Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya, namun juga kaya atas keindahan alamnya. Setiap wisatawan yang datang ke Gunung Kidul akan dibuat kagum dengan pilihan destinasi wisata alam yang cukup beragam. Salah satu diantara mereka yang populer adalah Pantai Ngrumput. Pantai tersebut memiliki pemandangan yang indah dan kerap digunakan sebagai tempat camping.

Ombaknya cukup mirip dengan pantai lain, namun bisa dibilang sedikit lebih besar. Kendati demikian, ombak tersebut tidak ganas sehingga masih bisa digunakan untuk bermain air. Tak jauh dari destinasi ini, terdapat sebuah bukit yang menawan. Nama bukit tersebut adalah Bukit Kosakora. Banyaknya hal menarik di Pantai Ngrumput membuat destinasi pantai ini cukup populer.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngrumput

Daya Tarik Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Fahmi Baihaqi

1. Pantai Unik dan Penuh Bebatuan

Salah satu daya tarik yang membuat pantai ini istimewa dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul adalah pesisirnya yang banyak bebatuan. Bahkan tedapat sebuah bukit karang yang unik karena tedapat lubang du tengahnya. Ombak yang menerjang kaang tersbeut langsung pecah dan menyajikan sebuah pemandangan yang tidak biasa.

Anda juga bisa memanfaatkan batuan tersebut sebagai latar mengambil foto. Tentu tidak banyak pantai dengan pemandangan tersebut. Wilayah di sekitar pantai juga masih asri sehingga cukup indah jika menjadi background foto. Meskipun cukup populer, pantai Ngrumput kurang banyak didengar oleh wisatawan di luar kota jogja.

2. Pantai Terbaik untuk Camping

Tidak banyak pantai yang landscape nya cocok untuk tempat camping. Alasan itulah yang membuat kebanyakan orang lebih sering camping di daerah dataran tinggi dibandingkan pantai. Namun wisata pantai ini cukup istimewa karena datarannya cukup landau sehingga pas untuk membangun tenda. Kondisi sekitarnya yang asri juga nyaman untuk bersantai bersama dengan teman teman.

Berkaitan dengan daya tarik tersebut, anda tidak perlu heran jika melihat banyak tenda berdiri di tepi pantai terutama saat weekend. Atau anda juga bisa melakukan hal yang sama sebagai salah satu cara untuk melepas penat. Anda bisa menyempatkan waktu untuk menginap di tepi pantai dan melihat secara langsung indahnya sunrise dan sunset.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps song candra

3. Diapit Dua Bukit Besar

Di sisi kanan dan kiri Pantai Ngrumput terdapat bukit yang tinggi dan indah. Alasan itu juga yang membuat ombak pantai tidak terlalu ganas jika dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul. Kendati demikian, anda tetap perlu waspada terutama jika datang bersmaa dnegan anak anak. Akan lebih baik jika anda bermain bersama mereka dan menciptakan momen bahagia bersama sama.

4. Pemandangan Menuju Pantai yang Memukau

Selain pemandangan pantainya yang menawan, ternyata pemandangan di perjalanan juga menyejukkan mata. untuk sampai ke pantai, anda perlu jalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir. Di perjalanan tersebut, anda akan melewati area perbukitan dan persawahan yang indah. Berpetualang melewati area tersebut akan melukiskan memori yang tidak mungkin anda lupakan.

Meskipun Pantai Ngrumput masih tergolong baru, namun fasilitasnya sudah lumayan lengkap. Kendati tempat parkirnya lumayan jauh, namun hal tersebut tidak terlalu mengganggu wisatawan. Bahkan bagi beberapa diantara mereka, hal tersebut malah menjadi salah satu keunikan yang memuat wisata pantai ini semakin istimewa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Ahmad Irsyad Aslam

Bagi anda yang ingin datang ke Pantai Ngrumput, maka berkunjunglah ke Desa Ngestirejo yang ada di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Danau Drini, bahkan masih sebelahan. Alasan ini yang membuat wisata pantai yang satu ini cukup populer dan mudah ditemukan. Jarak pantai dengan danau hanya sekitar 800 meter saja.

Apabila awalnya anda berada di alun alun gunung kidul, maka ambil perjalanan menurut Pasar Hargosari. Saat bertemu dengan pertigaan, langsung ambil kanan menuju jalan baron. Setelah itu temukan jalan untuk sampai di pos tanda pembayaran retribusi. Jika sudah sampai sana, arahkan kendaraan menuju pertigaan Pantai Drini. Tak jauh dari situ sudah terlihat tempat parkir Pantai Ngrumput.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Panji Muhammad

Informasi terkait dengan harga tiket dan jam buka sangat penting bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Ngrumput. Namun anda tidak perlu khawatir, karena jam operasionalnya adalah 24 jam mengingat destinasi ini menjadi tempat camping. Anda boleh datang kapan saja, namun pagi dan sore hari adalah waktu terbaik karena cuacanya tidak terlalu panas.

Lantas terkait dengan biaya, anda juga bisa bernafas lega. Anda bisa masuk ke spot selfie hanya dengan membayar 2.000 rupiah. Begitu pula dengan tiket untuk naik ke bukit karang. Namun jika anda ingin menyewa tenda, maka harganya adalah sekitar 70 hingga 80 ribu, tergantung ukuran tenda yang anda pilih. Tentu biaya tersebut tergolong wajar dan tidak terlalu menguras kantong.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngrumput

Kegiatan Menarik Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Alfirliasa

1. Camping

Camping menjadi aktivitas pertama yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Ngrumput. Anda bisa membangun tenda dan bermalam di tepi pantai bersama dengan teman teman. Di sekitar lokasi camping sudah ada warung dan toilet sehingga kondisinya akan terasa lebih nyaman. Anda juga bisa mempersiapkan bekal dari rumah dan memakannya bersama dengan teman satu tenda.

Kebanyakan orang yang mampir untuk camping adalah anak muda. Oleh karena itu, tidak heran jika suasana pantai akan tetap ramai meskipun sudah malam. Mereka kerap bermain gitar dan menyalakan api unggun sambil membakar sosis atau daging. Bagi anda yang dari awal punya keinginan untuk camping, maka langsung saja datang ke pantai ini karena persewaan tenda nya juga sudah ada.

2. Bermain Pasir

Sama halnya dengan kawasan pantai yang lain, wisata pesisir Pantai Ngrumput ini juga cocok untuk bermain pasir. Aktivitas tersebut cocok bagi anda yang datang bersama dengan anak anak. Selain lebih aman, bermain pasir juga bisa anda lakukan dengan bersantai. Anda tidak perlu banyak menggerakkan anggota badan dan bisa dilakukan saat tubuh masih kering.

Namun satu yang perlu diingat bahwa destinasi ini tidak menyediakan peminjaman alat bermain pasir. Oleh karena itu, anda perlu menyiapkan alat tersebut dari rumah. Namun jika anda tidak membacanya, maka tidak apa apa untuk memakai kotak atau botol bekas makanan dan minuman. Namun setelah bermain, sampahnya perlu dibuang ke tempat sampah.

3. Bermain Air

Karena ombaknya yang tidak terlalu ganas, anda bisa bermain air di tepi pantai. Ombak yang ada di sana menjadi lebih tenang karena sudah pecah setelah menabrak batuan karang. Namun perlu diingat bahwa anda tidak boleh jalan terlalu ke tengah. Meskipun ombaknya lebh landau, namun yang namanya alam tidak dapat diprediksi.

Takutnya ada ombak besar yang datang dan malah membuat anda kewalahan untuk sampai ke tepian. Demi mencegah hal tersebut, akan lebih baik jika anda berenang atau bermain air bersama dengan teman teman. Atau setidaknya ada orang yang tahu jika anda sedang bermain air dan bisa memberi pertolongan. Hal ini penting diingat agar tetap aman bermian di Pantai Ngrumput.

Kegiatan Menarik di Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Haris Indra Buwana

4. Mengambil Foto

Perjalanan wisata di pantai tidak akan lengkap jika anda tidak mengabadikannya di dalam sebuah foto. Berkaitan dengan hal ini, anda bisa mengisi album foto di kamera dengan hasil jepretan yang estetik. Atau anda juga bisa membagikan foto tersebut di media social sambal mengajak orang orang untuk mampir ke wisata pantai ini saat berada di Gunung Kidul.

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa pantai eksotis ini memiliki area selfie. Meskipun perlu membayar biaya 2000 rupiah, namun angka tersebut tidak terlalu besar. Anda bisa mengambil foto lebih dari satu kali dan memuaskan rasa penasaran yang anda miliki. Selain itu, anda juga bisa mengambil foto dengan background batuan karang dan bukit di sisi kanan dan kiri pantai.

5. Melihat Sunrise

Sunrise atau matahari terbit merupakan sebuah momen yang lumayan sulit didapat jika berada di wilayah perkotaan. Anda baru bisa melihatnya di kawasan pegunungan atau pantai. Namun semua ini, pantai menjadi spot terbaik karena minimnya halangan. Anda bisa langsung melihat bagian matahari muncul dari ufuk timur dan mulai meninggi secara perlahan.

Cara terbaik untuk menikmati sunrise adalah dengan camping di malam sebelumnya. Dengan cara tersebut, anda hanya perlu bangun dan keluar dari tenda. Anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk mengabadikannya. Anda juga bisa duduk dengan santai sambil memikirkan destinasi apa yang akan dijelajahi di hari tersebut.

6. Melihat Sunset

Selian sunrise, anda juga perlu melihat secara langsung bagaimana indahnya sunset di Pantai Ngrumput. Angina yang sepoy sepoy semakin membuat suasana menjadi syahdu dan romantis. Tidak heran jika beberapa pasangan memutuskan untuk datang ke sana demi mengabadikan momen sunset ini. Pantulan cahaya matahari yang menjadi orange terlihat jelas di atas permukaan laut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ngrumput
Image Credit: Google Maps Vaizal Arif

1. Tempat Parkir

Tempat parkir menjadi salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap destinasi wisata, termasuk wisata pantai. Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan nyaman di spot yang telah disediakan. Disana juga sudah ada juru parkir yang akan menja niaga kendaraan anda dengan baik. Biaya parkirnya juga cukup terjangkau, sekitar 2000 untuk sepeda motor dan 4000 untuk mobil.

2. Warung Makan

Meskipun termasuk dalam jajaran destinasi wisata yang baru, Pantai Ngrumput sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat membuat wisatawan merasa nyaman. Salah satu diantara mereka adalah warung makan dan jajanan. Anda bisa membeli beberapa keperluan untuk mengganjal perut di sana. Warung tersebut juga sangat membantu mereka yang hendak camping.

3. Tempat Sewa Tenda

Spot membangun tenda sekaligus tempat sewanya juga sudah tersedia di wisata pantai ini. Alasan inilah yang menghayat anda tidak perlu repot repot membawa tenda dari rumah. Namun jika anda datang di hari sabtu dan minggu, lebih baik bawa sendiri karena takutnya tenda sudah habis akibat banyaknya pengunjung yang berkemah.

Dari penjelasan yang telah dipaparkan tadi, terlihat bahwa pantai Ngrumput merupakan destinasi yang patut anda masukkan dalam list lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Gunung Kidul. Selain pemandangannya yang indah, anda juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti camping. Destinasi tersebut pun mudah dijangkau dengan kendaraan termasuk dengan bis.

REKOMENDASI DESTINASI