Pesona Keindahan Alam Pantai Jayanti di Cianjur yang Memukau

Pantai Jayanti Cianjur

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.
MapCek Lokasi

Mengunjungi tempat yang indah tentunya menjadi agenda liburan yang banyak diburu oleh masyarakat. Salah satu kota di Indonesia yang bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan adalah Cianjur. Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat ini menawarkan berbagai atraksi yang akan membuat liburan anda seru dan menyenangkan. Seperti misalnya mengunjungi pantai Jayanti yang menawarkan keindahan yang tidak akan bisa anda tolak begitu saja. Simak ulasannya.

Sekilas Tentang Pantai Jayanti

Sekilas Tentang Pantai Jayanti

Image Credit: Nafisblog.wordpress.com

Pantai Jayanti bisa dikatakan sebagai pantai yang memiliki pemandangan yang terindah di Cianjur. Sehingga warga Cianjur tidak asing lagi dengan pantai satu ini yang lambat laun menyita banyak perhatian. Lokasinya yang strategis semakin membuat Pantai Jayanti selalu diserbu pengunjung ketika masuk waktu liburan. Pantai Jayanti termasuk dalam pantai yang ada diwilayah pantai selatan yang memiliki ciri khas ombak dan arus yang terbilang besar.

Sehingga ada baiknya jika mengunjungi Pantai Jayanti untuk menahan diri tidak berenang. Akan lebih baik jika menikmati keindahan ombak yang menghantam kerang sehingga menghasilkan pemandangann yang eksotis. Anda juga bisa menyaksikan percikan air akibat deburan ombak ini yang mirip dengan hujan lokal. Membuat keindahan yang dimiliki oleh Pantai Jayanti semakin eksotis dan memukau. Pastinya tidak akan membuat anda menyesal sudah berkunjung.

Wajar jika pantai ini selalu menjadi pantai yang selalu banyak dikunjungi. Selain karena memiliki keindahan yang memukau,di Pantai Jayanti juga ada mitos yang berkembang. Pantai ini dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai pantai yang disinggahi oleh Prabu Siliwangi dan juga Kian Santang. Ada telapak kaki besar yang berada di sebuah batu dan dianggap sebagai telapak kaki milik Prabu Siliwangi. Mitos ini hingga kini masih berkembang di pantai ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pantai Jayanti juga semakin cantik dengan ada sisinya pantai yang menjorok dan sering digunakan oleh masyarakat sebagi keluar masuknya Perahu. Atau yang sering disebut dengan Lawang dalam Bahasa Jawa yang berarti Pintu. Penamaan ini tentunya sesuai dengan fungsi dari dermaga kecil ini untuk jalan keluar masuknya para nelayan yang pergi melaut. Semakin membuat Pantai Jayanti terkesan lebih menarik dengan adanya dermaga kecil ini.

Daya Tarik dari Pantai Jayanti

Daya Tarik dari Pantai Jayanti

Image Credit: Updatetiket.com

Pantai Jayanti memiliki pemandangan yang cantik dengan ombaknya yang bergulung gulung. Terlihat begitu megah dan indah disaat yang bersamaan ketika menyaksikan sendiri bagaimana besarnya ombaknya. Wajar jika pengelola tidak mengizinkan pengunjung untuk berenang di pantai ini. Meskipun tidak bisa berenang, namun untuk berlarian di tepiannya atau sekedar bermain air masih bisa dilakukan dan bisa jadi aktivitas yang menyenangkan.

Pantai Jayanti seperti kebanyakan pantai lainnya di Cianjur yang tidak dianugrahi dengan pasir putih. Pantai kebanggan Cianjur ini memiliki pasir berwarna kecoklatan yang membuatnya nampak eksotis. Buliran pasir di Pantai ini terbilang besar besar untuk ukuran pasir pantai. Ada beberapa spot instagramable yang membuat pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi. Terutama untuk anda yang gemar berpose di depan kamera.

Bukan hanya bisa berfoto foto ria, anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Spot sunset di pantai ini menjadi yang paling banyak diincar oleh masyarakat. Menambah daya tarik pantai Jayanti untuk selalu menambah pengunjung pada setiap musimnya. Bagi anda yang gemar hunting foto, maka pantai Jayanti bisa menjadi pantai yang akan memberikan banyak sekali foto foto keren dan menarik.

BACA JUGA:  16 Rumah Makan Sunda di Bandung yang Paling Recommended

Terutama jika anda berjalan ke sisi timur yang dipenuhi dengan karangdan juga berbatu. Untuk di bagian baratnya lebih landai dan hanya ada beberapa area saja yang memiliki palung yang terbilang dalam. Deretan perahu nelayan yang sedang bersandar membuat pantai ini memiliki pemandangan yang memukau. Bahkan kini perahu miliki nelayan sudah digantikan dengan perahu fiber yang terlihat semakin bagus dan juga dirasa lebih awet.

Selain hunting foto, anda juga bisa menjelajah ke tengah laut dengan menggunakan perahu milik nelayan. Hal ini dikhususkan untuk anda yang suka tantangan untuk melihat kondisi dan suasana di tengah pantai. Mengingat Pantai Jayanti memiliki ombak yang besar, maka sebaiknya anda yang takut tidak usah ke tengah. Yang digunakan bukanlah kapal melainkan perahu nelayan yang terbuka dan lebih rendah jika dibandingkan dengan kapal.

Pengalaman berada di tengah laut ini akan semakin lengkap jika anda sekalian membawa pancing. Ada berbagai macam ikan yang bisa anda pancing untuk menjajal keberuntungan anda perihal memancing. Apabila anda tidak berniat melakukan hal tersebut, bersantai di tepian pantai juga bukanlah pilihan yang buruk. Melihat hamparan luas lengkap dengan deburan ombak akan membuat segala penat anda selama ini ikut terhempas.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Image Credit: Andromarch.blogspot.com

Selain memiliki daya tarik yang menakjubkan, anda juga bisa menikmati fasilitas yang terbilang memadai. Pantai Jayanti memang masuk dalam destinasi wisata yang dalam proses pengembangan. Fasilitas yang tersedia di tempat cantik ini perlahan akan semakin ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Anda sudah bisa menemukan tempat makan yang membandrol makannya dengan harga yang terbilang bersahabat dengan kantong.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Tak ada salahnya bukan sekalian wisata kulineran di pinggir pantai. Selain tempat makan, juga ada penginapan atau homestay yang disewakan. Memang masih belum ada penginapan sekelas hotel bintang lima. Tapi jika anda ingin menyaksikan keindahan pantai Jayanti lebih lama, tidak ada salahnya untuk bermalam. Harga yang dipatok untuk setiap penginapan juga terjangkau yakni mulai Rp. 50 ribu ke atas untuk setiap malamnya.

Pantai Jayanti bisa anda kunjungi kapan saja alias 24 jam. Sehingga sangat memungkinkan bagi anda berburu sunrise maupun sunset. Untuk harga tiket masih terbilang terjangkau yakni sekitar Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu. Harga tersebut ditentukan berdasarkan kendaraan yang anda gunakan. Harga tiket masuk dengan menggunakan sepeda motor tentunya akan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Lokasi Wisata Pantai Jayanti

Lokasi Wisata Pantai Jayanti

Image Credit: Mapio.net

Pantai Jayanti berada di Jl. Pantai Jayanti, Cidaum, Cianjur. Sudah dikatakan jika Pantai ini terbilang pantai yang strategis. Lokasinya tidak jauh dari Bogo maupun Sukabumi dengan akses yang terbilang mudah. Ada beberapa rute yang bisa diambil untuk melihat kemolekkan dari pantai Jayanti ini. Masyarakat juga sudah sangat familiar dengan pantai ini, sehingga selain menggunakan bantuan maps anda juga bisa bertanya dengan warga sekitar jika mengalami kesulitan.

Cianjur sebagai kota yang memiliki pesisir membuatnya memiliki beberapa garis pantai yang menawan. Seperti misalnya Pantai Jayanti yang menjadi pantai paling banyak dikunjungi. Kunjungan wisatawan bisa terus meningkat saat musim liburan. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan bahari yang kaya dan mempesona. Fasilitas yang ada di pantai yang masih dalam tahap pengembangan ini juga terbilang lengkap. Jadi tertarik untuk mengunjunginya?