Pantai Kesirat salah satu wisata pantai yang menawan di Gunung Kidul, Jogja yang menarik dieksplor keindahannya. Pantai yang menyuguhkan hamparan rumput hijau, spot menikmati sunset dan camping seru.

Harga Tiket: Rp 4.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Jawa memang sangat kaya akan wisata alam nan indah. Pegunungan, air terjun hingga pantai dengan berbagai ciri khas tertentu bisa Anda dapatkan di sepanjang pulau. Tentu saja, Pantai Kesirat di Gunung Kidul merupakan salah satu destinasi apik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Memiliki ciri khas yang jarang sekali Anda temui, wisata ini mampu menyuguhkan pesona keindahannya. Anda tertarik? Yuk intip informasi lengkap tentang pantai cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat
Image Credit: Twitter.com @wahyuyk_

Anda mungkin masih sedikit asing dengan nama Pantai Kesirat bukan? Sebuah pantai yang berada di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Pantai ini juga biasa disebut Pantai Gesirat merupakan objek wisata pantai yang menyuguhkan perpaduan pemandangan tebing dan laut yang mempesona.

Meski bukan termasuk pantai yang landai dan berhias pasir putih, pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri di mata pengunjung. Keberadaan pantai yang berbatas langsung dengan laut dalam menampilkan pesona tersendiri. Laut lepas yang luar biasa dengan udara sepoi-sepoi yang segar memberikan sensasi tersendiri.

Pantai cantik ini memang terdiri dari pantai curam dengan tebing. Namun Anda jangan khawatir karena pantai ini nyatanya memiliki banyak tumbuhan yang tumbuh di atasnya. Anda bahkan bisa mengamati pohon besar yang tumbuh di bibir tebing sebagaimana yang bisa Anda jumpai di Pantai Pok Tunggal.

Para pengunjung seringkali menyebut pohon yang berdiri tegak di tempat ini sebagai pohon abadi. Masyarakat sekitar bahkan menganggap pantai ini sebagai salah satu tempat sakral yang digunakan untuk melaksanakan ngalap berkah. Tradisi ini bisa disebut juga sebagai ungkapan syukur untuk menjaga keseimbangan alam.

Dengan keistimewaan tersebut, tak heran jika Pantai Kesirat termasuk salah satu tempat yang banyak dikagumi atau didambakan oleh banyak orang. Tempat ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas menarik bersama pasangan, keluarga hingga teman-teman. Menariknya, Anda bisa datang ke tempat ini kapan pun tanpa ada batasan waktu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Kesirat

Alamat Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Muh Labib Mustofa)

Pantai Kesirat memang menawarkan pemandangan yang luar biasa. Meski demikian, Anda perlu melakukan perjuangan selama perjalanan untuk mendapatkan keistimewaan tersebut. Lokasi pantai yang cukup tersembunyi mengharuskan Anda untuk menempuh perjalanan menantang hingga ke tempat ini.

Pasalnya, Anda harus menempuh perjalanan naik turun dengan tikungan yang cukup tajam. Namun jangan khawatir karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa selama perjalanan. Begitu pula, jalanan yang Anda tempuh sudah beraspal halus. Hanya saja jalanan cukup sempit untuk satu mobil sehingga salah satu mobil harus keluar dari jalan aspal untuk bergantian.

Jika Anda melakukan perjalanan mulai dari Kota Jogja, Anda membutuhkan waktu perjalanan selama 1,5 jam hingga 2 jam. Hal ini diestimasikan berdasarkan jarak tempuh perjalanan sekitar 42 km. Meski demikian, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 34 km dengan waktu sekitar 1 jam hingga 1,5 jam jika memulai perjalanan dari Gunung Kidul.

Untuk mengunjungi tempat ini dari Kota Jogja, silahkan menuju wilayah Imogiri Barat hingga menemui Jalan Raya Panggang Wonosari. Setelah itu, nikmati perjalanan hingga sampai ke Girikarto. Jika Anda sudah menemui pertigaan, silahkan belok kiri untuk kemudian belok kanan. Pilihlah jalan lurus mengikuti jalan utama hingga tiba di lokasi Pantai Kesirat.

Setibanya di kawasan pantai, Anda akan diarahkan ke tempat parkir untuk memarkirkan kendaraan. Kemudian, Anda dapat menuju lokasi untuk menikmati keindahan yang disuguhkan. Lokasi tempat parkir yang tidak terlalu jauh dengan pantai ini dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kesirat

Kegiatan di Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Haiban Najid)

1. Camping di Sekitar Pantai

Siapa yang tidak menyukai kegiatan camping? Aktivitas di alam terbuka yang dilakukan dengan mendirikan tenda atau biasa disebut berkemah ini menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang banyak didambakan. Terlebih lagi jika Anda menemukan tempat yang ideal seperti permukaan tanah yang rata dengan pemandangan yang mempesona.

Tentu saja, kesesuaian Pantai Kesirat menjadi area camping menjadi incaran sebagian besar orang. Terlebih lagi tempat yang berada di dekat pohon di bibir tebing. Lazimnya, tempat tersebut mampu menyuguhkan pemandangan luar biasa yang jarang Anda temui di tempat lainnya. Tak ayal jika banyak para pengunjung yang berdatangan ke tempat ini untuk mendapatkan lokasi tersebut.

Meski demikian, Anda jangan khawatir jika pantai cantik ini telah dipenuhi banyak pecinta camping. Kondisi lahan yang relatif datar dengan hamparan rumput yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan camping. Anda bahkan bisa membuat api unggun sambal bercengkrama dan melakukan aktivitas lain hingga menunggu pagi menjelang.

Begitu pula, lokasi pantai yang cukup tersembunyi menjadi area yang cocok untuk mengamati keindahan langit. Kondisi minim polusi cahaya yang sangat berbeda dengan suasana perkotaan membuat Anda bisa menikmati kerlap-kerlip bintang yang membentuk galaksi. Tempat ini dijamin sangat menyenangkan untuk meliburkan diri dan melepas penat setelah seharian bekerja.

2. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tempat wisata yang satu ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan. Keberadaan tempat yang menyatukan tebing dengan laut lepas menghadirkan sensasi kegiatan memancing yang sangat menyenangkan. Anda bisa merasakan pengalaman memancing di laut lepas dengan ketinggian sekitar 15 hingga 30 meter.

Keberadaan tempat yang menghubungkan langsung dengan laut lepas memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan ikan dengan lebih mudah. Menarinya, Anda bisa memanfaatkan hasil tangkapan tersebut untuk dibawa pulang maupun dimasak di tempat. Jika Anda telah menyiapkan alat memasak seperti alat panggang, hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan.

3. Piknik Seru

Tenang saja, Anda yang memiliki tidak cukup banyak waktu pun bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, aktivitas piknik yang bisa dilakukan bersama pasangan, keluarga maupun teman-teman menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan disini. Anda bisa menyiapkan beberapa perlengkapan seperti alas duduk, makanan dan lainnya sebelum ke Pantai Kesirat.

Jika Anda membutuhkan beberapa perlengkapan yang lain, pengelola pantai ini ternyata telah menyediakan fasilitas lengkap yang bisa Anda gunakan. Keberadaan fasilitas umum seperti area parkir, toilet hingga warung makan bisa Anda dapatkan disini. Jangan khawatir karena tempat ini dapat Anda kunjungi dengan biaya yang sangat terjangkau.

Suasana segar dapat menghadirkan momen berlibur menyenangkan bersama. Kondisi pemandangan yang luar biasa dengan tiupan angin sepoi-sepoi dari laut lepas sambal bercerita maupun bermain game menyenangkan. Anda bahkan bisa sunset bersama-sama untuk mendapatkan pemandangan indah karena tidak ada pepohonan maupun bangunan yang menghalangi.

Kegiatan Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Fauziah Rahmah)

4. Berburu Foto Cantik

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat gambar-gambar apik sangat dikagumi. Tak ayal jika banyak pengunjung yang berdatangan ke Pantai Kesirat untuk mengambil gambar ciamik dari beberapa sudut tertentu maupun mengabadikan momen bersama. Aktivitas di alam bebas dengan pemandangan yang luar biasa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Lazimnya, beberapa orang yang mengambil foto di tempat ini sering diabadikan dalam media sosial untuk dikenalkan pada khalayak ramai. Sudut tempat yang sangat instagramable membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Bahkan, beberapa orang ada yang memanfaatkan tempat ini sebagai background acara penting seperti pre-wedding.

5. Wisata Kulineran

Aktivitas memancing yang sangat potensial untuk dilakukan di Pantai Kesirat momen menyenangkan yang jarang bisa Anda dapatkan. Meski demikian, tempat wisata yang satu ini juga menyediakan wisata kuliner bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan menunggu untuk mendapatkan ikan dari kegiatan memancing.

Menariknya, beberapa warung yang terdapat di tempat ini menyediakan khas olahan nikmat dari Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Olahan ikan atau hasil laut yang segar dengan bumbu-bumbu tertentu dijamin membuat siapa saja cocok dengan masakan yang disajikan. Terlebih lagi beberapa warung yang tersedia di kawasan pantai memiliki harga yang ramah di kantong.

Tentu saja, Anda bisa langsung memilih berbagai menu hasil laut atau seafood yang Anda sukai. Seafood segar yang disajikan dalam kondisi hangat dijamin membuat Anda merasakan kenikmatan dan ingin nambah lagi. Kegiatan wisata kuliner bersama orang tersayang dapat menjadi salah satu momen yang tak terlupakan.

Tips Berkunjung ke Pantai Kesirat Gunung Kidul

Tips ke Pantai Kesirat
Image Credit: Instagram.com @gregor_andisusilo

Pantai Kesirat yang menyuguhkan keindahan alam bebas sangat disarankan untuk dinikmati ketika musim kemarau. Pasalnya, cuaca yang cerah sangat memudahkan Anda untuk menempuh perjalanan yang cukup adrenalin karena harus melewati tikungan tajam dengan jalan naik dan turunan.

Jika Anda hendak merencanakan kegiatan camping, pastikan semua kebutuhan telah dipenuhi dengan baik. Misalnya saja Anda perlu membawa tenda, alas, sleeping bed, kamera atau ponsel dan beberapa pakaian ganti secukupnya. Anda bahkan perlu menyesuaikan jenis pakaian dan menyiapkan alas kaki maupun penutup kepala demi mendapatkan kenyamanan ketika berlibur.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait Pantai Kesirat. Meskipun letaknya cukup tersembunyi, tempat wisata ini termasuk pantai yang direkomendasikan ketika Anda hendak melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Terlebih lagi jika Anda merencanakan kegiatan camping di alam terbuka dengan lokasi ideal dan pemandangan yang luar biasa.

REKOMENDASI DESTINASI