Pantai Karang Bolong, Wisata Bahari Nan Eksotis di Banten

Pantai Karang Bolong

Lokasi: Desa Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kota Serang.
MapCek Lokasi

Mengunjungi pantai untuk melepas penat mungkin menjadi pilihan yang tepat. Bagi anda yang berada di Banten, bisa mengunjungi Pantai Karang Bolong yang memiliki panorama alam menakjubkan.

Berlibur di kawasan alam memang sangatlah menyegarkan pikiran. Anda bisa berkunjung ke pulau kecil, air terjun atau kawasan pantai yang terkenal panorama yang dimilikinya. Jika anda berada di dekat ibukota maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Karang Bolong. Pantai ini mampu menghipnotis semua pengunjungnya untuk berlama lama di area pantai dan menikmati keindahan alamnya. Yuk simak ulasan menarik Pantai Karang Bolong tersebut.

Sekilas Wisata Pantai Karang Bolong

Sekilas Wisata Pantai Karang Bolong

Image Credit: Wisatabanten.com

Pantai Karang Bolong memiliki daya tarik yang berbeda dengan pantai lain yang ada di kawasan Kota Banten. Pantai ini memiliki lubang raksasa yang mengundang rasa penasaran hingga menimbulkan rasa kagum pada hati para pengunjung. Lubang ini memiliki ukuran diameter kira kira 50 meter. Keindahan lubang ini semakin eksotis dengan adanya laut lepas sebagai pemandangan yang tak tertandingi.

Pengunjung bisa naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di bagian kanan lubang. Dari lubang ini anda akan melihat lanskap laut lepas dan juga Pantai Carita. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah deburan ombak yang menghantam batu karang. Namun untuk melihat fenomena ini pengunjung harus memperhatikan cuaca ketika ingin berunjung ke pantai tersebut. Ombak pantai akan terlihat sangat indah dan gagah di sore hari sehingga sangat indah untuk disaksikan.

Pantai ini juga memiliki pephonan yang rimbun dan sejuk yang banyak tumbuh di pesisir pantai. Kesejukan ini membuat para pengunjung akan merasa nyaman untuk berlama lama berada di pantai sambil menikmati keindahannya. Anda bisa berteduh di bawah pantai sambil menikmati pemandangan yang disajikan di Pantai Karang Bolong ini. Bahkan beberapa pohon yang ada di sekitar pantai sudah berumur ratusan tahun dengan akar akar yang terlihat tua.

Masyarakat setempat mempercayai mitos yang beredar di pantai tersebut. Pantai ini mulanya bernama Pantai Karang Suraga. Nama pantai ini diambil dari nama Suryadila yang merupakan pertapa yang memiliki ilmu yang tinggi. Namun karena adanya letusan Gunung Karakatau pada tahun 1883, menyebabkan pantai ini memiliki lubang pada bagian tengahnya. Oleh karenanya oleh masyarakat setempat pantai ini dinamakan karang bolong.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tak jauh dari lokasi pantai ini terdapat Gua Karang Bolong yang memiliki ukuran kecil. Banyak mitos yang berkembang mengatakan jika lubang tersebut biasa digunakan untuk memanggil jin bro. Namun ada juga yang mempercayai jika lubang tersebut sangat ampuh untuk melakukan ritual pesugihan. Namun terlepas dari mitos yang beredar, pesona Pantai Karang Bolong memang tidak perlu diragukan lagi.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong di Banten

Daya Tarik Pantai Karang Bolong di Banten

Image Credit: Aroengbinang.com

Saat mengunjungi pantai ini anda tidak perlu khawatir merasa bosan untuk berlibur di pantai. Pasalnya pantai ini memiliki daya tarik yang tiada duanya dibandingkan dengan pantai pantai lainnya. Daya tarik utama dari pantai ini adalah Gua Karang Bolong yang memiliki banyak sekali bebatuan karang yang tersebar berserakan di area pantai. Susunan bebatuan di alam terbuka ini menciptakan pemandangan yang menawan dan sayang untuk tidak diabadikan.

Biasanya karang karang ini akan semakin cantik karena terhantam ombak besar yang datang. Sehingga menimbulkan cipratan dari ombak tersebut. Pemandangan alam yang sangat indah ini menjadikan pantai ini cocok untuk dijadikan tempat liburan. Pengunjung yang datang bisa melakukan trekking untuk mendaki naik ke dalam gia. Jalur tersebut sangat unik dan cukup menantang untuk ditaklukkan.

Jalurnya pun berupa tangga untuk naik ke bagian atas batu karang yang berlubang dan menjadi ikon dari pantai tersebut. Selain itu di area pantai tersebut anda juga ada gardu pandang yang membuat pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang menyegarkan mata. Keelokan pantai seperti deras ombak, indah lautan dan kontur pantai bisa dilihat dari anjungan yang sudah dibangun oleh pengelola.

Gardu Pandang ini dibangun di atas bebatuan karang yang cukup besar. Karang ini berada di pinggir pantai sehingga para pengunjung bisa menaiki gardu tersebut. Pengunjung yang ingin menaiki gardu tersebut harus menaiki tangga untuk tiba di puncaknya. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari atas gardu tersebut. Sehingga liburan anda di pantai ini akan semakin lengkap jika menaiki gardu tersebut.

Pantai Karang Bolong di Banten

Image Credit: Trepelin.com

Salah satu spot yang tak kalah ramai dikunjungi adalah spot pemancingan. Jangan salah, spot pemancingan di Pantai Karang Bolong merupakan tujuan favorit bagi banyak orang yang memiliki hobi memancing. Pasalnya di pantai ini anda bisa menemukan banyak ikan kecil dan ikan besar. Banyak sekali batu karang kecil yang tersebar di area pantai dan menjadi tempat tinggal ikan ikan kecil tersebut.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain ikan anda juga akan menemukan beberapa jenis jenis hewan laut seperti siput, udang dan lainnya. Tak heran jika anda akan menjumpai banyak sekali orang yang memancing di daerah tersebut. Namun anda harus menyiapkan alat pancing anda sendiri ketika mengunjungi wisata Pantai Karang Bolong ini. Tak hanya spot memancing terbaik, anda juga bisa mengambil beberapa foto dengan latar belakang yang sangat indah.

Indahnya pemandangan alam di pantai ini sangatlah instagramable dan cocok untuk dijadikan spot foto dan berselfie. Dengan pemandangan yang sangat indah ini banyak sekali pasangan yang melakukan foto prewedding di area pantai tersebut. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang karang bolong, gardu pantai, birunya pantai hingga keindahan alam baik di pagi atau sore hari.

Sunset di pantai ini juga tergolong sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Hadirnya matahari yang kembali ke peraduan akan memberikan warna yang berbeda di area panta. Spot paling menarik untuk melihat sunset di pantai ini adalah diatas batu karang bolong atau gardu padang. Anda akan terhipnotis dengan keindahan sunset yang sangat romantis jika disaksikan dari atas batu karang tersebut.

Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Image Credit: Travelblog.id

Pantai ini memiliki jarak 53 km dari kota Serang yang merupakan ibu kota Provinsi Banten. Untuk menuju ke area pantai anda bisa melewati jalan tol menuju ke daerah Anyer, jika dari Kota Jakarta. Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke pantai.

Pantai ini selalu buka setiap hari selama 24 jam dan menjadi salah satu tempat terbuka untuk melakukan aktivitas publik. Namun ada baiknya anda harus memperkirakan kapan sampai di pantai tersebut. Harga tiketnya pun terbilang sangat murah dan terjangkau di kantong. Pengunjung akan dipungut biaya kurang lebih 5 ribu rupiah untuk tiket masuknya. Namun jika pengunjung datang dalam rombongan, maka akan dikenakan biaya tiket 250 ribu rupiah.

BACA JUGA:  Pantai Carita, Wisata Bahari Favorit di Banten

Anda juga tidak perlu bingung mengenai fasilitas yang ada di pantai tersebut. Pasalnya banyak sekali fasilitas yang sudah sangat lengkap untuk dijadikan rekomendasi liburan. Diantaranya adalah mobil parkir yang sangat luas, adanya mushola, dan warung makan. Selain itu anda juga akan mudah untuk menemukan kamar mandi dan toilet serta tempat istirahat. Pasalnya pantai ini tak hanya menyediakan gazebo namun juga tempat istirahat yang terlihat sangat besar seperti aula.

Anda bisa merencanakan liburan bersama keluarga atau pasangan ke Pantai Karang Bolong ini. Agar lebih puas, anda bisa memutuskan untuk menginap di area pantai tersebut. Selain itu anda juga bisa melakukan banyak aktivitas lain yang menyenangkan di area pantai seperti memesan ikan bakar sambil menikmati keindahan pantai atau sekedar memancing ikan ikan di terumbu karang kecil di pinggir pantai.

Jika anda belum puas untuk mengeksplorasi keindahan alam di Kota Banten, maka anda bisa berkunjung ke Pantai Florida yang terletak tak jauh dari tempat Pantai Karang Bolong. Anda hanya harus berjalan selama beberapa menit dan menikmati keindahan alam dari pantai Florida ini. Tak hanya Pantai Florida, 5 km lagi kea rah utara anda akan menemui pantai Sambolo 2 yang memiliki fasilitas pantai yang lengkap.

Keindahan alam dari pantai Kaarang Bolong memang tidak perlu diragukan lagi. Di pantai ini anda bisa menemukan banyak sekali kegiatan yang seru seperti memancing, trekking atau sekedar bermain ombak. Jika berkunjung ke pantai ini maka wajib rasanya untuk menaiki lubang karang yang tak jauh dari bibir pantai. Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa di lubang karang tersebut.