Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Belik, Brengkok, Kec. Brondong, Kab. Lamongan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai masih menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini karena pesonanya yang memang memiliki daya pikat tersendiri bagi pelancong. Bagi anda yang sedang berlibur ke Lamongan, tentu saja Wisata Bahari Lamongan atau WBL menjadi tempat wisata yang sudah tidak asing.

Namun, siapa sangka jika di sekitar WBL terdapat destinasi menarik lain yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Adapun wisata tersebut adalah Pantai Kutang yang indah dan unik. Jika anda penasaran dengan pantai yang ada di Lamongan ini, berikut akan dibahas daya tarik dan kegiatan yang bisa anda lakukan disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kutang

Daya Tarik Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Ahmad hikam Al kahfi

1. Asal Usul dari Nama Pantai

Jika anda mendengar namanya sendiri tentu saja akan membuat tertawa. Sebab, kutang sendiri diartikan sebagai pakaian dalam bagi masyarakat Jawa. Namun sebenarnya terdapat mitos unik di balik penamaan pantai ini. Dulunya sebelum menjadi tempat wisata terkenal, tempat ini memang kerap kali dijadikan sebagai lokasi tempat muda dan mudi berkumpul.

Dan anehnya lagi, ketika mereka telah meninggalkan tempat tersebut, ada pula pakaian dalam yang tertinggal. Bahkan warga pun kerap kali menemukan pakaian dalam yang tersangkut di pohon mangrove atau tergeletak di pantai. Sehingga dengan banyaknya temuan tersebut, pantai ini pun diberi nama Pantai Kutang. Meskipun namanya cukup aneh, justru hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Adanya Mangrove di Sekitar Pantai

Daya tarik berikutnya yang memikat wisatawan untuk berkunjung ke pantai indah ini adalah adanya mangrove yang berada di sekitar pantai. Ketika memasuki kawasan wisata ini, anda pun akan dimanjakan dengan pohon mangrove yang tumbuh besar. Dengan adanya objek satu ini tentu saja akan menjadi spot foto yang tidak kalah menarik bagi wisatawan.

Bahkan banyak pengunjung yang mengabadikan momen untuk berfoto dengan latar belakang pohon mangrove yang tumbuh lebat di area pantai ini. Dengan adanya tanaman mangrove tersebut, akan menjadikan Pantai Kutang terlihat lebih hijau. Tentu saja, akan membuat pengunjung semakin betah menghabiskan waktu disini.

3. Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Selain memiliki hutan mangrove, pemandangan yang ada di Pantai kutang ini juga tidak boleh untuk anda abaikan begitu saja. Sebab, pantai yang eksotis ini memang memiliki banyak keistimewaan, antara lain adalah ombaknya yang tidak besar. Sehingga anda pun tidak perlu khawatir ketika ingin bermain pasir di tepi pantai.

Ditambah lagi ketika air sedang surut, maka anda pun akan langsung disuguhkan dengan batu karang yang ada di sekitar pantai. Air lautnya yang berwarna biru pun akan sangat memanjakan mata. Menghabiskan waktu di Pantai kutang selama akhir pekan tentu saja akan mampu sebagai salah satu cara untuk healing dan melepas penat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Taufik Adi Wijaya

Pantai Kutang berada di Kabupaten Lamongan, Jawa timur. Dimana daerah ini memang berbatasan langsung dengan Laut Jawa sebelah utara, Kabupaten Jombang dan Mojokerto di sebelah selatan, Kabupaten Gresik di sebelah timur dan juga Kabupaten Bojonegoro di sebelah Barat.

Sehingga bagi anda yang berada di luar Lamongan pun bisa dengan mudah untuk mengunjungi wisata bahari ini lantaran lokasinya yang berdekatan dengan wilayah kabupaten lain yang ada di Jawa Timur. Pantai yang indah ini berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Rute menuju ke lokasi tempat wisata pantai ini pun sebenarnya terbilang cukup mudah dan gampang diakses. Apabila anda berangkat dari pusat kota Lamongan, maka anda pun bisa menempuh jarak yakni kurang lebih 59 km. dengan jarak tersebut, anda akan melakukan sekitar 1.5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Kutang

Harga Tiket Masuk Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Noer Nasikhin

Bagi anda yang sedang berada di Lamongan dan mencari wisata dengan harga yang terjangkau, maka Pantai Kutang dapat menjadi destinasi yang pas untuk anda kunjungi. Sebab, harga tiket masuk pantai ini pun sangat ramah di kantong. Anda hanya perlu untuk mengeluarkan kocek yakni sekitar 3 ribu rupiah saja per orang saat memasuki wisata bahari ini.

Selain itu, bagi anda yang mengendarai kendaraan pribadi, maka anda juga akan dikenakan biaya tambahan yakni berupa biaya retribusi parkir. Perlu anda tahu, harga tiket masuk dan parkir ini juga bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun jam operasional dari Pantai Kutang sendiri buka selama 24 jam penuh. Sehingga anda pun bebas datang kapan saja yang anda inginkan. Ditambah lagi, pantai indah ini juga buka setiap hari. Namun, untuk anda yang ingin datang ketika kondisi pantai tenang, lebih baik anda menghindari untuk datang kesini ketika akhir pekan tiba. Sebab, ketika weekend pengunjung yang datang akan cukup ramai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kutang

Kegiatan Menarik Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Ahmad Triyo Laksono

1. Melihat Indahnya Sunset

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa anda eksplore saat berada di Pantai Kutang. Salah satunya adalah melihat indahnya matahari terbenam. Pesona sunset yang ada di pantai ini memang bisa membius siapa saja yang datang untuk melihatnya. Oleh karena itu, jangan sampai anda melewatkan fenomena yang eksotis ini ketika berada di salah satu pantai Lamongan ini.

Untuk itu, waktu terbaik saat berkunjung ke pantai ini agar anda bisa melihat indahnya sunset adalah ketika sore hari. Ketika senja tiba, anda pun sebaiknya jangan buru buru beranjak. Sebab, sebentar lagi anda pun akan disuguhkan dengan keindahan pesona matahari terbenam yang luar biasa indahnya.

2. Hunting Foto

Pantai Kutang merupakan salah satu destinasi wisata yang terbilang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Oleh karenanya, anda pun akan lebih puas untuk menghabiskan waktu di tempat ini ketika liburan. Jangan lupa, anda pun bisa mengabadikan kenangan indah dan memori di pantai ini dalam bidikan kamera.

Pasalnya, saat berlibur ke pantai yang ada di Lamongan ini, anda pun akan bisa menemukan banyak spot menarik yang pas digunakan untuk berfoto. Hal ini tentu saja akan membuat anda yang tertarik di dunia fotografi sangat senang mengambil gambar disini. Anda pun bisa menjelajah sudut yang terbaik untuk mengeksplorasi tempat tempat seru yang digunakan untuk hunting foto.

3. Menjelajah Pantai

Karena lokasinya yang tergolong masih sepi, anda juga bisa untuk menjelajah Pantai Kutang dengan lebih leluasa. Hal ini lantaran belum banyak wisatawan yang datang berkunjung. Sehingga, anda pun akan bisa untuk mengeksplor keadaan pantai dan sekitarnya. Anda bisa berjalan jalan sembari menjernihkan pikiran ketika berada di lokasi pantai yang indah ini.

Untuk itu, anda pun jangan melewatkan kesempatan untuk menjelajahi setiap sudut yang ada di sekitar pantai. Bagi anda yang memang ingin untuk berkunjung ke pantai yang masih jarang terjamah oleh pengunjung dan ingin mengeksplor yang ada di sekitarnya, tentu saja pantai yang ada di Lamongan ini adalah pilihan yang tepat.

Kegiatan Menarik di Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Ahmad hikam Al kahfi

4. Berenang

Aktivitas berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu selama berada di Pantai Kutang adalah berenang. Disini, anda pun bisa dengan bebas berenang di tepi pantai karena ombak yang ada di pantai ini pun relatif tenang. Sehingga, anda bisa mengajak si kecil untuk berendam di pinggir pantai.

Akan tetapi, anda pun jangan sampai lengah apabila membawa si kecil bermain di pantai ini. Sebab, pengawasan orang tua tetap menjadi hal utama yang perlu untuk anda perhatikan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berenang bersama si kecil di pinggir pantai, maka anda pun jangan sampai melepas pandangan dari sang buah hati.

5. Bermain Berbagai Wahana Air

Apabila anda berkunjung bersama teman ataupun keluarga besar, dijamin mengunjungi Pantai Kutang tidak akan membuat anda menjadi bosan. Hal ini lantaran, anda pun bisa mencoba berbagai wahana air seru yang bisa anda mainkan disini. Ada beberapa yang bisa anda coba. Sebut saja seperti banana boat dan jet sky.

Selain itu, bagi anda yang doyan bermain cano juga bisa untuk mencoba aktivitas tersebut saat berada di pantai. Dengan berbagai permainan seru yang bisa anda temukan disini, dijamin anda pun tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu di salah satu pantai yang ada di ujung utara Pulau Jawa ini.

6. Bersepeda

Bagi anda yang ingin mencoba aktivitas berbeda ketika berada di Pantai Kutang, maka anda pun bisa mencoba untuk bersepeda. Disini, anda pun bisa membawa sepeda dari rumah dan menjelajah pantai tanpa takut lelah. Selain itu, bersepeda di pasir yang masih putih ini juga memiliki keseruan tersendiri.

Ditemani dengan suara deburan ombak yang tenang, suasana pantai yang eksotis dan birunya air laut akan membuat anda lebih tenang dan rileks ketika berolahraga. Oleh karena itu, untuk anda yang memiliki hobi bersepeda, tidak ada salahnya untuk melakukan aktivitas tersebut di Pantai Kutang sekaligus melepas penat dan healing.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps Maulidya Anggun

Pantai yang ada di Lamongan ini memang belum memiliki fasilitas yang selengkap pantai lainnya. Akan tetapi, beberapa fasilitas inti yang telah dimiliki oleh pantai tersebut memang telah cukup untuk menunjang kegiatan wisatawan. Salah satunya adalah tersedianya lahan parkir yang terbilang cukup untuk memarkirkan kendaraan.

Meskipun bukan lahan parkir yang luas, lantaran wisata yang apik ini memang belum terlalu terjamah oleh pengunjung. Sehingga untuk pengelolaannya pun terbilang belum banyak. Adapun lahan parkir yang digunakan merupakan lahan swadaya dari masyarakat yakni halaman rumah warga.

Namun, anda pun masih tetap bisa untuk menemukan toilet umum yang kerap kali digunakan oleh wisatawan yang ingin mandi maupun berganti pakaian selepas berwisata atau berenang di pantai. Jika perut anda keroncongan, tidak perlu khawatir karena terdapat warung warung berjejer di sepanjang pantai yang siap anda pilih untuk bersantap.

Akan tetapi sayang sekali apabila anda ingin menikmati pantai ini dalam waktu yang cukup lama. Sebab, masih belum tersedia penginapan di sekitar Pantai Kutang. Hal ini lantaran pantai tersebut memang tergolong baru dan masih belum tersentuh pemerintah Desa setempat ataupun pemerintah Kabupaten Lamongan.