Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karanggongso, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur, mempunyai sejumlah destinasi wisata bahari cantik yang patut untuk dikunjungi. Sejumlah nama pantai terkenal pun diketahui terdapat di daerah yang akrab disapa Kota Keripik Tempe tersebut. Sebut saja seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Prigi, dan Pantai Damas.

Selain ketiga pantai tersebut, ada satu lagi pantai elok yang bagaikan lukisan serpihan surga. Namanya Pantai Mutiara, yang termasuk kawasan laut selatan. Pantai cantik di Trenggalek ini dijamin akan membuat anda luluh dengan panoramanya. Karena sejauh mata memandang, anda akan disuguhi pada keindahan alam yang begitu rupawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mutiara

Daya Tarik Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Karika rayi

1. Keindahan Seperti Serpihan Surga

Daya tarik utama yang ditawarkan tidak lain adalah keindahan alamnya yang bagaikan serpihan surga. Dimana pantai pantai yang berada di ujung selatan pulau Jawa sendiri memang dikenal selalu berhasil memikat hati. Pun dengan Pantai Mutiara, yang sesuai dengan namanya.

Layaknya mutiara yang tersembunyi di kedalaman laut dan sedikit sulit menemukannya, namun sangat berharga. Pantai Mutiara juga memiliki letak di teluk yang cukup tersembunyi, akses jalan ke pantai pun tidak bisa dibilang mudah. Namun ketika anda sudah sampai di lokasi, rasanya persis seperti berjumpa dengan mutiara yang cantik dan indah.

Dimulai dari pantainya yang sangat bersih, anda akan disambut dengan hamparan pasir yang bebas dari sampah. Tidak hanya bersih, hamparan pasir putih di bibir pantai ini juga sangat lembut. Sehingga tetap terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kaki telanjang. Terlebih air laut berwarna kebiruan jernih yang berpadu dengan warna putih pasir pantai, membuat siapapun betah berlama lama.

2. Ombak Bersahabat

Pantai Mutiara berada di salah satu sudut teluk kawasan Prigi. Yang mana di sepanjang teluk tersebut memang terdapat sejumlah pantai populer di daerah Trenggalek. Seperti Pantai Prigi, Pantai Karanggongso, dan Pantai Pasir Putih yang telah dikenal oleh para wisatawan lebih dulu.

Pantai nan indah ini kemudian menyusul dan menjadi viral di masyarakat berkat keindahannya. Dengan lokasi yang cenderung tersembunyi di ujung Jalan Pantai Prigi, pantai cantik ini terlindung dari serbuan angin laut selatan lantaran letaknya di kawasan teluk. Oleh sebab itu, suasana laut di sini pun jauh lebih tenang.

Ombak di Pantai Mutiara relatif bersahabat dan aman dijadikan tempat bermain air. Jadi bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai sambil bermain di airnya yang biru jernih, maka pantai di Trenggalek ini adalah pilihan yang tepat. Sambil menikmati ombak, anda sekaligus dapat bermain di pasirnya yang putih bersih dan lembut.

3. Kontur Lingkungan yang Menarik

Kontur lingkungan di pantai ini bisa dibilang sangat menarik. Yang mana kontur lingkungan di sana mampu menambah keindahan panorama alamnya. Sebab di sisi seberang, pengunjung bisa langsung melihat gugusan bukit hijau yang menghiasi pemandangan. Sehingga dapat mempercantik pemandangan yang ada di pantai.

Selain itu, konturnya tersebut membuat Pantai Mutiara sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Pemandangan sunset yang begitu mempesona dan eksotis seperti ini akan sangat bagus untuk menutup momen liburan anda. Terlebih jika datang bersama orang tersayang, pasti akan sangat berkesan berkat suasananya yang begitu romantis.

Daya Tarik di Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Azizah Fattayah

4. Spot Foto Instagramable

Kecantikan panorama di Pantai Mutiara menjadikannya memiliki banyak spot foto Instagramable. Sehingga terlalu sayang apabila tidak diabadikan ke dalam sebuah potret. Dimana para pengunjung tidak hanya dapat berfoto di area pantai saja, melainkan bisa juga mengambil gambar dari atas bukit untuk mendapatkan foto ciamik.

Selain dijadikan sebagai tempat berburu foto Instagramable, spot di atas bukit tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk menikmati sunset. Pasalnya dari ketinggian bukit, pemandangan matahari terbenam di ufuk Barat terlihat lebih jelas. Tentunya pemandangan tersebut banyak diabadikan oleh para pengunjung agar dapat selalu dikenang.

5. Wahana Olahraga Air

Meski Pantai Mutiara Trenggalek memang baru saja menyusul kepopuleran deretan pantai lainnya yang berada di kawasan tersebut, namun pantai cantik ini ternyata mampu menawarkan banyak hal lebih. Salah satunya perihal aktivitas rekreasional yang sudah disediakan di lokasi untuk para pengunjung.

Dimana para wisatawan dapat menikmati banyak hiburan lainnya selain pemandangan cantik pantai tersebut. Sebab wahana olahraga air yang disuguhkan di sana termasuk cukup banyak dan dapat dicoba oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari banana boat, perahu, kayak, kano, sampai snorkeling patut untuk dijajal.

Menariknya lagi, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati semua wahana olahraga air yang ada di sekitar pantai. Karena harga yang dibanderol termasuk cukup terjangkau untuk setiap wahananya. Terlebih anda tidak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena sudah disediakan pula pemandu bagi yang belum berpengalaman.

6. Rumah Apung

Satu lagi daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Mutiara, yakni rumah apung. Anda tidak boleh sampai melewatkan area tersebut ketika berkunjung ke pantai cantik dengan ombak bersahabat ini. Letak rumah apung sendiri berada tidak jauh dari bibir pantai, yang mana anda bisa menjangkaunya dengan cara naik perahu dari area pantai menuju rumah yang mengapung di laut tersebut.

Rumah apung yang dibangun sekitar tahun 2016 itu akan memberikan anda pengalaman rekreasi bahari yang cukup berbeda. Karena rumah ini merupakan tempat budidaya ikan kerapu, sehingga acap kali disebut dengan nama apartemen ikan. Selain budidaya ikan kerapu, terumbu karang juga dibudidayakan di sana.

Di rumah apung tersebut juga terdapat kolam ikan kerapu. Pengunjung diperbolehkan untuk mencoba snorkeling di dalam kolam ikan ini. Area kolamnya sendiri tidak begitu luas, sehingga anak anak pun bisa mencobanya. Jika anda tidak ingin berbasah basah ria, bisa juga mencoba berkeliling di sekitar bangunan dengan menggunakan kano atau kayak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Bagus dwi jatmiko

Pantai Mutiara Trenggalek berlokasi di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Pantai yang punya panorama mempesona ini merupakan salah satu pantai yang ada di pesisir Prigi. Yang mana letaknya masih satu kawasan dengan beberapa pantai terkenal di Trenggalek lainnya.

Seperti Pantai Karanggongso, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Prigi. Sehingga tidak sulit untuk menemukan lokasi pantai ini. Dari pusat Kota Trenggalek sendiri, anda perlu menempuh jarak sekitar 37 kilometer untuk sampai di lokasi. Jarak tersebut kurang lebih membutuhkan estimasi waktu 1,5 jam perjalanan jika menggunakan sepeda motor.

Anda bisa menggunakan rute Jalan Gandusari-Trenggalek untuk akses termudah ke Pantai Mutiara. Kondisi jalannya termasuk mulus dan sudah beraspal, bahkan sampai mendekati area pantai. Ketika hampir tiba di lokasi, anda mungkin akan mendapati jalan berupa tanah yang sempit. Meski begitu, aksesnya masih cukup mulus dan dapat dilewati oleh mobil.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Deni Rusianto

Wisata bahari dengan mengunjungi pantai pantai yang ada di Trenggalek memang definisi liburan murah tapi sangat berkesan. Sebab anda tidak perlu membayar dengan harga mahal untuk menikmati semua keindahan di Pantai Mutiara Trenggalek. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp. 10.000 saja per kepala.

Memang harga tiket masuk tersebut belum termasuk tiket fasilitas hiburan yang ada di dalamnya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena harga yang dibanderol untuk setiap wahana di lokasi termasuk terjangkau dengan variasi harga yang beragam. Sedangkan retribusi parkir berlaku tarif normal seperti pada umumnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mutiara

Kegiatan Menarik Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps jannata abdullah

1. Bermain Air

Pantai Mutiara yang berada di kawasan teluk membuatnya terlindung dari angin laut selatan. Sehingga ombak di sini termasuk sangat bersahabat dan tidak begitu besar. Dengan kondisi tersebut, tentu sangat memungkinkan bagi para pengunjung untuk bermain air sepuasnya. Cocok bagi anda yang ingin membawa putra putri untuk berwisata bahari.

Meski begitu, sebaiknya jangan pernah lengah dan tetap pantau buah hati anda selama bermain dekat dengan air. Jangan biarkan anak anak bermain tanpa pengawasan orang tua di bibir pantai. Dan jika cuaca sedang tidak memungkinkan, alangkah lebih baik jika para pengunjung bermain di area pantai saja tanpa mendekati laut.

2. Berburu Foto

Pantai cantik di Trenggalek ini punya panorama alam yang begitu memukau dan amat rupawan. Kondisi geografisnya yang sangat indah tersebut membuat area pantai menyajikan banyak spot foto menarik. Tentunya anda harus menyempatkan diri untuk mengambil gambar dengan latar belakang lautnya yang begitu mempesona.

Sangat direkomendasikan untuk mengambil potret dari atas bukit ketika senja. Karena pemandangan matahari terbenam dari atas perbukitan tersebut terlihat cantik. Anda bisa menciptakan sebuah siluet yang begitu eksotis di dalam potret. Meski begitu, siang hari pun tidak kalah bagus untuk melakukan aktivitas hunting foto.

Kegiatan Menarik di Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Azizah Fattayah

3. Mencoba Berbagai Wahana

Ketika berkunjung ke Pantai Mutiara, anda bisa menemukan banyak wahana permainan air di sana. Mulai dari banana boat, kano, kayak, perahu, dan masih banyak lagi. Sehingga ada banyak keseruan yang bisa anda nikmati selama berada di destinasi, membuatnya cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman.

4. Snorkeling di Kolam Ikan Kerapu

Di lokasi pantai, pengunjung bisa menemukan rumah apung yang dapat dijangkau dengan menggunakan perahu dari arah pantai. Ketika berkunjung kemari, wisatawan dapat mencoba snorkeling di area kolam ikan kerapu. Tentunya pengalaman seperti ini tidak dapat dirasakan di sembarang tempat. Sehingga liburan anda akan sangat berkesan dan tidak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Mutiara
Image Credit: Google Maps Slam Ari

Pantai Mutiara Trenggalek menawarkan berbagai fasilitas yang cukup memadai, mengingat bahwa pantai ini sekarang sudah termasuk sebagai destinasi wisata alam yang populer. Sehingga anda tidak akan sulit untuk menemukan area parkir, toilet bersih, warung makan, mushola, sampai kios penyewaan payung dan tikar bagi pengunjung yang ingin piknik.

Bahkan sudah tersedia pula fasilitas hiburan atau wahana olahraga air yang dapat dicoba. Beberapa di antaranya yaitu banana boat, perahu, kano, snorkeling, dan masih banyak lagi. Jadi tidak perlu khawatir akan bosan dan mati gaya lantaran sudah mendapatkan banyak foto untuk kebutuhan konten sosial media.

Melihat banyaknya keseruan yang ditawarkan Pantai Mutiara yang memukau di Trenggalek, tertarik untuk berkunjung ke sini ? Lokasinya yang masih berada satu kawasan dengan beberapa pantai lainnya, memungkinkan anda untuk melakukan tour pantai. Sehingga dalam sekali jalan, anda dapat menikmati beberapa objek wisata bahari sekaligus. Jadi destinasi ini patut untuk dimasukkan ke dalam list liburan.