Pantai Nglambor, Pantai Eksotis & Spot Snorkling Favorit di Yogyakarta

Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglambor di Gunung Kidul Yogyakarta menawarkan pesona bawah laut yang menakjubkan. Bentuknya yang mirip laguna kecil membuat ikan-ikan hidup bebas, ditambah keelokan terumbu karang, menjadikan aktivitas snorkeling sangat mengesankan.

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Yogyakarta merupakan surga pariwisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya kota ini menawarkan berbagai objek wisata, salah satunya Pantai Nglambor. Meskipun tergolong wisata baru namun volume pengunjung terus bertambah, apalagi saat musim liburan dan akhir pekan. Penasaran seperti apa keindahannya? Simak ulasan berikut ini.

Pesona Pantai Nglambor Yogyakarta

Pesona Pantai Nglambor

Image Credit: Twitter.com @rismariyanto

Sebelum menjadi objek wisata populer seperti sekarang, Pantai Nglambor hanya wilayah pesisir yang kurang subur. Dulunya penduduk sekitar mengandalkan tanah pantai untuk bercocok tanam dan mencari ikan di laut. Namun lahan pertanian tersebut tidak berjalan baik, karena banyak kera ekor panjang yang sering memakan habis hasil pertanian warga.

Kemudian tahun 2000-an, pemerintah setempat berupaya untuk memperbaiki akses jalan. Sayangnya masih belum menarik perhatian wisatawan, hingga perekonomian sekitar kian terpuruk. Barulah bangkit kembali setelah seorang pemuda melihat potensi wisata bahari di pantai ini. Lalu membentuk kelompok Bintang Nglambor Snorkeling (BNS), bersama penduduk sekitar.

Sejak adanya BNS inilah lambat laun wisatawan mulai mengenal keindahan bawah lautnya. Bahkan bukan hanya pengunjung lokal saja, keelokan wisata ini terdengar hingga mancanegara. Setelah kawasan pantai ramai, perlahan perekonomian penduduk sekitar pesisir mulai membaik. Bahkan efek potensi ini menjadi mata pencaharian utama warga setempat.

Komunitas BNS juga turut andil dalam menjaga kelestarian alam dari Pantai Nglambor. Para anggotanya menghimbau wisatawan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak alam. Selain itu, mendirikan tempat penyewaan untuk peralatan snorkeling dengan harga terjangkau. Bahkan menjadi pemandu untuk para wisatawan yang ingin menyelami indahnya bawah laut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nglambor

Daya Tarik Pantai Nglambor

Image Credit: Facebook.com @gunungkidulonline

Letak pantai memang agak tersembunyi, sehingga akses jalannya butuh sedikit usaha. Meskipun begitu keindahan panorama alam yang ditawarkan begitu eksotis. Kecantikannya mampu menyedot perhatian para wisatawan, apalagi kondisi lingkungannya masih alami. Anda akan terpesona dengan bentangan alam berupa perbukitan dan laut biru yang tenang.

Bentuk pantai cenderung seperti laguna kecil, yang mana arusnya relatif lebih bersahabat. Alhasil kawasan ini menjadi tempat hidup beragam jenis ikan, tentunya dengan warna-warna cantik nan menarik. Sehingga para wisatawan sering melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini. Namun tetap perlu berhati-hati sebab sifat Pantai Selatan yang berarus kuat.

Air laut Pantai Nglambor berwarna biru dan sangat jernih, hingga anda bisa melihat keindahan bawah laut dari bibir pantai. Pada jarak pandang tertentu akan terlihat ikan-ikan cantik yang berenang bebas, lalu bersembunyi diantara terumbu karang. Jangan heran mengapa warna koral masih tampak terawat, sebab warga setempat benar-benar menjaga kelestariannya.

BACA JUGA:  Pantai Pok Tunggal, Surga Bahari Berpasir Putih di Gunung Kidul

Panorama pantai semakin eksotis dengan dua bukit batu karang di depan bibir pantai. Keberadaan dua batu tersebut berfungsi sebagai pemecah ombak dari Pantai Selatan yang terkenal ganas. Dua karang ini bernama Watu Kalong dan Watu Kumul, jika sedang surut akan tampak bentuknya seperti kura-kura raksasa. Bahkan menjadi spot instagramable bagi para wisatawan.

Daya Tarik dari Pantai Nglambor

Image Credit: Twitter.com @muhtadi_001

Keunikan lain dari Pantai Nglambor ialah Tradisi Ngalangi, sebuah upacara adat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Upacara ini berupa kegiatan sedekah laut guna menghalangi penangkapan ikan secara liar. Biasanya penangkapan ikan tersebut menggunakan gawar, jaring yang terbuat dari akar pohon mawar lalu dipancang ke laut.

Tak hanya menampilkan kemegahan dunia laut saja, rupanya pantai eksotis ini digunakan sebagai tempat budidaya ikan. Pembudidayaan beberapa jenis ikan ini dilakukan di lepas pantai, serta difungsikan sebagai konservasi biota laut. Selain untuk daya tarik pengunjung, kegiatan budidaya ini juga menjadi ladang pendapatan bagi masyarakat pesisir.

Penduduk asli Pantai Nglambor sangat ramah kepada wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mereka bersedia menjadi penunjuk jalan dari lahan parkir menuju lokasi pantai. Kemudian ikut mengobrol banyak hal bersama pengunjung, yang penasaran bagaimana wisata ini terbentuk. Sehingga nuansa yang dibangun semakin nyaman untuk berlibur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Nglambor

Rute Pantai Nglambor

Image Credit: Facebook.com @buzzviral.id

Destinasi pantai di Gunungkidul ini berada di Kecamatan Tepus, tepatnya Desa Purwodadi. Jaraknya kurang lebih 70 kilometer bila berangkat dari pusat Kota Yogyakarta. Sedikit sulit melewati jalurnya karena diapit oleh dua pantai, yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Meskipun butuh perjuangan dijamin anda tidak akan kecewa dengan panorama alamnya.

Jika mengambil rute Yogyakarta anda perlu menuju ke arah Piyungan. Kemudian ambil jalur ke Wonosari lalu berjalan ke selatan, tepatnya melaju ke wilayah Pantai Baron. Setelah perjalanan kurang lebih 9 kilometer, anda akan bertemu pertigaan di Desa Mulo. Berjarak 50 meter dari kolam renang, ambil jalur kiri untuk menuju ke Jurusan Mentel.

Apabila sudah melewati daerah Bantos dan Tepus, nanti anda akan menemukan pertigaan Nangun. Dari arah Nangun, arahkan kemudi agar berbelok ke kanan lalu jalan lurus saja sampai menjumpai papan nama. Pertigaan terakhir belok ke jalur kanan langsung menuju ke Pantai Nglambor. Setelah itu baru jalan kaki sebentar agar tiba di tempat tujuan, namun waspada karena jalannya cukup terjal.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Paling Hits

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Nglambor

Harga Tiket Pantai Nglambor

Image Credit: Instagram.com @hakimsatrio

Sama seperti kawasan pantai lainnya, anda akan dikenakan biaya tiket masuk saat berkunjung ke Pantai Nglambor. Wisatawan lokal maupun mancanegara diberi harga tiket sekitar 6 ribu saja. Cukup murah bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai seharian penuh. Namun biaya tersebut belum mencakup akomodasi serta sewa peralatan snorkeling.

Jika anda membawa kendaraan baik umum ataupun pribadi, maka perlu membayar retribusi parkir. Untuk sepeda motor sekitar 2 ribu rupiah, sedangkan parkir mobil kisaran 5 ribu rupiah. Dari tempat parkir menuju ke pantai anda bisa menyewa ojek dari warga sekitar sebesar 10 ribu. Tapi boleh juga memilih berjalan kaki hanya saja treknya lebih panjang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nglambor

Aktivitas di Pantai Nglambor

Image Credit: Twitter.com @liburmuluid

1. Menyusuri Area Pantai

Letak pantai ini yang berada di tengah-tengah membuatnya dikelilingi beberapa kawasan pantai. Seperti di bagian timur terdapat Pantai Siung, lalu beberapa meter berikutnya ada Pantai Walu Lumbung. Sepanjang menyusuri wilayah timur ini anda ditemani oleh paduan gugusan batu karang dan langit biru yang mengesankan.

Sedangkan jika berjalan ke arah barat anda akan menemukan Pantai Jogan. Tidak jauh dari sana terdapat Pantai Ngetun dan Pantai Timang, yang mana panorama alamnya tampak syahdu. Anda bisa menjangkau beberapa pantai tersebut dengan berjalan kaki di sepanjang bibir pantai. Jangan lupa mengabadikan keistimewaan tiap pantai dalam jepretan kamera.

2. Snorkeling

Pantai Nglambor terkenal dengan spot favorit untuk kegiatan snorkeling. Hal ini karena keindahan dunia bawah lautnya tak boleh dilewatkan. Tidak perlu repot membawa peralatan dari rumah, komunitas BNS telah menyediakannya sesuai kebutuhan snorkeling. Anda tinggal menyewa peralatannya saja sesuai harga yang sudah tertera.

Ada guide yang akan menemani para wisatawan saat melakukan snorkeling. Pemandu inilah yang akan menunjukkan beberapa titik penyelaman. Dari kedalaman anda akan menyaksikan ikan-ikan berenang dan terumbu karang cantik secara langsung. Si pemandu akan mengambil foto anda saat berada di dalam air menggunakan kamera bawah air.

3. Uji Adrenalin di Jembatan Gantung

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat jembatan tali yang membentang di atas pantai. Tali tersebut dipasang kuat lalu diberi papan kayu agar bisa berjalan di atasnya. Bagi anda yang ingin memacu adrenalin cobalah menyebrang ke Pulau Nglambor. Rasakan sensasi terombang-ambing di atas lautan oleh hembusan angin kencang khas area Pantai Selatan.

Ketika menyebrang anda akan terpacu karena deburan ombak yang pecah di bawah jembatan. Meskipun tampak menakutkan sebenarnya spot ini sangat instagenic, cocok bagi anda yang hobi berpose. Apalagi background batu karang serta bentangan laut biru terlihat begitu luar biasa. Tapi memang dibutuhkan keberanian kuat untuk melewati jembatan sampai ke ujung.

BACA JUGA:  Candi Sewu, Wisata Sejarah Dengan Legenda Roro Jonggrang

4. Bermain Pasir

Pantai Nglambor memiliki pasir berwarna putih yang halus, saat berjalan di atasnya kaki anda tidak khawatir terluka. Jika malas berbasah ria anda bisa bermain pasir bersama teman-teman atau keluarga. Membuat kastil dari pasir akan terasa menyenangkan bila dilakukan dengan si kecil. Atau pura-pura mengubur tubuh sebagai agenda seru-seruan bersama teman.

5. Berenang di Pinggir Pantai

Jika anda kurang berani untuk melakukan snorkeling, berenang di pinggiran pantai bisa jadi pilihan. Tidak perlu menyewa peralatan cukup pakai baju sepantasnya, lalu bermain-main dengan ombak kecil. Anda bisa berkejaran dengan riak ombak yang datang, atau hanya sekedar duduk santai. Sembari mengobrol banyak hal bersama teman-teman untuk mengisi waktu.

6. Menyaksikan Ritual Upacara Adat

Penduduk sekitar Pantai Nglambor kerap mengadakan Tradisi Ngalangi pada waktu tertentu. Jika beruntung maka kunjungan anda bertepatan dengan pagelaran upacara adat tersebut. Anda bisa menyakiskan secara langsung bagaimana warga sekitar khidmat dalam menjalankan ritualnya.

7. Menunggu Waktu Senja

Waktu matahari terbenam menjadi momen yang paling ditunggu oleh para wisatawan. Pasalnya wisata pantai ini terkenal dengan pesona semburat senja yang memukau. Bias cahayanya memantul ke permukaan air laut, sehingga menghasilkan siluet batu karang yang begitu cantik. Pantas saja jika momen ini banyak diburu, apalagi bagi para pencinta fotografi alam.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Nglambor

Penginapan di Pantai Nglambor

Image Credit: Google Maps (Penginapan Joglowatukelir)

Akses jalan yang terbatas membuat Pantai Nglambor kurang perhatian dengan adanya akomodasi menginap. Alhasil jika anda terlalu lelah kembali ke kota, anda perlu sedikit berusaha keluar dari kawasan pantai ini. Barulah anda mencari penginapan yang memadai untuk beristirahat. Jaraknya tidak begitu jauh namun perlu ditempuh menggunakan kendaraan.

Sebenarnya bisa saja menginap di rumah penduduk setempat, tapi fasilitas yang ada memang seadanya. Tidak masalah sebab warga sekitar pantai sangat terbuka kepada wisatawan yang membutuhkan bantuan. Pengelola wisata tidak memberi izin pengunjung berkemah di area pantai. Karena saat malam hari laut pasangnya lumayan membahayakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nglambor Jogja

Fasilitas Pantai Nglambor

Image Credit: Instagram.com @singgihpurwow

Pengelola wisata sudah menambahkan beberapa fasilitas wisata yang memadai. Mulai dari kamar mandi, lahan parkir, hingga tempat penyewaan alat snorkeling. Selain itu, warung-warung penjaja makanan berjejer di pinggir pantai. Tidak ketinggalan persediaan kamera waterproof untuk para pemandu, yang nantinya akan membantu wisatawan mengambil foto di bawah air.

Jika berkunjung ke Kota Yogyakarta cobalah mampir ke Pantai Nglambor. Meskipun perjalanannya lumayan jauh dan terjal, anda dijamin tidak akan menyesal. Gugusan karang dengan air laut biru menjadi paduan alam yang menawan hati. Tidak lupa keindahan surga bawah laut, dengan terumbu karang cantik serta beragam jenis spesies ikan.