Menikmati Keindahan Alam Pantai Kejawanan di Cirebon

Pantai Kejawanan Cirebon

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
MapCek Lokasi

Terkenal akan gemerlap kota khas metropolitan dan aneka kuliner lezat, tidak menutup kemungkinan bila Kota Cirebon menyimpan keindahan alam yang luar biasa indah. Bahkan pesonanya sudah terkenal hingga ke luar kota, membuat masyarakat yang menjadikannya sebagai kota tujuan saat berwisata.

Dari sekian banyak destinasi wisata, Pantai Kewajanan kerap dikunjungi dan disebut sebagai surga tersendiri dengan pesona alam yang ditawarkan. Berikut ulasan lengkap pantai ini.

Aktifitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kejawan

Aktifitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kejawan

Image Credit: Saegaleri.com

Kejawanan seringkali dikunjungi saat liburan akhir pekan bersama dengan keluarga tercinta maupun dengan orang terkasih. Bahkan tak jarang destinasi ini menjadi pelarian liburan panjang terbaik, ketika bosan dengan nuansa kota yang penuh sesak dan hiruk pikuknya. Dikatakan demikian, sebab lokasi ini dianggap memiliki spot terbaik untuk menyaksikan sunset bak berlibur di Pulau Hawaii.

Hal yang membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi, yaitu banyak pepohonan rindang yang mengitari sekitar pantai. Banyaknya pohon tersebut, membuat suasana pantai terasa lebih nyaman dan segar. Bahkan disini pengunjung dapat melihat beberapa tanggul, yang biasa digunakan warga setempat sebagai tempat bersantai selagi menunggu sunset muncul. Tentu saja kehadiran pantai cantik ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warga kotanya.

Berlibur ke pantai cantik satu ini, terasa kurang lengkap jika tidak mengabadikannya dan membagikan kebahagiaan tersebut ke sosial media. Manfaatkan momen liburan tersebut, untuk berburu keeksotisme sunsetnya yang begitu menakjubkan. Ditambah dengan jajaran pepohonan rindang, berbagai hewan kecil di daratan, hingga perahu perahu sewa seakan menambah kecantikan pantai tersebut.

Merasa puas berburu spot terbaik untuk menangkap sunset, tanpa disadari perut mulai keroncongan yang menandakan bila harus segera diisi. Di sekitar pantai terdapat rumah makan, yang menyediakan menu kuliner lezat. Tak perlu khawatir, lantaran pengunjung bisa menikmati aneka kuliner khas laut dari olahan hasil laut dan dijamin rasanya siap menggoyang lidah anda.

Aktifitas Seru di Pantai Kejawan

Image Credit: Twitter.com @Kelilingcirebon

Aktifitas lain yang tak kalah menarik untuk dilakukan di pantai ini, yaitu menyewa perahu yang berada di sekitaran bibir pantai. Dengan menyewa perahu tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan dari sudut yang berbeda. Perpaduan antara birunya air laut dan bermandikan cerahnya sinar matahari serta deru ombak yang mendayu dayu, tanpa disadari pikiran penat hilang seketika. Hanya membayarkan sekitar 5 ribuan saja, Anda bisa menyewanya selama satu jam.

BACA JUGA:  Orchid Forest Lembang, Destinasi Ekowisata Kekinian di Bandung

Telah berdiri sejak lama, dimana warga sekitar memanfaatkan hasil laut sebagai pencariannya sehari hari. Seiring berjalannya waktu, pantai ini pun digunakan sebagai objek wisata populer. Melihat adanya peluang usaha baru, para pemilik kapal pun tak segan menyewakan perahu nelayan mereka kepada para pengunjung. Nantinya, pengunjung akan dianjak berkeliling di sekitar bibir pantai, dengan harga yang cukup ekonomis.

Dikenal sebagai pantai yang cukup bersih, tidak heran bila banyak pengunjung yang kemudian betah berlama lama berada disana. Bahkan anak anak hingga orang dewasa bisa bermain dengan ceria, saat menikmati pasir pantainya yang terasa lembut. Nuansanya sangat mendukung sebagai tempat penghilang stres, dijamin Anda akan dibuat ketagihan untuk berkunjung kembali di lain waktu.

Dibalik keindahan yang begitu mempesona, siapa sangka bila pantai satu ini memiliki mitos yang bahkan hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Mitos itu mengatakan bila air laut yang berada di pantai ini, dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang cukup serius dapat sembuh segera. Hanya perlu berkumur kumur dengan air laut saja, semua penyakit akan hilang selamanya.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pantai Kejawanan

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pantai Kejawanan

Image Credit: Ayobandung.com

Selain kebersihan pantainya, berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap tentu bisa menambah perasaan nyaman ketika berlibur ke tempat tersebut. Begitu pula yang dilakukan oleh pengelola  pantai, yang mana mereka menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk memanjakan pengunjungnya. Mulai dari toilet, penyewaan perahu karet, perahu nelayan, tempat parkir luas hingga berbagai warung penjual makanan dan minuman tersedia disini.

Sebelum memasuki sekaligus menikmati keindahan matahari terbit di tempat ini, setiap pengunjungnya akan ditarik tarif tiket masuk. Tak perlu khawatir isi kantong akan ludes, sebab harganya hanya berkisar seribu rupiah saja yang tentunya sangat ramah di kantong. Dengan harga tiket yang tidak seberapa, pelayanan yang diberikan sudah luar biasa berkualitas nan lengkap. Belum lagi dengan kesadaran masyarakat sekitar akan kebersihan, menambah rasa nyaman.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits Dikunjungi

Bagi Anda yang datang menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan. Dimana setiap kendaraanya akan dikenai biaya yang berbeda, sehingga perlu untuk menyiapkan dana lebih sebelum berkunjung. Khusus untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sekitar 2 ribuan, sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar 5 ribuan saja.

Agar lebih puas bermain di sektiar pantai, banyak pengunjung yang kemudian datang lebih pagi dan pulang sebelum lokasi wisata ini ditutup. Meski telah memarkirkan kendaraannya beberapa jam, pengunjung tidak akan dikenai biaya tambahan. Tidak adanya hitungan parkir per jamnya, tentu saja menjadi salah satu daya tarik untuk bisa berlibur dengan puas. Kenaikan tarif parkir pun tidak begitu dikeluhkan, lantaran layanan yang diberikan dirasa setara dengan apa yang diperoleh.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai satu ini, bisa datang lebih pagi agar mendapatkan spot terbaik. Mulai beroperasi sejak jam 6 pagi hingga 6 sore, diharapkan pengunjung bisa merasa puas ketika berlibur ke lokasi wisata air ini. Masih merasa belum puas sepenuhnya ? Tenang saja, pantai ini siap menyambut dan memanjakan Anda setiap hari dengan pesonanya yang menawan.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Kejawanan

Rute Perjalanan Menuju Pantai Kejawanan

Image Credit: Medcom.id

Pengunjung cukup mudah untuk menemukan lokasi wisata satu ini, lantaran letaknya yang memang tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon atau lebih tepatnya di dekat Ade Irma Garden. Apabila tertarik melihat keindahannya, silahkan langsung mengunjunginya di Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Apabila kesulitan menemukannya, silahkan bertanya kepada warga sekitar ataupun petunjuk arah di smartphone anda.

Lalu bagaimana jika datang dari arah Jakarta ? Silahkan arahkan tujuan ke Jalan Raya Pantura atau langsung masuk ke Tol Jakarta Cikampek serta Tol Cipali. Berjarak sekitar 215.5 km, jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi tanpa terjebak macet ada kemungkinan sampai sekitar 3.5 jam saja. Sedangkan untuk pengunjung yang datang dari arah Jawa Tengah terlebih lagi khusus untuk ibukota Semarang, dapat mengambil Jalan Raya Pantura.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Para pengunjung dari Jawa Tengah harus menempuh perjalan lebih jauh, yaitu sekitar 246.1 km yang mungkin memakan waktu hingga 5 jam tanpa terkena macet. Dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dimana pengunjung hanya perlu mengikuti setiap papan petunjuk yang mengarah langsung ke pelabuhan.

Merasakan angin sepoi sepoi dan ditemani dengan gemuruh air laut, Kewajanan berhasil memikat para pecinta wisata air. Letaknya yang tak jauh dari lokasi pelabuhan sekitar, menjadi tempat terbaik untuk menyaksikkan sunset yang begitu indah. Sejak pertama kali melihat pesonanya secara langsung, pengunjung dibuat jatuh hati dan ingin berlama lama berada disana. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, menambah rasa nyaman ketika berkunjung kesana.