Pesona Keindahan Alam Pantai Karang Nini di Pangandaran

Pantai Karang Nini Pangandaran

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaram.
MapCek Lokasi

Salah satu provinsi yang berada di Pulau Jawa yakni Jawa Barat ini, ternyata memiliki keindahan yang memesona. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali wisata alam yang menyuguhkan pemandangan menarik di kawasan satu ini. Mulai dari wisata gunung, curugnya yang memanjakan mata, terlebih lagi wisata pantainya.

Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi yakni Pantai Karang Nini yang berada di Pangandaran. Untuk anda yang ingin tahu keindahan alam pantai ini, simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Karang Nini di Pangandaran

Image Credit: Mypangandaran.com

Pantai merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh semua orang. Baik tua maupun muda akan senang untuk menghabiskan waktunya dengan mengunjungi pantai di akhir pekan. Meskipun merupakan tempat yang sederhana, akan tetapi pantai tetap saja menjadi salah satu tempat yang bisa untuk anda kunjungi ketika sedang suntuk. Pasalnya, dengan mendengarkan suara ombak dan berbaring di pasir pantai yang lembut, hal ini akan membuat anda tenang.

Salah satu pantai yang bisa untuk anda kunjungi ketika berada di Pangandaran adalah Pantai Karang Nini. Pantai satu ini akan menghadirkan keindahan yang perlu untuk anda nikmati bersama teman maupun keluarga. Tentu saja pantai ini pun tak kalah dengan pantai lain yang ada di Pangandaran. Sehingga Pantai Karang Nini wajib untuk masuk ke dalam daftar tempat wisata yang harus untuk anda kunjungi ketika berada di daerah satu ini.

Keindahan Alam Pantai Karang Nini yang Memukau

Keindahan Alam Pantai Karang Nini yang Memukau

Image Credit: Kompasiana.com

Kawasan pantai dan hutan berikut tentu saja memiliki keindahan dan pemandangan yang mempesona. Sehingga akan sangat disayangkan sekali jika anda melewatkan tempat satu ini saat berkunjung ke Pangandaran. Dengan adanya hutan jati yang rindang serta kawasan pantai yang bagus tentu saja kedua hal tersebut akan menjadi perpaduan yang ciamik untuk anda singgahi.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Garut Paling Hits

Hal tersebut tentunya akan mampu untuk menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat satu ini. Ketika anda berkunjung kesini, pastinya anda pun nantinya akan bisa untuk menikmati indahnya siluet dari matahari yang sangat menggoda. Sehingga anda pun sangat wajib untuk membawa kamera ketika berkunjung ke tempat satu ini, agar tidak kehilangan momen yang menakjubkan tersebut.

Siluet matahari tersebut berada tepat di ufuk timur. Sehingga siluet tersebut akan membayangi Pulau Nusakambangan dan juga Teluk Penanjung di bagian selatan. Selain itu, tak hanya siluetnya saja yang akan membuat anda terpesiona, melainkan pemandangan dari Pulau Nusakambangan dan Teluk Penanjung yang akan anda lihat ketika memasuki pintu masuk kawasan pantai satu ini. Pastinya akan terlihat memukau anda.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Karang Nini

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Karang Nini

Image Credit: Mawaholiday.net

Ketika  berkunjung kemari, anda pun tak hanya akan dibuat terpukau dengan itu saja. Pasalnya terdapat spot yang tidak boleh untuk anda lewatkan ketika berada di tempat satu ini. Dimana adanya jalur kereta api yang dibangun sejak jaman penjajahan Belanda, sehingga pantai ini pun termasuk salah satu saksi sejarah yang bisa untuk anda nikmati. Jalur kereta api tersebut akan membentang dan akan memiliki spot foto menarik yang bisa untuk anda abadikan.

Jalur kereta api satu ini pun nantinya akan berakhir di sebuah terowongan yang cukup panjang. Sehingga ketika berkunjung kesini anda pun tak hanya akan mendapatkan pemandangan yang bagus namun juga melihat salah satu saksi bisu di masa kolonial Belanda. Ada hal lain pula yang bisa anda nikmati ketika berkunjung kesini. Dimana air biru dan juga pasir putihnya perlu untuk anda berikan perhatian khusus.

BACA JUGA:  38 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk itu, ketika berada di pantai ini anda pun bisa berjemur sembari menikmati matahari yang terik. Ditambah lagi dengan adanya langit biru yang akan anda tatap ketika sedang berjemur. Tentu saja akan membuat anda menjadi lebih rileks sembari ditemani suara debuaran ombak dan juga angin khas dari laut yang sepoi sepoi. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu hal yang bisa anda nikmati ketika berada di Pantai Karang Nini.

Disini pun nantinya anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang akan memberikan pesona yang menakjubkan untuk anda. Selain itu, ada pula menara pandang yang tersedia di pantai satu ini. Hal ini tentu saja bertujuan agar nantinya anda bisa untuk melihat keindahan laut dari ketinggain. Tenang saja, menara tersebut telah dilengkapi teropong yang akan membuat anda bisa melihat dengan lebih jelas.

Legenda Rakyat di Pantai Karang Nini yang Perlu Anda Tahu

Image Credit: Dapoeryuyu.com

Terkadang tempat wisata yang ada di Indonesia akan mempunyai legenda ataupun asal asul yang berkembang di masyarakat. Hal ini pula yang terjadi di Pantai Karang Nini yang memiliki mitos dan misterinya tersendiri. Untuk legenda yang berkembang di pantai satu ini merupakan legenda cinta yang hampir tersebar di berbagai wilayah di Jawa Barat. Untuk kisah yang berkembang di pantai ini adalah kisah tentang cinta kakek dan nenek yang mengharukan.

Kakek yang bernama Ki Arga Plara dan nenek yang bernaman Ni Ambu Kolot ini merupakan sepasang suami istri yang salaing mencintai. Kakek sendiri merupakan seorang nelayan, yang dimana setiap harinya pergi untuk melaut. Si nenek pun juga setiap pagi mengantarnya untuk bekerja dan selalu mendoakan agar ketika pulang membawa ikan dalam jumlah yang banyak sehingga bisa dijual. Dan nenek pun menunggu kakek pulang, itulah kegiatan yang biasa dilakukan tiap harinya.

BACA JUGA:  18 Tempat Makan di Garut Paling Enak & Murah

Akan tetapi, suatu hari pun nenek telah menunggu di tempat yang sama namun kakek tak kunjung datang. Ditambah lagi dengan suasan ombak yang kala itu sedang tidak bersahabat menambah rasa khawatir yang mendalam bagi nenek sehingga ia pun meneteskan air mata dan berdoa agar nantinya kakek dapat pulang dengan selamat. Hingga mataari terbit, kakek pun belum datang dan tidak ada tanda tanda dari kapalnya datang.

Nenek pun berdoa dan memanggilnya secara terus menerus. Kemudian muncullah batu karang yang muncul tepat dihadapan nenek. Hal tersebut merupakan buah doa dari yang tiap hari nenek panjatkan. Sehingga batu karang yang muncul dihadapannya tersebut merupakan salah satu perwujudan dari kakek yang telah meninggal.

Akibat kesedihan yang mendalam dari nenek, kemudian ia pun berdoa agar bisa selalu dekat dengan kakek. Untuk itu, tak berapa lama nenek pun berubah menjadi batu karang yang menghadap ke arah kakek. Batu karang yang merupakan jelmaan dari kakek ini pun kemudian diberikan nama Bale Kambang.

Untuk itu, bagi anda yang masih bingung untuk mencari destinasi wisata menarik yang ada di Pangandaran maka anda pun bisa dengan mengunjungi pantai satu ini. Sehingga dengan singgah sebentar ke pantai satu ini anda pun dapat menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Karang Nini tersebut. Mulai dari pasir yang lembut, pemandangan pohon jati yang rindang, serta cantiknya matahari di ufuk timur akan mampu membuat anda ingin segera mengunjunginya.