Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Selain Gunung Kidul, Bantul juga memiliki beberapa pantai yang siap untuk anda kunjungi ketika di Jogja. Liburan di Jogja memang tidak pernah membosankan, apalagi ada banyak tujuan wisata yang bisa dijadikan pilihan. Pantai Parangkusumo di Bantul bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mendapatkan liburan yang berbeda dan berkesan.

Pantai cantik ini memang berbeda dengan pantai pantai lainnya, dimana anda akan menemukan pasir berwarna hitam yang eksotis. Dan yang semakin membuatnya berbeda, nuansa sakral juga mistisnya begitu kental. Budaya masyarakat sekitar memang masih sangat kental, dan di pantai ini anda bisa menyaksikannya secara langsung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangkusumo

Daya Tarik Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps yyy yu

1. Keindahan yang Luar Biasa

Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai indah ini, karena memang memiliki keindahan yang juga luar biasa. Tidak heran termasuk pantai yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama ketika akhir pekan. Pasir coklat kehitamannya membentang di sepanjang garis pantai, membuat pengunjung bisa bebas untuk bermain di tepi pantainya.

2. Menyimpan Mitos dan Legenda Menarik

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pantai di Bantul ini memang terkesan begitu sakral dan mistis. Di masyarakat sendiri memang berkembang mitos juga legenda yang menambah daya tariknya. Jika menyebut laut selatan, tentu tidak lepas dari penguasa laut selatan. Dan konon pantai Parangkusumo ini menjadi titik bertemunya Panembahan Senopati dan Ratu Laut Selatan.

Panembahan Senopati sendiri adalah pendiri dari kesultanan Mataram. Cerita dimulai dari Panembahan Senopati yang bertapa untuk menyempurnakan kesaktiannya. Sampai terjadi fenomena alam yang dahsyat, dan bertemulah sang Ratu Kidul dan Panembahan Senopati bertemu. Dimana Ratu Kidul duduk di bagian selatan dan Panembahan Senopati pada bagian utara.

Dan batu tersebut saat ini dikenal dengan Batu Cinta dan letaknya berada di Puri Cepuri. Tidak jauh dari Pantai dan sampai saat ini keberadaannya dianggap sakral. Pada saat itu sang Ratu jatuh cinta ke Panembahan Senopati dan akhirnya mereka menikah dengan perjanjian. Peristiwa ini banyak dikaitkan dengan hubungan erat Kraton Bale Sokodhomas dan Keraton Yogyakarta.

Daya Tarik di Pantai Parangkusumo
Image Credit: Twitter Traveloka Indonesia

3. Tempat Diadakan Upacara Sakral

Dari cerita yang telah disebutkan sebelumnya, hingga kini masih diadakan upacara sakral di pantai cantik ini. Tujuannya untuk menghormati nenek moyang serta menjaga warisan budaya. Ada beberapa upacara yang biasa dilakukan, mulai upacara labuhan alit, semedi, melasti dan juga tirakatan. Upacara labuhan alit biasanya diadakan setiap satu tahun sekali di bulan Ruwah.

Upacara di Pantai Parangkusumo ini sebagai ungkapan syukur dan sudah turun menurun. Para penduduk setempat akan berbondong bondong berebut sesajen yang konon bisa mendapatkan berkah. Sementara untuk Upacara Melasti dilakukan bagi umat Hindu, tepatnya tiga hari atau empat hari sebelum Nyepi datang.

4. Dekat dengan Tujuan Wisata Lain

Daya tarik selanjutnya yang membuat pantai menawan ini berdekatan dengan tujuan wisata terkenal lainnya. Anda nantinya bisa sekalian mampir ke Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan juga Gumuk Parangkusumo. Dengan begitu perjalanan liburan anda akan semakin menyenangkan, terutama jika dihabiskan dengan orang orang tersayang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Novera Sulistyowati

Apabila anda ingin menghabiskan waktu di sini, maka anda harus mengetahui alamatnya. Pantai cantik ini berada di Jl. Pantai parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DI Yogyakarta. Jika anda memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, membutuhkan jarak 30 km. Rute menuju lokasi sangat mudah, alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi.

Memulai perjalanan dari kota Jogja, anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju Ringroad Selatan. Kemudian anda hanya perlu mengikuti rute menuju Parangtritis. Memang jarak kedua pantai ini hanya sekitar 200 meter ke arah timur. Tidak lama anda akan menemukan Pos tempat pembayaran retribusi ke kawasan pantai.

Jika anda sudah sampai di Pantai Parangtritis, nantinya akan ada petunjuk ke arah selatan menuju Parangkusumo. Anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut, biasanya kendaraan akan diparkirkan di area pantai Parangtritis. Anda juga bisa memanfaatkan GPS untuk membantu anda menjangkau lokasi, terutama untuk yang baru pertama kali berkunjung.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Angela Ryzki

Menikmati keindahannya, anda tidak perlu merogoh kantong dalam. Harga tiket masuk pantai Parangkusumo terbilang terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai Rp 10 ribu saja. Harga tersebut tentu bisa mengalami kenaikan sewaktu waktu. Perlu anda ketahui jika harga tiket ini jadi satu dengan pantai Parangtritis.

Sehingga dengan membayar tiket tersebut, anda bisa langsung menikmati kedua pantai.Dan masih belum termasuk untuk retribusi parkir, biasanya mulai dari Rp 5 ribu untuk roda dua, dan Rp 10 ribu untuk mobil. Anda yang ingin mencoba berbagai permainannya, juga harus menyiapkan budget lebih. Biasanya dibanderol mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Sementara jam bukanya selama 24 jam dan anda bisa datang kapan saja. Buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, kemungkinan akan sangat ramai ketika akhir pekan dan musim liburan. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, sebaiknya datang di pagi hari atau sore hari. saat sore bisa mendapatkan bonus panorama matahari tenggelam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Parangkusumo

Kegiatan Menarik Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Benni Andi

1. Menikmati Keindahannya

Kegiatan yang pastinya akan dilakukan oleh para pengunjung yakni menikmati keindahan pantainya. Pantai Parangkusumo memiliki panorama indah yang siap mengundang decak kagum. Sepanjang mata memandang, anda bisa melihat gulungan ombak dari kejauhan. Ombak di pantai Selatan ini termasuk tinggi seperti halnya pantai selatan lain.

Sangat kontras dengan pasir hitam kecoklatan yang menambah keeksotisannya. Hembusan angin pantainya yang khas juga membuat tenang. Karena tidak boleh berenang, anda bisa bersantai di tepi pantai. Atau sekedar bermain di tepi dengan berkejaran ombak. Harus berhati hati ketika anda mengajak anak anak, mengingat ombaknya cukup tinggi.

2. Menyaksikan Ritual yang Ada

Apabila anda ingin menyaksikan ritual tahunannya, anda bisa datang ketika upacara labuhan dilakukan. Nantinya akan ada barang pribadi dari Sri Sultan yang menjadi penguasa keraton dihanyutkan ke laut. Barang ini bisa berupa kuku, jarik, rambut, surjan ataupun hasil bumi. Tidak ketinggalan makanan khas Jawa yang nantinya juga akan dilarung di laut.

Sebelum dilarung, semua barang tersebut akan didoakan lebih dahulu di komplek Cepuri. Barulah diarak oleh para abdi dalam hingga sampai di Pantai Parangkusumo. Penduduk setempat ataupun wisatawan banyak yang menyaksikannya. Jika sudah dilarung, makanan boleh diambil dan akan rebutan. Konon katanya bisa mendapatkan berkah.

Tidak hanya ritual labuhan, anda juga bisa datang ketika upacara Melasti. Tujuan dilakukan upacara keagamaan ini untuk membersihkan diri dari berbagai keburukan. Sehingga ketika menyambut tahun baru Saka, jiwa dalam kondisi yang bersih. Seperti upacara Labuhan, melasti juga akan melarung sesaji dari buah atau sayuran.

Diiringi juga dengan gamelan jawa yang dimainkan sampai nanti masuk di area persembahyangan. Iringan akan membawa Jempana dengan diiringi doa doa. Dalam Upacara keagamaan para pemeluk agama Hindu akan menggunakan busana khas Bali. Acara ini juga boleh disaksikan oleh wisatawan yang ingin mengetahui upacara keagamaan Hindu ini.

3. Mencoba Wahana Permainan

Jika anda berencana untuk menantang adrenalin, anda bisa mencoba berbagai wahana ketika di Pantai Hits ini. Mulai dari meluncur dari ketinggian dengan paralayang yang seru. Dan soal keamanan anda juga tidak perlu khawatir karena sudah sesuai dengan standar. Dari atas tentu pemandangan yang disuguhkan tentu akan membuat anda jatuh hati.

Jika tidak ingin paralayang, anda bisa mengelilingi pantai dengan ATV ataupun berkeliling dengan delman atau berkuda. Semua fasilitas ini tentu berbayar dan akan membuat liburan anda semakin berkesan. Banyak juga penyewaan payung pantai yang akan membuat anda bersantai dengan nyaman. Aktivitas menantang tentu lebih menyenangkan jika dengan teman teman.

Kegiatan Menarik di Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Mas Bondhet

4. Berburu Sunset

Pemandangan sunset yang indah bisa anda dapatkan ketika singgah di Pantai Parangkusumo ini. Bahkan menjadi yang paling ditunggu dan diburu oleh wisatawan. Jika anda ingin menyaksikannya, anda harus datang ketika sore hari. cahaya oren yang membentuk siluet menawarkan suasana yang romantis nan syahdu. Pastikan tidak lupa untuk mengambil beberapa fotonya.

5. Kulineran di Pantai Parangkusumo

Kegiatan seru yang akan membuat liburan makin lengkap yakni mencoba kulinernya. Di pantai Bantul ini, anda bisa menemukan jajaran warung yang menawarkan banyak menu kuliner. Terutama olahan seafood yang masih segar dan menggoyang lidah. Tenang saja, harganya masih terbilang ramah kantong.

6. Berburu Foto Instagramable

Foto instagramable ketika sedang liburan seperti tidak boleh ditinggalkan. Liburan di pantai menawan ini, anda akan puas untuk mengambil foto cantik. Spot paling favorit dengan latar belakang laut yang ombaknya sedang bergelung megah. Atau bisa juga mengambil foto ketika matahari terbenam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Parangkusumo
Image Credit: Google Maps Andy Ilham

Soal fasilitas anda tidak perlu khawatir, bisa dikatakan fasilitas Pantai Parangkusumo lengkap. Anda bisa menemukan deretan toilet umum dalam kondisi yang bersih. Kemudian kendaraan anda juga akan terparkir aman, karena lahan parkirnya juga begitu luas. Bagi anda yang muslim, anda juga bisa menemukan masjid untuk beribadah.

Terdapat beberapa toko yang menjual pernak pernik ataupun oleh oleh. Sehingga anda bisa sekalian belanja oleh oleh saat liburan di sini. Jika anda tidak sempat menyiapkan bekal, anda tidak perlu khawatir akan kondisi perut anda. Karena tersedia warung ataupun restoran yang ada di sekitar pantai juga menawarkan banyak menu makanan.

Terutama untuk hidangan lautnya yang terkenal dengan rasanya yang nikmat. Bagi anda yang ingin menikmati lebih lama keindahan pantai, anda juga bisa menemukan penginapan atau hotel. Ada banyak hotel juga penginapan di sekitar Pantai Parangkusumo. Tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan juga harga yang ditawarkan sangat bervariatif.

Liburan anda juga akan semakin seru dengan hadirnya beberapa wahana permainan yang disewakan. Anda bisa mencoba paralayang, berkeliling dengan kuda dan dokar juga mencoba ATV. Di pantai indah ini juga tersedia jasa foto keliling, sehingga momen indah bisa diabadikan tidak hanya dengan selfie saja.

Liburan ke Jogja tidak akan membuat anda bosan karena ada banyak tujuan wisata. Jika anda ingin wisata bahari, Pantai Parangkusumo bisa dijadikan sebagai pilihan. Terutama jika anda ingin yang dekat dengan Parangtritis atau Gumuk Parangkusumo. Memiliki fasilitas dan menawarkan banyak aktivitas seru, dijamin akan membuat anda ingin kembali berkunjung.

REKOMENDASI DESTINASI