Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Selain Malang, Blitar juga termasuk dalam daerah yang memiliki deretan pantai cantik di Jawa Timur. Garis pantai yang dimiliki juga begitu pantai, sehingga hadirlah beberapa pantai cantik yang sangat cocok untuk liburan. Pantai Jolosutro misalnya yang merupakan pantai cantik dan cukup kondang di kalangan wisatawan lokal ataupun internasional.

Dikelilingi oleh perbukitan juga hamparan tanah lapang, pantai ini telah mendapatkan sentuhan dari pemerintah. Membuat pesona yang ditawarkan lebih cantik dan sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tujuan liburan. Pantai satu ini dikenal mistis tetapi memiliki panorama yang membuat siapapun jatuh hati.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jolosutro

Daya Tarik Pantai Jolosutro
Image Credit: Instagram My Gallery

1. Termasuk Pantai yang Sakral

Termasuk dalam jajaran pantai Selatan, anda tentu tahu jika pantai selatan erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul. Begitu juga dengan Pantai Jolosutro yang menjadi pantai cukup mistis serta lokasi dilakukannya ritual yang sakral. Beberapa upacara adat tak jarang dilakukan di pantai satu ini. Seperti upacara larung sesaji yang dilakukan di waktu waktu tertentu.

Bukan hanya berkaitan dengan Nyi Roro Kidul, tetapi juga dipercaya sebagai tempat berkumpulnya penguasa pantai selatan. Kesan mistis yang dimiliki pantai ini memang kuat bahkan banyak mitos yang beredar di pantai ini. Mulai dari tempat ritual hingga mencari pesugihan. Maka dari itu masyarakat sekitar selalu berpesan untuk berhati hati.

2. Pantai yang Indah dan Asri

Disamping mitos atau cerita yang berada di baliknya, keindahan dari Pantai Jolosutro adalah fakta. Panorama yang disuguhkan akan menyihir siapapun yang singgah. Panorama yang bisa anda nikmati berupa bukit bebatuan yang mengelilingi pantai sehingga hadirkan pesona yang luar biasa. Pepohonan rindang juga membuat suasananya menjadi lebih asri.

Pada bagian barat pantai anda akan menemukan bukit batu. Yang tentunya akan menambah keindahan yang disuguhkan di pantai ini. Anda bisa menyaksikan hamparan laut biru dengan pasir hitamnya yang begitu eksotis. Bebatuan karang yang terbentang juga menambah keindahan yang dimilikinya. Dijamin semua penat anda akan hilang jika singgah di pantai ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Yonanda Afr

3. Memiliki Pasir Hitam

Yang membuatnya unik dan berbeda adalah warna pasirnya. Jika biasanya anda menemukan pasir pantai dengan warna putih, maka akan berbeda jika di pantai ini. Pasirnya berwarna kehitaman yang membuat tampilannya semakin eksotis. Pasir ini juga akan begitu lembut ketika bersentuhan dengan kulit anda. Sehingga aman bagi anda untuk bermain pasir di pantai ini.

4. Memiliki Garis Pantai yang Panjang

Kawasan Pantai Jolosutro juga begitu luas dengan garis pantai yang panjang. Dengan begitu, anda bisa bermain dengan bebas di area pantainya. Tidak ketinggalan kebun pinus juga lahan hijau yang membuat pantai ini begitu asri. Sebagian areanya juga difungsikan untuk menambah fasilitas yang membuat pantai ini nyaman untuk dijadikan tujuan liburan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Goes PhotoStudio

Pantai Jolosutro ini terletak di Ringinrejo, Wates, Kota Blitar. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota Blitar, yakni membutuhkan jarak tempuh 45 km. Anda juga bisa menjangkau wisata ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Akses menuju pantai juga sudah begitu mudah dijangkau, sudah di aspal sehingga akan mudah menjangkau.

Jalanan menuju lokasi memang dikelilingi tebing tinggi serta berliku. Namun sepanjang perjalanan memiliki pemandangan indah dengan pepohonan rindang dan udara sejuk. Menjangkau wisata bahari di Blitar ini, anda bisa menggunakan rute Kanigoro juga Kesamben. Nantinya semua rute menuju pantai akan bersatu di kawasan Rejoso.

Setelah anda melalui Rejoso, anda bisa langsung menemukan rute menuju pantai dan ikuti jalur ke arah selatan. Jalur ini akan membawa anda untuk melewati Binangun juga Wates. Bagi anda yang memulai perjalanan dari Malang, anda bisa melalui bendungan Karangkates untuk menuju kota Blitar. Nantinya anda akan melewati hutan jati Brongkos yang ada di Kesamben.

Silahkan ambil arah selatan dan melewati hutan jati yang besar. Tak lama anda akan sampai di Kecamatan Binangun, dan silahkan lanjutkan menuju kec. Wates. Dari Wates, bisa menuju desa Ringinrejo. Apabila anda dari Gondanglegi, silahkan melalui Donomulyo karena akan lebih dekat. Jika anda kesulitan menjangkaunya, anda bisa memanfaatkan GPS di smartphone anda.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps Kefas Victorlie Haryono

Menikmati keindahan pantai ini anda tak perlu merogoh dalam kantong anda. Untuk menghabiskan liburan anda di Pantai Jolosutro, harga tiketnya sekitar Rp 7 ribu saja. Tentu saja merupakan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahannya. Harga tiket masuk masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan anda.

Harga tiket parkir tergantung dari kendaraan yang ada bawa. Dan semua harga tentu bisa berubah sewaktu waktu berdasarkan keputusan pengelola. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. dan anda bisa datang kapan saja dari hari Senin hingga hari Minggu, akan lebih baik jika anda datang pagi pagi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Jolosutro

Kegiatan Menarik Pantai Jolosutro
Image Credit: Instagram Zain Af

1. Menikmati Keindahannya

Kegiatan yang pasti tidak akan dilewatkan oleh pengunjung adalah menikmati keindahannya. Memandang deburan ombak yang bergulung gulung dengan perairan biru yang jernih akan membuat anda tenang. Ketika langkah kaki anda mendekati Pantai Jolosutro, suara ombak akan bersahutan sautan dan menjadi backsound alami yang menenangkan.

Panorama yang ada di sekelilingnya masih alami dan terjaga. Pinggir pantainya yang panjang juga menarik untuk anda telusuri. Atau jika ingin bersantai, anda bisa menggelar tikar dan bersantai di tepi pantainya sembari piknik. Kegiatan satu ini tentunya akan lebih berkesan jika dihabiskan dengan orang orang tersayang.

2. Menaiki Bukit Batunya

Ada hal menarik yang bisa anda temukan di pantai ini, dimana ada banyak bukit batu yang mengelilingi pantai ini. Ketika air lautnya tidak pasang, anda bisa menyusuri garis pantai dan sampai pada bukit batu yang ada di bagian barat. Tetapi jika laut pasang, butuh energi yang besar untuk melewati bebatuan dan sampai pada bagian baratnya.

Ketika tiba di puncak bukit batunya, anda bisa menikmati keindahan pantainya dari atas ketinggian. Dimana laut lepas terhampar luas dan akan jauh lebih indah. Anda juga bisa mengambil beberapa gambar ketika naik ke bukitnya. Suasana yang tenang juga menambah keindahan dan pesona yang dimiliki pantai Jolosutro.

3. Wisata Kuliner

Karena ombaknya yang besar, pengunjung memang tidak diijinkan untuk berenang di kawasan pantai. Namun anda jangan bersedih hati, karena bisa sekalian kulineran di pantai ini. Terutama bagi anda yang suka olahan laut, tidak boleh melewatkan nikmatnya sajian kuliner kawasan pantai ini. Selain ikan bakar, anda juga memesan menu lainnya.

Kegiatan Menarik di Pantai Jolosutro
Image Credit: Instagram CHRISTINA LISTYAHANDINI

4. Berkemah

Selain bisa menginap di penginapan yang ada, pengunjung juga bisa bermalam dengan cara berkemah. Anda memang bisa mendirikan tenda di area pantai ini, tetapi harus meminta izin terlebih dahulu. Pastikan untuk memilih di area yang datar dan landai agar lebih aman ketika mendirikan tenda. Aktivitas ini membuat anda bisa melihat indahnya sunset dan sunrisenya.

5. Memancing

Bagi anda yang suka memancing, anda juga bisa melakukan kegiatan ini di Pantai Jolosutro. Kolam pemancingan di pantai ini tidak jauh dari pantainya. Kendati ikannya bukan ikan laut, namun anda akan merasakan sensasi memancing yang berbeda. Aroma laut juga anginnya seakan akan anda sedang memancing di laut lepas. Ikannya bisa anda bakar atau bawa pulang nantinya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Generasi Terburuk

Bisa dikatakan jika fasilitas yang dimiliki Pantai Jolosutro sudah memadai dan mumpuni. Membuat pengunjung akan merasa nyaman ketika liburan ke pantai ini. Pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas berupa toilet juga mushola. Area parkir yang dimilikinya juga begitu luas, sehingga tak perlu khawatir anda tak mendapatkan spot parkir.

Bagi anda yang tidak sempat membawa perbekalan dari rumah, anda bisa menemukan beberapa warung yang terdekat. Warung warung ini banyak yang menawarkan menu menu seafood yang membuat lidah anda bergoyang. Akses menuju lokasi yang mudah dan dilengkapi dengan papan petunjuk baik di dalam lokasi ataupun di jalan menuju lokasi.

Mengunjungi pantai ini jika hanya sebentar tentu tidak akan puas. Maka dari itu, anda juga bisa sekalian bermalam di sekitar pantai agar menikmati pesonanya lebih lama. ada banyak penginapan atau homestay terdekat yang bisa anda manfaatkan. Misalnya Mitra Homestay,Hotel Lahor indah ataupun Camp Grembolteam dengan harga yang sesuai kebutuhan.

Pesona yang dimiliki Pantai Jolosutro di Blitar memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Walaupun pantai ini sakral, tetap tidak masalah jika selama liburan anda menjaga kesopanan. Ada larangan untuk tidak berenang di pantai, sebaiknya dipatuhi. Karena memang ombaknya begitu besar, membuat pengunjung harus selalu waspada saat bermain di pinggir pantai.