Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Mulai memasuki musim liburan, kini saatnya untuk membuat berbagai macam list untuk menuju lokasi wisata yang wajib dikunjungi bersama dengan keluarga. Salah satu wilayah yang cocok untuk dijadikan ajang liburan adalah Gunung Kidul. Disana anda bisa menemukan banyak sekali keindahan kawasan wisata. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Nguluran.

Nguluran ini adalah salah satu destinasi yang menyediakan banyak keindahan alamnya. Mulai dari adanya pasir putih yang bersih, warna airnya yang sangat jernih dan lebih kebiruan, dan pastinya juga menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Banyak sekali daya tarik jika anda datang ke wisata ini, penasaran lengkapnya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nguluran

Daya Tarik Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja

1. Adanya Spot Jembatan yang Terbuat dari Kaca

Di jamin anda bakal betah jika datang dan berkunjung ke kawasan wista yang satu ini. pasalnya ada banyak sekali daya tarik yang di tawarkan, salah satunya spot jembatan yang terbuat dari bahan kaca. Sehingga selain menikmati keindahan alamnya, tempat di Pantai Nguluran ini juga banyak dikenal pengunjung dengan jembatan kacanya.

Dengan menaiki jembatan yang terbuat dari bahan kaca tersebut, maka pengunjung yang datang bisa langsung melihat berbagai macam hal yang ada di bagian bawahnya. Misalnya gelombang pantai, keindahan pasir putih, dan kumpulan orang-orang yang tengah berenang. Sehingga untuk spot satu ini sangat cocok digunakan untuk orang yang suka tantangan.

Jangan salah, meskipun spot jembatan yang terbuat dari bahan kaca ini bisa dikatakan menakutkan, namun area ini masih menjadi buronan bagi pengunjung yang datang. Terlebih bagi mereka yang ingin menguji adrenalinnya. Kemudian pada saat sudah berada di atas, para wisatawan juga banyak yang mengabadikan momen berharganya di Pantai Nguluran untuk di posting pada instagram.

2. Suguhan Panorama Alam yang Eksotis

Bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kawasan wisata satu ini adalah adanya panorama yang indah. Dimana untuk tempat wisata ini dipenuhi dengan pasir putihnya yang lembut dan juga kejernihan airnya. Keindahan yang ada dalam tempat wisata ini akan susah ditemukan dalam wilayah padat penduduk seperti perkotaan.

Tidak jarang juga, karena terkenal dengan keindahan tempatnya, maka kawasan wisata yang satu ini banyak di padati pengunjung, terlebih pecinta fotografi. Biasanya mereka akan memotret bagian bibir pantai dan juga pemandangannya. Karena mereka adalah orang yang kompeten di bidang fotografi, maka karya yang di hasilkan bakal tidak kalah keren dengan Pantai Nguluran yang aslinya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Dodi Dodi

3. Glass Boat di Kawasan Pantai

Selain dua daya tarik di atas, pengunjung yang datang ke lokasi juga akan dibuat takjub dengan bangunan glass boat. Dimana untuk daya tarik yang satu ini pada dasarnya hampir sama dengan spot jembatan, namun yang membedakan lebih pada bentuk yang disajikan. Dimana bentuk dari glass boot ini sesuai dengan namanya yang menyerupai perahu boat.

Apakah anda masih ingat dengan film kapal terbelah menjadi dua atau titanic? Jika iya, maka di kawasan glass boat anda juga bisa memparodikan berbagai macam gaya seperti yang ada dalam film. Bahkan banyak juga pengunjung yang berpose ria dengan gaya seperti yang ada pada film tersebut. Hal ini dilakukan karena bentuk bangunan di sekitar Pantai Nguluran hampir sama dengan film.

4. Giant Chair

Tidak ketinggalan, banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini karena adanya usaha atau daya tarik bersama giant chair. Dimana daya tarik yang satu ini adalah berupa kursi yang memiliki ukuran besar. bagian seluruh permukaan dari giant chair ini juga di cat berwarna putih. Sehingga jika digunakan untuk berfoto akan memberikan kesan artistik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Trisno Ary Budi

Sebelum lebih dalam lagi membahas tentang pantai ini, maka anda juga pelur tahu alamat dan juga lokasi destinasi ini. Jadi lokasi dari te pat wiataa pantai bernama Nguluran berada di dusun Bolang, Girikarto. Tepat di Kecamatan Parang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dimana untuk gunungkidul sendiri terlena dengan banyak alamnya yang indah seperti Pantai Nguluran.

Lalu bagaimana dengan rute lokasi tempat wisata ini? jadi agar bisa sampai di tempat wisata Ngularan, maka anda harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 60 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dan untuk akses menuju lokasi bisa dikatakan mudah, karena bisa menggunakan kendaran roda dua, mobil, dan juga carteran.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Fajar Saputra

Bagian lain yang tidak kalah penting untuk dipertanyakan terlebih dahulu jika datang ke lokasi wisata ini adalah terkait harga tiket. Namun jangan khawatir, harga tiket yang ditawarkan jika mengunjungi pantai ini kurang lebih sekitar 5 ribu saja per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir ke kawasan wisata Pantai Nguluran sekitar 3 hingga 5 ribu rupiah.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Jadi tempat wisata bahari ini juga memiliki jam operasional sma dengan lainnya. Dimana untuk jam operasionalnya sendiri buka setiap hari dari minggu hingga sabtu. Sedangkan untuk mulainya kapan dibuka kurang lebih sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Nguluran

Kegiatan Menarik Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Widi Widex

1. Menikmati Berbagai Kindahan Wahana Becak Terbang

Pada dasarnya ada banyak sekali wahana yang ditawarkan jika datang dan berkunjung ke kawasan wisata pantai ini. Salah satu aktivitas yang bisa dikerjakan adalah dengan menikmati wahana bernama becak terbang. Wahana yang satu ini biasanya digunakan untuk spot foto para pemuda yang datang ke lokasi Pantai Nguluran Yogyakarta.

Area yang satu ini berada di lokasi ketinggian, sehingga hanya orang tertentu yang bisa menikmati wahana becak terbang. Untuk anak-anak dan lansia, biasanya dilarang untuk mengabadikan momen di kawasan ini, sebab dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan jangan khawatir, disana ada yang menjaga, sehingga untuk keamanannya jangan diragukan lagi.

2. Bermain di Wahana Wisata Jogja Swing

Pengunjung yang datang ke lokasi juga bisa menikmati wahana lain yang bernama jogja swing. Aktivitas yang satu ini sangat cocok untuk dilakukan bagi anda yang suka dengan tantangan. Sebab jogja swing ini berupa ayunan raksasa dan bakal diayunkan hingga di dekat tebing. Sehingga pada saat wahana ini mulai di ayunkan, maka anda bakal terasa melayang di atas jurang.

Namun jangan khawatir, sama dengan wahana sebelumnya, di mana untuk jogja swing di Pantai Nguluran ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengaman yang tidak akan membuat anda terlempar dan jatuh ke jurang. Tidak ketinggalan, tempat wisata yang satu ini juga sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendamaikan foto, terlebih pada saat wahana ini mulai di ayunkan.

Kegiatan Menarik di Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Arista Danar

3. Berenang di Pantai Nguluran

Jika anda datang ke pantai, rasanya kurang afdol kalau belum menikmati airnya. Salah satunya saat datang ke pantai hits ini. Dimana pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini sering dijadikan salah satu wisata untuk berenang. Tidak jarang juga banyak pengunjung datang guna melakukan selancar.

Karena wistaa ini di penuhi dnegan taburan pasir yang putih, maka tidak ada salahnya selesai berang anda menghabiskan waktu untuk berjemur. Jangan salah untuk bagian sorotan matahari di kawasan ini juga sangat bagus, sehingga akan memberikan kesan tropis namun tetap menyegarkan jika berenang di kawasan pantai yang bernama Ngularan.

4. Mengabadikan Momen Berharga dan Estetik

Karena tempat wisata ini banyak sekali spot foto menarik, maka pengunjung yang hadir ke Pantai Nguluran juga akan dimudahkan dalam mengabadikan momen berharga untuk hiasan instagram. Berbagai spot foto yang di maksud disini antara lain adalah kursi panjang dengan bahan logam berukuran besar yang langsung memiliki latar belakang pantai dan pastinya juga perpaduan bersama awan yang cerah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Nguluran
Image Credit: Google Maps Regaza

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan jika ingin mengunjungi kawasan wisata adalah memperhatikan berbagai fasilitasnya. Berbagai macam fasilitas yang ditawarkan yaitu tempat ibadah untuk sholat, toilet yang bersih, dan juga area parkir yang luas. jangan khawatir akan kendaraan anda, sebab untuk area parkir di kawasan ini dijaga oleh petugas, sehingga sangat aman.

Disana juga disediakan banyak sekali spot yang bagus untuk area bermain anak-anak, mulai dari ayunan dan masih banyak yang lainnya. Sehingga bagi anak yang kurang suka dnegan pantai bisa langsung diarahkan lada spot tersebut. Dan bagi anda yang datang dari luar kota, di sekitar lokasi wisata Pantai Nguluran juga disediakan penginapan dan hotel dengan harga terjangkau.

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasannya Pantai Nguluran ini terletak di Jogja dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan. Daya tarik tersebut antara lain Adanya Spot Jembatan yang Terbuat dari Kaca, Suguhan Panorama Alam yang Eksotis, hingga Giant Chair.

REKOMENDASI DESTINASI