Pantai Kukup salah satu wisata pantai yang memukau di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai eksotis yang menyuguhkan keindahan alam dan pulau karang kecil yang menjadi spot foto keren layaknya Tanah Lot.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: Pukul 05.00-21.00, Alamat: Jl. Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Deretan pantai yang terletak di Gunung Kidul memang mampu menarik perhatian banyak orang. Salah satu diantaranya yakni Pantai Kukup. Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar nama pantai ini karena letaknya berdekatan dengan wisata terkenal di Yogyakarta. Untuk mengetahui lebih dalam tentang pantai eksotis ini, yuk simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pantai Kukup, Andalan Gunung Kidul

Sekilas Tentang Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Riski Dimas)

Pantai Kukup digadang gadang sebagai Tanah Lot versi mini di Gunung Kidul. Hal ini disebabkan karena adanya bukit berupa pulau karang yang membuat tampilannya mirip dengan Tanah Lot di Bali. Objek wisata bahari ini terkenal dengan ragam biota lautnya yang eksotis dan keberagaman budaya yang masih terjaga baik hingga saat ini.

Penduduk sekitar pantai ini masih memegang teguh nilai nilai budaya kejawen. Hal ini bisa terlihat dari ragam aktivitas masyarakat yang masih mengadakan berbagai ritual atau upacara adat di Pantai Kukup. Pengadaan upacara atau ritual di pantai ini biasanya dilaksanakan di titik yang dianggap sakral.

Salah satu upacara adat yang sudah dilaksanakan sejak zaman dahulu adalah ritual sedekah. Ritual ini dilakukan setiap bulan Muharram atau yang dalam bahasa Jawa biasa disebut sebagai Bulan Suro. Setiap bulan Muharram, masyarakat setempat akan menyerahkan berbagai sesajen untuk kemudian di larung ke laut lepas.

Adapun tujuan dari upacara ritual sedekah adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas keberkahan hasil laut dan rezeki yang diterima penduduk sekitar selama satu dekade. Biasanya mereka juga akan mengenakan pakaian adat Jawa dan acara diiringi dengan doa yang terpanjat dari setiap mulut penduduk yang hadir.

Saban tahun, berbagai kegiatan termasuk ritual sedekah akan dilaksanakan oleh penduduk sekitar kawasan pantai. Adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa adat istiadat di lokasi tersebut masih tetap terjaga hingga saat ini. Bahkan, seluruh kegiatan tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi objek wisata bahari di Gunung Kidul ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kukup

Daya Tarik Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Reza Maulana)

Pantai Kukup memiliki sejumlah daya tarik yang menjadi alasan pantai ini wajib dikunjungi. Adapun daya tarik pertama dari pantai di Gunung Kidul ini adalah keberadaan Bukit Karang Pulau Jumino. Bukit ini menjadi ciri khas yang paling menonjol di antara pesona lain yang ada di wisata pantai ini.

Deretan bukit karang di sekitar pantai ini juga turut menambah eksotisme lokasi tersebut. Sayangnya, tidak semua bukit karang dapat diakses dengan mudah, mengingat dipisahkan oleh lautan. Belum lagi saat ombak ganas datang ketika pasang, faktor inilah yang dapat membuat para pengunjung tidak bisa memasuki sembarang bukit dengan mudah.

Namun Anda tak perlu risau, masih ada salah satu bukit karang yang bisa diakses di Pantai Kukup Gunung Kidul yakni Pulau Jumino. Di tengah pulau ini terdapat sebuah gazebo kecil yang dipergunakan sebagai gardu pandang. Dari gazebo tersebut, Anda bisa melihat seluruh laut lepas sejauh mata memandang.

Aksesnya pun terbilang cukup mudah karena pihak pengelola sudah membangun jembatan dan anak tangga yang kokoh. Sudah biasa melihat sunset di pesisir pantai? Di pantai cantik ini Anda bisa melihat tenggelamnya sang surya dari ketinggian bukit. Momen inilah yang paling ditunggu tunggu wisatawan untuk menyaksikan indahnya senja dari atas bukit.

Beralih ke pembicaraan pantai di Gunung Kidul secara general, hampir setiap pantai di daerah tersebut memang sangat rawan bahaya. Pengunjung hanya dapat memandangi keelokan pantai dari daratan sambil sekedar membasahi kaki dengan deburan ombak. Namun, hal demikian berbeda dengan Pantai Kukup.

Pasalnya, pantai ini memiliki ambang batas pantai yang cukup luas. Dengan kondisi demikian, pengunjung bisa melihat biota laut secara langsung daripada hanya memandanginya dari jauh saja. Para wisatawan juga diperbolehkan menyelam, berendam, dan berenang selagi memperhatikan peraturan yang ada.

Air laut yang sangat jernih dan keberagaman biota yang memukau dapat dijadikan sebagai lahan kegiatan snorkeling. Tentunya kegiatan ini bisa Anda lakukan saat keadaan pantai cukup surut. Pihak pengelola dan penjaga pantai akan selalu berupaya memperhatikan keselamatan para pengunjungnya, apalagi saat melakukan snorkeling.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Kukup

Alamat Pantai Kukup
Image Credit: Facebook.com @PantaiKukup

Pantai Kukup berlokasi di JL. Pantai Selatan Jawa, Gunung Kidul, Kota Yogyakarta. Jika dari arah pusat Kota Yogyakarta, pantai ini berjarak kurang lebih 62 km. Pengunjung bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam menuju lokasi pantai ini, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan umum.

Teruntuk Anda yang berkeinginan menghabiskan waktu berlibur, disarankan untuk menempuh perjalanan menuju pantai menggunakan kendaraan pribadi. Transportasi umum memang ada di daerah tersebut, sayangnya masih sedikit kendaraan umum yang melintas di sekitar lokasi wisata pantai ini.

Adapun rute perjalanan dari arah Yogyakarta dimulai dari pengambilan arah menuju ringroad timur dan selatan. Kemudian ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan ke Kota Wonosari dan terminal Giwangan. Saat Anda sudah sampai di perempatan kedua setelah terminal Giwangan, jangan lupa untuk belok kiri untuk bisa sampai ke jalan menuju Pantai Baron dan Ngobaran.

Saat sudah memasuki kawasan Pantai Baron dan Ngobaran, beloklah ke kiri dan ikutilah jalan menuju Baron Beach. Sesampainya di Pantai Baron Anda akan menemukan pos retribusi. Dari sana, lanjutkan perjalanan lurus sampai menemukan plang yang menunjukkan lokasi Pantai Kukup dan menandakan perjalanan Anda sudah sampai tujuan.

Alternatif kedua selain Yogyakarta adalah melalui Solo. Mula mula, Anda perlu mengikuti arah menuju ke Candi Prambanan. Setelah melewati candi tersebut Anda akan menemukan sebuah pertigaan. Beloklah ke kanan dan lanjutkan perjalanan hingga menuju arah Pantai Baron dan Pantai Ngobaran. Lalu Anda tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke Pantai Kukup.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Kukup
Image Credit: Wisatapositive.com

Untuk bisa berlibur ke pantai indah Kukup, Anda tidak membutuhkan banyak biaya yang menekan. Hal ini dikarenakan, Pantai Kukup masih tergolong wisata bahari yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Sesampainya di pos retribusi, Anda akan dimintai biaya tiket masuk yang sangat terjangkau yakni sebesar Rp 10 ribuan saja.

Dengan biaya retribusi terjangkau, Anda sudah bisa memasuki beberapa pantai sekaligus yang berada di kawasan yang sama dengan Pantai Kukup. Selanjutnya, masih ada biaya lain yang perlu Anda siapkan yakni biaya parkir. Itupun Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Setelah membayar sejumlah biaya, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini dan sekitarnya sepuasnya. Jernihkan pikiran yang sudah lelah dengan hiruk pikuk kota dan mulailah menikmati titik demi titik keindahan yang tersaji di pantai ini. Berlibur di wisata alam ini akan membuat pikiran Anda jauh lebih tenang dan damai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kukup

Kegiatan Menarik di Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Pe PEL)

1. Melihat Pemandangan Laut Lepas dari Gardu Pandang

Gardu Pandang adalah ciri khas yang cukup menonjol dari Pantai Kukup. Gardu pandang berupa gazebo di tengah bukit karang dapat menjadi spot paling tepat untuk menyaksikan pemandangan laut lepas. Pengunjung yang ingin memandang laut lepas dari ketinggian bukit hanya perlu menyeberangi jembatan dan mendaki beberapa anak tangga.

Gardu pandang yang berada di Pulau Jumino juga dapat dijadikan sebagai spot menikmati sunset. Deburan ombak besar yang menghantam bebatuan di bawahnya memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang ada di sekitar bukit. Sebagai saran, Anda bisa mengunjungi gardu pandang saat pagi atau sore hari saat matahari tidak sedang panas panasnya.

2. Duduk Bersantai di Pesisir Pantai

Pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat bersantai berupa alas tikar dan penutup berupa payung untuk para wisatawan. Fasilitas ini bisa Anda manfaatkan untuk bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan pantai. Sambil bersantai, Anda bisa menikmati kelapa muda yang tentunya akan menyegarkan dahaga.

3. Bermain Air di Pinggir Pantai

Meski tergolong pantai selatan, Kukup memiliki ombak yang masih jinak sehingga aman jika Anda bermain air di pinggiran pantai bersama anak. Saat air laut mulai surut, Anda akan melihat berbagai biota laut di balik karang. Tak sedikit pengunjung berburu kerang, ikan kecil, dan biota laut lainnya saat air laut sudah mulai surut.

Kegiatan di Pantai Kukup
Image Credit: Google Maps (Sweety 13)

4. Berbelanja Souvenir

Untuk Anda yang ingin mencari souvenir atau buah tangan, di sekitar Pantai Kukup banyak penjual souvenir yang menjajakan ragam oleh oleh untuk bisa dibawa pulang. Ada pula pedagang yang menjual berbagai ikan hias dan ikan laut konsumsi yang juga bisa dibawa pulang dan dijadikan sebagai oleh oleh. Soal harga, tak perlu khawatir akan menguras dompet Anda.

5. Menikmati Kuliner Laut

Puas menikmati setiap pesona Pantai Kukup, Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi berbagai kuliner hasil laut yang begitu lezat. Mulai dari sajian menu ikan bakar, udang, kepiting, cumi, dan lain lain bisa Anda coba. Harganya pun sangat variatif dan yang terpenting tidak akan menguras isi dompet.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kukup Gunung Kidul

Fasiliatas Pantai Kukup Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (Warso Wrs)

Pantai Kukup adalah salah satu wisata bahari yang cukup terkenal. Hal ini bisa dilihat dari ketersediaan fasilitasnya yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas di lokasi tersebut mulai dari toilet, warung makan, area parkir luas, tempat bersantai, mushola, hingga penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget.

Dengan daya tarik dan fasilitas yang memadai, menjadikan pantai ini layak dikunjungi untuk mengisi waktu liburan. Tak heran, pantai cantik di Gunung Kidul ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara hanya untuk menyaksikan sendiri keindahannya. Pengunjung akan dibuat betah saat menghabiskan liburannya di pantai yang penuh dengan pesona ini.

Bagi Anda yang akan berlibur ke wisata bahari Kukup Gunung Kidul, jangan lupa membawa serta kamera untuk memotret keindahannya mengingat tidak adanya persewaan kamera di sana. Setiap sisi pantai menawarkan sejuta keindahan yang sanggup membuat mata terpesona. Abadikan setiap momen di lokasi tersebut sebagai kenang kenangan kunjungan ke Pantai Kukup.

Yogyakarta merupakan daerah yang punya banyak keindahan di dalamnya. Baik dalam segi kebudayaan maupun sektor pariwisatanya. Jika berbicara mengenai sektor wisata, Jogja punya beragam destinasi wisata alam yang sangat eksotis. Salah satunya adalah Pantai Kukup yang merupakan Tanah Lot versi Gunung Kidul. Pantai ini menawarkan keindahan yang layak dieksplorasi.