Pantai Pangi, Destinasi Pantai Eksotis di Ujung Barat Blitar

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi salah satu pantai cantik dan tersembunyi di ujung barat Blitar yang menarik dijelajahi. Pantai eksotis yang menawarkan pesona alam menawan yang menjadi buruan wisatawan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krajan, Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Blitar yang juga dikenal dengan peristirahatan Ir Soekarno memang menyimpan banyak tempat liburan yang menarik. Kota ini juga memiliki garis pantai yang terbilang panjang di Jawa Timur. Sehingga jika Anda ingin wisata bahari, Pantai Pangi bisa dijadikan pilihan. Pantai ini termasuk pantai tersembunyi yang akan membuat siapapun terpesona.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pangi Blitar

Daya Tarik Pantai Pangi Blitar

Image Credit: Twitter.com @kiblitar

Sebenarnya Blitar tidak hanya menawarkan wisata history yang seru, tetapi juga wisata bahari. Dari sepanjang garis pantai yang dimilikinya, Pantai Pangi menjadi yang tak boleh Anda lewatkan. Keindahan yang ditawarkan pantai ini memang sangat mempesona. Berada di cekungan kecil, lengkap dengan batu karang yang ada di bagian kiri dan kanan yang begitu kokoh.

Layaknya pantai yang berada di Selatan Jawa, maka sudah pasti juga memiliki karakteristik ombak besar seperti lainnya. Tetapi karena berada di cekungan serta diapit oleh batu karang membuatnya ombaknya tak terlalu tinggi. Dengan begitu Anda bisa bebas bermain air atau berenang di perairannya. Namun, Anda tetap harus berhati hati dan waspada saat berenang.

Pantai Pangi bisa dikatakan menjadi pantai yang masih sepi dan memiliki lingkungan yang bersih. Dan hal ini semakin menonjolkan kesan asri dan alaminya. Menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disambut dengan deretan pohon pinus di bibir pantai. Pohon pohon ini juga membuat suasana sejuk pantai ini. Berteduh di bawah pohon pinus tentu bukan ide yang buruk.

Tidak hanya memiliki area pantai yang sejuk dan asri, pantai satu ini juga memiliki daya tarik lainnya. Dianugerahi dengan pasir putih yang lembut, Anda bisa bermain di atas pasir pantainya. Perpaduan pasir putih dengan air biru yang jernih, tentunya akan membuat siapapun terpesona. Apalagi jika dipadukan dengan hijau pohon pinus, memberikan sensasi tersendiri.

Daya Tarik Pantai Pangi

Image Credit: Google Maps (Aris Wibowo)

Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika pantai ini termasuk pantai yang sepi. Dengan begitu Anda bisa bermain di pantai ini sepuasnya, apalagi ketika datang saat hari biasa. Menikmati pantai di pinggir pantai, Anda bisa sekalian menikmati perahu nelayan yang berlalu lalang. Beberapa perahu juga terparkir di bawah rimbunnya pohon pinus yang ada.

BACA JUGA:  Pantai Tambakrejo, Pantai Pasir Putih yang Masih Perawan di Blitar

Memang pantai satu ini tidak terlalu luas, tetapi panorama yang ditawarkan akan membuat Anda berdecak kagum. Pemandangan akan tampak berbeda ketika air surut, karena karang karang yang cantik bisa terlihat. Jika Anda melihat pantai ini dari kejauhan, warna airnya tampak biru kehijauan. Yang membuat pesonanya makin elok dan sedap dipandang.

Hal yang paling menarik, pantai satu ini memiliki muara sungai yang membentuk sebuah telaga air tawar. Telaga ini memiliki air kehijauan yang lokasinya juga tak jauh dari pantainya. Airnya yang tenang dengan tumbuhan bakau di sekitarnya membuatnya jadi spot yang menarik untuk disinggahi. Telaga payau ini memiliki air yang jernih dan bisa difungsikan membilas diri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Alamat Pantai Pangi

Image Credit: Google Maps (Sukron Kasir)

Dengan daya tarik yang ditawarkan wajar jika banyak yang penasaran dengan pantai satu ini. Jika Anda singgah di Blitar dan ingin mampir, Pantai Pangi berada di Desa Tumpak Kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Pantai yang juga menjadi pantai untuk camping di Blitar ini sebenarnya memiliki akses yang cukup mudah untuk dijangkau.

Dari pusat kota Blitar sendiri membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit dengan jarak 45 km ke arah barat Blitar. Untuk sampai di pantai ini Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Mengingat belum ada transportasi umum yang bisa Anda andalkan untuk ke pantai ini. Kendaraan pribadi Anda harus dipastikan dalam kondisi yang prima.

Karena perjalanan menuju pantai ini memang terbilang menantang, terutama ketika musim hujan tiba. Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Tambak Rejo dan juga Goa Embultuk. Hal inilah yang membuat dulunya ada jalan tembus dari Gua Embultuk ke Pantai Pangi, tetapi saat ini jalannya sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Untuk rutenya, Anda akan memulainya perjalanan dengan mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Kawi. Dari perempatan ini, Anda bisa terus saja mengikuti jalan ini hingga akhirnya sampai di Kecamatan Kademangan. Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan mengarahkan kendaraan ke arah selatan dari Jalan Trisula.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sumenep Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Mengikuti jalan ini saja sampai Anda menemukan perempatan, di perempatan ini ada Kantor Desa Tumpak Kepuh dan ambil belok kanan. Tak jauh dari sini, Anda akan tiba di pintu masuk Pantai Pangi. Dari pintu masuk, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tidak jauh hanya sekitar 100 meter, dan akan melewati perkebunan warga serta sungai,

Perjalanan ini tidak akan membuat Anda lelah, sebab disepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan hijau. Udaranya yang sejuk juga akan membuat langkah Anda terasa ringan. Apalagi jika perjalanan Anda ini dilakukan bersama keluarga atau orang tersayang pasti tidak akan terasa. Dan semua perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan pemandangannya.

Harga Tiket dan Jam Operasional Pantai Pangi Blitar

Harga Tiket Pantai Pangi

Image Credit: Google Maps (Haruka Yuki)

Untuk menikmati keindahan pantai ini tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Di bulan Maret 2020 lalu, harga tiket masuknya masih sekitar Rp 8 ribu. Dan jika ada kenaikan harga tentunya tidak akan jauh berbeda. Selain membayar tiket paket, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan bermotor.

Tapi tenang saja, tidak akan menguras kantong jalan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sekitar Rp 3 ribu. Sementara untuk roda empat membutuhkan biaya mulai Rp 5 ribu. Tentunya harga yang harus dibayarkan ini tidaklah mahal jika dibandingkan dengan pesona yang ditawarkan. Anda juga harus mengeluarkan biaya lagi saat ingin menyewa perahu atau wahana.

Selain mengetahui harga tiket, Anda juga harus tahu jam operasionalnya. Pantai Pangi umumnya akan buka dari pagi sampai malam hari. Mengingat pantai ini juga menjadi pantai yang sangat cocok dijadikan tempat camping. Jika datang malam hari, maka petugas akan menarik biaya tiket saat pagi hari ataupun siang hari.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Pangi

Kegiatan di Pantai Pangi

Image Credit: Facebook.com @ainul.luthfiana

1. Bersantai di Tepi Pantai

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan ketika di pantai ini adalah bersantai di pinggir pantai. Di bawah pohon pinus, Anda bisa berteduh sembari menikmati pesona Pantai Pangi. Nama pantai satu ini memang sudah mulai dikenal, tetapi hingga saat ini masih terbilang sepi. Kebersihan yang dimilikinya juga sangat terjaga, sehingga sangat nyaman.

BACA JUGA:  12 Minuman & Makanan Khas Kediri yang Wajib Anda Coba

Jika sudah puas untuk menikmati pesonanya di pinggir pantai, Anda bisa beristirahat sejenak. Menikmati semilir angin dengan suara deburan ombak tentunya akan memberikan suasana tersendiri. Anda juga bisa sekalian berpiknik bersama keluarga di area ini. Apalagi jika Anda membawa banyak makanan nikmat, pasti akan semakin menyenangkan.

2. Bermain Air

Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi pantai ini tapi tidak sekalian bermain air. Airnya yang begitu jernih, dengan ombak yang tak terlalu besar memang sangat nyaman. Anda juga bisa berkejaran dengan ombak atau membangun istana pasir di tepi pantainya. Jika Anda ingin berenang, pastikan untuk memperhatikan arus yang ada.

3. Menikmati Kesegaran Telaga

Pantai Pangi memang berbeda dari pantai pada umumnya, dimana Anda bisa menemukan telaga di dekat pantai ini. Di pantai ini, Anda bisa bermain air atau sekedar membilas tubuh Anda di sini. Tidak kalah menarik, Anda juga bisa menyewa kapal untuk menjelajah muara sungai ini lebih jauh. Anda juga bisa berburu foto foto cantik di area ini.

4. Berkemah di Area Pantai

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan berkemah di pantainya. Memiliki air tawar yang melimpah, maka Anda tak perlu khawatir ketika kemah di area satu ini. Menghabiskan satu malam bersama teman teman, ketika malam melingkar di api unggun. Pasti akan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pangi Blitar

Fasilitas di Pantai Pangi

Image Credit: Google Maps (Tukinah)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pantai ini termasuk pantai yang tidak ramai dan masih perawan. Sehingga fasilitas yang dihadirkan di pantai ini juga belum terlalu lengkap. Kendati demikian, Anda tetap akan menemukan kamar mandi atau toilet. Sehingga Anda bisa membilas tubuh setelah bermain air di area pantainya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa warung makan untuk mengisi perut Anda. Sehingga jika Anda tidak sempat membawa perbekalan tak perlu takut kelaparan. Tetapi bukan berarti Anda tidak boleh membawa makan sendiri, justru piknik di pantai satu ini menjadi kegiatan yang seru. Untuk penginapan terdekat jaraknya sekitar 1 jam dari pantai ini.

Mengunjungi Pantai Pangi yang ada di Blitar, tentunya akan memberikan perjalanan wisata yang tak terlupakan. Sekalipun jalannya terbilang menantang, tetapi keindahan yang ditawarkan akan menghempas lelah Anda. Pantai ini juga menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk memiliki rencana jauh jauh hari jika berkunjung ke pantai ini.