Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Kuwaru memberi pesona yang sedikit berbeda dengan wisata pada umumnya. Perbedaan itu dapat dilihat dari warna pasir yang membentang di area. Pasir lembut tersebut tampak hitam dengan beberapa batu kecil. Gulungan ombak yang mengarah ke pasir membuat panorama alam semakin terlihat menonjol.

Wisata hits ini biasanya sering disewa untuk pemotretan tertentu karena menawarkan latar yang indah. Traveller yang pergi kesana tidak pernah lupa dalam menyiapkan kamera atau ponsel. Disana memang banyak sekali obyek yang telah memberi keunikan tersendiri.

Anda yang liburan bersama orang terdekat wajib melipir ke spot kanan dan kiri Pantai. Temukan pula seafood yang banyak berjejer pada warung milik pedagang. Apalagi biota yang hidup di dalam laut termasuk banyak dan beragam. Jadi selama liburan ke Pantai Kuwaru pelancong akan betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuwaru

Daya Tarik Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Wawan B

1. Pasir Eksotis

Pantai Kuwaru berbeda dengan destinasi lain karena pasir yang dimiliki berwarna hitam eksotis. Meskipun tidak putih, pasir ini mempunyai kelembutan serta kebersihan. Hamparan pasir dilewati gulungan ombak yang tampak cukup deras. Para tamu bisa menginjakkan kaki pada pasir eksotis serta melakukan kegiatan sesuai keinginan seperti layang-layang dan voli.

2. Pohon Cemara

Destinasi bahari ini memang dikenal sebagai Pantai yang rindang karena banyak pohon cemara. Pengelola sudah menanam cemara udang di setiap pesisir untuk tempat berteduh.

Selain itu traveller dapat merasakan angin yang sejuk dari pohon cemara. Jadi ketika datang ke Pantai Kuwaru, Anda bisa melihat pohon cemara udang yang telah berjejer cukup banyak di sekitar.

3. Tempat Foto

Pantai Kuwaru sudah sering dijadikan sebagai spot foto prewedding karena memang cantik. Pengunjung yang telah berlibur bisa menuju spot kapal nelayan serta pohon cemara untuk hunting. Obyek dari pasir eksotis juga dapat menjadi potret yang menjadi ciri khas pantai tersebut. Sehingga kamera yang telah dibawa akan mendapat hasil foto yang banyak serta berbeda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Wawan B

Keberadaan Pantai Kuwaru ada di Desa Kawaru, Bantul, Yogyakarta. Sebenarnya sudah banyak yang tahu mengenai lokasi dari Pantai hits ini. Tempat estetik dengan ciri khas berbeda itu memang kerap dikunjungi oleh rombongan dari luar kota. Trek yang bisa dilintasi dari poros kota hingga desa sudah diberi rute yang mudah dilihat semua orang.

Jogja menjadi pusat lokasi utama yang harus dilalui oleh pengendara. Mulai dari kota itu, pelancong dapat melipir ke Jalan Sultan Agung yang terlihat strategis. Lalu masuk area Jalan Brigjend Katamso serta lurus sampai Jalan Parangtritis. Setelah dari sana para tamu bisa langsung menuju Jalan Samas, rute selanjutnya dapat ditemui pada kawasan desa Pantai.

Waktu yang ditempuh 1 jam dari kota Jogja dan pilih kendaraan sesuka hati. Namun, travel serta angkutan umum telah banyak tersebar ke arah objek wisata. Berkendara sambil menghirup semilir angin telah menjadi kesenangan tersendiri. Maka dari itu, Anda disarankan pergi ke Pantai sejak pagi supaya puas dalam menikmati setiap sudut keindahannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuwaru

Harga Tiket Masuk Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps wongreogHD channel

Pantai Kuwaru menyuguhkan keindahan obyek wisata yang membuat hati merasa senang. Anak-anak dan dewasa ditarik tiket dengan harga yang sama sebesar Rp 5.000. Tiket masuk diketahui berlaku selama jam wisata buka mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. Biaya tiket memang termasuk aman di kantong dengan penawaran lahan Pantai yang cantik.

Ombak dari Pantai itu diketahui cukup deras sehingga para tamu tidak boleh berenang. Pada pesisir pun tidak ada sewa permainan air, biaya liburan kesana memang tidak menguras kantong. Tetapi Anda dapat menjumpai sebagian perahu yang telah disewakan. Harga dari perahu bervariasi biasanya mulai dari Rp 20.000, Anda bisa langsung tanya ke petugas.

Kuliner yang dapat dibeli dijamin murah dengan cita rasa yang lezat. Siapkan biaya mulai Rp 10.000 jika Anda ingin membeli makanan instan. Lalu budget lain bisa disiapkan untuk parkir yang telah disediakan pada lahan yang dapat dicari secara mudah. Setiap hari harga parkir diperkirakan Rp 3.000 khusus motor serta Rp 5.000 yang berlaku untuk mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kuwaru

Kegiatan Menarik Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps Ana Diyana

1. Berburu Cinderamata

Sepanjang pesisir Pantai Kuwaru tampak beberapa penjual cinderamata yang sering diburu oleh pengunjung. Terdapat oleh-oleh berupa kaos, tulisan dari kayu, hingga hiasan kerang. Cinderamata banyak yang menggambarkan biota laut. Anda dapat berburu buah tangan dengan memilih cinderamata yang berbeda.

2. Menyewa Perahu

Sebagian perahu yang telah disewakan untuk wisatawan memang menarik perhatian. Apalagi ada pilihan perahu yang kecil hingga besar dengan kisaran harga tertentu. Perahu ini telah dilengkapi dengan pelampung demi menjaga keamanan para tamu. Anda juga akan ditemani petugas selama memilih sewa perahu tersebut supaya bisa menelusuri Pantai.

3. Membeli Seafood

Pantai Kuwaru dikenal sebagai destinasi yang menawarkan seafood cukup banyak. Biota yang ada di dalam laut memang tidak terhitung jumlahnya. Ikan goreng, udang, kepiting, dan masih banyak seafood yang sudah dijual pada pinggir Pantai. Rasa dari seafood memang berbeda karena memakai bumbu khas dan traveller juga boleh membeli ikan yang mentah.

4. Camping di Pantai Kuwaru

Pesisir pantai diketahui mempunyai pasir yang unik dan eksotis. Pasir dari Pantai itu kerap dipakai pelancong yang sudah membawa tenda dari rumah. Camping di area Pantai memang tidak pernah mengecewakan karena traveller dapat mendengarkan suara ombak lebih lama. Selain itu Anda juga bisa menikmati sunrise hingga sunset selama menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Kuwaru
Image Credit: Google Maps deny zaniar noor

Pantai Kuwaru memberi penawaran fasilitas yang memudahkan tamu untuk melakukan segala aktivitas ketika disana. Sewa perahu sudah ada di pesisir dengan pilihan ukuran yang berbeda dan dilengkapi pelampung. Pada bagian pasir ada tempat sewa ATV untuk dewasa serta anak-anak. Namun, belum ada toko sewa permainan air karena tidak boleh berenang.

Pusat makanan telah berjejer rapi di sepanjang destinasi dengan menu andalan seafood. Para tamu dapat menikmati seafood sambil memilih kursi yang ada di warung. Mushola memang tidak begitu besar, tetapi memadai jika dipakai beribadah. Kawasan dekat loket masuk memberi fasilitas tempat parkir kendaraan khusus pengunjung wisata.

Pantai cantik ini juga menyediakan tempat berburu cinderamata yang begitu lengkap serta bervariasi. Kerajinan khas dengan logo tulisan Pantai membuat tamu senang saat membeli buah tangan. Gazebo yang dilengkapi tempat duduk serta atap begitu nyaman dipakai. Fasilitas kamar mandi juga diberikan pengelola pada setiap pojok Pantai.

Itulah sekilas uraian Pantai Kuwaru yang mampu memanjakan mata para pelancong. Ombak yang cukup besar dengan pasir eksotis memang sudah menjadi ciri khas dari destinasi. Wisatawan boleh bermain apa saja kecuali berenang karena sangat bahaya. Pastikan pula mencoba olahan seafood dan mengajak keluarga berkeliling mencari tempat foto estetik.

REKOMENDASI DESTINASI