Pantai Jungwok salah satu wisata pantai yang memesona di Gunung Kidul, Jogja. Pantai pasir putih dengan panorama alam yang indah nan asri, ombak yang tenang, pesona pulau karang dan menjadi tujuan populer untuk pecinta olahraga air.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Ide berlibur ke Gunung Kidul adalah pilihan yang tidak pernah salah. Kawasan tersebut dikenal sebagai surganya wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Garis pesisirnya yang mempesona membuatnya memiliki deretan pantai yang cantik dan eksotis yang menarik dijelajahi. Salah satu pantai yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa adalah Pantai Jungwok, berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jungwok

Daya Tarik Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @rado.weddingfile

Nama “Jungwok” melekat bukan tanpa alasan. Kata tersebut diambil karena garis pantai kawasan tersebut yang bentuknya menyerupai cekungan. Pantai tersebut tidak terlalu luas, akan tetapi pemandangannya yang indah serta daerahnya yang lumayan sepi membuatnya pas untuk bersantai dan melepas penat.

Pantai tersebut belum banyak dikenal oleh wisatawan padahal panoramanya sangat memukau. Tak ayal, tempat ini cocok menyandang gelar hidden gem nya Gunung Kidul. Bukit di sekitarnya yang hijau, ombaknya yang tenang, serta pasir pantainya yang putih kekuningan terlihat membentang di sepanjang bibir pantai.

Setiap objek wisata pantai pasti memiliki daya tarik yang berbeda beda. Hal ini terjadi karena perbedaan topografi yang mempengaruhi kondisi alam sekitarnya. Terkait dengan hal tersebut, Pantai Jungwok juga memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu yang paling mencolok adalah pasir putih kekuningannya serta deretan perbukitan yang asri.

Daya Tarik dari Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @romomartinus.suhartomo

Tidak hanya berhenti di situ, pantai tersebut juga memiliki ombak yang cukup tenang karena di sekeliling bibir pantainya dikelilingi oleh batuan kokoh. Bentukan alam inilah yang menghalangi ombak besar sehingga tidak sampai ke tepian. Apabila dibahas lebih dalam lagi, pantai tersebut memiliki tiga saluran sungai air tawar yang seolah olah membagi kawasan tersebut menjadi tiga bagian.

Keunikan semacam ini pastinya tidak dimiliki oleh semua pantai. Hal inilah yang menjadi daya tarik Pantai Jungwok. Pengunjung juga dapat melihat perpaduan air tawar dari sungai dengan air asin yang berasal dari laut. Belum lagi, begitu sampai di tepian, para wisatawan dapat melihat deretan pulau kecil yang membentang di tengah laut.

Pantainya yang masih jarang dikunjungi pendatang membuatnya memiliki kesan misterius. Jalanannya yang agak berbatu serta jumlah penduduk sekitarnya yang tidak banyak membuat Anda seperti berada di pulau pribadi. Hal inilah yang membuatnya cocok dijadikan spot camping menarik.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Jungwok

Alamat Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Anda yang penasaran dan ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini bisa mampir ke wilayah Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Rute menuju ke lokasi tersebut dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor dan mobil. Akomodasi tersebut jauh lebih nyaman karena tidak ada kendaraan umum di sekitar destinasi tersebut kecuali ojek.

Apabila Anda datang dari Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Bausasran hingga sampai ke SMAN 8 Yogyakarta. Setelah itu teruskan perjalanan menuju Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta. Rute yang ditempuh masih harus dilanjutkan hingga Anda sampai di Jalan Kiyai Legi. Apabila sudah sampai di sana, Pantai Jungwok sudah tidak terlalu jauh.

Wisatawan yang hendak berkunjung dapat mencari akses ke Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wedimoro untuk sampai ke lokasi tersebut. Apabila kesulitan mencarinya, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar. Meskipun tidak terlalu populer, warga yang telah lama menetap di wilayah tersebut pasti mengetahui keberadaan pantai pasir putih ini.

Sedangkan jika Anda datang dari arah Bantul, maka rute yang harus diambil adalah melalui Jalan Imogiri atau Playen Dlingo, kemudian dilanjutkan ke Jalan Kyai Legi. Mulai sinilah rute selanjutnya sama seperti dari Yogyakarta, yaitu menuju Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wedimoro. Rute dari Bantul ini memang lebih singkat dan lebih cepat dibandingkan dari Yogyakarta.

Apabila Anda tidak berangkat menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa naik bus umum dari Terminal Giwangan Menuju Desa Jepitu. Meskipun begitu, perjalanan ini sedikit lebih melelahkan karena Anda masih harus melanjutkan perjalan dengan mencari abang ojek untuk menuju lokasi pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Jungwok
Image Credit: Twitter.com @acoymubyarto

Pantai Jungwok adalah destinasi wisata andalan bagi Anda yang ingin menghemat budget. Harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan hanyalah sekitar 5 ribu rupiah per orangnya. Budget ini sudah termasuk akses ke Pantai Wediombo yang jaraknya tidak jauh dari lokasi pantai ini sehingga secara tidak langsung Anda bisa berkunjung ke dua pantai sekaligus.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, parkiran di sekitar pantai sangatlah luas sehingga Anda tidak akan kesulitan memarkirkannya. Biaya parkir untuk mobil adalah 5 ribu rupiah sedangkan sepeda motor sekitar 2 ribu rupiah saja. Jam kunjungannya juga bebas karena pantai tersebut buka 24 jam. Alhasil, Anda yang berasal dari luar kota bisa mengunjunginya kapan saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Jungwok

Kegiatan di Pantai Jungwok
Image Credit: Twitter.com @kota_jogja

1. Bermain Pasir

Pantai identik dengan pasir yang membentang luas di tepiannya. Hal ini juga yang akan Anda temukan di Pantai Jungwok. Bagi Anda yang datang bersama dengan anak anak, tidak ada salahnya untuk mencoba bermain pasir di tepian pantai. Bawalah peralatan dari rumah seperti ember, sekop kecil, dan berbagai cetakan lainnya.

Meskipun sederhana, hal semacam ini cukup menyenangkan bagi si kecil. Anda juga bisa mempererat kembali hubungan dengan mereka. Terkadang rutinitas sehari hari seperti sibuk bekerja membuat Anda dan buah hati tidak memiliki banyak waktu untuk berkumpul. Oleh karena itu, momen liburan di pantai ini adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama.

2. Bermain Air

Meskipun berada di kawasan Gunung Kidul, ombak di Pantai Jungwok tergolong tenang. Hal tersebut terjadi karena adanya batuan karang serta perbukitan yang membentang di tepiannya. Merekalah yang mencegah ombak ombak besar menuju bibir pantai. Alhasil, wisatawan dapat bermain air di bagian tepinya.

Saat berlibur bersama dengan anak, jangan lupa untuk terus menjaganya saat sedang bermain air. Meskipun aman, bukan berarti Anda bisa meninggalkan si kecil tanpa pengawasan. Setidaknya Anda harus berada di dekatnya, entah duduk duduk di tepian atau ikut bermain bersama mereka.

3. Camping

Suasananya yang sepi dan tidak banyak dikenal oleh banyak wisatawan membuat lokasi tersebut cocok dipilih sebagai spot camping. Anda bersama dengan rombongan akan serasa berlibur di pulau pribadi. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, Anda harus membawa semua peralatannya secara mandiri karena di sana tidak ada fasilitas persewaan alat kemah.

Mulai dari tenda, bahan makanan, hingga kompor lebih baik disiapkan dari rumah. Bagi Anda yang ingin menyalakan api unggun juga harus membawa kayunya dari luar kawasan pantai. Meskipun begitu, kabarnya saat ini wisatawan yang membutuhkan benda tersebut bisa membeli di sana atau ke warga sekitar.

Kegiatan camping paling sering dilakukan oleh anak muda yang berjiwa petualang. Mereka biasanya membakar api unggun dan bermain musik di tepian pantai. Petikan gitar akan membuat suasana semakin syahdu. Didukung dengan suara deburan ombak dan angin semilir di malam hari akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Kegiatan Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

4. Bersantai di Tepi Pantai

Bersantai menikmati indahnya bentangan alam Pantai Jungwok adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan di sana. Meskipun tidak melakukan apa apa, Anda akan tetap merasa nyaman karena memang spot tersebut nuansanya sangat mendukung tubuh dan pikiran menjadi rileks. Meskipun cuacanya terik, di sekitaran pantai banyak pohon yang bisa Anda jadikan naungan.

Waktu terbaik bagi Anda yang hendak mengunjungi objek wisata yang satu ini adalah di pagi hari atau sore hari. Saat matahari belum meninggi, kawasan tersebut tidak terlalu panas sehingga Anda akan jauh lebih nyaman bereksplorasi dengan mengelilingi garis pantai. Sedangkan, sore hari adalah waktu yang pas untuk melihat sunset.

Matahari yang perlahan tenggelam akan memancarkan cahaya orange yang membias di permukaan air laut. Pantulan sinar ini terlihat sangat indah dan romantis. Anda dapat mengabadikan momen tersebut melalui kamera ponsel sebagai kenang kenangan. Golden hour semacam ini adalah momen yang menakjubkan.

5. Bermain Voli Bersama Dengan Kerabat

Aktivitas pantai yang tidak kalah menarik untuk dilakukan di Pantai Jungwok adalah bermain voli. Olahraga semacam ini dapat membuat badan menjadi bugar serta mempererat tali persaudaraan atau persahabatan. Kegiatan semacam ini paling sering dilakukan oleh muda mudi yang datang dan singgah di pantai tersebut.

Terkait dengan peralatannya, lagi lagi Anda harus membawa sendiri dari rumah karena di sana tidak tersedia persewaan alat olahraga. Meskipun sedikit merepotkan, pilihan liburan di pantai dengan bermain voli adalah kegiatan yang dijamin berkesan. Momen tersebut akan semakin seru apabila Anda melanjutkannya dengan bermalam di tepi pantai di dalam tenda bersama keluarga.

6. Memancing di Watu Tobi

Tidak jauh dari bibir Pantai Jungwok terdapat sebuah batu karang yang ukurannya cukup besar. Lokasi ini adalah spot memancing yang kerap kali digunakan oleh penduduk sekitar untuk mencari ikan. Pilihan kegiatan itu juga bisa dilakukan oleh wisatawan yang datang. Akan tetapi, akses menuju batu karang tersebut tidaklah mudah.

Anda juga harus berhati hati karena ombak yang menerjang batu tersebut cukup besar, jadi jangan duduk terlalu dekat dengan bagian tepinya. Spot tersebut sedikit menantang adrenalin, meskipun begitu kegiatan semacam ini dapat Anda lakukan untuk melengkapi waktu liburan sebelum memulai aktivitas lagi di keesokan harinya.

Fasilitas yang Tersedia Pantai Jungwok Jogja

Fasilitas Pantai Jungwok
Image Credit: Google Maps (Siti Khomsatun)

Parkiran yang luas adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Pantai Jungwok. Wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya dengan aman dan nyaman. Anda dapat meletakkan mobil atau sepeda motor di tempat yang sudah disediakan. Tempat parkir ini juga memiliki banyak pohon sehingga kendaraan Anda tidak akan terlalu kepanasan.

Anda yang masuk ke kawasan pantai ini akan diminta untuk membayar retribusi berupa biaya parkir. Dengan harganya yang cukup terjangkau, kendaraan Anda akan dijaga dengan baik. Anda bisa bermain sepuasnya di pantai tanpa takut kendaraan dicuri orang. Meskipun tempatnya tidak terlalu ramai, lokasi tersebut sangatlah aman.

Fasilitas selanjutnya yang juga tersedia adalah tempat duduk yang banyak & toilet umum. Fasilitas ini cukup memadai meskipun ukurannya tidak terlalu besar. Setelah puas bermain air, Anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk membilas diri. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman ke destinasi menarik lainnya di Gunung Kidul.

Berbagai ulasan Pantai Jungwok setidaknya bisa memberikan gambaran kepada Anda yang sedang mencari destinasi wisata pantai unik di Gunung Kidul, Jogja. Mengunjungi tempat yang belum banyak diketahui orang adalah kegiatan menyenangkan. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan memori yang tidak umum dimiliki oleh semua orang.