Pantai Ngobaran salah satu objek wisata pantai eksotis di Gunung Kidul, Jogja yang menarik untuk dijelajahi pesona alamnya. Pantai ini juga memiliki pura dan arca untuk ritual keagamaan umat Hindu.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: Pukul 24 Jam, Alamat: Jl. Desa Kanigoro, kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngobaran saat ini masih tergolong sebagai wisata bahari yang kalah tenar dengan beberapa pantai terkenal di Yogyakarta. Namun perlu Anda ketahui, pantai cantik ini menyimpan suguhan pemandangan tak biasa yang jarang ditemukan di wisata bahari daerah lainnya. Untuk mengetahui seluk beluk Pantai Ngobaran, yuk simak ulasan ini.

Sekilas Tentang Pantai Ngobaran

Sekilas Tentang Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Jogja terkenal dengan pesona pantai dan daya tarik kebudayaannya yang masih kental dengan adat Jawa. Beberapa destinasi wisatanya bahkan terdengar sangat familiar di telinga para wisatawan yang datang ke kota tersebut. Salah satu wisata alam yang wajib untuk dieksplorasi lebih dalam adalah Pantai Ngobaran.

Mungkin Pantai di Gunung Kidul tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan beberapa pantai terkenal di Jogja seperti Pantai Baron, Nglambor, dan Indrayanti. Meskipun demikian, Pantai Ngobaran punya keunikan tersendiri yang tentunya tidak dimiliki wisata bahari lainnya. Adapun keunikan dari pantai ini adalah cerita sejarahnya yang melegenda.

Diceritakan pantai ini merupakan tempat berlangsungnya upacara pembakaran diri oleh Raja Brawijaya V penguasa Kerajaan Majapahit. Menurut masyarakat sekitar, upacara pembakaran diri atau yang disebut dengan Muksa ini, dilakukan oleh Raja Brawijaya V untuk menghindari pertikaian dengan Raden Patah yang tak lain ialah anaknya sendiri.

Atas peristiwa pembakaran diri raja tersebut, pantai ini dinamakan sebagai Ngobaran yang artinya berkobar. Dari penuturan cerita legenda tersebut, para sejarawan menganggap bahwa cerita tersebut hanyalah strategi Raja Brawijaya V untuk mengelabui anaknya. Faktanya, sang raja tidak benar benar membakar dirinya melainkan benda lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngobaran

Daya Tarik Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Purwanto Padmadiningkrat)

Keunikan wisata pantai ini akan langsung terasa tatkala pertama kali melewati pintu masuk. Suguhan pertama yang akan Anda saksikan adalah ombaknya yang tinggi, sehingga membuat jantung sedikit terguncang. Meski begitu, pesona eksotis yang dimiliki wisata bahari ini sanggup menghipnotis mata siapapun yang memandangnya.

Sebagai informasi untuk anda, Pantai Ngobaran adalah sebuah bukti dan lambang persatuan. Dikatakan demikian, sebab di lokasi pantai ini Anda akan menemukan kehidupan penduduk pesisir pantai yang memeluk kepercayaan agama masing masing. Namun masyarakat di sana tetap hidup dengan rukun dalam menjalankan ibadahnya sendiri.

Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disuguhkan megahnya pura dan masjid yang letaknya hampir dalam satu komplek. Inilah yang menjadi bukti nyata bahwa keragaman dapat menjadi persatuan harmonis. Meski berada di satu komplek, upacara atau ritual keagamaan tetap berjalan lancar tanpa pernah terjadi perselisihan.

Salah satu keunikan pantai ini adalah pemandangan rumput laut dan alga yang menyerupai hamparan persawahan saat air laut sedang surut. Menyusuri ruas pantai menjadi kegiatan yang menyenangkan saat berada di Pantai Ngobaran. Pasalnya, ada beberapa titik menarik yang wajib untuk diabadikan dan menjadi potret kenang kenangan.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar pantai secara menyeluruh, maka bisa menaiki perbukitan di sekitar bibir pantai. Di sana Anda akan mendapatkan pemandangan yang lebih luas. Jangan lupa membawa kamera untuk membidik setiap sudut keindahan di Pantai Ngobaran sebagai bukti kunjungan Anda ke wisata bahari ini.

Saat berada di pantai eksotis ini, Anda akan mencium wewangian menyan dan keberadaan sesajen di beberapa titik. Hal ini wajar mengingat pantai tersebut adalah tempat sembahyang agama Budha. Meski demikian, Anda tetap bisa menjalankan aktivitas layaknya di pantai biasa dengan tenang tanpa perlu khawatir akan hal hal tertentu.

Keunikan lain yang bisa Anda temukan di Pantai Ngobaran adalah bangunan masjid yang dibuat cukup menarik. Mimbar masjid yang terbuka dan menghadap pantai menjadi keunikan yang dimiliki tempat ibadah umat Islam ini. Mimbarnya yang menghadap selatan sering kali membuat pengunjung kebingungan untuk melaksanakan ibadah sholat.

Namun pihak pengelola telah memberikan tanda arah kiblat untuk memudahkan pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat. Jadi, pengunjung tak perlu risau saat akan melaksanakan sholat di masjid yang mimbarnya menghadap selatan. Anda bisa berlibur dengan tetap melaksanakan ibadah wajib.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngobaran

Alamat Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Pantai cantik ini berlokasi cukup strategis dan tidak terlalu susah untuk dicapai. Pantai yang terletak di Jalan Ngobaran, Kabupaten Gunung Kidul ini bisa dijangkau dengan mudah baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bahkan, untuk bisa menyusuri luas pantai ini Anda hanya perlu jalan kaki saja.

Lokasi Pantai Ngobaran berdekatan dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Kota Yogyakarta. Jika Anda datang dari arah pusat Kota Yogyakarta, maka lanjutkan perjalanan hingga menuju Jalan Panembahan Senopati sampai di perempatan Jalan Brigjen Katamso. Kemudian, ikuti arah jalan sampai menuju Jalan Raya Panggang Wonosari.

Sesampainya di jalan tersebut, Anda tinggal meneruskan perjalanan hingga menuju lokasi pantai. Adapun waktu tempuh yang dibutuhkan dari arah Yogyakarta ke Pantai sekitar 1 jam 35 menit perjalanan. Waktu tersebut akan berbeda beda tergantung dengan kondisi lalu lintas harian dan kendaraan yang Anda gunakan untuk menuju kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran Jogja

Harga Tiket Pantai Ngobaran Jogja
Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Wisata bahari Ngobaran merupakan tempat rekreasi yang sangat murah. Pasalnya, pengunjung hanya perlu membayar Rp 3 ribuan saja untuk bisa memasukinya. Menariknya, tiket tersebut juga sudah termasuk tarif retribusi untuk masuk ke Pantai Ngrenehan yang letaknya tidak jauh dari Pantai Ngobaran di Gunung Kidul.

Sementara untuk biaya parkirnya tergantung dari jenis kendaraan yang dibawa pengunjung. Untuk sepeda motor, biaya parkir yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp 3 ribu. Untuk mobil dan minibus Rp 5 ribu, sementara bus sebesar Rp 20 ribu. Dengan harga yang sangat murah, Anda sudah bisa berlibur menikmati pesona pantai yang eksotis ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngobaran

Kegiatan Menarik di Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Juntrung Puji Ananto)

1. Mempelajari Keragaman Budaya dan Agama

Di waktu tertentu misalnya saat bulan purnama, Pantai Ngobaran akan menjadi lokasi diadakannya upacara Galungan. Sementara pada saat hari raya Nyepi, pantai ini difungsikan sebagai lokasi upacara Melasti atau yang bisa disebut dengan Labuhan Suci. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh umat beragama Hindu yang tinggal di sekitar area pantai.

Kemudian pada hari Jumat dan Selasa, pengunjung dapat melihat beberapa warga yang melakukan ritual kejawen. Kegiatan ini bahkan berlangsung tanpa pernah terjadi perselisihan antar umat agama yang berbeda. Dari sana, ada pelajaran yang bisa Anda petik yakni rasa persatuan dan toleransi yang tinggi dan tetap dijunjung hingga saat ini.

2. Melihat Keseharian Masyarakat Sekitar

Penduduk yang mendiami kawasan Pantai Ngobaran sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Menariknya, keseharian mereka ini bisa Anda saksikan dan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Jika Anda datang pada pukul 06.00 pagi hingga 11.00 siang, maka Anda bisa melihat penduduk yang berburu rumput laut di sekitar pantai.

Namun menjelang matahari terbenam, aktivitas penduduk akan beralih menjadi perburuan hewan laut. Para pengunjung bisa berinteraksi dengan penduduk yang terkenal dengan keramahannya. Bahkan, dari mereka Anda bisa belajar mengenai keragaman biota laut yang dimiliki oleh pantai ini.

3. Berwisata Kuliner

Puas menyusuri setiap titik keindahan Pantai Ngobaran, Anda bisa mengisi perut yang lapar dengan mencicipi berbagai kuliner yang dijual di sekitar lokasi pantai. Salah satu menu favorit wisatawan yang menjadi primadona tempat ini adalah landak laut goreng yang bercita rasa nikmat dan nagih.

Landak laut yang dimasak dengan rempah khas ini digoreng hingga mengeluarkan aroma sedap yang dijamin menggugah selera. Menyantap seporsi landak laut goreng dengan segelas es kelapa muda dijamin menghilangkan rasa lapar dan dahaga Anda. Yang tak kalah menarik adalah pengunjung tak perlu mengeluarkan banyak dana untuk bisa mencicipi kuliner tersebut.

Kegiatan di Pantai Ngobaran
Image Credit: Google Maps (Hamid Rustanto)

4. Menikmati Indahnya Sunset

Teruntuk Anda penikmat senja, maka wajib menilik indahnya matahari terbenam di Pantai Ngobaran. Menjelang sore hari, wisatawan akan berduyun duyun memadati wisata bahari ini hanya untuk menyaksikan sang surya yang mulai tenggelam. Selain indah dipandang mata, momen tersebut dapat diabadikan bagi Anda yang gemar berfoto.

5. Hunting Foto Keren

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pantai ini memiliki keindahan yang begitu memukau di setiap titiknya. Ada begitu banyak spot menarik yang bisa dipergunakan sebagai latar belakang foto. Mulai dari spot bangunan ibadah, di tengah tebing, di permukiman penduduk, bisa Anda jadikan background foto yang cukup menarik.

Saat mengunjungi Pantai Ngobaran, jangan lupa untuk membawa kamera agar kualitas foto makin berkelas. Pemandangan yang begitu mempesona akan membuat hasil jepretan Anda terlihat seperti seorang fotografer profesional. Anda pun bisa berswa foto dan mengunggahnya ke seluruh media sosial yang Anda miliki.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Ngobaran

Penginapan Terdekat dari Pantai Ngobaran
Image Credit: Penginapan.net

Bagi Anda yang mungkin ingin menginap di sekitaran pantai, maka hal tersebut sangat bisa dilakukan. Di sekitar lokasi pantai terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa Anda sewa. Adapun penginapan yang direkomendasikan karena lokasinya cukup dekat yakni Griya Limasan Hotel dan Homestay Bintang Baron.

Beberapa penginapan yang sangat dekat dengan Pantai Ngobaran ini memiliki harga sewa yang sangat murah yakni Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu untuk per malamnya. Meski cukup terjangkau, fasilitas yang ditawarkannya cukup lengkap. Jadi, Anda bisa bermalam dengan nyaman dan tenang dan melanjutkan eksplorasi ke wisata lain di sekitar lokasi tersebut di keesokan harinya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps (PRAMBANAN RENTCAR JOGJA wisata Jogja)

Meski belum begitu terkenal layaknya pantai lain di Yogyakarta, wisata bahari Ngobaran dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Pihak pengelola tempat rekreasi tersebut menyediakan beberapa fasilitas guna menunjang kenyamanan bagi para pengunjung. Wisatawan bahkan tak perlu membayar saat akan menggunakan fasilitas tersebut.

Adapun sarana dan prasarana yang bisa Anda temukan di Pantai Ngobaran meliputi area parkir luas, mushola, kamar mandi, toilet, warung kuliner, penjual souvenir, dan masih banyak lagi. Biaya tiket masuk yang murah dan lengkapnya fasilitas menjadikan liburan Anda semakin berkesan dan tidak terlupakan.

Meski belum sepopuler pantai lainnya di Jogja, Pantai Ngobaran Gunung Kidul dapat dijadikan sebagai alternatif liburan yang cukup menyenangkan. Selain menawarkan keindahan baharinya, Anda dapat memperoleh banyak ilmu khususnya tentang toleransi keberagaman di tempat tersebut. Anda akan melihat betapa kokohnya persatuan di Pantai Ngobaran.