Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngebum adalah salah satu objek wisata di pesisir pantai utara Kabupaten Kendal, Semarang. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa Utara Kota Semarang. Keindahan alamnya sangat mempesona. Hamparan pasir berwarna hitam menambah keeksotisan pantai yang menjadi favorit bagi warga Kendal untuk mengisi waktu libur.

Di musim liburan ataupun hari-hari biasa, pantai nan menawan ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Banyak wisatawan luar daerah yang berbondong-bondong datang ke pantai. Terutama di sore hari. Sambil nongkrong sekaligus menikmati sunset membuat suasana menjadi lebih menenangkan.

Pantai yang dikelola oleh Bumdes Moro Berkah ini juga menyuguhkan ragam kuliner khas Kendal dengan harga yang terjangkau. Wisatawan yang berkunjung bisa mencicipi kuliner tersebut di sepanjang Pantai Ngebum. Banyak pedagang atau warung yang menjajakan aneka kulinernya serta tempat santai yang sangat instagramable.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngebum

Daya Tarik Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram yudhafag

1. Selalu Ramai Oleh Pengunjung

Tidak hanya di hari libur, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngebum akan terlihat ramai setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa keindahan pantai yang satu ini memang mampu memikat para wisatawan untuk menyaksikannya secara langsung.

Semua kalangan mulai anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua juga ada di lokasi ini. Mereka selalu asyik bermain air serta melakukan berbagai aktivitas lainnya yang tak kalah seru.

2. Ditemukan Para Penjual Jajanan

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik pengunjung adalah banyaknya para penjual jajanan yang berbaris rapi di sepanjang pinggir pantai. Wisatawan bisa memilih kuliner sesuai dengan seleranya.

Selain aneka cemilan, minuman yang menyegarkan juga dapat dibeli dengan harga terjangkau. Tentunya aneka es yang mampu melepas dahaga di tengah teriknya matahari.

Jadi, selain bisa berlibur menikmati keindahan pantai. Para pengunjung juga bisa sekaligus wisata kuliner. Bahkan bagi pecinta seafood bisa memesan olahan masakan khas pantai tersebut di rumah makan yang ada di sekitar pantai.

3. Aktivitas Para Nelayan

Ketika berkunjung di Pantai Ngebum ini Anda bisa menyaksikan lalu lalang perahu-perahu nelayan. Di waktu pagi hari, para nelayan pulang dari melaut. Perahu mereka akan menuju ke arah pantai.

Sedangkan di sore hari, para nelayan akan pergi mengarungi lautan untuk mencari ikan. Menaklukan ombak yang cukup besar tentu menjadi tantangan yang harus dilewati. Apalagi jika cuaca sedang tidak bersahabat.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Junaedi

4. Retribusi Murah

Harga tiket masuk serta biaya parkir yang ditetapkan oleh pihak pengelola sangat terjangkau. Semua kalangan bisa menikmati keindahan pantai nan keren ini. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah juga turut berbondong-bondong ingin mengisi masa liburan di Pantai Ngebum.

Meskipun murah meriah, tetapi keindahan pantai yang disuguhkan memiliki nilai seni yang mahal. Sehingga beberapa foto genic pun dapat dihasilkan dengan landscape lautan yang luas.

5. Banyak Spot Foto Keren

Pecinta dunia fotografi memang selalu mempertimbangkan keelokan setiap sudut pemandangan lokasi yang keren. Termasuk di lokasi pantai nan menawan ini.

Anda bisa mengabadikan sudut-sudut yang memiliki view menakjubkan. Tidak hanya sebatas lautan luas, tetapi juga banyak ditemukan spot foto yang didesain dengan gaya yang instagenic. Selain itu, pemandangan alam berupa sunset menjadi daya tarik wisatawan untuk mengabadikannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Hari Soepriyanto

Pantai Ngebum berada di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Semarang, Jawa Tengah. Jarak pantai nan menawan ini dari Kecamatan Kaliwungu sekitar 6 kilometer. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan.

Untuk rute menuju lokasi pantai, wisatawan harus melalui jalur utama. Jalur tersebut banyak dijumpai kendaraan besar berupa truk yang membawa kayu-kayu menuju Pabrik Rimba Partikel dan Pabrik Kayu Lapis Indonesia. Lokasinya tak jauh dari Desa Mororejo.

Jika Anda berangkat dari Kota Semarang, maka perjalanan yang akan ditempuh menuju lokasi pantai sekitar 30 menit. Dari arah Tugu menuju ke Mangkang. Dilanjutkan mengambil arah ke Kaliwungu. Selanjutnya, ke arah Jalan Laut hingga sampai ke Pabrik Kayu Lapis Indonesia. Lokasi Pantai Ngebum tak jauh dari pabrik tersebut.

Adapula alternatif jalan lain yang bisa dilalui, yakni dari Mangkang ambil arah menuju jalur lingkar Kendal. Kurang lebih setelah jarak 3 kilometer, Anda akan menemukan papan plang penunjuk arah keberadaan pantai. Dari plang tersebut belok kiri dan melewati jalan kecil menuju pantai. Medannya cukup bagus .

Harga Tiket Masuk Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Waffa Yuanda

Wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pantai Ngebum cukup membayar tiket masuk seharga Rp 3.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah sangat murah meriah. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai serta bermain air hingga sepuasnya.

Adapun untuk biaya parkir kendaraan. Wisatawan bisa menyiapkan uang parkir seharga Rp 2.000 per kendaraan.

Berkunjung ke wisata pantai ini juga tidak perlu memikirkan waktu yang tepat. Anda bebas datang kapan saja selama 24 jam di hari Senin-Minggu sampai sepuasnya. Namun, jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang, sebaiknya memilih waktu berkunjung di hari Senin-Jumat karena jumlah pengunjung di hari kerja biasanya tidak seramai ketika weekend.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Pantai Ngebum

Kegiatan Menarik Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Ayah EL

1. Menikmati Suasana Pantai

Pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Suasana Pantai Ngebum juga tergolong ramai. Namun, keindahannya tetap dapat dinikmati.

Bahkan Anda bisa menikmati suasana pantai dengan berjalan kaki dari ujung barat ke ujung timur. Sensasi sejuknya angin yang berhembus serta pasir yang lembut membuat Anda merasa lebih damai.

2. Berenang

Kondisi pantai yang tidak terlalu landai seperti pantai-pantai lainnya membuat wisatawan yang berkunjung bisa menikmati kesegaran air lut dengan berenang. Tidak hanya orang dewasa, tetapi anak-anak juga banyak yang berenang di wisata ini.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Jika tidak bisa berenang, maka Anda bisa menyewa pelampung atau ban yang sesuai dengan porsi tubuh. Dengan sewa pengaman seperti ini, tentu Anda akan merasa lebih terlindungi.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngebum
Image Credit: Google Maps Riyo Sandi

3. Berjemur

Cuaca Pantai Ngebum yang lumayan terik rasanya sangat cocok dimanfaatkan untuk berjemur. Anda bisa mencobanya berjemur ketika cuaca tidak begitu panas yakni di saat pagi maupun menjelang sore.

Selain bisa menikmati pemandangan pantai serta aktivitas pengunjung lainnya, manfaat lain dari berjemur yakni mendapatkan sinar matahari yang kaya vitamin D untuk kesehatan tulang.

4. Wisata Kuliner

Sepanjang pinggir pantai, ada banyak penjual jajanan yang kelezatannya mampu menggoyang lidah. Tentunya dengan bandrol harga yang murah meriah.

Nah, Anda bisa mencicipinya. Melihat keeksotisan pantai sembari menikmati kuliner yang lezat tentu membuat suasana liburan semakin menyenangkan. Anda bisa menikmatinya di kursi warna-warni yang tersedia atau lesehan.

5. Berfoto

Di lokasi Pantai Ngebum ini terdapat banyak spot foto yang instagramable. Ada hiasan payung-payung, gazebo berwarna-warni, deretan kursi makan bagaikan kafe-kafe, serta masih banyak lainnya.

Wisatawan bisa bergaya di spot spot tersebut untuk mengabadikan momen yang mengesankan. Oleh karenanya, jangan lupa menyediakan kamera terbaik ya.

6. Menyaksikan Sunset

Keindahan sunset di pantai nan menawan ini memang tak diragukan lagi. Banyak wisatawan yang memilih datang di sore hari karena ingin menyaksikan keelokan matahari terbenam di Pantai Ngebum.

Mereka memilih untuk nongkrong, menghabiskan waktu senjanya di lokasi pantai sambil wisata kuliner. Selain itu, suasana romantis tatkala senja juga akan lebih terasa.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Pantai Ngebum
Image Credit: Instagram Desa Mororejo

1. Lokasi Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka bisa memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Lokasinya cukup luas mampu menampung sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

2. Toilet/ Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi di lokasi Pantai Ngebum tidak hanya satu pintu. Ada beberapa pintu yang tersedia. Sehingga ketika banyak pengunjung yang datang, wisatawan tak perlu lagi antre panjang.

3. Gazebo

Adanya gazebo-gazebo di pinggir pantai dapat Anda gunakan sebagai tempat istirahat. Tentunya sambil menikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata. Selain itu, bisa juga digunakan untuk berteduh di saat cuaca terik maupun turun hujan.

4. Rumah Makan

Anda tak perlu khawatir merasa kelaparan. Di lokasi pantai ini terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan berbagai menu. Salah satu menu favorit wisatawan yakni olahan khas laut. Seperti halnya aneka seafood. Diantaranya ada ikan bakar dengan lalapan serta sambalnya yang juara, udang, kepiting, cumi, dan lainnya.

5. Jas sewa Ban/ Pelampung

Bagi Anda yang ingin berenang, bisa langsung saja menyewa pelampung atau ban. Ada berbagai ukuran yang tersedia. Harga sewanya juga lumayan murah.

6. Mushola

Bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat ditengah-tengah suasana liburan, bisa menggunakan fasilitas mushola yang ada di lokasi pantai. Lengkap dengan tempat wudhunya.

Itulah sekilas informasi tentang keindahan Pantai Ngebum Kendal. Jika Anda berkunjung ke Semarang jangan lupa untuk mampir ke Kendal khususnya di pantai cantik ini. Dijamin keindahan pantainya mampu memberikan kesan yang mendalam. Sehingga suasana liburan Anda semakin menyenangkan.

REKOMENDASI DESTINASI