Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul yang berada di Provinsi Yogyakarta, rasanya kurang puas jika Anda tidak menyempatkan untuk mampir di salah satu pantai yang ada di sana, yaitu Pantai Mbuluk. Pantai ini memang menjadi tempat yang saat ini tengah viral dan hits di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Ketika datang ke tempat tersebut saat hari libur, pengunjung yang bisa Anda temukan di sana berjumlah relatif banyak. Hal itu tentu tidak terlepas dari daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Gunung Kidul ini. Nuansa yang berbeda dari pantai-pantai lainnya juga merupakan salah satu alasan mengapa pantai tersebut sangat layak untuk dikunjungi.

Area pantai berpagar bukit dan memiliki banyak sekali pohon pandan di bagian tepiannya. Oleh karena keindahan dari Pantai Mbuluk, maka tidak sedikit pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk mereka foto prawedding. Di bagian atas bukit Anda akan menemukan sebuah penginapan yang memiliki gaya bangunan kuno dan sangat eyecathing.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mbuluk

Daya Tarik Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Fahmi Husein

1. Gua Karang

Daya tarik memukau pastinya bisa didapatkan oleh pengunjung ketika berada di Pantai Mbuluk. Suguhan yang mampu memanjakan mata dan paling menonjol dari pantai ini yaitu terdapat karang yang berjumlah dua buah dan mengapit area pantai. Karang ini secara alami membentuk tekstur menyerupai sebuah gua.

Pengunjung nantinya bisa memasuki area gua tersebut serta melakukan swafoto di dalam gua menggunakan background berupa langit dan air laut yang tampak begitu indah. Pantai Gunung Kidul ini memang masih terasa begitu alami, di mana keadaan sekitar sangat bersih dengan pasir putih bercahaya.

Sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri dari beragam aktivitas sehari-hari. Karena ketenangannya tersebutlah, maka Pantai Mbuluk seolah seperti pantai pribadi. Sangat cocok untuk dijadikan destinasi utama ketika ingin menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga, kerabat ataupun pasangan.

2. Keindahan Alam Pantai

Suasana pantai yang masih cenderung senang dan sedih merupakan nilai tambah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain kawasan Gunung Kidul. Pantai yang populer tersebut mempunyai garis pantai yang hanya kurang lebih sejauh 25 meter saja. Hal inilah yang akhirnya membedakan pantai tersebut dengan pantai-pantai lain.

Panorama alam yang terbentuk secara alami di pantai ini membuat pengunjung merasa betah dan tidak mau beranjak. Kombinasi keindahan alam yang ada di sana akan membuat pengalaman berlibur jadi semakin seru.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Ibzi Afra

3. Spot Foto Instagramable

Daya tarik berikutnya yang bisa ditemukan ketika berada di Pantai Mbulukt tersebut yaitu beragam spot foto yang instagramable. Spot foto instagramable memang menjadi ciri khas unik dari pantai ini, salah satunya yaitu jembatan kayu yang terdapat di bagian sisi tebing.

Jembatan itu sendiri menghubungkan antara pantai ini dengan Pantai Ngrawe. Tak jarang pengunjung yang datang ke sana menantikan momen ketika ombak menerjang jembatan, sehingga akan menciptakan efek yang begitu mengagumkan dari percikkan air.

Jembatan ini memang berada di area bibir pantai, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto favorit para pengunjung yang ke tempat tersebut. Untuk yang hobi dalam seni fotografi, maka mereka pastinya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berada di jembatan.

4. Penginapan di Atas Bukit

Seperti yang telah di singgung di atas, di Pantai Mbuluk terdapat penginapan yang sangat kecil sekali. Penginapan tersebut terbilang unik, hal itu dikarenakan bangunan dari penginapan dibuat dari bahan kayu seutuhnya. Tidak hanya itu saja, lokasi dari penginapan pun juga tak kalah membuat siapa saja jadi bersemangat.

Penginapan ini tepat berada di atas tebing sebuah bukit, sehingga jika Anda memutuskan untuk menginap di sana maka sangat memungkinkan bagi Anda menyaksikan pemandangan dari ketinggian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps subkhi kuncorojati

Anda yang tertarik mengunjungi Pantai Mbuluk, maka tak perlu membuang waktu lagi, segera meluncur ke Daerah Istimewa Jogjakarta, karena pantai ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi tepatnya yaitu berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, maka pantai ini memang masih terbilang sepi.

Berangkat dari pusat Yogyakarta Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam hingga akhirnya bisa tiba di Pantai Gunung Kidul. Akses untuk meluncur ke pantai memang terbilang sudah sangat baik. Karena itu, memungkinkan bagi pengunjung membawa kendaraan berupa motor atau mobil.

Beberapa jalur memang masih berupa jalanan berbatu, tapi meski begitu mayoritas jalan sudah sangat halus. Jika Anda masih bingung dengan rute maupun lokasinya, Anda bisa menggunakan bantuan arah dari Google Maps yang terpasang di perangkat smartphone Anda. Carilah rute terbaik dari fitur tersebut agar lebih memudahkan perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk

Alamat Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Budi Sutrisno

Untuk memasuki area Pantai Mbuluk yang saat ini tengah tren dan hits di Gunung Kidul tersebut, Anda perlu membayar biaya retribusi. Untuk harga tiket masuk memang masih terbilang cukup terjangkau. Hal itulah yang akhirnya membuat pantai ini sangat recommended untuk dikunjungi, dengan biaya masuknya yang ramah di kantong.

Nantinya Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 10.000 saja untuk tiap orang. Sedangkan untuk pengunjung anak-anak, pihak pengelola wisata tidak mengenakan biaya masuk.

Anda yang membawa mobil perlu membayar tarif parkir sebesar Rp 5.000. Untuk motor hanya sebesar Rp 2.000 dan bagi rombongan yang membawa bis, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 20.000. Tidak berbeda jauh seperti tempat wisata lain, pantai ini hampir di buka 24 jam. Karena itu, Anda bisa datang ke pantai tersebut kapan pun Anda mau.

Tapi umumnya mayoritas wisatawan akan memilih waktu-waktu tertentu agar memperoleh pemandangan indah. Waktu tersebut antara lain yaitu ketika pagi hari dan sore hari, supaya bisa menikmati sunrise dan sunset.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mbuluk

Kegiatan Menarik Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Martina Qodarsih

1. Bermain Air Laut

Tidak pas rasanya jika datang ke Pantai Mbuluk tanpa harus bermain dengan air laut. Untuk pengunjung yang sangat suka sekali bermain air, maka pantai tersebut memungkinkan untuk melakukan aktivitas ini. Sekalipun ombak di pantai cukup besar dan relatif berbahaya, namun dikarenakan adanya karang, kegiatan tersebut relatif aman untuk dilakukan.

Namun meski begitu jika Anda datang bersama dengan buah hati, maka jangan biarkan mereka untuk berenang. Terlebih lagi jika aktivitas tersebut dilakukan tanpa pengawasan dari Anda.

2. Nongkrong di Atas Tebing

Aktivitas berikutnya sangat cocok sekali bagi kaum muda milenial yang gemar nongkrong. Di Pantai hits ini terdapat kursi, meja dan juga Gazebo yang disediakan bagi siapa saja yang ingin nongkrong dan menghabiskan waktu melihat panorama alam sekitar.

Tempat nongkrong tersebut berada di area atas tebing dan untuk menuju ke sana Anda perlu menaiki sebuah tangga. Tapi perlu untuk diingat, untuk memasuki area tebing tersebut, pengunjung nantinya perlu membayar biaya sebesar Rp 3.000. Pemandangan yang tersaji dari atas tebing memang begitu mempesona dan cocok untuk dijadikan objek foto.

Kegiatan Menarik di Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Masna Luthfia Rahma

3. Mengunjungi Mercusuar

Anda dapat explore wilayah Pantai Mbuluk dan berjalan ke arah barat. Di sana nantinya Anda bisa menemukan sebuah mercusuar. Panorama pantai bisa dilihat dengan sempurna jika berada di atas mercusuar tersebut. Tak jarang wisatawan datang dan menjadikan mercusuar ini sebagai salah satu objek foto mereka.

Tidak hanya mercusuar saja, objek foto yang tak kalah instagramable bisa ditemukan yaitu terdapat sebuah kapal kecil yang dibuat dari bahan bambu. Replika dari kapal ini sangat pas sekali jika dijadikan background untuk berfoto. Keindahannya akan membuat halaman instagram Anda jadi lebih berwarna lagi.

4. Menangkap Ikan

Pohon pandan yang berbaris di area Pantai Mbuluk semakin membuat kesan asri dan keindahan dari pantai di Gunung Kidul ini tampak sempurna. Wisatawan nantinya dapat duduk santai di area bawah Pohon Pandan sambil lalu menyaksikan barisan Bukit Karst serta deburan ombak saling menggulung.

Bermain dengan ombak di lautan merupakan sesuatu yang tak boleh disia-siakan, karena pastinya ada hal menarik di sana. Ketika air surut, salah satu yang juga tidak bisa dilewatkan yaitu menangkap ikan. Ikan-ikan tersebut terjebak di area bebatuan karang, karena itu, sangat mudah untuk menangkap ikan beraneka ragam warna ini.

Tidak hanya ikan saja, jika beruntung Anda akan menemukan spesies laut lainnya. Seperti kepiting, udang atau undur-undur laut. Pastinya pengalaman tersebut tidak bisa didapatkan di semua pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mbuluk
Image Credit: Google Maps Mr_Paijo

Sekalipun terbilang baru, tempat wisata Pantai Mbuluk ini memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap dan memadai. Karena itu, berkunjung ke tempat tersebut nantinya beragam kegiatan akan ditunjang dengan sangat baik. Wajar saja jika pengunjung yang datang merasa betah dan rela berlama-lama berada di tempat ini.

Beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan musholla bisa ditemukan di sana. Selain itu, untuk yang ingin bermalam telah tersedia penginapan dengan gaya yang begitu unik berada di atas ketinggian Bukit Karst. Penikmat kuliner juga bisa menikmati aneka makanan khas daerah Gunung Kidul di warung yang tersedia.

Untuk yang hobi nongkrong telah disediakan gazebo serta cafe yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu sambil mengobrol. Tidak perlu mengkhawatirkan masalah area parkir, di sana juga telah dibuat area parkir yang luas dengan keamanan yang terjaga.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Mbuluk di Gunung Kidul, Yogyakarta. Cari referensi tempat wisata yang instagramable dan tenang, maka pantai inilah jawabannya. Tak perlu ragu lagi untuk segera meluncur ke pantai ini karena daya tarik yang membuat Anda betah berlama-lama di sana.