Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda lagi suntuk dengan berbagai kegiatan yang tak ada habisnya dan datang silih berganti? Kalau begitu, inilah solusinya. Pantai merupakan satu di antara sekian banyaknya destinasi wisata yang paling diinginkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terkhusus buat mahasiswa yang sangat ingin merasakan “vitamin sea”.

Lalu, apakah Anda mengenal daerah Gunung Kidul? Gunung Kidul ini ibaratnya seribu pantai, karena terdapat banyak pantai yang bisa Anda kunjungi di sana, bahkan cantik-cantik lagi mulai dari ujung kulon hingga ujung timur, dengan keindahan tersendiri. Rasanya, cuma di Gunung Kidul Anda dapat merasakan tempat wisata pantai yang berdamping-dampingan.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai, terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah DI Yogyakarta atau bahkan di sekitar Gunung Kidul, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Pantai Mesra. Air yang jernih dan udara yang sejuk memberikan sensasi tersendiri bagi Anda sebagai pengunjung tempat wisata tersebut. Pantai eksotis yang satu ini dapat dibilang pantai muda karena baru dibuka pada 2 tahun yang lalu oleh seorang pengusaha dari sebuah semak belukar dan tebing-tebing pegunungan tandus. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai wisata Pantai Mesra.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mesra

Daya Tarik Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Ngrawe, baru dikatakan populer setelah diposting melalui media sosial. Keren banget bukan? Nah, pantai ini tidak kaleng-kaleng lho, karena memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan pantai lain pada umumnya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik khas dari pantai ini.

1. Deburan Ombak yang Menerpa Batu Karang

Tahukah Anda, bahwa seluruh area Pantai Mesra didominasi oleh pasir putih nan lembut dan batu karang. Bahkan di garis-garisnya pantai terdapat satu batu karang yang berukuran besar, sebagai maskot tersendiri dari pantai kece yang satu ini. Meskipun kawasan tersebut tidak terlalu luas dan dikelilingi berbagai bukit karang, tidak heran jika ombak lautnya terbilang tenang, sehingga akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi Anda untuk menikmati angin sepoi-sepoinya laut.

Namun, terkadang pantai Ngrawe/Mesra juga memiliki ombak yang lumayan besar. Ombak tersebut akan menerpa berbagai batu karang secara alami. Kemudian, ketika terjadi pasang, Anda tidak dapat melewati jalan dari Pantai Kukup menuju Pantai Ngrawe karena aksesnya tertutup air laut, sehingga Anda harus menunggu air surut terlebih dahulu.

2. Taman di Sekitar Pantai

Biasanya, ketika Anda mengunjungi pantai, identiknya Anda hanya akan bermain ombak, berenang, berselancar, atau sekadar menikmati sinar matahari terbit ataupun terbenam. Di kawasan pantai cantik ini, Anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa, karena terasa seperti suasana taman yang asri. Terdapat hamparan rumput hijau gajah mengelilingi barisan tanaman palem di balik rumpun pandan dan cemara yang ada di pantai. Selain itu, di sekitar pantai ataupun taman juga tersebar banyak bangku taman berwarna putih.

3. Tempat yang Strategis

Ternyata, lokasi Pantai Mesra ini berdekatan dengan dua pantai lainnya, yaitu Pantai Kukup dan Pantai Baron, di mana setiap pantai yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan, Anda bisa melewati Pantai Kukup sebelum sampai di Pantai Ngrawe. Rasanya satu kali liburan saja bisa mendapatkan pengalaman yang berlipat ganda karena mengunjungi lebih dari 1 pantai sekaligus.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps yusfrie virgianto

4. Kawasan yang Bersih

Kawasan wisata pantai ini masih terbilang baru, maka tak heran jika segala areanya masih sangat bersih dari sampah. Hal ini membuat pantai terlihat begitu cantik, indah, dan enak dipandang. Maka, ketika Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai keren yang satu ini, Anda dilarang mengotori dan merusak keindahannya dengan sampah, ya.

5. Spot foto yang Instagrammable

Anda merasa takjub melihat kawasan wisata yang sangat indah? Maka dari itu, mengapa Anda tidak mencoba untuk mengambil gambar ataupun video untuk disebarkan di media sosial Anda? Di kawasan Pantai Mesra tersebut terdapat banyak spot yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengambilan foto ataupun selfie ria, tentu saja hal itu tidak akan membuatmu merasa mati gaya di media sosial bukan? Selain itu, ternyata banyak calon pengantin yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat pemotretan prewedding juga, keren bukan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Kembang Turiii

Pantai Mesra merupakan pantai yang semoga membuat semua orang merasakan kemesraannya, terletak di daerah Pantai Kukup, Dusun Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Antara pantai kece tersebut dengan pusat Kota Yogyakarta berjarak 62 km, dan dari pusat kota Gunung Kidul kurang lebih sekitar 22 km yang dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju lokasi pantai ini adalah sekitar 1 jam 28 menit dengan kendaraan motor beroda dua atau 1 jam 30 menit dengan kendaraan mobil, jika perjalanan dimulai dari pusat Kota Yogyakarta. Meski terkadang jalan yang dilalui cukup naik-turun dan berkelok-kelok, Anda tidak perlu khawatir karena Anda sudah disediakan Google Maps di gadget masing-masing.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyambangi Pantai Mesra dengan pesona eksotis khasnya ini, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta melalui Imogiri dan kemudian diteruskan Wonosari, lalu diarahkan ke Panggang. Perjalanan dari Panggang terbilang cukup mudah karena Anda tinggal menyusuri Jalan Pantai Selatan, yang mana kemudian akan membawa Anda ke daerah Ngepung. Rute Ngepung ini merupakan rute tercepat untuk sampai ke kawasan pantai, di antara rute-rute lainnya.

Agar dapat memasuki Pantai Ngrawe/Mesra, Anda harus melalui gerbang retribusi Pantai Baron dan membeli tiket di sana. Setelah itu, cukup ikuti dan susuri jalan menuju Pantai Mbuluk. Kemudian, sesampainya di persimpangan, arahkan kendaraan Anda sesuai petunjuk arah ke pantai cantik ini. Setelah itu, selamat, Anda sudah sampai di tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps yusfrie virgianto

Untuk dapat menikmati pemandangan Pantai Mesra yang ada di ujung selatan DIY, Anda harus merogoh kocek kurang lebih 13 hingga 15 ribu rupiah, yang terdiri dari tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah serta biaya parkir 5 ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat dan biaya parkir 3 ribu rupiah untuk kendaraan beroda dua. Namun jangan khawatir, karena harga tersebut sangatlah terjangkau dan cocok bagi Anda yang mengalami kantong kering. Anda dapat membeli tiketnya di pintu retribusi Pantai Baron.

Selain itu, pantai eksotis yang satu ini buka selama 24 jam tanpa adanya batasan waktu buka-tutup. Namun, menariknya pedagang sekitar baru akan berdatangan sekitar jam 8 atau 9 pagi. Jadwal bukanya sepanjang waktu dapat membuat Anda dapat merasakan pengalaman liburan di pantai dengan lebih maksimal.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mesra

Kegiatan Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Nurhana Tri Utami

1. Bermain Air dan Pasir

Mungkin, aktivitas ini tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi pantai. Anda tetap dapat bermain air di tepi pantai serta bermain pasir karena hamparan pasir yang terbilang lembut tersebut. Namun, Anda harus tetap berhati-hati terutama ketika kondisi sedang pasang air laut, karena dapat membahayakan Anda.

2. Rekreasi

Jika Anda mendatangi tempat wisata pantai bersama keluarga tentu menjadi hal yang menyenangkan, karena terdapat banyak gazebo yang digunakan sebagai tempat beristirahat. Bangunannya itupun kokoh dan aman ditempati oleh banyak orang. Rasanya, pengalaman liburan dan piknik keluarga akan terasa semakin menyenangkan, ditambah lagi jika ditemani oleh debur ombak dan segarnya angin laut sepoi-sepoi di sekitar Anda. Selain itu Anda juga dapat sekaligus menikmati berbagai jenis makanan-minuman yang disediakan dari warung-warung makan yang ada.

Kegiatan Menarik di Pantai Mesra
Image Credit: Instagram Pantai Ngrawe/Mesra

3. Berfoto-foto ria

Tahukah Anda, bahwa Pantai Mesra memiliki banyak spot yang Instagrammable lho. Banyak anak muda yang sering berburu foto untuk media sosial mereka masing-masing, misalnya di depan laut, di hamparan pasir putih yang luas, di taman hijau, atau mungkin di depan papan nama Pantai Mesra, “Tak Rawat Lautku Koyo Ngrawat Bojoku”. Anda bisa sepuasnya mengambil foto dan video di tempat wisata keren yang satu ini. Asyik bukan?

Satu hal lagi, jika Anda menginginkan foto yang estetik namun tidak memiliki kamera, di kawasan pantai tersebut terdapat banyak tukang foto yang siap melayani kebutuhan Anda, biasanya harganya dimulai dari 10 ribu per 3 foto, bisa dalam bentuk soft file atau versi cetak, sesuka hati Anda.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Apakah Anda tidak pernah merasakan panorama matahari terbit dan matahari tenggelam? Jikalau demikian, kunjungilah pantai Mesra karena Anda akan mendapatkan momen terbaik untuk melihat indahnya matahari terbit atau kembali tenggelam. Jangan lupa untuk diabadikan momen tersebut, ya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mesra
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

Terkait fasilitas yang tersedia di tempat wisata, di Pantai Mesra sendiri terdapat lahan parkir, kios-kios dan warung, gazebo, penginapan, mushola, taman, tempat duduk, dan kamar mandi/toilet. Menariknya lagi, banyak pedagang yang tertarik untuk menjualkan makanan/minumannya di kawasan wisata, sehingga kurang lebih sekitar 25 kios makanan-minuman tersedia di kawasan ini, dan semuanya berkumpul di satu bangunan berbentuk Joglo.

Selain itu, bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar pantai, Anda dapat menyewa suatu penginapan keren bermodel cottage. Layaknya hotel, Anda akan mendapatkan fasilitas yang lengkap, restoran, dan kolam renang. Kemudian, di kawasan pantai tersebut juga terdapat berbagai tempat duduk yang telah disediakan oleh pengelola, sehingga Anda bisa bersantai menikmati hawa pantai sekaligus menyantap makanan dengan view yang menghadap ke laut.

Satu hal yang menarik, jika Anda tidak sendirian melainkan pergi bersama rekan-rekan Anda misalnya untuk urusan penting ataupun pekerjaan, Anda dapat menyewa ruang meeting untuk mendukung keperluan Anda. Sedangkan jika Anda hanya ingin sekedar singgah untuk sekadar menikmati pemandangan, maka Anda cukup menghamparkan tikar atau sesekali menceburkan diri di pantai. Anda bisa menyewa tikar di dalam sebuah gazebo seharga 30 ribu rupiah, sedangkan tenda duduk dapat disewa sebesar 15 ribu rupiah.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pantai Mesra yang menawan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagaimana, seru bukan? Pemandangan eksotis yang disajikan disertai harga tiket yang bersahabat di kantong Anda menjadikan pantai ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di pantai semesra hubungan Anda dengan doi?