Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krambil Sawit, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Indonesia terkenal atas keindahan alamnya yang memukau, sehingga banyak destinasi wisatanya menawarkan pemandangan alam. Salah satu spot wisata yang populer di kalangan masyarakat adalah pantai. Hamparan laut yang biru dan harga tiket yang terjangkau menjadi alasan mengapa destinasi tersebut sangat populer.

Dari berbagai lokasi yang ada, Pantai Mbirit menjadi spot yang banyak direkomendasikan. Lokasinya berada di Gunung Kidul, Jogja, sehingga cocok untuk anda masukkan list destinasi pilihan. Pantai tersebut menyandang gelar surge kecil karena panoramanya yang indah. Pesonanya bisa mengobati rasa lelah setelah anda menempuh perjalanan jauh ke Gunung Kidul.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mbirit

Daya Tarik Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Willy Heramus

1. Pemandangan yang Eksotis

Daya tarik utama yang membuat pantai ini terlihat istimewa adalah pemandangannya yang eksotis. Saking indahnya pemandangan disana, pantai tersebut memiliki julukan sebagai hidden heaven. Warna lautnya yang biru terlihat cantik bersanding dengan perbukitan hijau di sekelilingnya. Pasir yang putih ikut mempercantik landscape pantai.

Sejatinya tidak sulit menjadi spot wisata pantai dengan pemandangan eksotis. Namun jika dibandingkan dengan pantai lain, maka keindahan Pantai Mbirit memberikan pancaran yang berbeda. Suasananya tenang namun juga tidak membosankan. Saking indahnya pemandangan disana, banyak wisatawan yang memutuskan untuk camping.

2. Bentang Pantai yang Unik

Bentang pantai yang unik membuat wisatawan tidak ada hentinya berkunjung ke Pantai Mbirit. Di sekeliling pantai banyak sekali batu karang jumbo yang menjulang tinggi. Nuansa pantai juga terasa seperti private beach karena diapit oleh dua tebing besar. oleh karena itu, spot tersebut tidak memiliki ombak yang besar sehingga lebih aman dibandingkan dengan pantai terbuka.

Bentang alam berupa pantai yang diapit tebing besar tidak mudah untuk ditemukan. Wisatawan selalu dibuat penasaran untuk melihat pantai kecil yang indah secara langsung. Destinasi tersebut sangat cocok untuk bersantai dan bermain bersama dengan keluarga. Anda bisa membawa anak anak untuk bermain pasir dan berendam.

3. Lokasi yang Pasu Camping

Kemah atau camping di tepi pantai merupakan aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di Pantai Mbirit. Anda tidak perlu khawatir, karena wanita tidak memiliki ombak yang besar. anginnya juga semilir sheingga aman untuk membuka tenda. Luas daratannya juga cukup untuk menjadi spot mendirikan beberapa kelompok tenda.

4. Lokasi Trekking Pemula

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa pantai diapit oleh dua tebing besar, anda bisa menggunakan bukit tersebut sebagai spot tracking. Sesampainya di atas, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto. Pemandangan di atas sana tidak akan membuat anda kecewa. Bahkan rasa lelah bisa hilang seketika hanya dengan duduk dan merasakan hembusan angin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Willy Heramus

Rute untuk sampai ke Pantai Mbirit tidak sulit untuk dilalui. Destinasi ini juga popular sehingga mudah anda cari di internet. Adapun lokasi dari pantai tersebut adalah di Desa Krambil Sawit, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Mereka masuk dalam kawasan kecamatan saptosari. Anda bisa menggunakan berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil untuk sampai ke sana.

Jika saat ini anda berada di pusat kota jogja, maka perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 55 km. rata rata perjalanan yang dilalui wisatawan adalah 1 hingga 1,5 jam. Itu semua tergantung kecepatan kendaraan dan lalu lintas yang anda lewati. Ada beberapa rute yang bisa anda gunakan yaitu namun yang paling mudah adalah mengikuti rute Jl. Raya Solo-Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit

Harga Tiket Masuk Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Rhefida Muthia Ghadati

Kebanyakan destinasi wisata pantai di Indonesia memiliki harga tiket yang terjangkau. Bahkan ada beberapa diantara mereka yang gratis dan terbuka untuk umum. Namun untuk Pantai Mbirit, ada biaya tiket yang perlu anda bayarkan, yaitu sebesar Rp 5.000,-. Namun ketentuan terkait dengan harga in ibis berubah, tergantung kebijakan pengelola.

Sedangkan informasi terkait dengan jam buka belum bisa ditemukan. Namun tampaknya pantai buka 24 jam mengingat banyak wisatawan yang camping. Kendati demikian, ada baiknya jika anda berkunjung di pagi atau sore hari, pasalnya datang di malam hari tidak bisa menikmati pemandangan secara maksimal. Udara di pagi dan sore juga tidak terlalu menyengat seperti di siang hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mbirit

Kegiatan Menarik Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Rhefida Muthia Ghadati

1. Menikmati Pemandangan

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan di Pantai Mbirit adalah menikmati pemandangan dan duduk santai di tepi pantai. Meskipun sederhana, hal tersebut menjadi kegiatan yang mengasyikkan, terlebih di saat sunset. Anda bisa melihat bagaimana air yang biru tiba tiba menjadi jingga karena pantulan langit yang oranye. Nuansa tersebut terasa romantic dan layak diabadikan.

2. Camping di Pantai Mbirit

Berkemah di tepi pantai merupakan kegiatan yang menarik, apalagi jika dilakukan bersama sama dengan keluarga atau teman. Anda bisa membangin tenda di kawasan antai karena spot nya yang berombak tenang dan tidak terlalu berangin. Banyak anak muda yang melakukan hal tersebut, sehingga anda juga bisa bergabung dan bersenang senang bersama.

Kegiatan Menarik di Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Willy Heramus

3. Trekking

Trekking di bukit sekitar pantai memberikan rasa yang berbeda dengan Trekking di kawasan hutan. Menurut sebagian orang, aktivitas tersebut lebih menyenangkan karena medan yang menanjak. Kendati demikian, sebagian dari mereka juga mengatakan bahwa Trekking di bukit justru lebih mudah karena jalan yang tidak terlalu berlumpur dibandingkan dengan hutan yang lembab.

Melihat dua pendapat ini, anda baiknya jika anda membuktikannya sendri dengan datang ke Pantai Mbirit. Anda rasakan bagaimana seru nya trekking di bukit yang menghadap pantai. Sesampainya di atas, jangan lupa untuk mengabadikan nya di dalam sebuah foto. Ambil beberapa waktu untuk duduk tenang dan merasakan angin yang berhembus.

4. Bermain Pasir

Permainan yang biasa dilakukan di pantai ada permainan pasir. Anda bis amembawa cetakan pasir dari rumah dan menggunakannya bersama dengan anak anak. Air ombak yang tenang membuat si kecil bisa bermain di tepi pantai yang nyaman ini. Kendati demikian, anda tetap harus mengawasi mereka dengan baik agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Anda tidak perlu khawatir masalah baju, karena di sekitar pantai sudah ada tolet yang bisa anda gunakan untuk berganti pakaian. Yang namanya bermain pasir pasti membuat baju menjadi kotor. Oleh karena itu, bersihkan diri terlebih dahulu sebelum meninggalkan lokasi Pantai Mbirit agar mobil tidak berpasir dan anda juga merasa lebih nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mbirit
Image Credit: Google Maps Willy Heramus

1. Lahan camping

Mengingat aktivitas camping cukup banyak diminati wisatawan, ternyata ada sebiah lokais yang bisa digunakan untuk membantun tenda. Spot tersebut sudah biasa dipakai sehingga anda tidak perlu merasa canggung. Lokasinya berada di antara dua bukit yang mengapit pantai. Ombak dan anginnya sangat bersahabat sehingga tenda bisa berdiri dengan tegak.

2. Tempat Parkir

Anda bisa datang ke Pantai Mbirit dengan berbagai kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil. Beberapa Tahun yang lalu, kabarnya jalur ke pantai belum terlalu bagus. Namun ada kemungkinan bahwa jalurnya sudah diperbaiki mengingat destinasi ini sudah semakin terkenal. Anda bisa meninggalkan kendaraan dengan nyaman karena sudah ada tempat parkir khusus yang bisa digunakan.

3. Toilet Umum

Yang namanya destinasi wisata pasti ada yang namanya toilet. Gfasiliat strebsut oenting, apalagi untuk lokasi wisata berupa pantai. Anda bisa menggunakan toilet itu untuk membersihkan diri sesudah bermain air. Biaya untuk menggunakan toilet hanya mulai dari 2 ribu rupiah. Dana tersebut digunakan untuk uang kebersihan bagi pengelola.

Hingga saat ini, Pantai Mbirit masih menjadi destinasi panas yang sering dibicarakan wisatawan. Pemandangan yang indah menjadi daya tarik utamanya, selain itu, mereka memiliki harga tiket yang terjangkau. Dairpada penasaran, anda perlu datang dan melihatnya secara langsung. Tunggu apa lagi? Yuk rencanakan perjalanan anda sekarang!