Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai, salah satu tempat yang kerap kali di kunjungi wisatawan menjelang waktu libur. Jawa Barat memiliki beberapa pantai-pantai yang populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Tapi kali ini, anda harus mendatangi pantai yang masih belum terlalu populer tetapi sangat direkomendasikan untuk dinikmati yaitu Pantai Karang Papak.

Pantai yang berlokasi di Garut selatan ini mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang khususnya yang berasal dari luar Garut. Konon katanya, dahulu banyak penelusur pantai yang mengunjungi pantai ini tanpa mengetahui namanya. Pantai yang masih belum populer dari yang lainnya ini menyimpan banyak hal yang menarik untuk didatangi.

Jika anda menginginkan berwisata ke pantai dengan suasana yang tenang dan damai, maka Pantai Karang Papak menjadi pilihan yang cocok. Anda juga dapat mendengar deburan ombak yang saling berirama, serta pasir putih yang menawan. Cocok bukan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karang Papak

Daya Tarik Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps big Daddy sugar kecut

1. Panorama Lautan dan Deburan Ombak yang Cantik

Pantai Karang Papak adalah salah satu pantai yang memiliki lautan cantik. Ketika anda sampai di bibir pantai, anda akan melihat pemandangan laut yang dibalut warna kebiruan, sungguh menarik. Di bibir pantai terdapat pasir putih yang cantik. Air laut berwarna sangat jernih dan bersih.

Selain itu, deburan ombak juga akan menggoda pendengaran anda. Walaupun kurang terkenal seperti pantai lainnya, di pantai ini anda akan melihat deburan ombak yang saling berirama. Namun sayangnya, anda hanya bisa sekedar membasuh tangan ataupun mencelupkan kaki di pinggir pantai saat kedatangan ombak.

Hal ini disebabkan karena wilayah pantai yang masih memiliki ombak yang tinggi dan berbahaya. Oleh sebab itu aktivitas seperti berenang dilarang. Saat ombak datang, tak satupun luput dari terpaannya, semua akan tergulung menemaninya ke tengah pantai. Mohon untuk tetap waspada ya!

2. Para Nelayan

Mayoritas penduduk setempat bekerja di laut sebagai nelayan. Saat berkunjung, anda akan melihat banyaknya perahu-perahu yang berlalu lalang untuk berlayar menangkap ikan di laut lepas.

Selain melihat nelayan yang berlayar, anda juga dapat menyaksikan nelayan yang memancing ikan di pinggir Pantai Karang Papak dengan menggunakan sebuah ban karet yang dijadikan sebagai perahu. Kegiatan ini adalah kebiasaan yang telah dilakukan nelayan sehari-hari, jadi untuk anda jangan mencobanya ya tanpa keahlian khusus!

Tak hanya melihat, anda juga dapat berinteraksi langsung dengan nelayan atau membeli ikan-ikan segar yang baru ditangkap. Tersedia tempat-tempat khusus penjual ikan yang dapat anda beli di pinggiran pantai.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps Harry Alex

3. Bebatuan Karang Hijau

Sesuai dengan nama Pantai Karang Papak, daya tarik yang dapat anda lihat adalah banyaknya karang-karang yang berada di pantai. Anda akan melihat karang saat air sedang menyurut. Batuan karang ini tersusun rapi, di atasnya dipenuhi tanaman-tanaman rerumputan hijau.

Pantai ini memiliki tanaman hijau yang tumbuh dengan subur. Jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti pulau-pulau. Anda dapat memotret karang atau bahkan berada di atas karang. Tetapi, tetap harus hati-hati ya! Keselamatan tetap jadi nomor satu, tetap lindungi diri dan keluarga.

4. Sunset dan Sunrise

Waktu yang cantik untuk mengunjungi Pantai Karang Papak adalah saat waktu terbenamnya matahari dan saat waktu terbitnya matahari. Anda akan melihat keindahan pemandangan langit di pantai. Selain itu suasana ombak akan membuat perasaan anda menjadi tenang, sangat cocok untuk melepas penat disela kesibukan.

Oleh karena itu, beberapa wisatawan memilih mencari penginapan yang cocok di sekitar pantai hanya untuk menantikan momen-momen indah ini bersama dengan orang yang disayangi. Anda juga dapat mendirikan tenda di tempat-tempat yang sudah disediakan. Pada waktu-waktu ini sering ramai oleh wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps Samsoel Sinergis

Pantai yang indah ini tempatnya berada di Kabupaten Garut. Lebih tepatnya pantai yang cantik ini berada di Kampung Mekar Bakti, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses yang dapat anda tempuh ke pantai ini masih melalui satu jalur utama yang sangat strategis, anda dapat berkunjung dengan jalan kaki dari pantai lain.

Jika anda pergi menggunakan angkutan umum seperti mini bus atau bus, anda dapat memulai dari terminal Kota Garut menuju ke Pameungpeuk, waktu yang ditempuh cukup lama sekitar 3 jam. Baru setelah sampai di Pameungpeuk anda dapat melanjutkan perjalanan langsung ke lokasi Pantai Karang Papak.

Tetapi bagi anda yang membawa kendaraan mobil atau pun motor, anda dapat membuka aplikasi google maps untuk mengikuti arah yang tepat agar akses perjalanan lebih terarah dan memudahkan anda untuk datang ke lokasi. Jika masih merasa bingung, anda dapat bertanya langsung dengan penduduk setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Papak

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps Samsoel Sinergis

Harga tiket masuk ke Pantai Karang Papak tergantung dengan kendaraan yang anda bawa. Untuk wisatawan yang melakukan perjalanan kaki atau menggunakan motor maka harga tiket senilai Rp 5.000, tetapi untuk wisatawan yang membawa mobil, harga tiket masuk senilai Rp 10.000. harga tiket sangat ekonomis untuk dompet.

Namun, harga tiket ini dapat naik di waktu hari-hari libur nasional seperti hari raya, dan hari libur lainnya. Adapun untuk jam operasionalnya, pantai yang menarik ini dibuka selama 24 jam, yang artinya tidak ada penutupan. Tentu anda dapat berkunjung di waktu kapan pun anda luang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Karang Papak

Kegiatan Menarik Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps nuni tresna

1. Menginap di Pantai

Salah satu alasan bagi beberapa orang ke Pantai Karang Papak adalah berkemah. Sayang sekali jika melewatkan yang satu ini. Anda dapat mengajak keluarga ataupun teman untuk mendirikan tenda di pinggiran pantai cantik ini. Bermalam sambil mendengar deburan ombak, menyanyi bersama dan menyalakan api unggun, kegiatan menarik untuk anda ikuti.

Selain berkemah, anda juga dapat menyewa penginapan-penginapan di pinggir pantai. Tidak terlalu banyak jumlahnya tetapi penginapan ini memiliki fasilitas-fasilitas yang baik dari kamar, dapur, dan lainnya. Tentu spot view yang diperlihatkan adalah pemandangan indah pantai yang dapat anda lihat dari atas penginapan.

2. Spot Foto

Salah satu alasan beberapa orang ke pantai adalah mengabadikan beberapa momen-momen itu dalam suatu potret kamera. Anda dapat ber-selfie atau berfoto dengan keluarga dan teman-teman. Pemandangan yang indah ini dapat anda jadikan latar yang bagus.

Pemandangan indah seperti deburan ombak, pasir putih, batuan karang yang di hiasi warna-warna hijau dari rerumputan adalah spot yang bagus untuk diambil. Terlebih jika anda datang pada waktu sunset dan sunrise maka pemandangan indah pantai akan lebih menarik dengan warna langit yang mendukung.

Kegiatan Menarik di Pantai Karang Papak
Image Credit: Google Maps Nursyamsa Luthfie

3. Bermain Volly Pantai

Olahraga di Pantai Karang Papak adalah suatu hal yang menarik, anda dapat bermain volly pantai di pinggiran pantai. Terlebih jika anda mengajak rombongan, melakukan aktivitas olahraga bersama teman. Selain untuk menyehatkan tubuh, anda juga dapat merasakan sensasi yang berbeda, yaitu menangkap bola dengan tertiup angin pantai.

Waktu terbaik melakukan aktivitas ini adalah sore hari. Saat-saat melihat matahari terbenam, selain bermain, anda juga dapat menyaksikan langsung suasana matahari terbenam dari pantai. Tapi, harus selalu berwaspada, saat di pantai anda harus bisa mengendalikan diri anda agar terhindar dari bahaya ombak.

4. Berburu Kepiting

Aktivitas yang dapat anda lakukan adalah berburu kepiting-kepiting kecil yang bersembunyi di lubang-lubang yang berada di hamparan pasir putih. Untuk sesekali binatang kecil ini akan melompat dengan lincahnya menampakkan diri keluar dari lubang dan bersembunyi di balik pasir putih.

Sambil menghabiskan waktu libur, kegiatan ini sangat seru sekaligus menggemaskan. Anda harus mengeluarkan teknik yang gesit saat menangkap, karena kepiting-kepiting ini sangat lincah dan cepat. Anda juga dapat mengajak anak-anak kecil, tentu akan menambah keseruan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Karang Bapak
Image Credit: Google Maps K. Riki

Ada beberapa fasilitas yang disediakan saat anda berkunjung ke Pantai Karang Papak, diantaranya seperti area parkir yang sangat luas dan memadai, dapat menampung bermacam-macam kendaraan. Selain itu terdapat toilet pria dan wanita, disediakan juga tempat ganti pakaian setelah basah-basah dengan air

Di sekeliling pantai tersedia beberapa warung-warung yang berjejer. Wisatawan dapat memesan makanan dan minuman serta kuliner-kuliner yang sebelumnya tidak tercicip. Selain warung, tersedia tempat penginapan-penginapan yang bervariasi untuk ditawarkan kepada anda.

Jika anda malas untuk berkemah, bisa menggunakan alternatif penginapan ini untuk bermalam di pantai. Lokasi penginapan berada di dekat bibir pantai. Selain itu, tersedia berbagai macam tempat penjual ikan yang menawarkan berbagai macam harga kepada wisatawan. Anda dapat langsung membeli ikan yang segar.

Pantai Karang Papak yang berada di pesisir Selatan Garut adalah salah satu pantai yang wajib anda kunjungi dari pantai-pantai indah lainnya. Tempatnya yang masih asri dan alami, di tambah pemandangan karang yang ditumbuhi rumputan hijau membuat mata menjadi nyaman, jadi saat berlibur anda harus menyempatkan diri ke pantai ini.

REKOMENDASI DESTINASI