat cantik. Tak hanya itu saja, karena pantai ini cukup mempesona maka Anda pun akan sering menemukan banyak pasangan yang mengadakan foto pre wedding di lokasi ini. Bagi Anda yang suka snorkeling, Anda juga bisa untuk mencoba melihat keindahan alam bawah lautnya saat sedang berada disini.

Lokasi: Dusun Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

6. Pantai Licin

Pantai Licin

Image Credit: Twitter.com @infopantai_MLG

Karena memiliki kondisi pantai yang cukup licin, maka wisata bahari ini pun diberi nama demikian. Selain itu, saat berada disini Anda akan menemukan pantai dengan pasir yang hitam. Konon katanya pasir yang hitam tersebut dikarenakan tercemar oleh erupsi dari Gunung Semeru yang dialirkan melalui Sungai Glidik.

Pantai satu ini tergolong salah satu wisata bahari yang cukup tersembunyi. Untuk itu, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan menuju ke tempat satu ini tentu saja akan melalui perjalanan yang cukup panjang. Sehingga sebelum berangkat, Anda bisa memeriksa kondisi kendaraan dan juga membawa perbekalan yang cukup.

Lokasi: Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang.

7. Pantai Clungup

Pantai Clungup

Image Credit: Instagram.com @diazrespati

Selain itu, saat berada di Malang Anda juga bisa untuk mengunjungi Pantai Clungup yang terkenal akan keindahannya. Struktur pantai ini dikelilingi oleh hutan dan juga bebatuan. Sehingga, pantai ini kerap kali dibandingkan dengan keindahan dari Raja Ampat. Tak hanya itu saja, airnya yang jernih dan berwarna kebiruan dapat menjadi daya tarik tersendiri yang bisa Anda dapatkan.

Untuk Anda yang memiliki hobi snorkeling ataupun diving maka Anda bisa untuk mencobanya ketika sedang berada disini. Akan tetapi, karena belum terdapat tempat penyewaan di sekitar pantai maka Anda perlu membawa perlengkapan sendiri. Disini, Anda juga akan disuguhkan dengan mangrove yang sangat indah. Tentu saja akan membuat Anda betah berwisata di tempat ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Tulungagung yang Hits & Populer

Lokasi: Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

8. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki

Image Credit: Google Maps (Willy Hk)

Wisata pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Jawa Timur adalah Pantai Sendiki. Pantai satu ini memiliki lokasi yang terbilang cukup sejuk. Karena letaknya yang tersembunyi membuat Anda bisa menikmati pantai satu ini dengan cukup tenang. Pasalnya, belum banyak yang mengetahui keberadaan dari pantai satu ini.

Saat berada disini, Anda bisa camping bersama dengan keluarga atau sahabat. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri ataupun menyewanya saat sedang berada disini. Namun, apabila Anda menyewanya, maka tentu saja akan dikenakan biaya tambahan. Akan tetapi, berlibur dan berkemah di pantai satu ini cukup worth it untuk Anda lakukan.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

9. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Image Credit: Google Maps (Keane trunks kusyanto)

Saat berada di Tulungagung, pastikan Anda mampir dan mengunjungi tempat satu ini. Disini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam bebatuan yang sangat cantik. Bahkan batu yang ada disini pun memiliki bentuk yang terbilang cukup unik. Selain itu, Anda juga bisa untuk menemukan air terjun yang tercipta dari batu yang terkena ombak laut.

Pantai yang sangat mempesona ini akan membuat Anda betah menghabiskan waktu seharian. Ditambah lagi banyak spot foto keren nan instagramable yang bisa Anda dapatkan disini. Salah satunya Anda bisa bermain di teluk jernih yang terbentuk akibat kubangan pada bebatuan tersebut.

Lokasi: Pucanglaban, Kec. Pucang Laban, Kab. Tulungagung.

10. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

Image Credit: Instagram.com @pantaigoacina

Malang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak pantai cantik. Apabila belum puas menjelajah, maka pantai satu ini bisa Anda jadikan jujukan selanjutnya. Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebab, perpaduan pantai dan gua akan memiliki daya pikat tersendiri.

Sejauh mata memandang, Anda nantinya akan disuguhkan dengan laut lepas yang sangat indah. Ditambah lagi pada bagian tengah laut, Anda juga bisa melihat gua yang dikelilingi oleh tumbuhan berwarna hijau. Pasir pantainya yang putih bersih membuat Anda bisa bersantai sekaligus menikmati udara pantai yang sejuk saat berada disini.

Lokasi: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

11. Pantai Papuma

Pantai Papuma

Image Credit: Google Maps (Jessy Yang)

Berkunjung ke kota Jember, membuat Anda wajib untuk mampir mengunjungi pantai satu ini. Hal ini dikarenakan pantai satu ini memiliki pemandangan yang cukup unik, salah satunya adalah batu besar yang ada di dekat pantai. Saat berkunjung kesini, pastikan untuk melihat keindahannya dari tebing.

BACA JUGA:  Ciputra Waterpark, Wahana Air Terbesar & Terlengkap di Surabaya

Pasalnya, dengan jarak yang lebih tinggi akan membuat Anda bisa melihat laut dengan lebih leluasa. Namun saat berkunjung kesini Anda disarankan untuk tidak berenang. Akan tetapi, masih banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan disini, mulai dari berjemur atau hanya sekedar bersantai menikmati indahnya pemandangan dan panorama pantai.

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

12. Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan

Image Credit: Google Maps (M. Nasyir Zuzani)

Pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Klayar. Wisata bahari satu ini menawarkan keindahan yang menakjubkan. Tak mengherankan tempat ini kerap kali dipadati oleh pengunjung. Disini, Anda akan disuguhkan dengan bentang alam yang mempesona. Ditambah lagi dengan pasirnya yang putih dan halus akan membuat Anda betah.

Selain itu, disini, Anda juga bisa menemukan batu yang memiliki bentuk layaknya sphinx. Pastinya akan menjadi salah satu latar belakang foto yang sangat apik. Adanya air mancur alami setinggi kurang lebih 10 meter ini juga bisa Anda jadikan untuk spot foto terbaik. Dengan banyaknya batu karang tersebut membuat pantai satu ini memiliki keindahan layaknya Tanah Lot yang ada di Bali.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

13. Pantai Pulau Merah

Image Credit: Google Maps (Yuniar Setiawan)

Ketika berada di Banyuwangi, maka Anda bisa mencoba kunjungi pantai satu ini. Sebab, pesona matahari terbenamnya akan membuat Anda terbius. Disini Anda juga bisa bermain selancar. Bahkan dibuka juga kelas selancar sehingga Anda bisa mencoba untuk berselancar sekaligus bersantai di pantai satu ini.

Lokasi: Dusun Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

14. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Image Credit: Google Maps (Teguh Supriyadi)

Pantai Tiga Warna menjadi pantai yang wajib Anda kunjungi saat berada di Malang. Pasalnya, pantai ini akan menjadi lokasi yang sangat pas bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling. Keindahan bawah laut yang bisa Anda dapatkan di pantai ini sangatlah mempesona. Sehingga akan membuat siapa saja yang datang akan ingin untuk kembali lagi.

Lokasi: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.

15. Teluk Ijo (Green Bay)

Teluk Ijo

Image Credit: Google Maps (Praptana Mardipuspito)

Selain mengunjungi Pantai Pulau Merah, Anda juga bisa singgah ke Green Bay. Disini, Anda akan disuguhkan dengan pasir putih yang sangat lembut. Bahkan air lautnya yang jernih akan menjadi keunikan tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berada disini. Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda diharuskan untuk menempuh jalur trekking terlebih dahulu.

Bahkan ketika berada disini, Anda bisa melakukan banyak hal yang seru. Mulai dari berkemah semalaman bersama orang tercinta. Tak hanya itu saja, bermain air di curug yang ada disini juga bisa Anda coba. Selain itu, Anda bisa memancing ikan dan udang ketika sedang berada di wisata bahari satu ini.

Lokasi: Dusun Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

Itulah beberapa wisata pantai di Jawa Timur yang menarik untuk dijelajahi. Berwisata ke pantai dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan ketika dilanda penat. Tak hanya itu saja, Anda pun juga akan bisa untuk menikmati udara yang segar khas pantai sembari bersantai di pasir yang halus. Tentu saja hal ini hanya akan bisa Anda nikmati ketika sedang berada di pantai.