Pantai Krakal salah satu wisata pantai yang memukau di Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja. Pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut, panorama laut dan bukit karang yang indah, cocok dijelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang hendak berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berlibur bersama orang-orang tercinta, Anda tidak boleh melewatkan beragam pesona pantai-pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Setiap pantai ini memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Pantai Krakal ini adalah salah satu pantai yang digemari banyak pengunjung. Selain pemandangan pantai yang indah, pantai ini sudah mulai difasilitasi berbagai sarana untuk menunjang wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Krakal

Daya Tarik Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @kabarjogjakarta

Berlibur Yogyakarta akan kurang lengkap apabila tidak mampir ke Gunungkidul. Wilayah ini menawarkan banyak sekali ragam wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Pantai Krakal. Pantai ini sering menjadi tempat peristirahatan wisatawan yang menjelajah area Gunungkidul karena lokasi pantai yang strategis.

Pantai cantik di Gunung Kidul ini adalah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati keindahan laut-nya, Anda juga bisa mencoba ragam kuliner olahan laut khas yang tersedia. Ciri dari pantai ini adalah adanya icon berupa bangunan berbentuk ikan diatas bukit yang sering menjadi spot foto wisatawan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus dan lembut. Hal ini membuat hasil foto dengan latar belakang suasana pantai sangat instagramable. Wisatawan juga sering berfoto di icon pantai ini berupa bangunan berbentuk ikan yang terletak di kanan bukit. Untuk menuju ke lokasi, Anda harus berjalan kaki menaiki bukit kurang lebih 200 meter.

Tak hanya Pantai Krakal saja, terdapat wisata Pantai Drini kurang lebih 2 kilometer di sebelah timur dari pantai ini. Tempat wisata ini masih satu jalur dengan Pantai Baron dan juga Pantai Kukup, sehingga Anda bisa menjajaki beberapa pantai ini saat berkunjung kemari. Tentu setiap pantai memiliki keindahannya sendiri.

Daya Tarik Krakal
Image Credit: Facebook.com @jogjaku

Banyak cerita masyarakat yang menyebutkan jika pantai ini dahulu berada di dasar laut. Sebuah aktivitas bumi yang bernama epirogenesa negatif akhirnya memicu terbentuknya pantai ini. Adanya pergerakan kerak bumi mengakibatkan lapisan bumi yang naik ke atas hingga membentuk Pantai Krakal yang menawan ini.

Adanya proses epirogenesa negative membuat pantai ini mempunyai ciri khas berwujud dua karang yang besar berwarna hitam sehingga menghadirkan warna yang cukup kontras dengan pasir putihnya. Selain menambah estetika, dua batu karang ini adalah pembatas antara pantai satu dengan lainnya.

Wilayah Gunung Kidul adalah bagian selatan Kota Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Hal inilah yang membuat wilayah ini menghadirkan rona pantai yang epic dan menawan. Keindahan pantai-pantai Gunung Kidul takkan kalah dengan pantai terkenal di wilayah lainnya seperti Pantai Kuta di Bali.

Nama krakal sebenarnya berasal dari bebatuan karang. Dalam bahasa jawa karang disebut dengan krakal. Itulah mengapa akhirnya disebut Pantai Krakal karena dua batu karang yang menjadi ciri khas pantai ini. Anda dapat naik ke atas karang yang sudah dibuatkan jalan untuk melihat betapa indahnya pemandangan yang tersaji dari ketinggian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Krakal

Alamat Pantai Krakal
Image Credit: Instagram.com @deasyharii16

Lokasi pantai yang menawan di Yogyakarta ini bertempat di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul. Dari kota Yogyakarta jaraknya kurang lebih sejauh 65 km dengan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit untuk sampai ke lokasi ini. Pantai ini dapat diakses dari berbagai wilayah, diantaranya dari Wonosari yang hanya berjarak 21 kilometer.

Rute yang harus dilewati untuk menuju Pantai Krakal sangatlah mudah. Anda hanya perlu menuju ke Piyungan, Pathuk, Bundaran tugu BPD, Jalan Pantai Baron, hingga akhirnya Anda sampai di objek wisata ini. Anda disarankan untuk tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi karena terdapat beberapa belokan tajam yang membutuhkan kehati-hatian. Anda harus tetap berwaspada dan berhati-hati saat mengemudi.

Detail rutenya dari Yogyakarta Anda dapat mengambil jalur menuju Jalan Sisimangaraja dan melanjutkan ke Jalan Imogiri Barat. Ikuti jalan tersebut hingga perempatan. Lalu belok ke Jalan Bakulan Imogiri. Setelah menemukan SMK Muhammadiyah Imogiri, Anda dapat belok ke arah kiri menuju jalan Imogiri Siluk.

Anda akan menemukan jembatan Siluk, ikuti jalan itu hingga sampai di Bukit Dermo. Lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Siluk Panggang dan Jalan Raya Wonosari. Setelah Anda menyusuri jalan tersebut, Anda akan masuk ke Jalan Pantai Selatan Jawa hingga Anda akan menemukan SMPN 2 Paliyan.

Setelah SMP Negeri 2 Paliyan Anda harus belok ke arah kiri dan berjalan terus hingga menemukan Taman Bunga Celosia Kemadang. Dari taman bunga ini Anda harus melanjutkan perjalanan hingga melewati Jembatan Banjarejo dan Anda menemukan wisata Pantai Krakal di ujung jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal Jogja

Harga Tiket Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Hlimkoe)

Harga tiket yang dikenakan saat memasuki kawasan wisata pantai eksotis ini adalah sekitar Rp 10.000. Harga tiket itu sudah meliputi tiket masuk ke Pantai Sundak dan Pantai Baron sehingga Anda tidak perlu membayar tiket masuk lagi saat Anda ingin mengunjungi dua pantai ini. Anda cukup menunjukkan tiket ini saja.

Untuk biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan tarif sekitar Rp 3.000 dan sekitar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Jam operasional pantai ini adalah 24 jam karena pengelola tidak menetapkan batasan waktu dimana Anda dapat datang kapan saja selama dan tak perlu khawatir apabila Anda tiba di pantai ini saat malam hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Krakal

Kegiatan di Pantai Krakal
Image Credit: Instagram.com @enyuli_

1. Menjelajah dan Memandangi Icon Pantai

Pantai Krakal menjadi tujuan favorit wisatawan karena bentang alamnya yang menawan. Adanya dua buah batu karang yang menjadi icon pantai ini terlihat kontras dengan warna pasir putihnya. Banyak pengunjung yang naik ke batu karang ini untuk mengambil foto karena tiap sudut dari batu karang ini sangat bagus untuk diabadikan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan icon pantai berupa bangunan yang berbentuk ikan. Bangunan ini terletak di bukit sebelah kanan. Untuk dapat mengakses bangunan tersebut Anda diharuskan memanjat bukit yang kurang lebih hanya 200 meter saja. Terdapat juga spot-spot foto unik lain yang dibuat masyarakat untuk menjadi background berfoto di pantai ini.

2. Berenang, Berjemur, dan Bermain Pasir

Kehangatan dan kelembutan tekstur pasir Pantai Krakal bisa Anda manfaatkan untuk sarana relaksasi alami. Pengelola bahkan menyediakan bangku serta payung untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin berjemur dengan santai. Posisi bangku dan payung dapat diatur hingga mendekati bibir pantai.

Berjemur dan berenang adalah kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Pantai ini memiliki luas bibir pantai yang mencapai 4 km. Anda dapat melakukan apapun termasuk bermain voli atau juga sepak bola dengan memanfaatkan beberapa bebatuan karang sebagai gawangnya. Permainan ini pasti akan makin mengasyikan bila dilakukan diatas pasir.

Anda juga bisa memanfaatkan angin yang berhembus untuk bermain layangan. Anda dan buah hati dapat mengembangkan kreativitas dengan bermain pasir, seperti menggali lubang atau membuat istana pasir yang megah. Tekstur pasir pantai yang lembut dan juga bersih akan memberi rasa aman pada anak saat melakukan aktivitas ini.

3. Snorkeling

Snorkeling menjadi wahana wisata yang menarik di Pantai Krakal. Bagaimana tidak, Anda dapat menyaksikan dan menikmati pemandangan bawah laut yang dihiasi beraneka macam terumbu karang dan beragam biota laut lainnya. Tentu Anda akan mendapati pemandangan bawah laut yang sangat indah dan memanjakan mata.

Hanya dengan membayar sekitar 50 hingga 70 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan satu paket peralatan snorkeling yang lengkap. Paket peralatan yang akan Anda dapatkan tersebut terdiri dari snorkel dan juga masker, pelampung, dan juga sepatu khusus untuk melakukan snorkeling. Bagi Anda pecinta snorkeling wajib sekali mencoba wahana ini.

Kegiatan Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @starjogja

4. Surfing

Pantai Krakal merupakan bagian dari potongan laut selatan yang ada di Gunung Kidul sehingga pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Anda yang menyukai tantangan bisa memanfaatkan ombak besar yang ada di pantai untuk bermain surfing. Tentu saja semua peralatan surfing ini akan difasilitasi pengelola pantai.

Pengelola bahkan menawarkan training untuk Anda yang masih pemula. Biaya sewa alat surfing sekitar Rp 50.000. Namun Anda disarankan untuk tetap hati-hati karena kondisi pantai yang memiliki banyak karang dan juga hewan laut seperti ubur-ubur dan landak laut. Karena itu untuk bermain surfing ini Anda harus bisa berenang.

Anda harus mencari tempat yang tepat dan sangat berwaspada terhadap sengatan ubur-ubur juga duri landak yang bisa saja muncul tiba-tiba saat Anda melakukan olahraga laut ini. Jadi olahraga ini hanya direkomendasikan untuk Anda yang benar-benar memiliki keberanian yang besar karena tantangannya sangat ekstrim.

5. Wisata Kuliner Olahan Laut

Satu aktivitas terakhir yang tidak boleh sampai Anda lewatkan adalah berkuliner. Anda dapat menjumpai berbagai macam olahan seafood di Pantai Krakal. Menu yang disediakan mulai dari yang dibakar,digoreng hingga olahan seafood lainnya yang terbilang masih segar. Tentu olahan hasil laut disini berasal dari ikan segar yang didapatkan langsung dari nelayan.

Anda juga tidak boleh sampai melewatkan camilan yang populer di tempat ini yakni rempeyek umbal. Rempeyek umbal ini terbuat dari umbal sejenis hewan laut yang menempel di karang. Tentu Anda tidak akan menemukan makanan ini selain di tempat ini dan bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Autonomous Driver)

Anda tidak perlu khawatir saat akan mengunjungi pantai ini, karena fasilitas yang disediakan di pantai ini sangat lengkap. Mulai dari lahan parkir yang sangat luas, toilet dan mushola untuk Anda beribadah, warung-warung makan dengan aneka menu khas yang ditawarkan, bahkan beberapa pedagang oleh-oleh dan pernak pernik lain juga tersedia.

Di kawasan pantai ini juga sudah disediakan tempat menginap bagi Anda yang ingin bermalam disini. Terdapat berbagai tempat singgah mulai dari hotel, villa, hingga homestay di tempat ini. Fasilitas yang ditawarkan di tempat menginap ini sangat bervariasi tergantung harga yang ditawarkan.

Mayoritas penginapan disini adalah homestay dengan kisaran harga mulai dari 150 ribu rupiah hingga hotel yang mewah dengan kisaran harga permalam mencapai 500 ribu rupiah. Anda dapat menikmati penginapan dengan fasilitas memadai sembari menikmati pemandangan sekitar pantai yang begitu indah. Anda dapat beristirahat dengan nyaman disini.

Inilah informasi seputar Pantai Krakal yang menjadi rekomendasi destinasi wisata untuk Anda yang berkunjung ke Jogja. Bagi Anda yang ingin menikmati waktu liburan Anda bersama keluarga tercinta, tentu pantai-pantai di Gunung Kidul dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Suasana pantai ini sangat cocok untuk Anda yang sudah jenuh dengan riuk pikuk perkotaan.