Pantai Ngrenehan merupakan objek wisata pantai berupa teluk yang menawan di Gunung Kidul, Jogja dan dikelilingi perbukitan kapur. Pantai eksotis yang memiliki panorama alam yang menakjubkan dihiasi deretan perahu nelayan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta, terutama daerah Gunung Kidul, memiliki deretan pantai eksotis dengan pemandangan indah yang layak dijadikan sebagai tujuan wisata. Salah satu di antaranya yaitu Pantai Ngrenehan yang ada di kawasan Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini memiliki segudang pesona yang akan membuat liburan Anda menjadi sangat berkesan.

Sejarah Singkat Pantai Ngrenehan

Sejarah Pantai Ngrenehan
Image Credit: Twitter.com @jogjaupdate

Menurut sejarah, nama Pantai Ngrenehan memiliki kaitan yang erat dengan sejarah dari Kerajaan Demak yang merupakan kerajaan islam tertua di daerah pulau Jawa. Memang kala masa berdirinya, Kerajaan Demak tidak hanya menjadi penguasa suatu daerah saja. Melainkan memiliki tujuan menyebarkan agama islam.

Raden Patah atau Raden Fatah yang merupakan pemimpin sekaligus pendiri Kerajaan Demak melakukan upaya penyebaran agama tersebut selama pemerintahannya. Akan tetapi, sang ayah yakni Prabu Wijaya V tidak mendukung niatan tersebut. Hal ini lantaran Prabu Wijaya V adalah raji dari Kerajaan Majapahit, yang menolak untuk memeluk agama islam.

Raden Patah yang berusaha menyerang Kerajaan Majapahit, membuat sang ayah dan kedua istirnya yang ada di Kerajaan Majapahit melarikan diri untuk menghindari ajakan dari Raden Patah tersebut. Raden Patah terus mencari keluarganya yang melarikan diri ini hingga tiba di suatu pantai. Di sana ia meminta bantuan terhadap para petinggi Kerajaan Demak.

Raden Patah memanggil para petinggi kerajaan untuk memikirkan bagaimana cara menemukan anggota keluarganya tersebut. Dari peristiwa ini, muncul istilah ‘pangrena’ yang memiliki arti ajakan. Kata dasarnya berasal dari ‘reneh’ atau ‘rene’. Reneh ini merupakan kata dari bahasa Jawa yang memiliki arti sini atau ke sini dalam bentuk ajakan.

Semenjak itu, masyarakat setempat memberikan imbuhan ‘ng’, sehingga kata tersebut terbentuk menjadi nama ‘ngrenehan’ yang berarti marilah ke sini. Sehingga nama pantai yang dijajaki oleh Raden Patah saat mencari ayahnya tersebut mulai dikenal dengan nama Pantai Ngrenehan, yang terkenal hingga saat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrenehan

Daya Tarik Pantai Ngrenehan
Image Credit: Twitter.com @traveloka

Terlepas dari cerita di balik namanya yang begitu unik, Pantai Ngrenehan memiliki daya tarik tersendiri yang mampu mendatangkan banyak wisatawan ke daerah ini. Keindahan alam di sekitar tentunya tidak kalah dengan pantai lainnya dari Gunung Kidul. Bahkan bisa disandingkan dengan pantai pantai terkenal dari Bali maupun Lombok.

Salah satu ciri khas dari wisata bahari ini yaitu adanya gugusan batu karang yang mengelilinginya, sehingga menciptakan pemandangan rupawan nan eksotis yang dapat memanjakan mata. Bukit karang yang letaknya mengapit pantai ini sendiri membuat lokasinya terlihat seolah tersembunyi.

Jadi saat berkunjung kemari, Anda seperti menemukan hidden gems. Selain itu, keberadaan bukit karang tersebut bisa berfungsi sebagai penetral dari ombak laut yang cukup besar. Sehingga para pengunjung tetap dapat bermain air dan berenang di sekitar area pantai. Namun pastikan Anda selalu waspada dan berhati hati jika memilih berenang di sini.

Selain bukit karangnya, tentu hamparan pasir putih lembut yang berpadu kontras dengan ombak pasang air laut berwarna biru, juga menjadi pemandangan yang tak kalah menarik. Suasana damai yang mampu dibangunnya bahkan membuat banyak orang betah untuk berlama lama di lokasi ini.

Letak dari Pantai Ngrenehan memang berada di pesisir teluk, sehingga membuat perahu nelayan cukup banyak ditemukan di sini. Keberadaan dari perahu perahu nelayan ini membuat aksen panorama pantai justru jauh lebih menarik. Bahkan banyak pecinta fotografi yang menjadikannya sebagai latar belakang untuk mendapatkan foto estetik dan ciamik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan

Alamat Pantai Ngrenehan
Image Credit: Facebook.com @irfan.alloh

Pantai eksotis ini secara administratif beralamatkan di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika berangkat dari arah pusat Kota Jogja, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 60 km atau memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan pribadi apabila ingin mengunjungi lokasi.

Pasalnya daerah Pantai Ngrenehan ini tidak terlihat dilewati oleh transportasi umum. Jadi Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua maupun empat. Aksesnya terbilang cukup baik, meski jalannya sendiri tidaklah lurus tanpa hambatan. Melainkan cukup banyak jalan berbelok dengan banyak tanjakan yang harus dilewati.

Jadi pastikan bahwa kondisi kendaraan memang prima sebelum perjalanan dilakukan. Selain itu, ada baiknya jika orang yang mengemudikan adalah sopir berpengalaman yang familiar dengan medan seperti ini. Sementara rute menuju lokasi wisata pantai ini bisa dimulai dari arah Kota Jogja menuju jalan arah Wonosari.

Kemudian Anda bisa mengikuti jalur yang ada hingga menemukan Pasar Trowono. Di situ, ambil jalur ke arah pantai selatan yang menuju Kelurahan Kanigoro. Selanjutnya Anda bisa menemukan keberadaan pantai dengan melihat papan petunjuk jalan, atau bisa juga bertanya ke penduduk sekitar yang kebetulan melintas.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan rute pertigaan Wonogiri – Imogiri. Jika sudah menemukan pertigaan tersebut, ambil jalur ke kiri dan Anda pun sudah bisa melihat kawasan objek wisata bahari satu ini. Jika masih kesulitan, sebaiknya andalkan peta digital dan ikuti petunjuk yang ada.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Jogja

Harga Tiket Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Teguh Setia Aribowo)

Sama halnya dengan objek wisata pantai Gunung Kidul lainnya yang memiliki harga terjangkau. Tiket masuk Pantai Ngrenehan juga dibanderol dengan tarif yang amat murah meriah, sehingga tidak akan membuat kantong jebol meski bertandang kemari dengan keluarga besar. Dimana biaya yang perlu Anda bayarkan hanya sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya.

Tarif tersebut bisa berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pihak pengelola atau momen yang ada. Selain itu, harga tertera belum termasuk dengan biaya parkir yang mana tarif parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua sudah tentu berbeda. Apabila Anda membawa sepeda motor, maka tarif parkir yang dikenakan sebesar Rp. 2.000 rupiah.

Sementara jika membawa mobil maka dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 rupiah, sedangkan bus umumnya dikenakan biaya jauh lebih besar yaitu Rp. 15.000 rupiah. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan biaya parkir ini, agar Anda bisa meninggalkan kendaraan dengan aman dan nyaman selama bermain di pantai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngrenehan

Kegiatan di Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Aenun Pahmi)

1. Berjalan Menyusuri Bibir Pantai

Garis pantainya terbilang tidak begitu panjang, namun keindahan sekitar membuat aktivitas ini menjadi hal menarik yang patut dilakukan di lokasi. Dengan berjalan menyusuri dan menjelajahi area pantai, Anda bisa merasakan kedamaian dari udara sejuk sekitar ditemani dengan deburan ombak laut yang menenangkan.

2. Berburu Foto Ciamik

Liburan memang tidak lengkap rasanya tanpa melakukan kegiatan berburu foto sembari menikmati pemandangan yang ada. Di Pantai Ngrenehan, Anda bisa melakukan kegiatan satu ini dengan nyaman. Sebab wisata bahari satu ini memiliki banyak spot menarik yang cocok diabadikan dalam sebuah potret.

Terlebih ketika Anda berkunjung ke sini ketika cuaca cerah. Maka semua keindahan yang tertangkap oleh kamera akan terlihat makin mempesona dan begitu estetik. Tidak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai tempat untuk melakukan sesi pemotretan pre wedding, hingga pemotretan tahunan para siswa sekolah.

3. Berenang

Beberapa pantai memang memiliki debur ombak yang cukup tinggi, sehingga dilarang untuk berenang di lokasi. Padahal berenang di pantai tentu menjadi aktivitas menyenangkan yang tidak boleh dilewatkan. Maka dari itu, berkunjung ke Pantai Ngrenehan bisa menjawab keinginan Anda tersebut.

Pasalnya pantai pasir ini terbilang cukup aman jika dijadikan sebagai tempat berenang. Hal ini karena posisinya yang dikelilingi oleh cekungan perbukitan, sehingga dapat sedikit menetralkan deburan ombak yang Anda. Jadi pantai ini cukup ramah untuk para wisatawan yang ingin berenang maupun bagi mereka yang membawa putra putri bermain kemari.

4. Menikmati Sunset

Menikmati sunset merupakan salah satu kegiatan mengasyikkan yang bisa dilakukan di pantai. Memang banyak yang bilang bahwa menghitung mundur waktu matahari tenggelam paling cocok jika dilakukan di pantai. Karena suasana senja yang menampilkan semburat oranye di lautan berwarna biru, mampu menghidupkan suasana romantis yang cocok disaksikan bersama pasangan.

Kegiatan Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Danar Maulana)

5. Wisata Budaya

Apabila berkunjung ke Pantai Ngrenehan, Anda juga bisa melakukan wisata budaya. Sebab di sini beberapa kali ditemukan masyarakat setempat yang melakukan upacara adat. Karena tidak dilakukan setiap hari, disarankan untuk berkunjung kala bulan purnama, khususnya saat ada perayaan hari raya Nyepi.

Anda bisa datang saat sore hari tiba sembari menikmati langit senja, jika ingin menyaksikan secara langsung upacara adat yang dilakukan warga lokal. Namun ingat, jangan sampai kedatangan Anda malah mengganggu jalannya upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat. Jadi pastikan Anda selalu menjaga sikap selama proses berlangsung.

6. Berbelanja di Pelelangan Ikan

Pantai Ngrenehan merupakan pusat aktivitas nelayan, yang mana warga sekitar memang banyak berprofesi sebagai nelayan. Jadi jangan heran jika di sini Anda bisa menemukan tempat pelelangan ikan. Anda pun bisa menemukan berbagai macam hasil tangkapan laut yang segar, mulai dari ikan, cumi cumi, kepiting, dan masih banyak lagi.

7. Menjelajah Pantai Lain di Sekitar

Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Jaraknya hanya sekitar 1,4 km jika ke arah Pantai Ngobaran, dan lebih dekat lagi dengan Pantai Nguyahan yang berjarak sekitar 200 meter saja. Jadi Anda jangan langsung buru-buru pulang apabila sudah puas menjelajah kawasan pantai, karena di sekitar ada pantai lainnya yang bisa dijelajahi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps (Jatmiko Estu Tomo)

Fasilitas yang tersedia di lokasi pantai satu ini memang tidak bisa dibilang sangat memadai. Namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berada di sini. Seperti toilet, kamar mandi untuk membilas badan usai berenang, parkiran yang cukup luas, hingga mushola sebagai tempat beribadah. Anda bahkan bisa menemukan banyak deretan warung yang menjajakan kuliner lezat.

Meski nama Pantai Ngrenehan memang tidak setenar Pantai Parangtritis yang juga ada di Yogyakarta, namun keindahan dari wisata bahari satu ini tidak boleh Anda sepelekan. Selain menikmati panorama alamnya yang indah, bahkan banyak lagi aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sini. Mulai dari berenang, menikmati wisata kuliner lezat, hingga menyaksikan wisata budaya.